You are on page 1of 5

N

o
1

3

4

6

Yang
Mengeluarkan
Kebijakan
Berusia 50 (lima puluh) tahun Undang-undang
atau lebih
no 11 tahun 2010
pasal 5
Mewakili
masa gaya paling Undang-undang
singkat berusia 50 (lima puluh) no 11 tahun 2010
tahun
pasal 5

Kata-kata knci

Rangkuman/Penalaran

puluh) Bangunan yang berusia
lima puluh tahun atau
lebih
masa
gaya
50 Bangunan
tersebut
(lima
puluh) memiliki gaya arsitektur
tahun
tersendiri yang berusia 50
tahun ataupun lebih
Memiliki arti khusus bagi sejarah, Undang-undang
Arti
khusus, Bangunan
tersebut
pendidikan,
ilmu pengetahuan, pendidikan, no 11 tahun 2010
memiliki arti khusus demi
agama, dan/atau kebudayaan; pasal 5
tujuan pendidikan dan
dan
ilmu pengetahuan

2

5

Kebijakan/Kriteria konservasi

50 (lima
tahun

Memiliki
nilai
budaya
bagi Undang-undang
Nilai, budaya.
penguatan kepribadian bangsa.
no 11 tahun 2010
pasal 5

Bangunan
tersebut
memiliki nilai-nilai budaya
yang
terkandung
di
dalamnya
Perda DKI Jakarta nilai
sejarah, Bangunan
tersebut
no 9 tahun 1999 tingkat nasional , memiliki nilai sejarah di
pasal 7
DKI Jakarta
dalamnya di tingkat DKI
Jakarta maupun nasional

Tolak ukur nilai sejarah dikaitkan
dengan
peristiwa-peristiwa
perjuangan, ketokohan, politik,
sosial, budaya yang menjadi
simbol nilai kesejahteraan pada
tingkat nasional dan atau DKI
Jakarta
Tolak ukur umur dikaitkan dengan Perda DKI Jakarta umur 50
batas usia sekurang kurangnya no 9 tahun 1999
50(lima puluh satu tahun)
pasal 7

Bangunan tersebut telah
berusia lima puluh tahun
atau lebih

tapak bangunan dan bangunan didalamnya Tolak ukur kelangkaan dikaitkan dengan keberadaannya sebagai satu-satunya atau yang terlengkap dari jenisnya yang masih ada pada lingkungan lokal. pasal 7 bangunan dalamnya Perda DKI Jakarta Kelangkaan. no 9 tahun 1999 keutuhan.7 8 9 1 0 Tolak ukur keaslian dikaitkan dengan keutuhan baik sarana dan prasarana lingkungan maupun struktur. no 9 tahun 1999 terlengkap pasal 7 Perda DKI Jakarta Landmark. no 9 tahun 1999 simbol pasal 7 Perda DKI Jakarta Arsitektur. Perda DKI Jakarta Keaslian. no 9 tahun 1999 estetika. material. pasal 7 zaman Kondisi bangunan tersebut masih memiliki keaslian di serta keutuhan di dalam bangunan itu sendiri Bangunan tersebut termasuk bangunan yang langka yang sudah tidak ada bangunan lagi selain bangunan itu sendiri dan masih dalam kondisi yang lengkap Bangunan tersebut merupakan landmark yang merupkan simbol dari suatu kawasan Bangunan tersebut suatu memiliki nilai arsitektur yang mengedepankan estetikanya yang menggambarkan suatu zaman pada saat bangunan . nasional atau bahkan dunia Tolak ukur tengeran atau landmark dikaitkan dengan keberadaan sebuah bangunan tunggal monumen atau bentang alam yang dijadikan simbol dan & akil dari suatu lingkungan sehingga merupakan tanda atau tengeran lingkungan tersebut Tolak ukur arsitektur dikaitkan dengan estetika dan rancangan yang menggambarkan suatu zaman dan gaya tertentu.

kota. tahun 2005 bagian. satu. peristiwa kejuangan bangsa Indonesia. ketokohan.1 1 Umur berkenaan dengan batas Perda Kota 50 (lima usia bangunan cagar budaya Surabaya no 5 tahun sekurang kurangnya 50 (lima tahun 2005  puluh) tahun 1 2 Estetika berkenaan dengan aspek Perda Kota Estetika. rancangan arsitektur yang Surabaya no 5 gaya/langgam menggambarkan suatu zaman tahun 2005 dan gaya/langgam tertentu Bangunan harus memiliki nilai estetika tertentu dengan gaya/langgamnya tersendiri 1 3 Kejamakan berkenaan dengan bangunan-bangunan. atau bagian dari kota yang dilestarikan karena mewakili kelas atau jenis khusus bangunan yang cukup berperan Kelangkaan berkenaan dengan jumlah yang terbatas dari jenis atau fungsinya. budaya serta nilai arsitektural yang menjadi simbol nilai kesejarahan pada tingkat nasional dan/atau daerah puluh) Bangunan telah sekurang-kurang puluh tahun Perda Kota bangunanSurabaya no 5 bangunan. cukup berperan berusia lima Perda Kota Terbatas. Keberadaan bangunan itu Surabaya no 5 fungsinya. simbol Memiliki nilai sejarah yang Surabaya no 5 nilai kental yang tahun 2005 menjadikannya simbol pada suatu kota yang menjadi wadahnya . atau hanya satusatunya di lingkungan atau wilayah tertentu Bangunan-bangunan tersebut bagian dari kota yang cukup berperan bagi kota itu sendiri 1 4 1 5 Nilai sejarah berkenaan dengan peristiwa perubahan dan/atau perkembangan kota Surabaya. sosial.satu-satunya di tahun 2005 satunya di lingkungan tersebut lingkungan menelisik dari keterbatasan fungsi bangunan tersebut Perda Kota Sejarah. nilai-nilai kepahlawanan. politik.

kesejarahan National Park Service US Departement of Interior Obyek memiliki nilai kesejarahan yang kuat akibat momentum signifikan yang telah terjadi padanya . tahun 2005 kualitas. of Historic Places.1 6 1 7 18 1 9 2 0 Memperkuat kawasan berkenaan dengan bangunan-bangunan dan / bagian Kota yang karena potensi dan / keberadaannya dapat mempengaruhi serta sangat bermakna untuk meningkatkan kualitas dan citra lingkungan di sekitarnya Keaslian berkenaan dengan tingkat perubahan dari bangunan cagar budaya baik dari aspek struktur. material. baik tunggal maupun jamak dari bangunan atau lansekap yang menjadi simbol/karakter suatu tempat atau lingkungan tersebut. tahun 2005 struktur Tengeran atau landmark berkenaan dengan keberadaan sebuah bangunan. Surabaya no 5 mempengaruhi. Obyek yang berkaitan dengan suatu momentum atau peristiwa signifikan baik dari kesejarahan dan kebudayaan yang menandai perjalanan suatu bangsa Perda Kota Landmark. tampang bangunan maupun sarana dan prasarana lingkungannya Keistimewaan berkenaan dengan sifat istimewa dari bangunan dimaksud Perda Kota Memperkuat. Surabaya no 5 simbol/karakter tahun 2005 Dari segi struktur. lingkungan Bangunan tersebut memperkuat serta mempengaruhi sebuah lingkungan dari segi kualitasnya Perda Kota tingkat Surabaya no 5 perubahan. material yang terkandung dalam bangunan tersebut terdapat tingkat perubahan dari zaman tertentu Bangunan tersebut memiliki sifat istewa tersendiri yang tidak dimiliki bangunan lain Bangunan yang memiliki simbol atau karakter khusus di lingkungannya menjadikan bangunan tersebut adalah landmark lingkungan tersebut Perda Kota sifat istimewa Surabaya no 5 tahun 2005 National Register Momentum.

karya. nilai Obyek dapat direstorasi sejarahnya karena nilai sejarah yang kuat di dalamnya . gaya. penting dalam sejarah dan National Park kebudayaan Service US Departement of Interior Obyek adalah wujud atau National Register representasi dari suatu karakter. langgam. National Park periode.2 1 2 2 2 3 2 4 Kaitan dengan kehidupan tokoh National Register atau komunitas yang cukup of Historic Places. tipe. metode Service US pembangunan yang memiliki nilai Departement of artistik tinggi. of Historic Places. teknologi. artistik Bangunan. arsitektural nilai Obyek memiliki nilai artistik yang merupakan hasil karya dari sebuah ide yang telah tercipta Obyek adalah sebuah bangunan berarsitektural tinggi Merestorasi. Interior Konsep monumen bersejarah: Venice Charter bangunan arsitektural beserta (1964) lingkungannya Maksud dan tujuan memugar dan Venice Charter merestorasi monumen-monumen (1964) terletak pada nilai sejarahnya dan hasil karya seninya kehidupan tokoh. Obyek berkaitan dengan kebudayaan kehidupan seorang tokoh yang berperan penting dalam kebudayaan Karya.