You are on page 1of 5

Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu yang sudah digunakan sejak

abad ke 7 pada masa Kerajaan Sriwijaya. Bahasa Melayu berfungsi sebagai
bahasa kebudayaan, yaitu bahasa buku – buku yang berisi aturan – aturan
hidup dan sastra. Selain itu juga berfungsi sebagai bahasa penghubungan
atau pergaulan antar suku Indonesia dan sebagai bahasa perdagangan, baik
di Indonesia maupun yang berada diluar Indonesia. Setelah masa penjajahan,
Bahasa Indonesia di akui secara resmi. Catatan sejarah Bahasa Indonesia
mengatakan bahwa Bahasa Indonesia mengalami pertumbuhan terus
menerus, baik dari luas wilayah maupun struktur Bahasa Indonesia itu sendiri.
Akhirnya pada tanggal 28 oktober 1928, para pemuda Indonesia
mengikrarkan Sumpah pemuda. Ikrar Sumpah Pemuda pada butir ketiga,
mengakui dan meresmikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi bangsa
Indonesia, sebagai jati diri bangsa dan merupakan bahasa persatuan.
Bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa Nasional diatas bahasa
Daerah. Didalam kedudukannya sebagai bahasa Nasional, Bahasa Indonesia
memiliki empat fungsi sejak tahun 1928 sampai sekarang yaitu :
1.

Lambang kebanggaan Nasional.
Sebagai lambang kebanggaan Nasional, Bahasa Indonesia memancarkan
nilai – nilai sosial budaya luhur bangsa Indonesia. Dengan begitu kita harus
bangga menjunjung dan mempertahankannya.

2.

Lambang identitas Nasional.
Sebagai lambang identitas Nasional, Bahasa Indonesia merupakan lambang
bangsa Indonesia. Dengan begitu kita dapat mengetahui identitas seseorang
yaitu sifat, tingkah laku, dan watak sebagai bangsa Indonesia.

cita-cita. Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang. Apabila pengetahuan seseorang meningkat berarti tujuan pembangunan akan cepat tercapai. Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam naskah proklamasi kemerdekaan RI 1945. maka materi pelajaran yang berbentuk media cetak juga harus berBahasa Indonesia. Pada tanggal 25-28 Februari 1975. dan rasa nasib yang sama. Alat penghubung antar budaya dan antar daerah. 2. hasil perumusan seminar politik bahasa Nasional yang diselenggarakan di Jakarta dikemukakan kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara adalah : 1. Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan pemakaian Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di lembaga pendidikan dari taman kanak-kanak.3. sosial budaya dan bahasanya. Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan. Dengan fungsi ini memungkinkan masyarakat Indonesia yang beragam latar belakang. Apabila arus informasi antar manusia meningkat berarti akan mempercepat peningkatan pengetahuan seseorang. 4. Dengan Bahasa Indonesia seseorang dapat saling berhubungan untuk segala aspek kehidupan dan informasi. . sosial budaya dan berbeda-beda bahasanya dapat menyatu dan bersatu dalam kebangsaan.

Derasnya arus globalisasi di dalam kehidupan kita akan berdampak pula pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung perkembangan budaya. ilmu pengetahuan dan teknologi. Bahasa Indonesia sebagai penghubung pada tingkat Nasional. Kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia pada masyarakat Indonesia yang modern Masyarakat Indonesia modern adalah masyarakat yang sebagian besar warganya mempunyai orientasi nilai budaya yang terarah ke kehidupan dalam peradaban masa kini. buku-buku populer. Bahasa Indonesia sebagai pengembangan kebudayaan Nasional.3. pemersatu berbagai suku bangsa di Indonesia dan media untuk menampung kebudayaan Nasional. Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Ditengah. . ilmu dan teknologi. 4. baik melalui buku-buku pelajaran. Bahasa Indonesia sebagai bahasa media massa.tengah kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dan bahasa resmi Negara. Bahasa Indonesia mempunyai fungsi sebagai alat untuk menjalankan administrasi negara. Kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia pada masyarakat Indonesia yang modern yaitu : 1. Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dibuktikan dengan digunakannya Bahasa Indonesia dalam hubungan antar badan pemerintah dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. majalah-majalah ilmiah maupun media cetak lainnya.

menjadikan Bahasa Indonesia sebagai prasarana berfikir modern. Sebagai salah satu sarana komunikasi. Implikasinya di dalam pengembangan daya nalar. ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan dapat berkembang. Bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai memperjelas identitas negara kita dengan negara lain. Bahasa Indonesia sebagai sarana memperkuat citra dan identitas Bangsa. Bahasa Indonesia sebagai sarana mempertahankan bahasa Negara Indonesia dari dampak globalisasi. Bahasa Indonesia sebagai sarana perkembangan IPTEK. 3. audio. Bahasa Indonesia memiliki fungsi yaitu sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Media massa cetak dan elektronik.Media massa mempunyai peranan penting dalam perkembangan pengetahuan dan informasi. media massa juga mempunyai peran yang besar dalam mendukung perkembangan bahasa Indonesia. Misalnya seperti mencampurkan bahasa standar dengan bahasa nonstandar. Maka dari itu media massa harus menggunakan Bahasa Indonesia. Tanpa peran bahasa. Bahasa Indonesia memiliki fungsi untuk mempertahankan bahasa dan budaya Indonesia. atau bahkan mencampurkan istilah bahasa asing ke dalam uraian Bahasa Indonesia. baik visual. 2. maupun audio visual. 4. yaitu dengan cara membina dan mengembangkannya sedemikian rupa sehingga bersih dari unsur-unsur bahasa lain. Karena di zaman modern seperti sekarang hampir setiap gedung-gedung megah di Indonesia terpampang tulisan-tulisan asing sebagai .

lambang kemodernan. Sepanjang kita berada di wilayah negara Indonesia. Hal ini juga mempertegas kecintaan kita terhadap bahasa kita sendiri agar identitas bangsa kita lebih dihargai dalam skala internasional. Oleh karena itu. Hal ini agar pemakaian Bahasa Indonesia tidak dianggap kampungan atau tidak keren dan telah ketinggalan zaman. merupakan suatu kewajiban untuk tetap mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. kita sebagai bangsa Indonesia harus menjaga identitas bangsa kita yaitu bahasa Indonesia . memperbanyak penggunaan Bahasa Indonesia dalam hal apapun akan memperkuat identitas bangsa sebagai Negara Indonesia.