You are on page 1of 6

KOMUNIKASI JARINGAN PADA KOMPUTER

DAN TELEPON
SMK Negeri 1Sikur

Disusun oleh:
Handini
Lulu il maqnun
Asma layli
Asriyatul ulf
Miftahul jannah

.............. ............................... ...I A......... komunikasi pada jaringan komputer..............III DAFTAR ISI...IV ..............II B...DAFTAR ISI Kata pengantar....................................... komunikakasi pada jaringan Telepon.................................................................................

token-ring. Topologi Bus topologi bus Keuntungan • Hemat kabel • Layout kabel sederhana • Mudah dikembangkan Kerugian • Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil • Kepadatan lalu lintas • Bila salah satu client rusak. • Diperlukan repeater untuk jarak jauh 1. jangkauannya mecakup daerah geografis yang luas. Hal ini terjadi karena orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung jaringan lainnya. dan star. printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. maka jaringan tidak bisa berfungsi. baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. 1. merupakan solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. 2. Local Area Network (LAN) . Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis. pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Wide Area Network (WAN) . Me`tropolitan Area Network (MAN) . Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas. pada dasarnya internet merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan. Jaringan akan disebut sebagai loop. 4. Internet .Komunikasi Jaringan pada komputer a. seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus. 3. Topologi Jaringan Komputer Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Setiap komputer printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node. Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah kumpulan komputer. yaitu : 1. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota. dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. WAN terdiri dari kumpulan mesinmesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Topologi Token Ring Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Jaringan Tanpa Kabel . 5. data dikirimkan .

Topologi Star Kontrol terpusat. Keuntungan • Paling fleksibel • Pemasangan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain • Kontrol terpusat • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan • Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian • Boros kabel • Perlu penanganan khusus • Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis . Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Keuntungan • Hemat Kabel Kerugian • Peka kesalahan • Pengembangan jaringan lebih kaku 1. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan ainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya.

SMSC adalah proses terakhir dalam menstramisikan pesan tersebut.BSC dan BTS untuk di sampaikan ke receiver yaitu telepon 2. sehingga membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi . pusat pertukaran data. setelah itu BSC menyampaikan pesan pada MSC . lalu di proses oleh BTS . pusat informasi. BSC adalah peralatan untuk mengontol BTS (Base Transceiver Station). Setelah itu MSC mengirimkan pesan tersebut kepada SMSC . maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker . Setelah sampai ke penerima. Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan oleh perangkat telepon 3. bts yaitu peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara telepon pengguna dan telepon seluler. Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone 2. MSC yaitu Mobile Switching Center merupakan pusat dari GSM system.dan pusat pengamanan data. SMSC atau sms center merupakan program yang memiliki fungsi utama untuk mengatur distribusi data dan informasi dengan format dan penulisan tertentu agar bisa mengeluarkan output dan keluar informatif sesuai dengan kategorinya.setelah itu BTS menyampaikan pesan ke BSC . BSC itu seperti otak/commander dari BTSBTS itu . Macam-macam komunikasi dalam jaringan telepon A.Proses komunikasi pada jaringan telepon Pertama telepon 1 akan mengirimkan pesan kepada telepon 2 . Cara kerja telepon kabel antara lain : 1. Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomomunikasi 4. Dari pusat telekomunikasi. sinyal tersebut diteruskan kepada penerima 5. Setelah itu pesan di kembalikan ke MSC. Jaringan telepon kabel Cara Kerja Jaringan Telepon Kabel Telepon kabel menggunakan sistem wireline.

pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh pnsel ke bts terdekat 3. Cara kerja telepon seluler wireless antara lain : 1.Jaringan telepon seluler (nirkabel) Cara Kerja Jaringan Telepon Seluler Telepon seluler menggunakan sistem wireless. Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone 2. Sinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi 4. BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Setelah sampai kepada penerima . maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker. . Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian diteruskan ke si penerima 5.