You are on page 1of 20

DAFTAR ISI

Kata Pengantar …………………………………………………………
Daftar isi ……………………………………………………………….
I.

Halaman
i
ii

PENDAHULUAN ………………………………………………..

1

II. STRATEGI DAN PELAKSANAAN KEGIATAN BELAJAR
MENGAJAR……………………………………………………...

2

A. Pengantar/Materi Pembelajaran
1. Pengertian mencuci kendaraan bermotor roda dua ……….
2. Alat, Bahan dan tempat dalam melakukan pencucian
sebuah sepeda motor ……………………………………...

2
2

B. Mencuci Sepeda Motor dengan Baik ……………………….

4

1. Menyemprot Bodi Sepeda Motor dengan Air ………………..
a. Menyemprot dan Membersihkan Bagian Roda
b. Menyemprot dan Membersihkan Sparkboard …………….
c. Menyemprot dan Membersihkan Rangka
d. Menyemprot dan Membersihkan Tangki ………………….
e. Menyemprot dan Membersihkan Dudukan Mesin ………..
2. Membersihkan Bagian Mesin dengan Minyak ………………..
3. Penyabunan Bodi dan Mesin Sepeda Motor …………………..
4. Menyemprot Bodi Mesin sepeda Motor dengan Air dan
Mengeringkannya ……………………………………………..

5
5
7
8
8
10
10
12

III. EVALUASI ……………………………………………………….

16

IV. DAFTAR PUSTAKA …………………………………………….

18

“otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua

16

i

“otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua

ii

Adapun setelah pembelajaran selesai siswa diharapkan dapat : 1. Membersihkan bagian-bagian sepeda motor dengan teknik yang benar 3. mulai dari alat dan bahan tempat yang harus disediakan sampai pada langkah-langkah pencuciannya. Memiliki bahan/alat yang digunakan dalam pencucian sepeda motor 2.1. Dengan meningkatnya teknologi jumlah kendaraan bermotor makin meningkat. PENDAHULUAN Membuka usaha tempat pencucian motor tidak memerlukan modal yang banyak. Mengeringkan sepeda motor dengan teknik yang benar “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 1 . seperti sabun dan sampo motor serta tempat pencucian motor yang memiliki saluran untuk pembuangan air cucian. sikat. Alat dan perlengkapan untuk mencuci motor. kuas. Mencuci sepeda motor dengan teknik yang benar 4. maka usaha mencuci kandaraan bermotor dewasa ini dapat dijadikan sumber mata pencaharian. seperti kompresor. Yang harus disediakan adalah bahan pembersihnya. Apalagi jika usaha itu dilakukan bersamaan dengan usaha perbengkelan motor. dan alat – alat pembersih lainnya biasanya sudah tersedia di bengkel. Modul ini memeberikan gambaran dan pemahaman mengenai cara mencuci sepeda motor.

2. 5. debu dan air hujan yang dapat mengakibatkan sepeda motor cepat berkarat dan menimbulkan pengeroposan pada bagian-bagian tertentu. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mencuci bagian-bagian motor yang kotor akibat terkena lumpur. syaratnya harus dilantai yang beratap agar tidak panas dan kena hujan. Tempat mencuci yang berfungsi untuk menempatkan motor yang akan dicuci. Selang air yang berfungsi untuk mengalirkan air dari sumber air ke kran air. Air yang digunakan adalah air yang bersih tidak mengandung bahan garam 3. Kuas berfungsi untuk melakukan pembersihan pada kendaraan bermotor yang agak sulit dijangkau pada waktu melakukan pencucian. STRATEGI DAN PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 1. Pengantar/Materi Pembelajaran 1. Kain lap digunakan untuk mengelap/membersihkan bagian motor yang sudah dicuci. 4.2. cara mencuci motor yang baik perlu dipahami oleh siswa sehingga dalam menjalankan praktek kesehariannya siswa memiliki pedoman. Alat. Bahan dan Tempat dalam melakukan pencucian sebuah sepeda motor Dalam melakukan pencucian sepeda motor masalah peralatan yang dibutuhkan sebenarnya tidaklah terlalu banyak seperti : 1. Oleh karena itu. “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 2 . 2. Pengertian mencuci kendaraan bermotor roda dua Pencucian sepeda motor adalah suatu kegiatan yang rutin dilakukan untuk memelihara kendaraan bermotor supaya tetap awet dan bersih.

Sabun digunakan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih melekat pada motor 8.6. Minyak tanah dapat merusak karet siel oli. 10. 9. Kompresor/ mesin pompa air biasa. Ember untuk mencampur sampo/sabun dengan air. Sampo motor untuk menyampo bagian-bagian sepeda motor pada body motor agar cat sepeda motor tidak rusak. Bak air untuk menampung air. 7. umtuk mendorong tekanan air dari sumur untuk diseprotkan ke body sepeda motor. bensin atau solar untuk membersihkan khusus pada bagian mesin sepeda motor yang terkena oli dan sulit dibersihkan dengan air sabun. “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 3 . PENYEMPROT AIR KUAS SPON CUCI SAMPO CUCI LAP PENGERING 11. Sikat untuk menyikat pada bagian-bagian tertentu yang sulit dibersihkan. 12.

sekolah ke pasar dan kegiatan-kegiatan lainnya. tidak berkarat. Supaya sepeda motor tidak cepat rusak kelihatan dan tetap bagus. kita harus merawat bodinya supaya bagian-bagian sepeda motor seperti roda. dan rangka kendaraan tidak kendor. Penyemprotan awal sebelum dicuci “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 4 . shock absober. serta menjaga cat motor tetap mengkilap. Salah satu cara merawat bodi sepeda motor adalah kita harus mencucinya secara teratur supaya kendaraan itu tidak berkarat. baik ke kantor. dan tidak keropos.B. maka harus dirawat dengan baik artinya. dan keropos. Mencuci Sepeda Motor dengan Baik Sepeda motor merupakan kendaraan yang digunakan untuk kegiatanseharihari. kemudi.

dan bos. pelek. bersihkan menggunakan sikat. dan dudukan mesin. 3.Cara mencuci sepeda motor yang baik adalah : 1. kuas dan kain. 4. “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 5 . 1) Semprot ban luar dengan air dan bersihkan menggunakan sikat 2) Semprot pelek dengan air dan bersihkan menggunakan lap kain 3) Semprot jari-jari dengan air dan bersihkan menggunakan lap kain 4) Semprot bos dengan air. Mengapa body/mesin harus dirawat dengan baik? Bagaimana cara mencuci motor yang baik? 1. Menyemprot Bodi Sepeda Motor dengan Air Bagian-bagian bodi sepeda motor yang diseprot air adalah roda. Latihan : 1. jari-jari. Menyemprot body sepeda motor dengan air menggunakan kompresor atau pompa air biasa dan selangnya supaya kotoran-kotoran yang menempel mudah dibersihkan. tanki. 2. Membersihkan bagian mesin sepeda motor menggunakan minyak bensin/solar untuk menghilangkan oli yang menempel pada mesin. Menyemprot dan membersihkan bagian roda Seprot dan bersihkan bagian-bagian roda. a. sparkboard. seperti ban luar. rangka. dengan menggosokkannya ke body sepeda motor. 2. Menyemprot seluruh bagian kendaraan dengan air menggunakan kompresor/mesin pompa air serta mengeringkannya. Penyabunan atau pemberian sampo body sepeda motor menggunakan busa sabun atau sampo motor supaya sisia-sisa kotoran yang menempel hilang.

PENYEMROTAN BAGIAN RODA “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 6 .

2) Semprot sparkboard bagian dalam dengan air dan bersihkan menggunakan sikat. “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 7 . Menyemprot dan Membersihkan Sparkboard 1) Semprot sparkboard bagian luar dengan air dan bersihkan menggunakan kain halus bahan kaos spon supaya cat tidak tergores.b.

“otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 8 . dan tutup-tutup bodi 1) Semprot dudukan roda dengan air dan bersihkan menggunakan sikat/kuas dan kain. Menyemprot dan Membersihkan Tangki Tangki atau tempat bensin sepeda motor jenis motor bebek letaknya di bagian dalam di bawah jok. Rangka sepeda motor meliputi rangka utama dan rangka penunjang. shock absorber.seperti dudukan roda. sedangkan tangki jenis motor sport terletak di bagian luar menempel pada rangka utama. 2) Semprot dudukan mesin dengan air dan bersihkan menggunakan sikat.c. Menyemprot dan Membersihkan Rangka. dudukan kemudi. dudukan mesin. 3) Semprot dudukan kemudi dengan air dan bersihkan menggunakan kain halus supaya cat tidak tergores 4) Semprot shock absorber dengan air dan bersihkan menggunakan kain. 5) Semprot tutup-tutup bodi da bersihkan menggunakan kain halus supaya cat tidak tergores. d.

air akan masuk dan bercampur dengan bensin. Penyemprotn dilakukan dengan hati-hati karena jika tutup tangki bocor. kemudian semprot tangki dengan air dan bersihkan dengan kain atau sikat halus. 2) Menyemprot dan Membersihkan Tangki Jewnis Motor Sport Semprot tangki dengan air dan bersihkan dengan kain halus supaya cat tidak tergores.1) Menyemprot dan Membersihkan Tangki Jenis Motor Bebek Buka jok. “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 9 .

“otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 10 . kemudian dibilas dengan air detergen. Membersihkan Bagian Mesin dengan Minyak Bagian mesin yang terkena oli atau gemuk harus dibersihkan dengan bensin/ solar. Menyemprot dan Membersihkan Dudukan Mesin. Bagian dudukan mesin yang disemprot adalah bagian tempat menempelnya mesin sepeda motor. dan bersihkan dengan bensin/solar menggunakan sikat. Semprot dengan air bagian-bagian dudukan mesin termasuk standar (kaki motor). a. step (dudukan kaki) terutama bagian-bagian yang menempel pada blok mesin. Membersihkan kepala silinder Bersihkan sirip-sirip dan lekukan-lekukan kapala silinder dengan menggunakan sikat halus atau kuas dengan bensin/solar. b. Pembersihan dengan menggunakan minyak tanah dapat merusakkan karet seal. 2.e. Membersihkan sirip silinder Membersihkan sirip silinder menggunakan sikat dan alat pengorek dari kayu.

Sebutkan bagian-bagian dari rangka penunjang sepeda motor! 4.c. Latihan 1. Dimana letak tangki pada motor jenis bebek ? 5. Alat apa yang digunakan untuk membersihkan sparkboard bagian dalam? 3. Sebutkan bagian-bagian sepeda motor yang dibersihkan dengan bensin/solar! “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 11 . Sebutkan bagian bodi sepeda motor yang harus dicuci dengan air? 2. Membersihkan blok mesin 1) Bersihkan blok mesin bagian bawah dengan sikat 2) Bersihkan blok mesin samping kiri dan kanan dengan kain atau kuas.

jari-jari dan bos luar sampai bersih. Bila ingin lebih irit dapat digunakan sabun asal tidak mengandung detergen tetapi harus cepat-cepat disiram air hingga busanya benar-benar bersih. Jika busa sabun terlalu lama akan membekas bercak-bercak busa sabun. seperti ban luar. Sebelum penyabunan. pelek.3. busa sabun tidak boleh terlalu lama menempel pada bodi sepeda motor. Pencucian sepeda motor hindari penggunaan sabun detergen. a. “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 12 . Membuat busa sabun sampo 1) Tuangkan air ke dalam ember secukupnya 2) Masukkan sabun atau sampo ke dalam ember secukupnya 3) Aduk hingga berbusa b. sehingga bodi sepeda motor benarbenar bersih. Penggunaan sampo khusus pada sepeda motor dilakukan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang masih melekat setelah proses penyemprotan dengan air dan bensin/solar. Busa sabun yang baik untuk sepeda motor adalah sampo khusus. Jangan disabun jika belum disiram air. Sabun detergen mengandung unsur kimiawi yang dapat memudarkan cat. siapkan terlebih dahulu larutan sabunnya. ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini. Penyabunan bagian roda 1)Bersihkan bagian-bagian roda. Penyabunan Bodi dan Mesin Sepeda Motor Cat sepeda motor rusak karena cara pencucian yang salah.

“otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 13 . Penyabunan sparkboard 1) Masukkan kain halus/spon pada l larutan sabun/sampo kemudian bersihkan sparkboard bagian luar sampai bersih 2) Masukkan sikat pada larutan sabun/sampo kemudian bersihkan sparkboard bagian dalan sampai bersih. 3) Masukkan kain ke dalam larutan sabun/sampo kemudian besihkan semua jari-jari sampai bersih 4) Masukkan sikat halus ke dalam larutan sabun/sampo kemudian bersihkan lekukan-lekukan pada bos sampai bersih 5) Masukkan kain pada larutan sabun/sampo kemudian bersihkan bos bagian tengah sampai bersih. c.2) Masukkan kain ke dalam larutan sabun/sampo kemudian bersihkan sekeliling pelek dan celah-celah antara jari-jari sampai bersih.

d. e. Penyabunan tangki. “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 14 . Masukkan kain ke dalam larutan sabun kemudian bersihkan tangki dengan kain. Penyabunan rangka 1) Masukkan sikat kain ke dalam larutan sabun/sampo kemudian bersihkan dudukan roda 2) Masukkan sikat ke dalam larutan sabun/sampo kemudian bersihkan dudukan mesin 3) Masukkan kain halus ke dalam larutan sabun/sampo kemudian bersihkan dudukan kemudi 4) Masukkan kain ke dalam larutan sabun/sampo kemudian bersihkan shock absorber 5) Masukkan kain halus ke dalam larutan sabun/sampo kemudian bersihkan tutup-tutup bodi.

Mengapa setelah disemprot air atau dibersihkan dengan bensin/solar bodi/mesin sepeda motor harus dibersihkan dengan sabun? 2. Bagaimana cara membersihkan mesin dengan larutan sabun? “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 15 .] Latihan : 1.

Menyemprot Bodi Mesin Sepeda Motor dengan Air dan Mengeringkannya. Waktu penyemprotan bodi/mesin. Mengapa setelah di semprot air atau dibersihkan dengan bensin/solar. lubang karburator. setelah itu ulangi dengan kain lap khusus. b. Pengeringan Setelah disemprot air. sehingga tidak ada sisa-sisa yang menempel pada bodi sepeda motor. Kompresor 2. Bagaimana cara membersihkan mesin dengan larutan sabun/sampo? “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 16 .4. sampai penyemprotan akhir dan pengeringan. a. Sebutkan bagian-bagian sepeda motor yang dibersihkan dengan bensin/solar? 5. bodi mesin sepeda motor harus dibersihkan dengan sabun/sampo? 6. EVALUASI A. Alat apa saja yang digunakan untuk membersihkan spakboard bagian dalam? 3. Soal 1. Sebutkan bagian-bagian dari rangka penunjang sepeda motor? 4. Penyemprotan Akhir Semprotlah seluruh bodi mesin sepeda motor yang telah dibersihkan dengan larutan sabun/sampo sampai bersih. koil busi dan lubang udara mesin. Kain lap halus yang menyerap air (kain spon khusus) Caranya : Semprotkan udara dari kompresor ke seluruh bagian sepeda motor tertutama pada bagian yang sempit. penyabunan. hindari penyemprotan pada bagian tertentu secara berlebihan sehingga mesin sulit dihidupkan seperti saringan udara. Latihan Cucilah sepeda motor. Sebutkan bagian bodi sepeda motor yang harus dicuci dengan air? 2. Alat yang digunakan untuk mengeringkannya adalah : 1. bodi/mesin sepeda motor harus dikeringkan supaya butirbutir air tidak membekas pada bodi sepeda motor. mulai dari penyemprotan dengan air membersihkan mesin dengan bensin / solar.

penyabunan. Tugas Cucilah sepeda motor mulai dari penyemprotan dengan air. Mengamati cara kerja pencucian sepeda motor 2. Pada block mesin bagian bawah 5. kuas d. Tindak Lanjut Siswa di bawa ke bengkel cuci sepeda motor untuk : 1. a. membersihkan mesin dengan bensin/solar. Sockabsorber. Praktik mencuci sepeda motor JAWABAN A. Supaya tidak ada kotoran yang melekat pada bagian-bagian sepeda motor 6. a. sampai penyemprotan akhir dan pengeringan! C. mesin 2. penyabunan. Buat larutan sabun. sabun c.B. b. bodi sepeda motor b. sikat 3. kemudi 4. 1. “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 17 . gosokkan larutan sabun/sampo sampai bersih B. kain b. sparkboard c. Praktik pencucian sepeda motor mulai dari penyemprotan dengan air bensin/solar. a. tangki d.penyemprotan akhir dan pengeringan. dudukan kaki.

Drs. Tugiyanto DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT PENDIDIKAN LUAR BIASA BAGIAN PROYEK PENINGKATAN PENDIDIKAN KETERAMPILAN JAKARTA TAHUN 2003 “otomotip” Mencuci Kendaraan Roda Dua 18 .FINAL MODUL KETERAMPILAN OTOMOTIF CARA MENCUCI KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA UNTUK SMPLB Difinalkan oleh : 1. Sidik Argana 2. Drs.