You are on page 1of 5

Pencernaan karbohidrat

Karbohidrat
Dikunyah dalam
mulut

Saat berada di lambung
aktivitas enzim ptialin
di hambat oleh zat
asam yang diekresikan
oleh lambung

Ptialin tetap
bekerja terus
selama 1 jam
setelah makanan
masuk ke
lambung

karena

Ptialin tidak aktif pada
Ph <4,0

Enzim ptialin
menghidrolisis pati
(salah satu
polisakarida) menjadi
maltosa dan gugus
glukos kecil yang
terdiri dari 3-9
molekul kecil.

Setelah lambung dikosongkan dan
makanan masuk ke duodenum
maka akan bercampur dengan
getah pankreas

Glukosa, fruktosa,
galaktosa manosa,
dan monosakarida
lainya diabsorbsi
melaui dinding usus
halus dan dibawa ke
hati oleh darah.

Pati mengalami 2 proses :

Pertikel kecil
bercampur air liur
dan enzim ptialin

Glukosa masuk ke aliran darah
Jika hati kelebihan glukosa maka
glukosa diubah jadi glikogen
dengan bantuan hormon insulin
di hati.

Pati yang belum
terpecah akan dicerna
oleh amilase yang
diperoleh dari sekresi
pankreas.

kimotripsin. pepetin. peptidase) Dicerna dilambung oleh enzim pepsin Enzim ptialin aktif pada pH 2 Tripsin dan kimotripsin memecah molekul menajadi polipeptida kecil kemudian Asam amino yang disintesis/ dihasilkan dari penguraian protein dalam hati Asam amino didapat dari :    Dibawa oleh darah untuk digunakan dalam jaringan Pencernaan lemak Penyerapan melaluidinding usus Hasil penguraian protein dalam sel Hasil sintesis asam amino Polipetida akan melepas asamasam amino . membentuk proteosa.Pencernaan protei protein Masuk ke usus Makanan larut oleh enzim dan air Dikunyah dalam mulut Protein meninggalkan lambung. polipeptida besar Produk bercampur dengan enzim pankreas yang dipengaruhi oleh enzim proteolitik (tripsin.

IX.D.Tidak ada proses pencernaan di mulut dan di lambung lemak Kantung empedu berkontraksi dengan mengeluarkan cairan empedu ke duodenum Pemecahan lemak berukuran besar menjadi butiran kecil (trigliserida) oleh garam empedu Timbunan lemak diangkut menuju hati saat sedang dibutuhkan Proses pencernaan lemak tejadi di usus karena adanya enzim lipase menyebabkan Lemak yang masuk ke usus merangang pengeluaran hormon kolesistikinin menjadi Lipase pankreas menghidrolisis lemak teremulsi Campuran asam lemak dan monogliserida Asam lemak dan monogliserida di dinding usus halus dan diubah kembali menjadi lemak trigliserida Lemak diabsorbsi di usus halus Pencernaan vitamin Makanan tidak Ditranspor dari usus ke kilimikron Distributor vitamin dari mengandung vitamin Absorbsi sama denganabsorsi dan disimpan dalam hepar (ADK)lemak tempat penyimpanan lemak yang memerlukan sedangkam vitamin E disimpan Penyakit dilakukan oleh enzim pencernaan Vit A. dan K di jaringan defisiensi / adipase lipoprotein/protein khusus vitamin Vitair B&C Penyerapan Pemeliharaan dan menakuinon Vitamin tidak dapat pengaktifan faktor butuh disintesis tubuh pembekuan II. X empedu Vit K1 Vithati Kbakteri 2 ke Tumbuhan Flora di dalam saluran (menadion)Vitamin K usus limfatik (menakuinin) . VII.E.

klor. kalsium.PENCERNAAN MINERAL mineral Mangan. belerang fosfor. tembaga. kalium. kobalt.molidenum Mikro elemen Substansi organik ion Natrium. Seng. Makro elemen kromiun. magnesium .

Pencernaan air air Sebagai katalisator dalam sel - Ingersti ( masukan makanan) Absorbsi makanan Pergerakan di slauran cerna Pembuangan sisa makanan Proses enzimatis Dalam saluran pencernaan Keluar tubuh urin feses kulit keringat .