You are on page 1of 5

ORGANISASI – ORGANISASI DI BAWAH NAUNGAN PBB

1. ILO (International Labour Organization)

ILO adalah organisasi dunia di bawah naungan PBB yang menangani masalah
buruh dunia. ILO dibentuk pada tanggal 1 April 1919 dan berkedudukan di
Jenewa, Swiss.Tujuan didirikannyaa ILO adalah untuk mencapai perdamaian
abadi dan keadilan sosial dengan mengutamakan perbaikan nasib buruh dan
keluarganya.
2. FAO (Food and Agricultural Organization)

FAO adalah organisasi dunia yang menangani masalah makanan dan
pertanian (pangan). FAO berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945 dan berkedudukan
di Roma, Italia. Tujuan didirikannya FAO adalah memberikan bantuan pangan
kepada negara yang terkena musibah (kelaparan) serta meningkatkan jumlah dan
mutu bahan makanan. Indonesia pernah menerima penghargaan dari FAO pada
tahun 1986 karena Indonesia bisa mencapai swasembada pangan.

FAIZ PRIKA TRIANTAMA
KELAS VI

Swiss. Tujuannya adalah memperbaiki dan meningkatkan kesehatan manusia sedunia. dan kebudayaan. Perancis. Membantu pemberantasan penyakit menular di seluruh dunia. FAIZ PRIKA TRIANTAMA KELAS VI . 4. Pada tahun 1992. b. ilmu pengetahuan. Usaha-usaha yang dilakukan WHO adalah sebagai berikut : a. (wabah penyakit). Tujuan didirikannya UNESCO adalah memberantas buta huruf dan mempertinggi kebudayaan serta memberikan bantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan negara yang membutuhkan. Membantu peningkatan kesejahteraan ibu dan anak. WHO (World Health Organization) WHO adalah organisasi kesehatan dunia.3. Memberikan bantuan obat-obatan bagi negara yang terkena musibah c. UNESCO didirikan pada tanggal 14 November 1946 dan berkedudukan di Paris. WHO didirikan tanggal 7 April 1948 dan berkedudukan di Jenewa. serta membantu penelitian di bidang kesehatan. UNESCO (United Nation Education Scientific and Cultural Organization) UNESCO adalah organisasi dunia yang menangani masalah pedidikan. Indonesia mendapat penghargaan dari WHO karena Indonesia mampu meningkatkan kesehatan khususnya ibu dan anak. Bantuan WHO untuk Indonesia misalnya dalam masalah Keluarga Berencana (KB).

Amerika Serikat. 6. FAIZ PRIKA TRIANTAMA KELAS VI . Bantuan UNICEF untuk Indonesia misalnya untuk pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yaitu dengan memberikan bantuan dalam obat-obatan dan makanan bergizi. IBRD (International Bank for Reconstruction and Development) IBRD adalah bank internasional untuk pembangunan dan pengembangan. IBRD didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dan berkedudukan di Washington. UNICEF (United Nation International Children Emergency Fund) UNICEF adalah organisasi dunia yang menangani kesehatan dan gizi anak atau sering disebut dana kesejahteraan anak. UNICEF didirikan pada tahun 1946 dan berkedudukan di New York.5. IBRD hanya memberikan kredit kepada pihak pemerintah negara anggota dan kredit ini diberikan hanya untuk proyek-proyek besar. Amerika Serikat. IBRD sering disebut dengan Bank Dunia (World Bank). Tujuannya adalah memberikan bantuan kepada negara-negara yang mengalami kerusakan akibat Perang Dunia II dan memberikan bantuan kepada negara yang membangun (kredit jangka panjang).

b. Memberi bantuan dalam mengadakan sistem pembayaran bagi negara-negara anggota. d.7. Tujuan didirikannya UNCTAD adalah sebagai berikut : a. b. UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) UNCTAD adalah organisasi bangsa-bangsa tentang perdagangan dan pembangunan. Didirikan pada tahun 1964 dan berkedudukan di Jenewa. Amerika Serikat. Adapun tujuannya adalah untuk memajukan kerja sama internasional di bidang keuangan dan perdagangan. FAIZ PRIKA TRIANTAMA KELAS VI . Memberi bantuan untuk memperluas perdagangan internasional. Mencari pasaran yang luas di dunia internasional. c. c. IMF (International Monetary Fund) IMF adalah dana moneter internasional. Membantu negara-negara yang neraca pembayarannya tidak seimbang dan defisit dengan menyediakan dana pinjaman. Usaha-usaha yang dilakukan IMF adalah sebagai berikut : a. Mengusahakan harga yang pantas dan stabil bagi barang-barang ekspor. Memberi saran atau nasihat tentang kerja sama keuangan internasional. 8. yang didirikan pada tanggal 27 September 1945 dan berkedudukan di Washington. Swiss. Mengusahakan kemajuan dan memperlancar perdagangan internasional terutama perdagangan ekspor negara-negara yang sedang berkembang.

misalnya di bidang pertanian dan pembuatan jalan. Kanada. Maroko. Denmark. Bantuan UNDP untuk Indonesia. Sumber : http://nurulhedayat. misalnya menyederhanakan prosedur ekspor. dan Perancis. Belanda. 10. mulai tanggal 1 Januari 1995 GATT berubah nama menjadi WTO (World Trade Organization). tanggal 15 April 1994 diputuskan bahwa. GATT (General Agreement Tariff and Trade) GATT adalah perjanjian umum tentang tarif dan perdagangan yang dibentuk pada tahun 1947 berdasarkan perjanjian Genewa.co. Tujuan didirikannya GATT adalah mengurangi berbagai rintangan dalam perdagangan internasional. dan mengurangi proteksi atau perlindungan dalam perdagangan.9.id/2013/07/organisasi-organisasi-yang-berada-di.blogspot. penurunan tarif atau bea masuk. Penyumbang terbesar UNDP adalah Ameriika Serikat. Pada pertemuan di Marakesh.html FAIZ PRIKA TRIANTAMA KELAS VI . UNDP (United Nations Development Programs) UNDP adalah organisasi program pembangunan bangsa-bangsa. UNDP merupakan badan dalam PBB yang mengurusi program pembangunan dengan tujuan untuk memperlancar pelaksanaan pembangunan di seluruh dunia.