You are on page 1of 11

MAKALAH

HUKUM PIDANA

Disusun Oleh :
ULIS MUHLISUDIN
NIM : 11014011048
Semester III

UNIVERSITAS PURWAKARTA
PURWAKARTA
2012
i

Desember 2012 Penyusun ii . Bapak Dosen yang saya hormati dalam penyusunan makalah ini saya sadar sepenuhnya bahwasannya masih banyak tersimpan kekurangan dan kekeliruan di dalamnya. Puerwakarta. Amin. Namun demikian saya telah berupaya semaksimal mungkin dan penuh tanggung jawab.KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT. oleh karena itu satu harapan dari saya koreksi dan input positif untuk perbaikan selanjutnya. atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini. Akhirnya saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasi dan bantuannya semoga menjadi amal soleh. Selanjutnya shalawat beserta salam semoga tercurah kepada Baginda Nabi Muhammad SAW juga kepada keluarga dan sahabat serta seluruh umat yang senantiasa taat terhadap syariat sampai hari kiamat.

i Daftar Isi .................................................................................................................................................DAFTAR ISI Kata Pengantar ...............................................................................8 iii .............................................................................1 Daftar Pustaka .................................................................ii Pembahasan .........................................

Jakarta Barat. yang isi beritanya sebagai berikut : Perwira Gadungan Tipu Calon Anggota Polri Jakarta. akibatnya terjadi kekacauan dan terganggunya ketertiban dan ketentraman kehidupan manusia.PEMBAHASAN Seiring dengan kemajuan zaman. Mengutip berita dari harian Kompas edisi Kamis. banyak sekali perilaku manusia dalam bermasyarakat telah mengabaikan norma-norma hukum yang berlaku.Aparat Subdirektorat Kendaraan Bermotor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap FB (35). Selasa (27/11) malam. Masing-masing katagori penipuan atau perusakan baik ringan maupun berat sudah tertuang dalam buku II KUHP berikut penjelasan akibat hukumnya sehingga seorang hukum dapat menjatuhi hukuman berdasarkan bukti-bukti dan pasal-pasal yang tertuang didalamnya. Kecamatan Kembangan. Penyelewengan-penyelewengan seperti inilah biasanya dicap sebagai suatu pelanggaran bahkan sebagai suatu tindak kejahatan dan motif-motif kejahatan itu ada kalanya berupa penipuan dan penghancuran (perusakan) yang mana kedua macam kejahatan ini memiliki unsur-unsur untuk membuktikan adanya penipuan atau perusakan tersebut. 29 November 2012. Kompas . . warga Kelurahan Srengseng.

yang terletak di Kelurahan Srengseng. yang mampu membantu meloloskan seleksi masuk calon bintara Polri atau perwira Akademi Kepolisian. Atas informasi tersebut. Rabu (28/11) siang. lambang kewenangan penyidik. Tersangka lalu meminta Rp 50 juta sampai Rp 100 juta untuk satu berkas lamaran. dia mengaku hanya polisi gadungan. Selain semua barang itu. Selain itu. ”Saat akan ditangkap. ditemukan berbagai perlengkapan dan atribut anggota Polri. polisi menangkapnya dan menggeledah rumah. kartu anggota Polri. Kami masih mencari orang-orang yang kemungkinan bekerja sama dengannya.FB disangka menipu dengan modus mengaku sebagai perwira polisi yang dapat meluluskan seseorang yang berminat menjadi polisi. ”Dia baru ditangkap semalam. Setelah mengetahui alamat rumah FB. Akhirnya. Polisi menangkap FB setelah mendapat laporan ada seorang laki-laki yang mengaku anggota polisi berpangkat komisaris. seperti baju seragam Polri berpangkat komisaris. Saat rumah digeledah. polisi melakukan penyelidikan. dia mengaku melakukan penipuan seorang diri. Ia juga memiliki senjata api rakitan. yang bersangkutan melawan dan menggertak anggota serta kukuh mengaku sebagai anggota Polri. Sejauh ini. dan stempel-stempel yang secara sekilas tampak seperti asli.” ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Komisaris Besar Toni Harmanto. polisi juga menyita tiga kendaraan yang v .” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto. Tersangka mengaku memiliki hubungan baik dengan pejabat di Polda Metro Jaya dan Mabes Polri. polisi juga menemukan senjata api revolver rakitan warna perak dengan lima peluru.

Tidak dipungut biaya ”Selama dua bulan itu. kedua korban diberi latihan fisik dan membantu membersihkan rumah dan mencuci pakaian pelaku.” kata Rikwanto. warga masyarakat agar mendaftar secara resmi di kantor-kantor polres dan polda saat pendaftaran dibuka. buku tabungan. Rikwanto menegaskan. Ditemukan pula amplop-amplop coklat berisi dokumen lamaran atau pendaftaran calon anggota Polri berikut ijazah asli dari para korban.diduga didapat dari hasil penipuan serta sejumlah kartu tanda penduduk. Saat polisi menggerebek rumah FB. Pendaftaran serta selama tes tidak dipungut bayaran sama sekali.25 juta. jangan mudah tergoda oleh orang-orang yang mencurigakan yang menawarkan jasa baik itu melancarkan pendaftaran menjadi vi . pelaku mengatakan kegiatan itu sebagai persiapan untuk menjadi anggota Polri. yang ternyata korban penipuan pelaku.” ujarnya. juga uang tunai Rp 16. kita harus waspada dan hati-hati. Keduanya sudah menyerahkan uang Rp 100 juta dan Rp 150 juta serta sudah dua bulan tinggal di sana. Kepada kedua korban. ”Bukan mendaftar pada perorangan.” kata Toni menjelaskan. jika berminat menjadi anggota Polri. ”Kami akan mencari alamat para korban ini untuk mengembalikan ijazah-ijazah asli ini. ungkap Toni Harmanto. kartu ATM. (RTS) Dari berita di atas sungguh di zaman sekarang penipuan semakin marak. di sana juga ada dua pemuda asal Jawa Barat dan Bengkulu.

TNI. title asli bab ini adalah bedroog. bisa di bilang ahli dalam membujuk orang agar bisa terpengaruh dan terbuai. dia bisa dijerat UU Darurat pasal 1 tahun 1951 tentang kepemilikan senpi ilegal. sangat lihai dan pintar dalam melakukan penipuannya. Akibat dari perbuatan si penipu di atas. b. penipuan dan penyalahgunaan atribut Polri dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara. Penipuan memiliki dua pengertian yaitu : a.anggota Polri. mereka hingga rela mengeluarkan banyak uang jutaan bahkan ratusan juta digelontorkan untuk mendapatkan keinginan dengan cara pintas. Kejahatan penipuan yang termuat dalam bab XXV buku II KUHP dari pasal 378 s/d pasal 395. yang oleh banyak ahli diterjemahkan sebagai penipuan atau perbuatan curang. termasuk yang di dalam berita di atas. Juga pasal 378 s/d pasal 395 Sungguh beresiko menjadi seorang penipu. Orang-orang yang berprofesi sebagai penipu. Penipuan dalam arti luas. Penipuan dalam arti sempit ialah bentuk penipuan yang dirumuskan dalam pasal 378 (bentuk pokoknya) dan 379 (bentuk khususnya) atau yang biasa disebut dengan oplichting Dalam KUHP sendiri merumuskan mengenai pengertian penipuan (Oplichting) pasal 378 yang berbunyi : “Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dengan memakai vii nama palsu atau martabat . yaitu semua kejahatan yang dirumuskan dalam bab XXV KUHP. atau apapun. Tak sedikit yang menjadi korban oleh para penipu.

menggerakkan orang lain untuk mengerahkan barang sesuatu kepadanya atau supaya memberi utang maupun. 3. mengadakan suatu perikatan utang c. meniadakan suatu piutang. Menggerakkan orang lain Atau orang lain tersebut : a. menyerahkan sesuatu benda b. suatu sifat palsu c. Untuk dapat membuktikan seseorang melakukan penipuan hakim harus melakukan pemeriksaan yakni apakah benar terdakwa telah : viii .(Hoedaniqheid) palsu. Unsur-unsur objektif : 1. menghapuskan piutang diancam karena penipuan. Unsur Subjektif : Dengan maksud (met het oogmerk) untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum. sebuah nama palsu b. dengan pidana penjara paling lama 4 tahun”. terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut : a. Unsur Penipuan Tindak pidana penipuan dalam bentuk pokok seperti yang diatur dalam pasal 378 KUHP. Dengan memakai : a. Barang siapa : 2. b. rangkaian kata-kata bohong. dengan tipu muslihat ataupun rangkaian kebohongan. tipu muslihat d.

a.1) Barang siapa Kata ini menunjukkan orang jadi apabila ia memenuhi semua unsur tindak pidana pencurian yang diatur dalam pasal 378 KUHP. (B. adapula memakai sifat-sifat yang palsu.2) menggerakkan orang lain (iemand bewegein) Bewegein selain diartikan menggerakkan. (B. objeknya kehendak seseorang.3) Sarana-Sarana Penipuan (Oplichtingsmiddelen) Sarana penipuan disini diantara salah satunya harus dipakai atau perbuatan tersebut dapat dikatakan penipuan. Menggerakkan disini didefinisikan sebagai perbuatan mempengaruhi atau menanamkan pengaruh pada orang lain. KUHP tidak memberikan keterangan jelas istilah bewegen tersebut. Yang jelas dengan cara tidak benar karena kalau dengan cara benar bagaimana mungkin orang lain (korban) terpengaruh. dengan tipu muslihat dan juga kata-kata bohong. maka ia dapat disebut pelaku atau dader dari tindak pidana pencurian. (B. Terdapat perbedaan antara tipu muslihat dan rangkaian kebohongan. Terbukti memenuhi semua unsur tindak pidana penipuan. sebagian ahli juga menggunakan istilah membujuk atau menggerakkan hati. Terbukti memenuhi unsur kesengajaan (Opzet) b. kalau tipu muslihat itu berupa membohongi tanpa kata-kata sedangkan rangkaian ix . Seperti dengan menggunakan nama palsu yang bukan nama aslinya atau nama aslinya sendiri tapi belum diketahui masyarakat umum.

yang intinya melanggar larangan undang-undang pasal 378 tentang penipuan dan juga merupakan delik aduan sebagaimana dikemukakan oleh menteri kehakiman Belanda moderman yang memiliki dua alasan.kebohongan itu dengan kata-kata bohong atau tidak benar. x . Kejahatan penipuan ini tergolong dalam delicta commisionis. Berbeda dengan penghancuran (perusakan) unsur-unsur yang dipakai berbeda dengan unsur penipuan. asusila dan materiil selain itu juga dikatakan sebagai vermogens delicten yaitu delik-delik terhadap harta benda. yang disertai dengan bentuk penipuan-penipuan lain. akan tetapi dalam praktek kedua cara ini dipergunakan bersama-sama dan secara gabungan.

com - http://wwwqolbu27.html xi .blogspot.DAFTAR PUSTAKA - Harian Kompas - http://regional.com/2010/06/tindak-pidana-terhadap-penipuandan.kompas.