You are on page 1of 4

BAB VI

UTILITAS DAN PENGOLAHAN LIMBAH

Unit pendukung proses atau sering pula disebut unit utilitas merupakan sarana
penunjang proses yang diperlukan pabrik agar dapat berjalan dengan baik.
Penyediaan utilitas dapat dilakukan secara langsung dimana utilitas diproduksi di
dalam pabrik tersebut, atau secara tidak langsung yang diperoleh dari pembelian
ke perusahaan-perusahaan yang menjualnya. Pada pabrik etanol ini, utilitas
terbagi menjadi beberapa unit, yaitu, unit penyedia air, unit penyedia steam, unit
penyedia listrik, unit penyedia bahan bakar, unit refrigerant, unit penyedia udara
bertekanan, unit pengolahan limbah, laboratorium, dan unit instrumentasi dan
pengendali proses. Penjelasan dari tiap-tiap unit yang disebut di atas dijelaskan di
bawah ini.
6.1. Kebutuhan Air
Dalam proses produksi, air memegang peranan penting, baik untuk kebutuhan
proses sebagai reaktan atau pendingin/pemanas, maupun kebutuhan domestik.
Adapun kebutuhan air pada pabrik pembuatan etanol ini sebagai berikut.
6.1.1. Air untuk keperluan umum dan sanitasi
Air untuk keperluan umum adalah air yang dibutuhkan untuk sarana dalam
pemenuhan kebutuhan pegawai seperti untuk mandi, cuci, kakus (MCK) dan
untuk kebutuhan kantor lainnya, serta kebutuhan rumah tangga. Air sanitasi

Syarat biologis (bakteriologis). Spesifikasi air sanitasi Di bawah suhu kamar Syarat fisis Tidak berwarna Tidak berasa Tidak berbau Kekeruhan Syarat kimia Syarat biologis < 1 mg SiO2/Liter Tidak mengandung zat organik dan anorganik Tidak mengandung logam berat dan beracun Tidak mengandung bakteri patogen Tabel 6. tingkat kekeruhan < 1 mg SiO2/Liter. dan lainnya. di bawah suhu kamar. utilitas. tidak mengandung zat organik dan anorganik yang terlarut dalam air. 1. tidak berasa. dan tidak berbau.1. tidak berwarna.25 . logam-logam berat lainnya yang beracun.Syarat fisis. 2. Beberapa persyaratan untuk air sanitasi adalah sebagai berikut . tidak mengandung kuman/bakteri terutama bakteri patogen Tabel 6. laboratorium.98 Air untuk laboratorium 10 Air untuk kebersihan dan pertamanan 7.124 diperlukan untuk pencucian atau pembersihan peralatan pabrik.2.2 Air untuk perumahan pabrik 20 rumah x 4 orang/rumah 10 Air keperluan Lainnya (Masjid) 0.Syarat kimia. Kebutuhan air umum Kebutuhan Kebutuhan air untuk karyawan 15 L/org/hr x 132 org Jumlah 3 m /hari 1.

43 6.3. 5. Kesadahan air yang dapat menyebabkan terjadinya scale (kerak) pada sistem perpipaan.1. 3. plankton yang tinggal dalam air sungai. Air pendingin merupakan air yang digunakan sebagai pendingin peralatan proses dan pertukaran/perpindahan panas dalam heat exchanger dengan tujuan untuk memindahkan panas suatu zat di dalam aliran ke dalam air.2. Besi. Minyak. Tabel 6. Mikroorganisme seperti bakteri.id/).125 Total 29. 2.co. Air pendingin Air pendingin yang digunakan ialah air olahan yang berasal dari air Sungai Way 3 Sekampung. sehingga menyebabkan fouling alat heat exchanger . dapat menjadi makanan mikroba sehingga menimbulkan endapan. yang merupakan penyebab terganggunya film corossion inhibitor. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penyediaan air untuk keperluan pendinginan sebagai berikut : 1. Bahan-bahan penyebab korosi dan bahan-bahan penyebab penurunan efisiensi perpindahan panas seperti senyawa asam kuat. yang dapat menimbulkan korosi 4.529 m /s (http://cahyamedia. menurunkan heat transfer coefficient. Lampung Tengah dengan debit 1. Spesifikasi Air Pendingin Spesifikasi Nilai Satuan Ca hardness sebagai CaCO3  150 ppm Mg hardness sebagai MgCO3  100 ppm . berkembang dan tumbuh.

CTRL+ Click on the link below to purchase Activate your software for less than $20 http://www.Thank you for evaluating BCL easyConverter Desktop This Word document was converted from PDF with an evaluation version of BCL easyConverter Desktop software that only converts the first 3 pages of your PDF.com/easyconverter/ .pdfonline.