You are on page 1of 6

SOAL TEMATIK UUD NRI 1945 Pinal 4

3, Jelaskan apa yang dimaksud dengan Etika Penegakan hukum yang berkeadilan sesuai
dengan TAP MPR Nomor VI/MPR/2001 ?
Jawab :
a. Dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran bahwa tertib sosial, ketenangan dan
keteraturan hidup bersama hanya dapat diwujudkan dengan ketaatan terhadap
hukum dan seluruh peraturan yang berpihak kepada keadilan.
b. Keseluruhan aturan hukum yang menjamin tegaknya supremasi dan kepastian
hukum sejalan dengan upaya pemenuhan rasa keadilan yang hidup dan berkembang
di dalam masyarakat.
c. Etika ini meniscayakan penegakan hukum secara adil, perlakuan yang sama dan
tidak diskriminatif terhadap setiap warga negara di hadapan hukum dan
menghindarkan penggunaan hukum secara salah sebagai alat kekuasaan dan bentukbentuk manipulasi hukum lainnya.
2. Jelaskan arah kebijakan ekonomi nasional sesuai ketetapan MPR Nomor XVI/MPR/1998
tentang Politik Ekonomi dalam rangka Demokrasi ekonomi
Jawab : Politik Ekonomi nasional diarahkan untuk menciptakan struktur ekonomi
nasional agar terwujud pengusaha menengah yang kuat dan besar jumlahnya serta
terbentuknya keterkaitan dan kemitraan yang saling menguntungkan antar pelaku
ekonomi yang meliputi usaha kecil, menengah dan koperasi, usaha besar swasta, dan
BUMN yang saling memperkuat untuk mewujudkan Demokrasi Ekonomi dan efisiensi
nasional yang berdaya saing tinggi

.
3. Jelaskan latar belakang ketetapan MPR Nomor IX/MPR/2001 tentang pembaruan agraria
dan pengelolaa sumber daya alam
Jawab :
 bahwa sumber daya agraria/sumber daya alam meliputi bumi, air dan ruang angkasa
dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya sebagai Rahmat Tuhan Yang Maha
Esa kepada bangsa Indonesia, merupakan kekayaan nasional yang wajib disyukuri.
Oleh karena itu harus dikelola dan dimanfaatkan secara optimal bagi generasi
sekarang dan generasi mendatang dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan
makmur;
 bahwa MPR RI mempunyai tugas konstitusional untuk menetapkan arah dan dasar
bagi pembangunan nasional yang dapat menjawab berbagai persoalan kemiskinan,
ketimpangan dan ketidak adilan sosial-ekonoi rakyat serta kerusakan sumber daya
alam;
 bahwa pengelolaan sumber daya agraria/sumber daya alam yang berlangsung selama
ini telah menimbulkan penurunan kualitas lingkungan, ketimpangan struktur
penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatannya serta menimbulkan konflik;

Mengapa Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat adalah agar : 1) Presiden dan Wakil Presiden memiliki legitimasi yang kuat. Sebutkan rumusan pasal 6 A ayat 1 dan 2 dan jelaskan pula bahwa Presiden dan Wakil Presiden dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat. adalah :  Agar terjadi siklus kepemimpinan (pergantian)  Untuk mewujudkan fungsi partai politik sebagai pemersatu bangsa yang menyerap dan memperjuangkan aspirasi rakyat. sekaligus sebagai kepala pemerintahan.  bahwa pengelolaan sumber daya agraria/sumber daya alam yang adil. dan mengapa pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden diusulkan oleh partai politik ? Jawab : Rumusan pasal 6 A ayat 1 : Presiden dan Wakil Presiden dipilih dalam satu pasangan secara langsung oleh rakyat. Ayat 2.  Untuk membangun kesepahaman. Mengapa Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum. berkelanjutan dan ramah lingkungan. berbunyi : pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilihan umum. karenanya Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang diajukan oleh partai politik merupakan kristalisasi dari aspirasi rakyat.bahwa peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya agraria/sumber daya alam.  Adanya mekanisme saling mengawasi dan mengimbangi  Adanya mekanisme impeachment 1. dan legitimasi yang kuat itu hanya bisa diperoleh jika Presiden dan Wakil Presiden dipilih secara langsung oleh rakyat. 2) untuk mempertahankan dan mempertegas sistem Presidensial yang mempunyai ciri :  adanya masa jabatan Presiden yang bersifat pasti (fixed term)  Presiden disamping sebagai kepala negara. kebersamaan dan kesatuan dikalangan partai-partai politik dalam melakukan perjuangan politik yang diharapkan . saling tumpang tindih dan bertentangan. aspirasi dan peran serta masyarakat serta menyelesaikan konflik  bahwa untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 diperlukan komitmen politik yang sungguh-sungguh untuk memberikan dasar dan arah bagi pembaruan agraria dan pengelolaan sumber daya alam yang adil. terpadu dan menampung dinamika. berkelanjutan dan ramah lingkungan harus dilakukan dengan cara terkoordinasi.  4. menghindari adanya upaya untuk menjatuhkan Presiden dengan cara yang mudah.

yaitu 4/9 jumlah anggota MPR yaitu 2/3 dikali 2/3 sebagaimana diatur pada pasal ini sebelum perubahan 6. terwujudnya keadilan dalam distribusi pendapatan. 2.dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang majemuk dalam melaksanakan kedaulatan rakyat. Kampanye 5. lebih banyak dari persyaratan minimal. Pendaftaran pemilih 3. tegaknya hukum yang berkeadilan tanpa diskriminasi. terwujudnya institusi dan aparat hukum yang bersih dan profesionalterwujudnya penegakan hak asasi manusia 3. Pengucapan sumpah/janji saat pelantikan . Sebutkan tahapan-tahapan pemilihan umum ! Jawab : 1. tersedianya peluang yang lebih besar bagi kelompok ekonomi kecil.  Sebagai wujud bahwa figur Presiden dan Wakil Presiden selain sebagai pimpinan penyelenggara pemerintahan. Penetapan calon 4. Pemutakhiran data pemilih 2. terwujudnya keadilan gender 4. juga merupakan simbol persatuan nasional 5. Sebutkan Indikator adil sesuai Ketetapan MPR nomor : VII/MPR/2001 tentang Visi Indonesia Masa Depan Jawab : Indikator adil dalam visi Indonesia masa depan yaitu : 1. sumber daya ekonomi dan penguasaan aset ekonomi serta hilangnya praktek monopoli 6. terwujudnya budaya penghargaan dan kepatuhan terhadap hukum 5. Penetapan hasil pemilu 7. Jelaskan proses perubahan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 menurut ketentuan Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945! Jawab : Proses perubahan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945 diawali dengan usul perubahan yang harus diajukan oleh sekurang-kurangnya1/3 jumlah anggota MPR. putusan untuk melakukan perubahan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945 harus dengan persetujuan sekurang-kurangnya 50% ditambah satu anggota MPR. penduduk miskin dan tertinggal 2. Pemungutan suara dan perhitungan suara 6.

) 6. Mengapa untuk memberhentikan Presiden harus melalui Dewan Pewakilan Rakyat.(Presien dan wakil Presiden memiliki legitimasi yang kuat. sebagai penghormatan terhadap para pendiri bangsa. Pasal II Aturan Peralihan UUD NRI Tahun 1945 yang berbunyi : Semua lembaga negara yang ada masih tetap berfungsi sepanjang untuk melaksanakan ketentuan UUD dan belum diadakan yang baru menurut UUD ini d. memuat hal-hal yang berhubungan dengan pendirian negara 4. Sebutkan dasar hukum pembentukan Ketetapan MPR RI Nomor I/MPR/2003 ! Jawab : a. 5. . 7. Jelaskan mengapa pembukaan UUD 1945 tidak boleh dirubah ? Jawab : Pembukaan UUD 1945 tidak boleh dirubah karena : 1. TAP MPR RI Nomor III/MPR/2002 tentang penetapan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2003. Sebutkan tahap penyelenggaraan pemilu Presiden dan Wakil Presiden! 4. memuat tujuan negara 2. Mengapa kita harus mempertegas sistem Presidensial ? Jawab : 1. memuat dasar negara 3. Jika MPR tidak dapat bersidang 8.3. tetapi ia dapat diberhentikan setelah benar-benar dinyatakan bersalah menurut undang-undang. Pasal 1 Aturan Peralihan UUD NRI Tahun 1945 yang berbunyi : Segala peraturan perundangan-undangan yang ada masih tetap berlaku selama belum diadakan yang baru menurut UUD ini c. TAP MPR RI Nomor II/MPR/1999 sampai dengan perubahan yang keenam tahun 2003 tentang peraturan tata tertib majelis e. Agar Presiden dan/atau Wakil Presiden tidak mudah diberhentikan dalam masa jabatannya. Jawab : 3. Pasal 1 aturan tambahan UUD NRI Tahun 1945 yang berbunyi : Majelis Permusyawaratan Rakyat ditugasi untuk melakukan peninjauan terhadap materi dan status hukum Ketetapan MPRS dan Ketetapan MPR untuk diambil putusan pada sidang MPR tahun 2003 b. Untuk memperkokoh sistem pemerintahan yang stabil dan demokratis 2.

keunggulan dan kejayaan serta kelestarian lingkungan yang dijiwai oleh nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur budaya bangsa. perdamaian abadi dan keadilan sosial. d. kemandirian. Bahwa untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUDNRI Tahun 1945 tersebut. Sebutkan latar belakang Ketetapan MPR RI Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa dan sebutkan juga substansi dan amanatnya. Substansi : Ketetapan ini mengamanatkan untuk meningkatkan kualitas manusia yang beriman. Bahwa untuk itu diperlukan adanya rumusan tentang pokokpokok etika kehidupan berbangsa sebagai acuan bagi pemerintah dan seluruh bangsa Indonesia dalam rangka menyelamatkan dan meningkatkan mutu kehidupan berbangsa. berkeadilan.institusi. daya tahan ekonomi dan kemampuan saing dan terciptanya suasana kondusif untuk pemberdayaan ekonomi yang berpihak kepada rakyat kecil melalui kebijakan secara berkesinambungan. etika ekonomi dan bisnis. persaingan sehat. kolusi dan nepotisme yang berdampak negatif terhadap efisiensi. 5. Bahwa sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD NRI Tahun 1945. etika keilmuan. diperlukan pencerahan sekaligus pengamalan etika pengamalan etika kehidupan berbangsa bagi seluruh rakyat Indonesia. oligapoli.  Etika ini mencegah terjadinya praktik-praktik monopoli. Jawab : Latar belakang : b. Jelaskan yang dimaksud dengan etika Ekonomi dan bismis sebagai mana diatur dalam ketetapan MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa Jawab :  Etika Ekonomi dan bismis dimaksukan agar prinsip dan prilaku ekonomi dan bisnis. e. c. mendorong berkembangnya etos kerja ekonomi. terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum. dan etika lingkungan untuk dijadikan acuan dasar dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai . bertaqwa dan berakhlak mulia serta berkepribadian Indonesia dalam kehidupan berbangsa. kebijakan ekonomi yang mengarak kepada perbuatan korupsi. mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan.4. ketahanan. etika penegakkan hukum yang berkeadilan dan kesetaraan. Bahwa etika kehidupan berbangsa dewasa ini mengalami kemunduran yang turut menyebabkan terjadinya crisis multidimensi. Amanat : Perlu ditegakkan Etika Kehidupan Berbangsa yang meliputi etika sosial dan budaya. maupun pengambil keputusan dalam bidang ekonomi dapat melahirkan kondisi dan realitas ekonomi yang bercirikan persaingan yang jujur . etika politik dan pemerintahan. dan keadilan serta menghindarkan prilaku menghalalkan segala cara dalam memperoleh keuntungan. baik oleh perseorang . Pokok-pokok etika kehidupan berbangsa mengacu pada cita-cita persatuan dan kesatuan.

dengan arah kebijakan dan kaidah pelaksanaannya serta menjiwai seluruh pembentukan undang-undang 9. berakhlak mulia. terwujudnya toleransi antar dan antara umat beragama d. Sebutkan indikator religius sebagai mana Ketetapan MPR RI Nomor VII/MPR/2001 tentang visi Indonesia masa depan. bertakwa. terwujudnya penghormatan terhadap martabat kemanusiaan . Jawab : Indikator religius dalam visi Indonesia masa depan adalah : b. terwujudnya masyarakat yang beriman. sehingga ajaran agama. terutama kejujuran dihayati dan diamalkan dalam prilaku kesehariannya c. khususnya yang bersifat universal dan nilai-nilai luhur budaya.