You are on page 1of 4

KUESIONER PENELITIAN

Kuesioner Tingkat Pengetahuan Tentang Hipertensi Sebagai Faktor Resiko Stroke Dan
Kepatuhan Mengkonsumsi Obat Anti Hipertensi Pada Penderita Hipertensi
Di Posyandu Lansia Wilayah Kerja Puskesmas Padang Guci
No. Responden :
Tgl Wawancara :
Petunjuk pengisian kuesioner:
1.
2.
3.
4.

Pertanyaan pada kuesioner ditujukan langsung kepada responden
Jawablah pertanyaan ini dengan benar dan sejujur-jujurnya
Berilah tanda checklist (√) pada pilihan yang Anda anggap benar.
Selamat mengisi dan terimakasih

A. IDENTITAS RESPONDEN
1. Nama
:
2. Alamat
:
3. TTL / Umur
:
4. Jenis Kelamin
:
1) Laki-laki
5. Pendidikan Terakhir :
1) Tidak Sekolah)
2) Tamat SD
5) Tamat SMA/SMK

2) Perempuan
3) Tidak Tamat SD
4) Tamat SMP/MTs
6) Tamat Perguruan Tinggi

6. Pekerjaan :
1) PNS

3)Pegawai swasta

2) Pedagang

4) Petani/Buruh

7. Keluarga yang pernah menderita hipertensi
( ) Ada

( ) Tidak ada

8. Lama menderita hipertensi :
1) ≤ 5 tahun

2) > 5 tahun

B. Kuesioner Pengetahuan
Berilah tanda checklist (√) pada pilihan yang Anda anggap benar.
B = Benar
S = Salah

5) Tidak bekerja

tekanan darah. Pernyataan Tekanan darah tinggi disebut juga dengan hipertensi. Komplikasi seperti stroke dapat terjadi jika tekanan darah tidak 9. Kebiasaan merokok tidak mempengaruhi peningkatan tekanan 12. 3.No. permanen. jantung berdebar-debar. Seorang penderita tekanan darah tinggi tidak perlu mengukur 14. pusing. darah. Tekanan darah normal adalah 120mmHg/80mmHg. Stroke sewaktu-waktu dapat mengakibatkan kematian jika tidak 10. dan sakit kepala. Gejala yang sering timbul pada penderita hipertensi yang berkepanjangan adalah gelisah. Tekanan darah tinggi bukanlah penyakit keturunan. Cara yang paling tepat untuk mengetahui apakah seseorang menderita tekanan darah tinggi atau tidak adalah mengukur 7. dikontrol. 1. Penyakit tekanan darah tinggi dapat disembuhkan secara 6. Salah satu usaha untuk mencegah komplikasi tekanan darah tinggi 11. Kelebihan berat badan tidak memiliki hubungan dengan 16. tekanan darahnya secara teratur. ditangani dengan cepat dan tepat. Mengkonsumsi makanan kaya serat merupakan salah satu usaha 17. Benar Salah . 5. adalah mengurangi asupan garam. Stroke bukanlah salah satu komplikasi tekanan darah tinggi. Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi jika tekanan 4. 8. 2. 15. Stroke dapat mengakibatkan kelumpuhan. 13. untuk menghindari komplikasi tekanan darah tinggi. darahnya mencapai > 140mmHg/90mmHg. peningkatan risiko komplikasi tekanan darah tinggi. Minum minuman beralkohol dapat meningkatkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol sangat erat kaitannya 2.18. Stroke pasti terjadi pada setiap penderita tekanan darah tinggi. Olahraga merupakan 8. 1. dengan terjadinya stroke Asupan garam yang tinggi setiap hari tidak dapat menyebabkan 3. kekambuhan penyakit tekanan darah tinggi Menjauhkan diri dari stres salah satu cara untuk mencegah 7. No Pernyataan . 1. Olahraga secara teratur dapat mencegah kejadian stroke. 20. Rutin mengkonsumsi obat antihipertensi tidak dapat mencegah salah satu Benar cara untuk Salah menghindari terjadinya stroke. tekanan darah tinggi. tekanan darah tinggi. D. 19. No Pernyataan . Kuesioner Faktor Resiko Stroke Berilah tanda checklist (√) pada pilihan yang Anda anggap sesuai. Penderita tekanan darah tinggi dianjurkan mengkonsumsi durian. Kuesioner Kepatuhan Konsumsi Obat Berilah tanda checklist (√) pada pilihan yang Anda anggap sesuai. Memakan buah-buahan dan mengkonsumsi makanan kaya serat 4. C. kekambuhan penyakit tekanan darah tinggi Pola kebiasaan hidup yang buruk merupakan penyebab timbulnya 6. komplikasi tekanan darah tinggi. dapat mencegah terjadinya stroke. Apakah anda rutin melakukan pemeriksaan ulang ke Ya Tidak . Merokok dan minuman alkohol merupakan penyebab timbulnya 5.

apakah 6. Tidak merasa adanya keluhan yang dirasakan lagi b. apakah anda 7. Lupa mengingat waktu kontrol c. anda akan tetap meminum obat sampai habis? Ketika anda merasa kondisi tubuh memburuk. Melakukan pengobatan alternatif / minum obat tradisional 2. penggunaan obat? Apakah anda pernah mengurangi/menghentikan penggunaan obat tanpa memberitahu dokter? . 4. akan tetap melanjutkan minum obat? Apakah anda sering mengalami kesulitan dalam mengingat 8. Takut bahaya efek samping obat Apakah anda pernah merasa terganggu karena harus 3. menjalani pengobatan dan konsumsi obat secara rutin? Apakah anda terkadang lupa minum obat? Saat anda melakukan perjalanan atau meninggalkan rumah.Puskesmas untuk kontrol tekanan darah setelah obat habis? *Jika tidak sebutkan alasan: (lingkari jawaban) a. apakah anda membawa serta obat? Ketika anda merasa kondisi tubuh mulai membaik. Memiliki kesibukan lain ex: Bekerja d. 5. e.