You are on page 1of 18

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KURIKULUM 2013
KELAS I SEMESTER 1
Tema Diriku, Sub Tema Aku Istimewa
Kegiatan Pembelajaran 5
Disusun untuk memenuhi tugas Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Dosen Pengampu : Jaino, M. Pd.

Oleh:
Faiqul Azmi
NIM. 1401013008

PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014

 Membaca nyaring kosakata tentang warna.PEMETAAN INDIKATOR PEMBELAJARAN  Menyampaikan warna kesukaan  Menyebutkan huruf berdasarkan warna. .  Melengkapi huruf dalam sebuah kata.

dan tempat bermain. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar. serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. sekolah. Memiliki perilaku jujur. melihat. III. disiplin. 4.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : SD Negeri Kelas/Semester : I/1 Tema : Diriku Pertemuan Ke :5 Alokasi waktu : ( 6 x 35 menit ) I.  Melengkapi huruf dalam sebuah kata. dan logis.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. dan benda-benda yang dijumpainya di rumah. sistematis. teman. Indikator Bahasa Indonesia  Menyampaikan warna kesukaan  Menyebutkan huruf berdasarkan warna. menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya 2. guru. peduli. dan tetangganya 3. membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya. Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia 3. dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. 4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas. 4. Menerima. santun. Matematika 4. . tanggung jawab. dalam karya yang estetis. dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga. wujud dan sifat benda. dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia II.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkret dan piktograf.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra. makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya. Kompetensi Inti 1.

3) Dengan melihat contoh. siswa dapat melengkapi huruf dalam sebuah kata dengan benar. V. Membuat piktograf sederhana VI. 4) Dengan mendengarkan pembacaan guru. siswa dapat membaca nyaring kosakata tentang warna. penugasan. Model : Discovery Learning . Menyebutkan kosakata sesuai warna 3. pemodelan. Menyebutkan warna kesukaan 2. siswa dapat menyebutkan huruf berdasarkan warna dengan tepat. tanya jawab. Matematika 1. Membaca nyaring kosakata tentang warna. Materi Ajar Bahasa Indonesia 1. Metode dan model pembelajaran Pendekatan : Saintifik Metode : Ceramah. siswa dapat menyampaikan warna kesukaan dengan tepat. permainan. Membaca nyaring kosakata tentang warna. siswa dapat membuat piktograf sederhana sesuai format dengan baik. Tujuan Pembelajaran 1) Dengan melihat gambar. 2) Dengan melihat kartu warna. 5) Melalui kegiatan wawancara. Matematika 1) Membuat data piktograf 2) Membaca data piktograf IV. siswa dapat membaca data pada piktograf dengan benar. 6) Melalui kegiatan membuat gambar piktograf.

Contoh:. 2) Apersepsi : Guru menggali kemampuan awal siswa dengan memberikan pertanyaan: “Apakah kalian pernah melihat pelangi?” “Siapa yang bisa menyebutkan warna-warna pelangi?”. 1)Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. (mengamati. 6) Siswa ditunjuk untuk maju melengkapi huruf dalam sebuah kata tentang warna. tulisan di kartu (Mengkomunikasikan. mengamati. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Pelangi-pelangi”. 1) Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai warna kesukaannya. dan RKH. 4) Siswa membacakan tulisan pada kartu warna baik secara individu maupun berkelompok. mengkomunikasikan).  Pengkondisian kelas. menalar). (Mengkomunikasikan). Kegiatan Pembelajaran  Guru memberi salam. mengkomunikasikan). 3) Guru membacakan mengikutinya. diminta mencoba. sub tema.VII. (Mencoba). (menanya. menalar). menalar. (Mengkomunikasikan.meja dan kursi yang berwarna coklat.  Guru mencatat kehadiran siswa. mencoba). 8) Siswa mengerjakan LKS yaitu bertanya kepada 5 orang teman . Kegiatan Awal (5 Menit). dan siswa mengamati. 7) Guru membacakan kosakata tentang warna dan siswa bersamasama menirukannya. 5) Siswa dan guru bertanya jawab mengenai benda-benda di sekitar yang memiliki warna bermacam-macam.  Menunjuk siswa untuk memimpin berdoa bersama-sama. Kegiatan pembelajaran Tahapan Kegiatan  Pra kegiatan (5 Menit) 1. (Mengkomunikasikan. mencoba. 3) Motivasi : 2. papan tulis yang berwarna putih. dan sebagainya. tema. 2) Guru memperlihatkan kartu warna bertuliskan nama-nama warna yang sesuai. Kegiatan Inti (180 menit). mengamati.  Menata kursi dan meja siswa.

4. Buku Siswa. 6. 2. VIII. Guru memberikan tindak lanjut berupa pengayaan dan remidial. Media dan Sumber belajar  Media 1. 11)Guru menyediakan kertas berwarna dan kemudian dibentuk seperti bola. 15) Siswa berkumpul lagi membentuk kelompok berdasarkan warna yang disukainya. (mengkomunikasikan). (mencoba). Guru memberi soal evaluasi. Kegiatan Akhir (20 Menit). 10) Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki warna kesukaan yang berbeda-beda dan hal tersebut harus dihargai. Buku Guru. (Mengkomunikasikan. . Kartu warna yang bertuliskan nama warna tersebut 2. 1. 13) Siswa berkumpul menjadi satu kelompok berdasarkan warna yang telah diambilnya.  Sumber Belajar 1. 5. warna-warna. (mengkomunikasikan). Guru memberikan reward kepada siswa yang dapat melaksanakan tugas dengan baik. Guru menutup pelajaran dengan doa dan diakhiri dengan salam. 2. 3. menanya). Pemberian tugas rumah yaitu menuliskan 10 benda yang memiliki warna berbeda pada benda-benda disekitar. 9) Hasil wawancara dituangkan dalam bentuk tabel. 16) Guru menyampaikan bahwa Tuhan Maha Indah telah menciptakan 3. Guru bersama siswa merefleksi dan menyimpulkan tentang pembelajaran yang telah dilakukan. 14) Siswa menghitung jumlah anggota kelompoknya dan menyebutkan nama-nama dalam satu kelompoknya. 12) Guru menyebar bola kertas dalam jumlah banyak siswa mengambil bola tersebut sebanyak-banyaknya. Pensil warna/crayon/spidol warna.tentang warna yang paling disukai. (menalar).

.) NIP.. Mengerjakan soal LKS yaitu mewancarai teman untuk bertanya tentang warna yang disukai......... Penilaian afektif (terlampir)........... Penilaian Psikomotorik (terlampir)....... 2. 4. 3. Diriku Tema 1 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.......... Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia IX.. Mengetahui. Penilaian 1.... Menulis 10 warna dengan mengamati benda-benda disekitar............ Semarang.... 5.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan...... (....) NIP.. (Instrumen penilaian terlampir)..............3. Mengerjakan soal evaluasi yaitu mengisi huruf yang hilang pada kata.. Kepala Sekolah Guru Kelas I (.... 2014 ....... 2013.

MACAM-MACAM WARNA DAN HURUF-HURUF PENYUSUNNYA HITAM PUTIH BIRU HIJAU KUNING MERAH UNGU MERAH MUDA/PING Tirukan bacaan gurumu dengan suara yang nyaring! PUTIH HITAM MERAH HIJAU KUNING BIRU COKLAT UNGU . Budi memiliki warna kesukaan yaitu biru dan hijau. Seragam yang dikenakan budi tiap hari senin dan selasa adalah seragam merah putih. topi. pulpen hitam. Setiap rabu dan kamis mengenakan seragam biru. tas sepatu. sepatunya berwarna hitam dan memiliki 2 pasang kaos kaki dengan warna yang berbeda yaitu hitam dan putih. Alat-alat tulis budi memiliki warna yang bermacam-macam yaitu pensil berwarna biru. Setiap pagi budi berangkat sekolah dengan mengenakan seragam lengkap. dan alat-alat tulis lengkap. kaos kaki. dan setiap jumat sabtu mengenakan seragam pramuka atau coklat. penghapus pensil yang berwarna putih.Lampiran 1 MATERI PEMBELAJARAN Budi adalah seorang siswa kelas 1 SD. Tas sekolah budi berwarna biru. dan buku tulis yang berwarna putih.

.

LAMPIRAN 2 MEDIA PEMBELAJARAN KARTU WARNA BESERTA NAMA WARNANYA HITAM PUTIH BIRU HIJAU MERAH KUNING UNGU MERAH MUDA/ PING .

LAMPIRAN 3 LEMBAR KERJA SISWA Wawancarailah 5 orang temanmu untuk mengetahui warna kesukaan mereka kemudian tulislah pada tabel dibawah ini! No Nama teman 1. Yafiq 5. Baim 4. Zahra . Sofia 2. Luthfia 3.

c yang kamu anggap paling tepat! 1.kuning 2.. Jika digambar dalam bentuk pictograf. a.. b.. Warna daun di atas adalah .. Berilah tanda silang (X) pada jawaban a.. Warna baju ayu pada gambar di bawah ini adalah ... Merah 3. Warna kesukaan Reza adalah Biru dan hijau... .hijau b. Ungu c.. Warna panah pada gambar di samping adalah . gambar yang tepat adalah . . a. a b c .. . Hijau b.LEMBAR EVALUASI I. a Ping b Merah c Kuning 4.biru c.

merah. C . B 2. Ungu. Urutan warna pada gambar segitiga di atas adalah . ungu. biru. B 3. P U T I H 4.. biru. H T M 5.. b. kuning.. 2. c. KUNCI JAWABAN I.. . a.. Isian 1. B II. Merah. . merah. H I J A U 3. Urutan warna gambar bintang diatas yang tepat adalah . Hijau. A 4.5. H I T A M 5.. Biru. 5. ungu II. . Pilihan Ganda 1. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat! 1. H J U 3. Merah 2. merah. Warna tas pada gambar di atas adalah . P T H 4..

3. Nama Benda Meja Warna Coklat . 4. 5. 10.TUGAS RUMAH Amatilah benda-benda disekitar tempat tinggalmu kemudian sebutkan warna apa yang terdapat pada benda-benda tersebut! No 1. 6. 8. 2. 9. 7.

Melengkapi huruf dalam sebuah kata. 3 C3 2. 4 Ranah Bentuk soal Pilihan Ganda Isian Psikomotorik Terlampir Afektif Terlampir . serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa Indikator Bahasa Indonesia Menyampaikan warna kesukaan Menyebutkan huruf berdasarkan warna. Kognitif C1 No.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra. 4.LAMPIRAN 4 INSTRUMEN PENILAIAN 1. Soal 1. Membaca nyaring kosakata tentang warna. Kisi-kisi Soal Muatan Pelajaran/KD Bahasa Indonesia 3. 3. 2. wujud dan sifat benda.4 Mengenal teks cerita diri/personal tentang kebaradaan keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

Matematika  Membuat data piktograf  Membaca data piktograf C1 4 Pilihan ganda Siswa C3 5 Pilihan ganda menebalkan C3 5 Isian gambar piktograf sesuai warna disukai yang teman- temannya. . 4. Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.4.daerah untuk membantu penyajian. Matematika 4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkret dan piktograf.

Penilaian Proses (Afektif). Perubahan Tingkah Laku Tanggung Santun Jawab BT T M BT T M 1 2 3 1 2 3 1. 3. Bulan …………2013 No Nama Peserta Didik Percaya Diri BT 1 T 2 M 3 Subtema …………. a. 2. Penilaian Sikap Lembar pengamatan terhadap siswa di kelas/sekolah Minggu ke-……. Keterangan : BT : Belum Terlihat T : Terlihat M : Menonjol Berilah dengan centang () pada kolom yang sesuai! Berani BT 1 T 2 M 3 .2. 4. Penilaian Proses (Psikomotorik) 3. 5.

b Penilaian Tugas Rumah Skor masing-masing jawaban = 10 Skor maksimal = 100. Penilaian Hasil Belajar (Kognitif). a Penilaian Evaluasi Penskoran soal pilihan ganda yaitu : Penskoran soal isian yaitu: Skor nilai nomor 1 = 10 Skor nilai nomor 1 = 10 Skor nilai nomor 2 = 10 Skor nilai nomor 2 = 10 Skor nilai nomor 3 = 10 Skor nilai nomor 3 = 10 Skor nilai nomor 4 = 10 Skor nilai nomor 4 = 10 Skor nilai nomor 5 = 10 Skor nilai nomor 5 = 10 Jumlah skor yang diperoleh siswa Nilai = 100% Skor Ideal Keterangan : - Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa. Skor ideal dari soal evaluasi ini adalah 10 x 10 = 100. - Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. .4.