You are on page 1of 16

BAB II

DAFTAR PUSTAKA
2.1 Mikrokontroler
Pertama kali mikrokontroler dikenalkan oleh Texas Instrument dengan seri
TMS 1000 pada tahun 1974 yang merupakan mikrokontroler 4 bit pertama.
Mikrokontroler ini mulai dibuat sejak 1971, yang merupakan mikrokomputer
dalam sebuah chip lengkap dengan RAM dan ROM. Kemudian pada tahun 1976
Intel mengeluarkan mikrokontroler yang kelak menjadi popular dengan nama
8748 yang merupakan mikrokontroler 8 bit, yang merupakan mikrokontroler dari
keluarga MCS 48 (Syahwil, 2013).
Menurut Sumardi (2013), mikrokontroler adalah mikroprosesor yang
dikhususkan untuk instrumentasi dan kendali. Mikroprosesor merupakan suatu
alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali
dengan program yang bias ditulis dan dihapus dengan cara khusus.
Menurut Artanto (2009), mikrokontroler adalah sebuah alat pengendali
(kontroler) berukuran mikro atau sangat kecil dikemas dalam bentuk chip. Pada
dasarnya mikrokontroler bekerja seperti sebuah mikroprosesor pada komputer,
keduanya memiliki sebuah CPU (Centra Processing Unit) yang menjalankan
instruksi program, melakukan logika dasar dan pemindahan data. Namun untuk
dapat digunakan prosesor memerlukan komponen, seperti memori untuk
menyimpan program dan data, juga interface input output untuk berhubungan
dengan dunia luar. Sebuah mikrokontroler telah memiliki memori dan interface
input output didalamnya. Mikrokontroler merupakan alat kontrol yang paling
tepat untuk ditanamkan pada berbagai peralatan.
Menurut Syahwil (2013), mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer
fungsional dalam sebuah chip, di dalamnya terkandung sebuah inti prosesor,
memori (sejumlah kecil RAM, memori program, atau keduanya) dan
perlengkapan input output. Dengan kata lain mikrokontroler merupakan komputer
didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang
menekankan efesiensi dan efektivitas biaya.

2.2 Arduino

Italy. arduino mega. Untuk memberikan gambaran mengenai apa saja yang terdapat di dalam sebuah mikrokontroler terdapat pada gambar diagram blok berikut. 2. arduino dikembangkan oleh sebuah tim yang beranggotakan orang – orang dari berbagai belahan dunia. yaitu sebuah chip mikrokontroler itu sendiri adalah chip atau IC (Integreted Circuit) yang biasa diprogram dengan menggunakan komputer. mellis boston. Istilah arduino dapat dibagi menjadi dua sistem yaitu hardware dan software. Italy. tujuan menanamkan program pada mikrokontroler adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input.Menurut (Syahwil. Sweden. Menurut Djuandi (2011). Hardware berupa papan input/output (I/O) yang open source. 2013) arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian open source yang didalamnya terdapat komponen utama. . Komponen utama di dalam papan arduino adalah sebuah mikrokontroler 8 bit dengan merk Atmega yang dibuat oleh perusahaan Atmel Comporation. USA. 5. Software arduino yang juga berupa open source. 3. yaitu: a. Ada beberapa macam tipe arduino secara hardware yaitu arduino uno. Secara umum. Dengan sistem open source baik hardware maupun software dapat memberikan inspirasi yang cukup banyak pada perancangan sistem elektronika. dan arduino leonarda dan sebagainya (Effendi Dodi Arisandi. David cuartielles malmo. arduino terdiri dari dua bagian. Perkembangan sistem software arduino disesuaikan dengan perkembangan hardwarenya. anggota inti dari tim ini yaitu: 1. 4. US. David A. berbagai macam arduino uno menggunakan Atmega328. MA. Sistem arduino merupakan sistem yang open source baik secara hardware maupun software. 2014). memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output sesuai depan yang diinginkan. Massimo banzi Milano. Tom igoe new york. Gianluca martino torino. Arduino merupakan salah satu sistem mikrokontroler yang berbasis open source. b. meliputi software arduino IDE untuk menulis program dan driver untuk koneksi dengan program. Berbagai papan arduino menggunakan tipe Atmega yang berbeda – beda tergangtung dari spesifikasinya.

bagian dari mikrokontroler untuk menjalankan setiap instruksi dari program. beberapa kelebihan lainnya antara lain: 1. pin – pin untuk menerima data (input) digital atau analog. 2. dijalankan oleh CPU saat daya dihidupkan. 1 KB EEPROM bersifat non volatile.2. Universal Asychronous Receiver Transmitter (UART) adalah antarmuka yang digunakan untuk komunikasi serial seperti pada RS-323. 4. Murah (papan perangkat keras). Sederhana dan mudah memprogramnya. berikutnya program di RAM akan di eksekusi. tidak digunakan pada papan arduino. Setelah bootloader selesai dijalankan. digunakan oleh variable – variable di dalam program. Central Processing Unit (CPU). arduino memiliki kelebihan yaitu dapat menyederhanakan proses bekerja dengan mikrokontroler. 2 KB RAM pada memori kerja bersifat volatile (hilang saat daya dimatikan). Bootloader adalah program inisiasi yang ukurannya kecil.1 : Diagram Blok Sederhana Mikrokontroler Atmega328 (Feri Djuandi.Gambar 2. 5. 3. flash memori juga menyimpan bootloader. digunakan untuk menyimpan program dan dimuat dari komputer. 2. digunakan untuk menyimpan data yang tidak boleh hilang saat saya dimmatikan. 2. 2011) Keterangan : 1. RS-422 dan RS-485. 32 KB RAM flash memori bersifat non volatile. . 6.1 dan mengeluarkan data (output) digital atau analog. Selain program. Port input/output. Kelebihan Arduino Menurut Syahwil (2013).

Perangkat lunak open source. Tidak perlu perangkat chip programmer. 6 input analog. 2. Board ini memiliki 14 digital input/output pin (dimana 6 pin dapat digunakan sebagai output PWM). 0. Memiliki sarana komunikasi USB. 5. Pin –pin ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler.3V Flash Memory 50 mA 32 KB (ATmega328. karena software dilengkapi dengan kumpulan library yang cukup lengkap. 7. Perangkat keras open source. jack listrik tombol reset. 6. 4.2 Papan / Board Arduino Arduino Uno Arduino uno adalah board berbasis mikrokontroler pada Atmega328. Tabel 2. 16 MHz osilator kristal. Memiliki modul siap pakai (shield) yang dapat ditancapkan pada board arduino. Bahasa pemrograman relatif murah. 2014).1 Tabel Spesifikasi Arduino Uno Mikrokontroler ATmega32 Tegangan Operasi 5V Tegangan Input (disaranan) 7-12V Batas Tegangan Input 6-20V Pin Digital I/O 14 (6 pin output PWM) Pin Analog Input 6 Arus Dcper I/O Pin 40 mA Arus DC Untuk Pin 3. hanya terhubung ke komputer dengan kabel USB atau sumber tegangan bias didapat dari adaptor AC – DC atau baterai untuk menggunakannya (Zaratul Nisa Saputri. koneksi USB.5 KB digunakan oleh bootloader) .3. 8.2.

com/shop/arduino/arduino-board/arduino-uno/) 2. USB a. 2. c.3 Bagian – Bagian Arduino Menurut Djuandi (2015).2. Sambungan ini tidak diperlukan lagi pada papan arduino versi terakhir karena pemlihan sumber daya eksternal atau USB dilakukan secara otomatis. 3. bagian – bagian arduino terdiri dari: 1.2 : Board Arduino Uno (http://robotechshop. membuat program dari komputer kedalam papan. komunikasi serial antara papan dan komputer. 6. 5. apakah dari sumber eksternal atau menggunakan USB. 10 dan 11. b. 14 pin input/output digital (0-13) Berfungsi sebagai input atau output. dapat juga berfungsi sebagai pin analog output dimana tegangan outputnya dapat di atur. .dapat diatur oleh program. Nilai sebuah pin output dapat di program 0 – 255.Gambar 2. member daya listrik keapada papan. Sambungan SV1 Sambungan atau jumper untuk memilih sumber daya papan. 9. dimana hal itu mewakili nilai tegangan 0 – 5V. Khusus untuk 6 buah pin 3.

2. IC 1 Mikrokontroler Atmega Komponen utama dari papan arduino.4. 5. 9. Program dapat membaca nilai sebuah pin input antara 0 – 1023.3 : Skematik Arduino (https://www.2.cc/en/uploads/Main/Arduino_Uno_Rev3schematic. Kristal ini dipilih yang berdetak 16 juta kali per detik (16 MHz). Q1 – Kristal (Quartz Crystal Oscillator) Jika mikrokontroler dianggap sebuah otak. 2.seperti sensor suhu. In Circuit Serial Programming (ICSP) Port ICSP memungkinkan pengguna untuk memprogram mikrokontroler secara langsung.arduino. 6. X1 Sumber Daya Eksternal Jika hendak disuplay dengan sumber daya eksternal. papan arduino dapat diberikan tegangan DC antara 9 – 12V. tanpa melalui bootloader. maka Kristal adalah jantungnya karena komponen ini menghasilkan detak – detak yang dikirim kepada mikrokontroler agar melakukan ssebuah operasi untuk sebuah detaknya. Umumnya pengguna arduino tidak melakukan ini sehingga ICSP tidak terlalu dipakai walaupun disediakan.5 Bahasa Pemrograman Arduino . ROM dan RAM. 8. 6 Pin Input Analog (0 – 5) Pin ini berguna untuk membaca tegangan yang dihasilkan oleh sensor analog. didalamnya terdapat CPU.df) 2. 7. dimana hal itu mewakili nilai tegangan 0 – 5V. Tombol Reset S1 Untu mereset papan sehingga program akan mulai lagi dari awal.4 Skematik Arduino Uno Gambar 2.

3. Akar bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Ricards (Hendra Kusuma. Baris Sketch : Akan menunjukan posisi baris kursor yang sedang aktif pada sketch. 9. 2013). 10.Banyak bahasa yang dapat digunakan untuk program mikrokontroler. Verify : Proses Verify / Compile mengubah sketch ke binary code untuk di 2. Serial Monitor : Membuka interface untuk komunikasi serial. upload ke mikrokontroler . misalnya “Compiling” dan “Done Uploading”. Konsol : Pesan – pesan yang dikerjakan aplikasi dan pesan . 7. Aplikasi ini berguna membuat.1 Pengertian LCD (Liquid Crystal Display) . secara tidak langsung membuat library pengkabelan yang sudah ada dalam arduino IDE. Open Sketch : memuat sketch yang pernah dibuat. Save Sketch : menyimpan sketch. Informasi Port : Bagian akan mengkonfirmasikan port yang akan dipakai oleh board arduino.pesan tentang sketch akan muncul pada bagian ini. misalnya bahasa assembly.2. Upload : Berfungsi untuk mengupload sketch ke board arduino. 2. tetapi tidak disertai dengan compile. 5. Bahasa pengkabelan terinspirasi dari bahasa processing dan struktur program arduino diturunkan dari bahasa processing dimana terdapat dua fungsi pembuat program yaitu Setup () dan draw () (Iyuditya dan Erlina Dayanti. Bahasa arduino diimplementasikan dari C/C++ dalam pengkabelan. 2013) Menurut Santoso (2015). para programmer biasa menyebut sour code arduino dengan istilah “sketches”).6 Bagian – Bagian IDE Arduino Menurut Santoso (2015) bagian – bagian IDE arduino terdiri dari: 1. membutuhkan aplikasi IDE (Integreted Development Environment) bawaan dari arduino. ketika membuat sketsa pemrograman arduino. membuka dan mengedit souce code arduino (Sketches.3 LCD ( Liquid Crystal Display) 2. Namun dalam pemrograman arduino bahasa yang dipakai adalah bahasa C (Syahwil. 3. untuk memprogram board arduino. 8. Keterangan Aplikasi : pesan – pesan akan dilakukan aplikasi akan muncul disini. 4. 2. 6. 2013). Sketch merupakan souce code yang berisi logika dan logaritma yang akan di upload kedalam IC mikrokontroler (Arduino). New Sketch : membuka windows dan membuka sketch baru.

2015). kemudian tampilan yang diperlihatkan dari LCD dapat dibaca dengan mudah dan jelas (Akbar Tanjung. Mempunyai 1922 karakter yang tersimpan.Menurut Budiharto (2008). LCD membutuhkan tegangan daya yang kecil sehingga sering digunakan untuk aplikasi kalkulator. . Pada layar LCD. 3. setiap matriks adalah susunan dua dimensi piksel dibagi dalam baris dan kolom.4 : LCD 16x2 (Sumber : http://inuhaqi. dan instrumen elektronik seperti multimeter digital. mengingat ukurannya yang kecil dan kemampuan menampilkan karakter atau grafik yang lebih baik dibandingkan display 7 segmen atau alphanumerik. Memiliki ukuran yang praktis. Keunggulan lainnya adalah ukuran LCD yang pas yakni tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Terdiri dari 16 kolom dan 2 baris. Gambar 2. Keunggulan menggunakan LCD adalah konsumsi daya yang relatif kecil dan menarik arus yang kecil (beberapa mikro ampere). baik karakter huruf atau grafik.id/) Menurut Tanjung (2015). arloji digital.blogspot. 2. sehingga alat atau sistem menjadi portable karena dapat menggunakan catu daya yang kecil.co. LCD berfungsi untuk menampilkan informasi apa saja yang sedang dikerjakan oleh sistem kendali. LCD merupakan komponen elektronika yang berfungsi sebagai tampilan suatu data. Tegangan kerja 5V. LCD memanfaatkan sillicon dan gallium dalam bentuk kristal cair sebagai pemendar cahaya. LCD (Liquid Crystal Display) merupakan perangkat display yang paling umum dipasang ke mikrokontroler. spesifikasi pada LCD 16x2 adalah sebagai berikut: 1. 4.

Dari hasil penyerapan cahaya tersebut akan terbentuk huruf.3. angka.3 Rangkaian Output LCD (Liquit Crystal Display) Menurut Usuman dan Fitrianingsih (2011) untuk menampilkan hasil pembacaan dari sensor digunakan LCD 16x2 karakter.2. molekul – molekul kristal cair akan menyusun agar cahaya yang mengenainya akan diserap. . 2015).2 Prinsip Kerja LCD 16x2 Prinsip kerja LCD 16x2 adalah dengan menggunakan lapisan film yang berisi kristal cair dan diletakkan diantara dua lempeng kaca yang telah dipasang elektroda logam transparan.3 Deskripsi Pin LCD 16x2 Menurut Tanjung (2015). Untuk membentuk karakter atau gambar pada kolom baris secara bersamaan digunakan metode screening. Dalam sistem ini hasil pembacaan sensor ditampilkan dalam bentuk oC untuk nilai kadar air yang dikeluarkan. deskripsi pin pada LCD 16x2 adalah sebagai berikut.3.2 : Fungsi Pin LCD 16x2 Pin 1 2 3 Simbol VSS VCC VEE I/O ---- 4 RS I 5 R/W I Deskripsi Ground + 5V power suplay Power suplay source to control contrast Register select : RS = 0 to select instruksi Command register : RS = 1 to select data reg Read/Write : R/W = 0 for write. atau gambar sesuai bagian yang diaktifkan. R/W = 1 for read 6 E I Enable 7 DB0 I/O The 8-bit data bus 8 DB1 I/O The 8-bit data bus 9 DB2 I/O The 8-bit data bus 10 DB3 I/O The 8-bit data bus 11 DB4 I/O The 8-bit data bus 12 DB5 I/O The 8-bit data bus 13 DB6 I/O The 8-bit data bus 14 DB7 I/O The 8-bit data bus 2. Tabel 2. 2. metode screening adalah mengaktifkan daerah perpotongan suatu kolom dan baris secara bergantian dan cepat sehingga seolah – olah aktif semua (Akbar Tanjung.4. Saat tegangan dicatukan pada beberapa pasang elektroda.

Toshiba Corp. Sonny Ericsson. Didirikan oleh bebertapa senior di beberapa prusahaan yang berbasis IT dan Communication. dan Vodafone Group Plc. peranti lunak dan telekomunikasi.5 : Rangkaian Penampil LCD (Inola Usuman dan Fitrianingsih.Gambar 2. Google mengajukan hak paten aplikasi ponsel android pertama pada september 2007. T-Mobile. HTC. Qualcomm. 2011) 2. yakni Andy Rubin. Android menyediakan platform terbuka (open source) bagi programmer untuk mengembangkan aplikasi sendiri pada berbagai prangkat dengan sistem android. Pada bulan Agustus 2005. California USE. Garmin Ltd. 5 November 2007. dan Nvidia. Pada 9 Desember 2008. Atheros Communication. Termasuk diantaranya adalah Google. Pada saat rilis perdana Android. android diakuisisi oleh Google Inc. Softbank. bahwa android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis linux untuk perangkat portable seperti smartphone dan komputer tablet. . dibentuklah OHA (open Handset Alliance) konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras. Rich Miner. Supardi (2012:3) menyatakan. bahwa sejarah awal android berawal dari sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan oktober 2003 di Palo Alto. android bersama OHA menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat smartphone. Motorola.4 Android Irawan (2012:2) menyatakan. Intel. seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nick Sear. Untuk pengembangan lanjutan android. diproduksi oleh Asustek Computer Inc. diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holding. dan Cris White.

yang setiap pin konektor memiliki fungsi yang berbeda .laptop. kemudian pin 2 pada Bluetooth sebagai receiver.org/users/edodm85/notebook/HC-05-bluetooth) Modul Bluetooth HC-05 dengan supply tegangan sebesar 3.beda.6 dibawah ini: Gambar 2. HP.4 GHz untuk pertukaran data pada perangkat bergerak seperti PDA. modul Bluetooth HC-05 merupakan salah satu modul Bluetooth yang dapat ditemukan dipasaran dengan harga yang relatif murah.5 Modul Bluetooth HC-05 Bluetooth adalah protokol komunikasi wireless yang bekerja pada frekuensi radio 2. Pin 1 pada modul Bluetooth sebagai transmitter. dan lain-lain. Salah satu hasil contoh modul Bluetooth yang paling banyak digunakan adalah tipe HC-05. Untuk gambar module Bluetooth dapat dilihat pada gambar 2.2.6 Modul Bluetooth HC-05 (Sumber: https://mbed.7 dibawah ini: .3 V ke pin 12 modul Bluetooth sebagai VCC. Modul Bluetooth HC-05 terdiri dari 6 pin konektor. Berikut merupakan konfigurasi pin bluetoooth HC-05 ditunjukkan pada gambar 2.

com/modul-bluetooth-modul-serial) .8 Bluetooth-to-Serial-Module HC-05 (Sumber: http://tokoone.Gambar 2.org/users/edodm85/notebook/HC-05-bluetooth) Berikut merupakan Bluetooth-to-Serial-Module HC-05 dapat dilihat pada gambar 2.7 merupakan konfigurasi pin bluetoooth HC-05 (Sumber: https://mbed.8 dibawah ini: Gambar 2.

Konfigurasi pin modul Bluetooth HC-05 dapat dilihat pada table 2. Keterangan AT Command Module Bluetooth CH-05 dapat dilihat pada gambar 2.net/2013/10/09/mengenal-bluetooth-modul-hc-05-1) . Table 2.2 berikut Gambar 2.net/2012/03/07/dalam-beberapa-aplikasi-atau-disainkadangkala-kitamemerlukan) Module Bluetooth HC-05 merupakan module Bluetooth yang bisa menjadi slave ataupun master hal ini dibuktikan dengan bisa memberikan notifikasi untuk melakukan pairing keperangkat lain.1Konfigurasi pin Module Bluetooth CH-05 (Sumber:http://diytech. maupun perangkat lain tersebut yang melakukan pairing ke module Bluetooth CH-05.2 dibawah adalah table AT Command Module Bluetooth CH-05.1 berikut ini : Tabel 2.2 AT Command Module Bluetooth CH-05 (Sumber: http://diytech. Untuk mengeset perangkat Bluetooth dibutuhkan perintah-perintah AT Command yang mana perintah AT Command tersebut akan di respon oleh perangkat Bluetooth jika modul Bluetooth tidak dalam keadaan terkoneksi dengan perangkat lain.

Gambar 2.com/) 2. LM35 memiliki keakuratan tinggi dan kemudahan perancangan jika dibandingkan dengan sensor suhu yang lain. Aksi pemompaan jantung mengakibatkan kepadatan darah meningkat. Sensor komponen Suhu LM35 yang dipakai dalam penelitian ini berupa elektronika elektronika yang diproduksi oleh National Semiconductor. Kulit dipakai sebagai permukaan reflektif untuk sinar LED. Rangkaian dasar dari sensor ini dibangun menggunakan phototransistor dan LED.4 sensor lm35 Sensor suhu LM35 adalah komponen elektronika yang memiliki fungsi untuk mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik dalam bentuk tegangan. Kepadatan darah pada kulit akan mempengaruhi reflektifitas sinar LED.9 menunjukkan bentuk fisik dari pulse sensor. Keluaran sinyal dari phototransistor kemudian dikuatkan oleh sebuah Op-Amp sehingga dapat dibaca oleh ADC mikrokontroler. LM35 juga mempunyai keluaran impedansi yang rendah dan linieritas yang tinggi sehingga dapat dengan mudah dihubungkan dengan rangkaian kendali khusus serta tidak memerlukan penyetelan . Volume darah pada ujung dari bertambah maka intensitas cahaya yang mengenai phototransistor akan kecil karena terhalang oleh volume darah. Pada saat jantung memompa darah. Sensor ini bekerja berdasarkan prinsip pantulan sinar LED. Gambar 2.2.4 Pulse sensor atau sensor detak jantung (http://pulsesensor. maka darah akan mengalir melalui pembuluh arteri dari yang besar hingga kecil seperti di ujung jari. begitu pula sebaliknya.6 Pulse Sensor Pulse Sensor pada dasarnya adalah alat medis yang berfungsi untuk memantau kondisi denyut jantung manusia.

1 W untuk beban 1 mA. Memiliki ketidaklinieran hanya sekitar ±1/4 oC. Memiliki ketepatan atau akurasi kalibrasi yaitu 0. Memiliki jangkauan maksimal operasi suhu antara -55oC sampai +15 oC. g. dengan faktor skala linier antara tegangan dan suhu 10 mVolt/oC. o Dioperasikan pada catu daya 4 V – 30 V.5oC pada suhu 25oC c. Memiliki arus rendah yaitu kurang dari 60 μA. Bekerja pada tegangan 4 sampai 30 volt.1oC pada udara diam. h. Memiliki impedansi keluaran yang rendah yaitu 0.lanjutan.5oC pada suhu 25oC. e. sehingga dapat digunakan dengan catum daya tunggal dengan ketentuan bahwa LM35 hanya membutuhkan arus sebesar 60μA hal ini berarti LM35 mempunyai kemampuan menghasilkan panas (selfheating) dari sensor yang dapat menyebabkan kesalahan pembacaan yang rendah yaitu kurang dari 0. Memiliki sensitivitas suhu. b. o Lineritas +10 mV/ oC. sehingga dapat dikalibrasi langsung dalam celcius. o Arus yang mengalir kurang dari 60 μA . d. o Akurasi 0. o Range +2 oC – 150 oC. Memiliki pemanasan sendiri yang rendah (low-heating) yaitu kurang dari 0. f. Adapun keistimewaan dari IC LM 35 adalah : o Kalibrasi dalam satuan derajat celcius. Karakterisitik Sensor LM35 a. Meskipun tegangan sensor ini dapat mencapai 30 volt akan tetapi yang diberikan kesensor adalah sebesar 5 volt.5 o C pada suhu ruang.