LAPORAN

PRAKTEK JARINGAN

Di susun oleh :
Nama
: NAWIR
NISN
:
Prog. Keahlian : Tehnik komputer
jaringan
Bid. Keahlian

: Tehnologi Impormasi

dan Komonikasi

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
S M K NEGERI 1 DAMPAL SELATAN

JL .KH.DEWANTARA NO 53 DESA LEMPE KECAMATAN DAMPAL SELTAN
KABUPATEN TOLI-TOLI PROVENSI SULAWESI TENGAH

LEMBAR PENGESAHAN

PERAKITAN PCI

DI SUSUN OLEH

:

Nama
Nomor induk
Prog. Keahlian
Bid. Keahlian

:

RISNO
:
097555345
:
Tehnik Komputer Jaringan
:
Tehnologi Impormasi Dan

Komonikasi

Kaprog tehnik Komputer jaringan
pembimbing

HAMSIAR S.Pd

LAHMUDIN

mengetahui
KEPALA SEKOLAH SMK NEGERI1 DAMPAL SELATAN

SYARIFUDDIN S.Pd ,M.Pd

i
KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulillah penyusun panjatkan khadirat allah
s.w.t yang telah melimpahkan rahmat dan hidayanya , sehingga
penyusun dapat menyelesaikan penyusunan laporan ini sesuai
dengan tepat waktu yang telah di berikan oleh pihak sekolah
dari hasil yang di capai selama melakukan prakerind di LIMA
NET KOMPUTER selama 2 bulan lebih mulai tgl 28 juni 2010

Bapak dan ibu guru SMK Negeri 1 Dampal Selatan 6. MUH NATSIR selaku pimpinan LIMA NET KOMPUTER 3. Kedua orang tua penyusun yang memberikan dorongan dan semangat 7. Bpk .penyusun banyak mendapatkan pengetahuan lain dari dunia industri.pd selaku kepala program tehnik komputer jaringan 4. Lempe 20 september 2010 penyusun ii DAFTAR ISI .Pd. Bpk. Bpk SYARIFUDDIN S. LAHMUDIN selaku pembimbing di LIMA NET KOMPUTER 5. Bpk. penyusun juga banyak mendapatkanPengalaman yang ekstra yang bersunber dari selama melakukan prakerind. HAMSIAR S. Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang senan tiasa membantu baik moral maupun materi sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan ini. Seluruh teman-teman di SMK Negeri 1Dampal Selatan 8. akhirnya menjadi acuan penulis dalam menyusun laporan ini Sebelum melanjutkan penyusunan terlebih dahulu penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada: 1.sampai2 8 september 2010 . Penyusun mengakui bahwa laporan ini masih banyak kekurangan maka dari itu penyusun mengharapkan saran serta kritiknya yang sipatnya membangun.Pd selaku Kepala SMK NEGERI 1 DAMPAL SELATAN 2.M. Semoga laporan ini dapat berguna sebagai mana mestinya terutama diri pribadi penyusun dan umumnya bagi si pembaca.

..................................1......3.......... ii  DAFTAR ISI.........................................................................PENDAHULUAN 1..................... LANGKAH AWAL PERAKITAN................................... .......................................................................... 1 1............................... .............................................2............... 3 2................. ............................PERAKITAN PC 3.. 3 2.......2............................................................. 4 3.................... iii BAB 1.. KEADAAN KRYAWAN. PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI 2.. KELEBIHAN PERUSAHAAN......................................MAKSUD DAN TUJUAN............... .........................2........................................................................ 4 3...3 .......................... ...............................................1....................................... LEMBAR PENGESAHAN...............1 LATAR BELAKANG......................... .................................. ......................... SEJARAH PRAKTEK KERJAINDUSTRI...... 3 BAB III ....... i  KATA PENGANTAR........... 2 BAB II......... .......................PERSIAPAN............

jika itu kita harapkan maka kita selama 3 tahun smk hanya 40% saja ilmu keahlian yang kita dapatkan. memang pada kenyatanya masih banyak SMK yang praktikumnya masih minim karena kurangnya alat praktikum bahkan sama sekali tidak mempunyai peralatan khususnya alat praktek sehingga mereka menerima materi hanya berangan-angan. kalau Cuma itu yang kita dapatkan selama SMK maka kita sangat ketinggalan sekal yang seharusnya kita serap ituminimal 90% dari ilmu keahlian. .1 BELAKANG LATAR Perlu diketahui bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum bisa langsung di serap oleh dunia usaha industri.hal ini menujukan bahwa keterampilan SMK belum di akui oleh dunia usaha maupun industri. yang seharusnya praktikum di SMK 70% dan 30% materi .tetapi karena kurangnya peralatan alat praktek maka terbalik 30% praktek dan 70% materi itupun kalau alatnya sedikit memadai. terbukti lulusan SMK yang lolos jadi karyawan di dunia usaha mereka masih melakukan pelatihan sekurangkurangnya 1 bulan.iii BAB 1 PENDAHULUAN 1. Jika kita kaji secara seksama kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia usaha atau industri.

1. setelah melakukan kerja di di dunia usaha agak sedikit membingunkan karena apa yang di dapat di sekolah tidak sesuai dengan lingkungan kerja usaha kita . Maksud Prakerind adalah suatu bentuk penyelanggaraan pendidikan kehlian kejuruan.2.2 .2. Dalam pengertian tersebut tersirat .kemudian masalah ke dua alat yang diterapkan disekolah masih tempo dulu contohnya komputer yang di pakai di sekolah masih bawah standar sedangkan kompuetr yang di pakai pada umumnya di dunia usaha atau industri serba cepat dalam proses datanya kemudian prangkat – prangkatnya sangat jauh berbeda serba up date semua. 1 1.terarah dan mencapai kemampuan keahlian tertentu.1. yang memadukan secara sistematik dan sinkrom program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang di proleh melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yaang relevan. Tujuan Penyelanggara pendidikan dengan dengan sestim prakerind bertujuan untuk: .2.serta pemasaranya. MAKSUD DAN TUJUAN 1. bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri /perusahan) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program .tahap penyelenggaraan sampai pada tahap penilaian dan penentuan kelulusan peserta diklat.

printer dan monitor.3 kedaan karyawan Nama jabatan jenis .wahidin no 53 palu sulawesi tengah 2 BAB II PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI 2. Meningkatkan etos kerja proses pendidikan dan pelatihan d. Dr wahidin no 53 palu dan mempunyai 2 cabang yang masing-masing bergerak di bidang pelayanan jasa (warnet) letak geografis lima net komputer sangatlah cocok untuk melakukan bisnis uasaha karena berada di tengahtengah kota palu dan merupakan juga kompleks pertokoanyang sekelilingnya terdapat banyak toko . 2. kemudian tekhnisinya sangat berpengalaman dalam memperbaiki pesanan client dan serba lengkap . Memberikan keterampilan siswa yang alumni SMK c.2 kelebihan Kelebihan lima net komputer adalah harga barangnya murah dan berkualitas dan selalu mendapatkan bonus bila kita memesan barang . 1. b. laptop.3 Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Adapun waktu untuk melaksanakan pendidikan praktek kerja industri (prakerind)adalah mulai dari tgl 27 Juni 2010 S/D 8 September 2010 bertempat di LIMA NET KOMPUTER. Membandingkan pengetahuan yang di dpat di sekolah dan di dapatkan di dunia usaha atau industri. Jl dr .1 . Menghasilkan tenagaa kerja yang handal berkualitas sesuai dengan kerja. 2.lima net komputer bertempat tinggal di jl.SEJARAH PRAKTEK KERJA KERJA INDUSTRI LIMA NET KOMPUTER adalah lembaga yang melayani penjualan alat-alat komputer dari berbagai merek dan juga menerima servisan berupa komputer pci.a.

sehingga hasilnya cukup memuaskan diri kita komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga dengan merakit sendiri komputer . hanya saja di butuhkan ke telitian saat mengerjakanya. sesuai ke butuhan tahapan dan perakitan komputer terdiri dari: 3.klamin Moh.2 langkah awal perakitan Sebelum kita memasuki perakitan komputer kita harus lebih dulu mengenal komponen-komponen apa saja yang di .1 persiapan Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul hal yang terkait dalam persiapan meliputi: prosesor lebih diluan di pasang sebelum main board di pasang ke kesing 3. NATSIR RUSTAM PIMPINAN TEKNISI LAPTOP LAKI ACHA LAKI ERICK LAKI LAHMUDIN laki-laki LAKI- TEKNISI LAPTOP TEKNISI PRINTER LAKILAKI- TEKNISI PC LAKI IKSAN TEKNISI PC LAKI GAFAR MARKETING LAKI HASNI MARKETING PEREMPUAN TUTIN MARKETING LAKILAKILAKI- PEREMPUAN 3 BAB III PERAKITAN PCI Pada dasarnya merakit pci itu cukup mudah.

komponenya adalah sebagai berikut: 1 main borad komponen ini sangat juga berpengaruh pada komputer karena main board ini merupakan tempat melengketnya semua komponen yang ada dalam komputer pada perkambangan ini ada dua jenis main board yaitu.butuhkan dalam perakitan dan jenis.kapasitas dan kecepatan.power pc-cip. sotac .merek .160 gb . main board lga dan mainboard amd kemudian main board mempunyai banyak merek diantaranya yaitu.asuss.AMD athlon . intel dual core. intel cord 2 duo . prosesor komponen ini merupakan otak komputer yang memproses dan mengontrol komponen lainya bekerja di perkembangan ini ada dua jenis prosesor yaitu : intel dan amd dan mempunyai berbagai tipe yaitu intel pentium intel atom. 4 2. dan intel cord 2 quod. AMD turion 3 hardisk komponen ini merupakan penyimpan utama dalam komputer semua data dan sistem berada pada hardisk dalam perkembangan ini ada 2 jenis hardisk Yaitu sata dan ata dan mempunyai kapasitas macan-macam yaitu 80 gb.

casing Komponen ini berfungsi untuk menutupi komponen pada komputer agar debu tidak masuk kedalam komponen yang ada pada dalamnya. Jenis cessing yaitu:de case. dan lain-lain .4 memory komponen ini sangat juga penting dalam komputer yang berpungsi menyimpan data secara sementara jenisnya memory yang berkembangsaat ini yaitu: EDORAM.treq. 5 5. DDR2.DDR3.simbadda. DDR terbagai lagi menjadi:DDR1.kemudian memory yang saat ini banyak di pakai yaitu DDR.SDRAM dan DDR. adavance.

Siapkan motherboard Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed.2 memulai perakitan Dalam memulai perakitan hal yang perlu kita perhatikan adalah di bawah ini: 1.3 V. Power supply terdiri dari 3 jenis form factor yaitu LPX. 6 3. POWER SUPPLY  Power Supply berfungsi untuk mengubah supply listrik daya AC dari luar ke tegangan DC +3. ATX. +5 V. SFX.6. speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. +12 V dan -12 V. Atur seting jumper sesuai . sesuai kebutuhan dari berbagai komponen pada sistem computer.

petunjuk. segitiga atau lekukan. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket. Memasang Prosessor Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. 7 Jenis Slot . 2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka. kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor. 2. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. Turunkan kembali tuas pengunci. 3. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard. umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik. 4.Jenis socket 1.

Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot. Memasang Heatsink Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard 2.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.1. 8 . 3.

tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard. Dorong hingga modul tegak pada slot. Memasang Modul Memori (RAM) Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Jenis SIMM 1.4. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot. 2.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot 3. DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Setiap jenis modul memori yakni SIMM. .

Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang. Cara pemasangannya sebagai berikut: 1. Memasang Motherboard pada Casing Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff).9 5. . Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam.

Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut: 1. Memasang Power Supply Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. 2. Pasang ke empat buah sekerup pengunci. 5. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing.2. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard. 3. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam. 6. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada. 4. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor . HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard.

• Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang. jika memakai fan untuk pendingin CPU. Hubungkan kabel daya untuk fan.power motherboard. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalu masukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali. . Memasang Kabel Motherboard dan Casing Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah : • Memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. 3. • Untuk motherboard non ATX. • Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard • Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.

4. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.• Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard. LED. speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. • Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing. CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut: . floppy. Memasang Drive Prosedur memasang drive hardisk. CD ROM.

Memasang Card Adapter . Pemasangan kabel data dan daya pada harddisk. • Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard • Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive. 5.• Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing) • Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive • Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive. • Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu) • Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan • Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave. • Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.

Cara memasang adapter: • Pegang card adapter pada tepi. . modem dan SCSI adapter. hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. sound. bila ada.Card adapter yang umum dipasang adalah video card. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse). Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard • Pasang sekerup penahan card ke casing • Hubungkan kembali kabel internal pada card. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding. Pasang konektor monitor ke port video card. 6. joystick. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port. dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Penyelessaian Akhir Pasang penutup casing dengan menggeser. network.

. Pengujian Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Port untuk peripheral 3. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep sebagai kode indikasi kesalahan.Hidupkan monitor lalu unit sistem. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer.Gambar 19. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut: 1. 2.

kapasitas komponen . KESIMPULAN Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil laporan Kerja Praktek antara lain : 1. KESIMPULAN dan SARAN 4. Penyedian komponen-komponen komputer yang di perlukan dalam perakitan 6. Penyedian alat-alat dalam perakitan seperti obeng dll 5. Bahwa dalam perakitan memerlukan ketelitian dan kewaspadaan 2. merek . serta alatalat tambahan yang di perlukan 4. Melakukan perakitan dengan teliti dan waspada . Serta jenis-jenis. Sebelum kita melakukan perakitan terlebih dahulu kita mengenal jenis-jenis komponen yang di perlukan dalam 1 pc 3.BAB V PENUTUP 4.1.

Adapun saran tersebut antara lain : a.7 Setelah selesai melakukan perakitan maka langkah yang terakhir yang kita butuhkan ialah pengujian apakah perakitan yang kita lakukan sudah betul atau salah dilakukan dengan cara menghidupkan komputer yang di rakit. SARAN Penulis menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. 4. namun walaupun demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun. c. Dan apa bila terjadi kesalahan dalam laporan kami .2. DAFTAR PUSTAKA . Dengan adanya program kerja praktek ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK Negeri 1 dampal selatan dengan perusahaan atau instansi tempat pelaksanaan kerja praktek b. hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa. penulis mengharapkan saran serta kritiknya yang sifatnya membangun. sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan. Dalam penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek.