You are on page 1of 23

SISTEM MONITORING DAN PENGENDALIAN LISTRIK

RUANGAN BERBASIS ANDROID
PROPOSAL GEMASTIK 7 UGM 2014
PERANTI CERDAS

Diajukan Oleh :
KELOMPOK SIMOPELAR
ZAINAL ARIFIN

(110220043)

MUHAMMAD ZAMRONI (110220040)

GEMASTIK 7 UGM
2014

1.

LATAR BELAKANG
Aktifitas

manusia yang sangat tinggi untuk memenuhi

kebutuhan ekonominya

menyebabkan manusia lebih sering menghabiskan waktunya jauh dari rumah sehingga waktu
untuk berkumpul bersama keluarga menjadi berkurang, begitupun waktu untuk mengontrol
peralatan listrik di rumah menjadi jarang karena minimnya waktu . Dan berdasar pada
berbagai sumber berita yang ada, tindak kejahatan yang dilakukan oleh pencuri dengan
sasaran rumah penduduk yang sedang ditinggal pemiliknya menyebabkan ada keresahan
saat akan meninggalkan rumahnya.
Telepon seluler dengan fasilitas sms yang mampu bertukar informasi berbasis teks secara
jarak jauh (remote) dan tanpa kabel (wireless) dapat memberikan solusi yang tepat
terhadap masalah pengontrolan keamanan secara jarak jauh. Ditambah dengan dukungan
teknologi mikrokontroler yang memungkinkan dibentuknya sebuah sistem komputer yang
memiliki efisiensi daya dan tempat, menjadikan telepon seluler sebagai sarana alternatif
selain sebagai sarana komunikasi juga dapat dijadikan sebagai sarana pengendali jarak
jauh .
Dari permasalahan di atas penulis mempunyai ide untuk membuat “sistem monitoring dan
pengendalian listrik ruangan”.
sistem yang kami buat format penulisan sms dipadukan dengan aplikasi android sehingga
tampilan pengiriman sms lebih bagus dan menarik tidak hanya berbasis text, dan kesalahan
format sms sangat kecil dikarenakan format sms sudah terprogram dalam aplikasi android
tersebut dan juga dengan sistem ini user dapat mengetahui status lampu apakah nyala atau
mati dengan cara melakukan monitoring status lampu .
2. TUJUAN PENELITIAN
Membuat sistem pengendalian dan menitoring listrik ruangan
3. MANFAAT
3.1 Memudahkan user dalam pengendalikan listrik ruangan.
3.2 Mengimplementasikan sistem monitoring dan pengendalian listrik ruangan.
3.3 Mempelajari perintah kontrol pada mikrokontroler sebagai menerima dan pengirim
SMS.
3.4 Mempelajari perpaduan aplikasi andorid, SMS dan mikrokontroler untuk
mengendalikan dan memonitoring listrik ruangan.
4. ANALISIS SISTEM LAMA
Sistem monitoring dan pengendalian lampu ruangan sebelumnya dilakukan dengan cara
manual, dengan cara seseorang mendatangi dan melihat tiap ruangan untuk melakukan
monitoring dan untuk pengendaliannya sesorang harus mendatangi tiap-tiap saklar yang
terhubung dengan lampu untuk menyalakan ataupun mematikan lampu ruangan.

DFD Level 1 User . yaitu : (a) Proses Login User harus mengisi password yang valid yang dan dilakukan validasi di proses login yang mengambil data dari pass apabila ingin melakukan login. yaitu : Info Konfigurasi No Telp dan Info Status Lampu yang berguna untuk pengendalian lampu. DESAIN SISTEM 5. 1 User LogIn LogIn + Ambil data pass pass Data pass 2 User Konfigurasi No Telp Konfigurasi No Telp Info Kunfigurasi NoTelp User 3 User Monitoring Monitoring Info Status Lampu + Gambar 19. setelah melakukan monitoring user akan mendapatkan informasi status lampu. (b) Proses Konfiguasi No Telp User harus mengisi no telp yang akan dikonfigurasi apabila ingin melakukan konfigurasi no telp kemudian apabila no telp telah dikonfigurasi maka user akan mendapatkan informasi konfigurasi no telp.5.1 Desain Sistem 5.1 Diagram Contex Pada DFD contex ini user bisa melakukan 3 proses. Konfigurasi No Telp dan Monitoring kemudian user juga mendapat 2 output. (c) Proses Monitoring User dapat melakukan monitoring apabila no telp user telah terkonfigurasi. yaitu : Login.2 DFD Level 1 Pada DFD level 1 terdapat 3 proses.1.1. Gambar 1. Diagram Contex 5.

setelah melakukan monitoring user akan mendapatkan informasi status lampu. DFD Level 2 pass : 1 . yaitu : (a) Proses Login User harus mengisi password yang valid yang dan dilakukan validasi di proses login yang mengambil data dari pass apabila ingin melakukan login. kemudian password baru tersebut akan disimpan untuk mengganti password yang lama.1.3 DFD Level 2 Pada DFD level 2 terdapat 4 proses.5. (c) Monitoring User dapat melakukan monitoring apabila no telp user telah terkonfigurasi. (b) Proses Edit Password User harus mengisi password baru apabila ingin melakukan edit password. 1 Ambil data pass User pass : 2 LogIn LogIn Data pass Masukkan Password Baru Simpan Edit Pass 2 Edit Password Gambar 20. (d) Pengendalian User dapat melakukan pengendalian apabila sudah mendapatkan informasi status lampu hasil dari monitoring. setelah itu user akan mendapat informasi status lampu hasil pengendalian tersebut. kemudian user dapat meilih mematikan atau menyalakan lampu sesuai yang diingikan.

Sistem Loop Tertutup Dibandingkan dengan sistem kontrol loop terbuka. dan sulit dalam desain. sistem kontrol loop tertutup memang lebih rumit. dimana nilai dari keluaran akan ikut mempengaruhi pada aksi kontrolnya.5.2 Desain Hardware 5. User Apliksi Mopelar Mikrokontroler Lampu Laporan Gambar 21.1 Blok Diagram Alat Pengendali Sistem kontrol loop tertutup adalah identik dengan sistem kontrol umpan balik. membuat sistem kontrol ini lebih banyak menjadi pilihan para perancang sistem kontrol. mahal. Akan tetapi tingkat kestabilannya yang relatif konstan dan tingkat kesalahannya yang kecil bila terdapat gangguan dari luar.[8] Gambar 22. Blok Diagram Alat Pengendali .2.

Mandi>. 0 adalah format untuk mematikan lampu ruangan dan 1 adalah format untuk menyalakan lampu ruangan.3 Format SMS a.Praktek> Untuk kondisi lampu menggunakan istilah 0 dan 1.2. Ex.3. Design Tampilan LogIn . KON 085749544754 b.<Kondisi L K. Tata Letak Rangkaian 5. MON MON adalah format untuk memonitoring status lampu dan (ruangan) adalah tempat ruangan yang akan dimonitoring.<Kondisi L R.3 Desain Software 5. <Kondisi L Kamar>.5. KON<space>(No Telp) KON adalah format untuk melakukan konfigurasi no telp dan (No Telp) adalah no telp yang akan dikonfigurasi. Ex.2 Rangkaian Alat Pengendali Gambar 30.Tamu>. Ex. 1.1 Design Aplikasi a. MON c.0 5.0.1.<Kondisi L R.2.

Apabila user ingin edit password. Konfigurasi No Telp. Apabila user ingin cek pulsa. . maka akan muncul info sisa pulsa. Monitoring. user diminta menekan tombol “Edit Pass”. Flowchart LogIn Tampilan ini terdiri dari : Tabel 1. dari password yang telah dimasukkan akan divaliadasi apakah valid atau invalid. Item Tampilan LogIn N ITEM O 1 2 Panel ImageView Pawal Iawal Bx Blogin EditText Tpass 3 4 5 NAME b. Apabila user ingin konfigurasi no telp. maka akan muncul info hasil konfigurasi. maka akan muncul tampilan edit password.Pada tampilan awal MoPeLar user diharuskan mengisi password kemudian user menekan tombol login. apabila password invalid maka user diminta untuk mengisi paswword ulang. apabalila valid maka halaman menu tampil. user diminta menekan tombol “Cek Pulsa”. user diminta mengisi “No urut Telp” dan “No Telp” kemudian menekan tombol “Konfigurasi No Telp”. Design Tampilan Menu Pada tampilan ini terdapat 4 aksi. . S ta rt T a m p ila n A w a l Is i P a s s w o rd L o g In V a lid a s i Pass T id a k Ya T a m p ila n M e n u A Gambar 31. yaitu : Edit Password. Cek Pulsa. Design Tampilan LogIn Gambar 32.

user diminta menekan tombol “Monitoring”. Gambar 33. Flowchart Tampilan Menu C . maka akan muncul info “No Anda Belum Terkonfigurasi” apabila no telp belum dikonfigurasi dan muncul info status lampu apabila no telp telah dikonfigurasi.Apabila user ingin monitoring. Design Tampilan Menu A Isi Urut Nomor Isi Nomor Telp Tidak Monitoring Edit Password Cek No Telp Tampilan Edit Pass Ya Konfigurasi No Telp Status Lampu Info Konfigurasi No Telp Tampilan Kendali A B Gambar 342.

Design Tampilan Edit Password Pada Tampilan ini yang muncul tampilan edit password.Tampilan ini terdiri dari : Tabel 2. . user diminta untuk mengisi password baru kemudaian user diminta untuk menekan tombol “simpan” untuk menyimpan password yaang baru dan mengganti password yang lama. Item Tampilan Menu N O 1 2 ITEM NAME Panel ImageView Putama ImageView2 ImageView3 Bedit Blogout Bmon bmon2 Bkon bkon2 9 10 EditText 11 12 Turut Tno Label Label1 Label2 Label3 3 4 5 6 7 8 13 14 c.

C Tampilan Edit Pass Isi Password Baru Simpan A Gambar 35. Design Tampilan Kendali Pada Tampilan ni adalah tampilan pengendalian. Design Tampilan Edit Password Tampilan ini terdiri dari : Tabel 2. user diminta memilih ON/ OFF lampu ruangan mana yang akan dikendalikan. Item Tampilan Edit Password NO 1 2 ITEM Panel ImageView NAME Pedit imageview6 Bsimpan Bmenu blogout2 EditText Tedit 3 4 5 6 d. maka akan muncul informasi status lampu dari hasil pengendalian . . Flowchart Edit Password Gambar 36. kemudian user diminta menekan tombol “Kendali” untuk mengirim perintah pengendalian.

Flowchart Kendali Tampilan ini terdiri dari : N O 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 Tabel 3.B Tampilan Kendali Pilih On/Off Lampu Kendali Info Status Lampu Finish Gambar 37.2 Design Alat ckamar cmandi a. kemudian data tersebut di ubah oleh rangkaian interface ke signal tegangan TTL sehingga dapat diterima dan dibaca oleh mikrokontroler dan data SMS tersebut muncul ke layar LCD dan no telp yang terdapat dalam data SMS akan disimpan kemudian data SMS tersebut dihapus untuk menghindari penumpukan SMS masuk. user bisa melakukan konfigurasi no telp melalui aplikasi MoPeLaR. kemudian mikrokontroler mengirim info hasil konfigurasi yang akan diubah . Konfigurasi No Telp cmandi Pada design ini user ctamu dapat melakukan ctamu cprakterk cprakter konfigurasi/mendaftarkan no telp ke alat kendali. Design Tampilan Kendali Gambar 38. alat kendali menerima data tersebut. Dari data SMS yang dikirim oleh apikasi MoPeLarR ke alat kendali. Item Tampilan Kendali ITEM NAME N ImageView O ImageView4 15 EditText Ikendali 16 Bkamar Label 17 Bmandi 18 Btamu 19 Bpraktek 20 ChackBox Bkendali 21 bkendali2 22 blogut3 23 e1 24 e2 25 e3 26 e4 27 Tfrom EditText ITEM NAME tstatus l1 l2 l3 l4 ckamar 5.3.

kemudian data tersebut di ubah oleh rangkaian interface ke signal tegangan TTL sehingga dapat diterima dan dibaca oleh mikrokontroler dan no pengirim akan muncul ke layar dan dilakukan pengecekan apakah no telp tersebut telah terkonfigurasi atau tidak LCD. dari hasil pengecekan saklar dan LDR kemudian data SMS tersebut dihapus untuk menghindari penumpukan SMS masuk dan mikrokontroler mengirim info status lampu yang akan diubah datanya menjadi teks oleh rangkaian interface dan dikirim oleh modem ke aplikasi MoPeLaR. Flowchart Konfigurasi No Telp b. alat kendali menerima data tersebut. Monitoring Pada design ini user dapat melakukan monitoring status lampu . Apabila no telp telah terkonfigurasi maka mikrokontroler lelakukan pengecekan status saklar manual dan status cahaya LDR. Dari data SMS berupa “MON” yang dikirim oleh apikasi MoPeLarR ke alat kendali. Gambar 393. . apabila tidak maka mikrokontroler mengirim info “NO” yang akan diubah datanya menjadi teks oleh rangkaian interface dan dikirim oleh modem ke aplikasi MoPeLaR sebagai tanda bahwa no telp belum terkonfigurasi dan.datanya menjadi teks oleh rangkaian interface dan dikirim oleh modem ke aplikasi MoPeLaR. user bisa melakukan monitoring melalui aplikasi MoPeLaR.

Flowchart Monitoring c. user bisa melakukan monitoring melalui aplikasi MoPeLaR. kemudian data SMS tersebut dihapus untuk menghindari penumpukan SMS masuk dan mikrokontroler melakukan pengecekan status saklar manual dan status cahaya LDR sebagai hasil dari pengendalian. . Pengendalian Pada design ini user dapat melakukan monitoring status lampu . Maka mikrokontroler memberikan tegangan kepada driver relay untuk ON/OFF lampu. alat kendali menerima data tersebut.Gambar 404. kemudian data tersebut di ubah oleh rangkaian interface ke signal tegangan TTL sehingga dapat diterima dan dibaca oleh mikrokontroler dan no pengirim akan muncul ke layar LCD. Dari data SMS yang dikirim oleh apikasi MoPeLarR ke alat kendali. dari hasil pengendalian kemudian mikrokontroler mengirim info status lampu yang akan diubah datanya menjadi teks oleh rangkaian interface dan dikirim oleh modem ke aplikasi MoPeLaR.

6. 4. User start aplikasi Aplikasi mengirim perintah Operator menyampaikan perintah ke alat kendali Alat kendali menjalankan erintah Alat kendali mengambil hasil perintah Alat kendali mengirim hasil perintah ke oprator Operator menyampaikan hasil perintah ke aplikasi User dapat melihat hasil perintah Dari gambar 42 dapat diketahui bahwa sistem ini berjalan apabila aplikasi dijalankan oleh user dan user dapat mengetahui hasil dari perintah yang dia berikan . 7.4 Diagram Interface Gambar 42. Flowchart Pengendalian 5. 5.Gambar 41. 1. Diagram Interface 2. 8. 3.

1 User menyalakan atau beri tegangan alat pengendali dengan cara menancapkan power alat dan modem ke listrik. Tampilan awal LCD Tunggu sampai lampu modem berkedip. setelah modem ready dan siap digunakan maka LCD akan penampilan data seperti pada Gambar 2.2 Start Aplikasi Mopolar. Gambar 5.6. Modem sudah ready dan siap menerima SMS 6. IMPLEMENTASI DAN DOKUMENTASI 6. proses selanjutnya adalah alat kendali menunggun perintah yang dikirim melalui SMS yang masuk ke alat kendali. akan muncul Halaman Home yanga berisikan tentang tampilan awal dari aplikasi. kemudian LCD akan tampil seperti gambar berikut Gambar 1. . setelah lampu berkedip maka tekan ON salah satu saklar kemudian tekan OFF kembali untuk menunjukkan bahwa modem telah aktif / ready. di halaman ini terdapat tombol “LogIn” yang berguna untuk menyaring user dalam mengakses aplikasi lebih lanjut.

apabila user salah password maka user mendapat informasi seperti pada gambar 4. yaitu : Edit Pass. Tampilan Awal Gambar 6.3 User bisa Menu melakukan berbagai hal dalam tampilan menu ini. Halaman Home User diharuskan mengetik password yang valid agar bisa mengakses aplikasi. Gambar 5. kemudian user diminta untuk . di halaman ini juga terdapat tombol “x” yang berguna untuk menutup atau berhenti mengakses aplikasi . Monitoring dan LogOut Apabila user ingin mengubah password maka user diminta untuk mengetik password baru ke text box yang telah disediakan. Konfigurasi no Telp.Gambar 3. Tampilan 6. Gambar 7. Tampilan Apabila Tampilan password Menu Salah Password benar maka akan muncul seperti gambar ini .

maka user akan mendapatkan peringatan seperti pada gambar ini . kemudian user diminta untuk . Halaman Edit Password 6. dengan cara user mengetik “No Urut” pada edittext No urut Telp dan “No Telp” pada edittext No Telp (No telp harus berawalan +62).menekan tombol “Simpan”.4 Apabila user ingin melakukan monitoring akan tetapi belum melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Gambar 7. Info No belum Terkonfigurasi 6. Gambar 6.5 Maka user diminta untuk melakukan konfigurasi no telp terlebih dahulu. maka password sudah berubah dan tampilan aplikasi akan kembali ke halaman menu.

kemudaian no telp yang terdapat pada data SMS akan disimpan. Gambar 8. Data SMS “Konfigurasi No Telp” Setelah no telp telah disimpan maka SMS yang masuk tersebut otomatis dihapus untuk menanggulangi terjadinya penumpukan SMS masuk.menekan tombol “Konfigurasi No Telp” untuk mengirim konfigurasi ke alat pengendali . Gambar 10. Gambar 9. Halaman Menu Alat kendali mendapat perintah konfigurasi dari data yang masuk. data konfigurasi akan tampil ke LCD seperti pada Gambar 13 . SMS di hapus . tampilan penghapusan SMS seperti pada gambar ini.

Setelah SMS berhasil dihapus maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 11 dan alat kendali siap menerima perintah selanjutnya .6 Apabila no telp telah terkonfigurasi maka user dapat melakukan monitoring. Kemudian alat kendali akan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah dalam data SMS yang diterima. seperti pada gambar 12 . apabila user ingin melakukan monitoring maka user tinggal menekan tombol “Monitoring”. Kemudian alat akan menerima data perintah monitoring maka akan muncul no telp pengirim di LCD seperti pada Gambar 13. Gambar 12. . Halaman Info Konfigurasi 6. Alat siap menerima perintah selanjutnya Setelah no telp telah terkonfigurasi maka user mendapat info hasil konfigurasi yang muncul pada aplikasi mopelar. Gambar 11.

tampilan penghapusan SMS seperti pada Gambar 14. Alat siap menerima perintah selanjutnya User akan mendapat hasil monitoring yang muncul pada aplikasi mopelar. seperti gambar berikut : Gambar 16. Hal Info Hasil Monitoring . SMS Masuk Setelah perintah data SMS telah dilakukan maka SMS yang masuk tersebut otomatis dihapus untuk menanggulangi terjadinya penumpukan SMS masuk.Gambar 13. Gambar 15. Gambar 148. SMS di hapus Setelah SMS berhasil dihapus maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 15 dan alat kendali siap menerima perintah selanjutnya .

Halaman Pengendali 6. SMS Masuk . seperti gambar 17 : Gambar 17. Kemudian alat kendali akan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah dalam data SMS yang diterima.Setelah mendapat status lampu maka aplikasi mopelar akan menampilkan Halaman Pengendali.7 Apabila user ingin melakukan pengendalian maka user memilih mana lampu yang akan dikendalikan atau ON/OFF kemudian user menekan tombol “Kendali” untuk mengirim perintah kendali. Kemudian alat akan menerima data perintah kendali maka akan muncul no telp pengirim di LCD seperti pada Gambar 13. Gambar 18.

Gambar 199. seperti gambar 22 : . SMS di hapus Setelah SMS berhasil dihapus maka akan muncul tampilan seperti pada Gambar 20 dan alat kendali siap menerima perintah selanjutnya . seperti gambar berikut : Gambar 21. Gambar 20. tampilan penghapusan SMS seperti pada Gambar 19. Hal Info Hasil Monitoring Setelah mendapat status lampu maka aplikasi mopelar akan menampilkan Halaman Pengendali. Alat siap menerima perintah selanjutnya User akan mendapat hasil pengendalian yang muncul pada aplikasi mopelar.Setelah perintah data SMS telah dilakukan maka SMS yang masuk tersebut otomatis dihapus untuk menanggulangi terjadinya penumpukan SMS masuk.

8 Apabila proses yang inginkan telah selesai maka user bisa menutup / kembali ke halaman home dengan cara menekan tombol “LogOut”. Halaman Home .Gambar 22. maka aplikasi mopelar akan tmpil seperti gambar berikut : Gambar 23. Halaman Pengendali 6.