You are on page 1of 12

MAKALAH HASIL WAWANCARA

YOGA PHOTOCOPY

Disusun oleh :
1. Anggi Wijaya

1214010046

2. Burhan Magenda
3. Dwiki Bahtiar

3214110009
3214110012

PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN
POLITEKNIK NEGERI JAKARTA
2016
DAFTAR ISI

............................................1 Kesimpulan......................................................................................................... 2 1................................................................................................................................................................................. 3 2................................................2 Hasil Wawancara.............................................2 BAB II PEMBAHASAN 2.... II KATA PENGANTAR........................................................................................5 BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3................................2 Rumusan Masalah................DAFTAR ISI........................4 Transkrip Hasil Wawancara................................................................................................................................. 8 3..........................................1 Profil Narasumber.................................................. 1 1..................................... 1 1............... ....................................................................................................3 Tujuan............................................. 8 DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... III BAB I PENDAHULUAN 1..................2 Saran..............4 Waktu dan Tempat Wawancara.....................1 Latar Belakang..................................................9 2 ....................... 3 2........................

T. Selama penyusunan makalah ini. Oleh karena itu. petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam kegiatan belajar mengajar. kami meminta maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan karena makalah ini jauh dari kesempurnaan. Pak Edo Prastio selaku pemilik Yoga Photocopy yang telah memberikan waktu serta ilmunya untuk membantu menyelesaikan makalah ini. Segala kekurangan yang ada disebabkan karena keterbatasan kami baik dalam kemampuan. bimbingan serta pengarahan dari berbagai pihak.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat. S. kami menyampaikan rasa hormat dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan penelitian ini.selaku dosen kewirausahaan dan etika profesi yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada kami sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai sebagai salah satu acuan. kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Pak Andri Kusmayadi. pengetahuan maupun pengalaman. diantaranya adalah: 1. Inayah. 19 September 2016 Penyusun BAB I PENDAHULUAN 3 . 2. Taufik dan Hidayah-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini. kami telah mendapat banyak bantuan. Pada kesempatan kali ini dengan kerendahan hati. Makalah ini berisikan hasil wawancara oleh seorang wirausahawan yaitu pemilik Yoga Photocopy. Akhir kata. Depok. agar kami dapat mengevaluasi segala kesalahan.

Wirausaha merupakan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan untuk mendapatkan hasil atau keuangan yang diharapkan dengan cara memproduksi. maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut ini : 1.3 Tujuan Tujuan dari penulisan makalah ini : 1. tekad (kemauan). Banyak perusahaan yang bangkrut kemudian memberhentikan para pegawainya. Dengan wirausaha maka dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru dan memajukan bangsa. jumlah pengangguran meningkat. Oleh karena itu.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas. Salah satu cara untuk mengurangi hal tersebut ialah dengan berwirausaha. menjual atau menyewakan suatu produk barang atau jasa. Mengetahui hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang wirausahawan 4 . modal. Hal inilah yang membuat mahasiswa memutar otak dan melakukan usaha untuk mendapatkan uang tambahan dengan melakukan usaha kecil disela-sela waktu kuliah guna untuk belajar sebelum menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia dan memajukan bangsa dan Negara Indonesia. target dan tujuan.Dalam menjalankan suatu usaha (wirausaha) seorang pelaku usaha harus memiliki skill (kemampuan). 1. keadaan ekonomi dunia sangat memprihatinkan. Terlebih lagi dengan banyaknya jumlah lulusan yang tak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia semakin menambah angka pengangguran. Oleh karena itu. Apa sajakah hal yang diperlukan untuk melakukan wirausaha? 1.1.1 Latar Belakang Di era global ini. maka penulis mencari cara untuk mendapatkan pengetahuan mengenai wirausaha dengan melakukan wawancara kepada narasumber yang berwirausaha dengan mendirikan usaha fotokopi dan penjualan alat-alat tulis dan kelengkapannya. dan tempat.

30 WIB . 18 September 2015 Waktu : 19. BAB II PEMBAHASAN 2.4 Waktu dan Tempat Wawancara Wawancara ini dilaksanakan pada: Hari / Tanggal : Sabtu. Parung.1 Profil Narasumber Nama : Edo Prastio 5 .selesai Tempat : Jalan Gunung Sindur Rt 01 Rw 05 Desa Cogreg. Bogor.1.

Awalnya hanya sekedar membuka counter pulsa untuk membantu membayar kuliah. Maka dari itu. penyewaan tenda dan sebagainya. juga adanya kantor desa yang dekat. ia bertekad untuk menjadi pengusaha. Ia mengatakan bahwa orang tuanya merupakan pengusaha alat-alat pesta. Modal usaha tersebut ia peroleh dari uang pribadi juga bantuan dari orangtua. Untuk usaha ini. 11 Juli 1991 Nama Usaha : Yoga Photocopy Alamat Usaha : Jalan Gunung Sindur Rt 01 Rw 05 Desa Cogreg. 2.2 Hasil Wawancara Yoga Cell dan Yoga Fotocopy ialah nama usaha milik Edo Prasetyo. Bisnis fotokopi baru ia geluti selama 3 tahun. Ia kuliah di UHAMKA jurusan sastra Indonesia. ia membeli mesin fotokopi bekas dengan harga yang murah sekitar 5jutaan. orang tua yang merupakan pengusaha menjadi pemacu ia untuk juga melakukan hal yang sama.tanggal lahir : Bogor. Berawal dari hanya counter pulsa yang menjual pulsa dan segala aksesoris hape. Selain itu. Keuntungan yang ia dapat selama satu tahun pertama ia sisihkan hingga akhirnya dapat membeli mesin fotokopi 6 . Nama tersebut ia ambil dari nama adiknya yaitu Yoga. Namun. Parung. sementara ia hanya mengandalkan keluarganya untuk nmenjaganya secara bergantian. Bosan dengan pekerjaan yang mengharuskan ia setiap hari bangun pagi dan berpakaian rapi lalu pulang hingga malam hari membuat ia berniat wirausaha. tidak adanya usaha fotokopi dalam radius 500 meter. kini berkembang menjadi usaha fotokopi serta alat tulis dan kelengkapannya. ``Bogor. Sebagai permulaan . Usaha fotokopi ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam tergantung suasana.Tempat. selain itu adanya komplek asrama nubika menjadi alasan ia untuk memberanikan diri membuka usaha fotokopi. sedangkan usaha counter pulsa sudah berjalan 8 tahun.

berkat kejadian itu kini ia dapat membedakan antara mesin fotokopi dengan kualitas baik dan tidak baik. ia pun membuka rental ps 2. Hingga akhirnya bisnis ini pun berkembang dan membuat ia dapat membuka cabang baru dekat sekolah . dan juga jasa ketik. Setiap usaha itu pasti ada masalahnya. Ia mengatakan bahwa kegagalan itu harus dijadikan sebagai pembelajaran dan introspeksi agar usaha kita berjalan lebih baik lagi ke depannya. ia juga membuka usaha print. pembayarannya dapat ditangguhkan alias dihutang. scan. Namun. Misalnya ia pernah mengalami penipuan ketika membeli mesin fotokopi. Kesuksesan itu tidak semulus naik sepeda di jalan lurus. Namun. Dimana ia bisa bermain untuk melepas rasa iri atau bosan ketika menjalankan usahanya tersebut. Namun. begitu kata Edo. namun tak jauh dari rumahnya.baru. ia tidak menjalankan banyak promo. Namun. 7 . alhasil ia pun merugi jutaan rupiah. Untuk mengakali hal tersebut. Mencintai pekerjaan ialah kiat pertama yang ia sampaikan. maka otomatis kita tidak akan bosan. Untuk menjadikan usahanya menarik. Jika kita sudah mencintai pekerjaan. ia tidak pernah berhenti usaha. ia kadang merasa iri dengan orang lain yang bisa pergi kesana-kemari. pasti ada lika-likunya. Ia hanya mengatakan bahwa jika ada yang ingin memfotokopi sebanyak 1000 lembar. Ia ingin mengusahakan agar semuanya lengkap dan memuaskan konsumen. Mesin fotokopi yang ia beli tidak berfungsi.

Setiap hari bangun pagi pakaian rapi. Akan tetapi. 8 . tiap bulannya monoton. 5. Awal sih modal sendiri ditambah dari orang tua. 3. yang second .3 Transkrip Hasil Wawancara 1. pasti bertahap. Saya merasakan kejenuhan. Mengapa Anda memilih membuka usaha photocopy ? Saya membuka usaha ini karena dari jarak 500m belum ada center photocopy . beli mesin yang kecil seharga 5 sampai 10 juta. lama-lama berkembang . ada komplek asrama nubika. Jadi dari situ. Apa alasan Anda untuk berwirausaha? Ya gimana ya. dari usaha ini saya kembangkan. Bagaimana cara Anda mendapatkan modal? Kalau modal. Pulang sore hari bahkan sampe malam. menyiapkan untuk bisa fotokopi disini. Banyak anak muda jaman sekarang yang lebih memilih bekerja dibanding berwirausaha. Sudah berapa lama Anda menggeluti usaha ini? Kalau untuk photocopy baru berjalan 3 tahun. punya keinginan untuk bikin usaha. penghasilannya hanya seperti itu. berarti sudah lama jiga ya. usaha fotokopi ini bukanlah usaha dengan modal kecil. pendapatan tersebut disisihkan untuk membeli mesin yang lebih bagus. kalau boleh tau nama lengkap Anda siapa ya? Nama lengkap saya Edo Prasetio. Nah. Dari mulai awal. 4. Sedangkan. . Nah.2. yang kedua.karena memang dari dulu awalnya saya membuka counter pulsa namun sedikit tidak berjalan. dari desa. kalau kerja udah beberapa kali kerja di perusahaan. Wah. 2. untuk counter pulsa ini sudah hampir 8 tahun. Saya lihat peluang usaha photocopy sangat besar disini karena ada beberapa disini.Maaf.

Saya juga tidak mau bergantung pada orang tua. Belajar dari kegagalan itu. Namun. Namanya habis gagal. termasuk saya. tertipu ketika membeli mesin fotokopi hingga mesin photocopy tersebut tidak dapat dipakai. Setiap usaha pasti pernah mengalami kegagalan. sampai taman pernikahan. ya kalau dia terus berusaha pasti sukses. 8. saya dapat mengetahui mesin photocopy yang kualitasnya bagus. Apa saja kegagalan yang pernah Anda alami? Pasang surut dalam usaha itu memang resiko. namanya orang sukses kan ga semulus kayak kita naik sepeda. apakah memang keluarga Anda keturunan pengusaha? Nah. alat-alat pesta.setiap usaha pasti pernah mengalami kegagalan atau masalah. Sebelumnya. Mulai dari penyewaan tenda. Jika orangtua bisa usaha seperti itu. Mentalitas diri yang paling penting. dari orang tua juga memang seorang pengusaha. masa saya kalah dengan orangtua. Karena kan kita bukannya gagal tapi belajar. Kalau namanya usaha mah tergantung mental seseorang. mengapa tekad Anda tetap kuat untuk bertahan dalam bisnis ini? Ya saya bilang tergantung pribadi masing-masing. Akan tetapi dari hal tersebut mendapatkan pelajaran berharga. 6. Kini.saya juga bisa mengatur walaupun pendapatan tidak seberapa tapi tetap saya tekuni hingga besar seperti ini. 7. kita harus terus usaha dan introspeksi diri. Banyak orang yang lebih memilih menyerah ketika menemui kegagalan. apakah yang akan Anda lakukan? Apakah membuat cabang atau membuka usaha baru? 9 . Jika kedepannya usaha ini tambah sukses. 9. Saya pun punya pemikiran berwirausaha berasal dari orangtua. Contohnya dulu kehilangan handphone.

Selain itu. untuk menghilangkan kejenuhan saya juga membuka rental ps. kami juga menyediakan jasa print. Pertama. Alhamdulillah saya sudah mempunyai cabang di daerah Ciseeng. Untuk kedepannya. kalau kita sudah cinta. Bagaimanakah cara Anda mengatasinya? Alhamdulillah untuk sementara ini saya belum merasa jenuh. Kadang kita mengalami kejenuhan ketika berusaha. 10. harga alat-alat tulis di sini lebih murah dibandingkan dengan di tempat lain. scan. jika memungkinkan ada keinginan untuk membuka cabang di tempat lain. Bisa dihutang lah. 11. hanya saya dengan adik-adik saya yang bergantian menjaga. Jadi. Saya mengusahakan agar lengkap. Selain itu. otomatis kita tidak akan bosan. Selain itu. cintai pekerjaan itu. saya juga bisa ikutan main agar tidak bosan. dan juga ketik. 10 . Selain itu. Selain untuk mencari tambahan. Untuk menarik minat pelanggan. apakah Anda melakukan promo tertentu? Biasanya kami bisa melayani photocopy 1000 lembar namun pembayarannya dapat ditunda. Bagaimanakah waktu operasi usaha photocopy ini? Kalau buka jam setengah 8 sampai jam 9\10 malam tergantung dari suasana.Kalau untuk cabang. saya belum mempunyai karyawan. Tapi saya punya cara untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut. menjaga secara bergantian juga dapat menghilangkan kebosanan. Terlebih. 12. Mulai dari capek melayani konsumen hingga sepinya konsumen. Tapi kadang saya merasa iri ketika melihat orang lain bisa kesana kemari sementara saya harus menjalani usaha ini.

Selain itu. ia pun membuka rental ps 2 sekaligus pengusir rasa bosan 11 . jika ia menyerah ketika tertipu. kesimpulan yang kami dapat ialah seorang wirausahawan harus memiliki mental yang kuat dan pemikiran yang kreatif juga inovatif. Namun.BAB III KESIMPULAN DAN SARAN 3. Sebagai tambahan. ia malah menjadikan kegagalan sebagai pembelajaran agar dapat mengetahui mesin fotokopi dengan kualitas yang bagus. jiwa kreatif dan inovatif mutlak harus dimiliki. tentu seseorang akan mudah menyerah ketika menemui kegagalan. Bayangkan. Selain itu. ia pun juga melengkapi usahanya dengan jasa print.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil wawancara tersebut. Hal tersebut dapat dilihat dari ia yang memilih bisnis fotocopy dan atk dimana di daerah tersebut belum ada usaha sejenis. scan. tentu ia tidak akan menikmati hasilnya sekarang. Tanpa adanya mental yang kuat. dan ketik.

DAFTAR PUSTAKA http://blastogi.ub.staff.blogspot.id/2013/10/01/pengertian-dan-definisi-wirausaha-menurut-paraahli-2/ 12 .ac.id/2013/07/tugas-makalah-kewirausahaan_1.co.wordpress.html https://widyarasy.3.2 Saran Penulis menyarankan agar kita memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi masalah dan menjadikannya sebagai pembelajaran dan juga harus memiliki pikiran yang inovatif dan kreatif.com/2015/02/09/makalah-kewirausahaan-hasil-wawancara/ http://lifeskill.