You are on page 1of 50

1103110081 (Nugroho Ibnu Purwandityo

)
1103130058 (Syauqi Bima)
1103130064 (Ilham Akbar)
1103130103 (Rahmat Irianto)
1103130517 (Muhammad Azmi Luthfi )
1103134372 (Azmi Athallah)

Beberapa kekhawatiran yang diamati prinsi p organizational :

Ambiguitas

Heterogenitas

Perbedaan Perspektif (model mental)

Politik internal

Organizational systemn terdiri dari dua aspek :

Organization Schemes (Exact & Ambigous)

Organization Structures (hierarchy (top-down), the database-oriented model
(bottom-up), & hypertext)

ORGANIZATION SCHEMES
1. Exact Organization Schemes – bertujuan memudahkan user menemukan
informasi yang ia cari melalui skema pencarian tertentu

Alphabetical - sebagai payung untuk skema organisasi lainnya (berdasarkan
bantuan urutan abjad). Meskipun begitu kedua web tidak menggunakan
pendekatan alfabet sebega skema utama, hanya di kategori atau subkategori
tertentu.

Qantas Airlines

Citilink

org/toah/) • Geographical – digunakan untuk menemukan informasi spesifik berdasarkan lokasi Kedua website tidak menggunakan tipe geographical dalam sekema organisasi webnya.metmuseum.com .• Chronological . Contoh web yang mengimplementasikan ini adalah Google Maps dan Weather. Contoh web yang mengimplementasikan ini adalah Metropolitan Museum of Art Timeline (http://www.memberikan konteks/ informasi penting berdasarkan urutan konten yang sering digunakan/ dicari user Kedua website tidak menggunakan tipe chronological dalam skema organisasi webnya.

dan informasi-informasi umum.co. penyewaan mobil. contohnya tampilan personalisasi Indonesia tetap menggunakan bahasa Inggris.2. task maskapai Qantas lebih banyak yang tersaji dalam sub-subkategori. Letak perbedaannya. Sedangkan Citilink.membagi informasi ke dalam kategori yang bersifat relatif • Topic : Kedua website sama-sama bertopik tentang reservasi penerbangan dan perjalanan. Akan tetapi beberapa pilihan bahasa (berdasarkan negara) yang tersedia tidak sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh negara tersebut. • Audience : Qantas. • Task : Kedua website menyajikan multitask meliputi layanan pembelian tiket. . Sehingga dari unsur topik web tidak ambigu.id hanya menyediakan personalisasi bahasa Indonesia (sampai dengan6 Oktober 2016).com menyediakan fitur personalisasi berbagai bahasa. Ambiguous Organization Schemes . online shop.

itu lebih dikarenakan banyaknya fitur dan fasilitas yang mereka sediakan. . Di halaman pertama langsung mengarahkan ke proses reservasi penerbangan. sehingga butuh ketelitian bagi user untuk membaca/ mengklik satu persatu untuk memahami/ menyimpulkan kegunaan setiap fitur. Pengklasifikasian fitur dan task cukup sesuai tempatnya dan relevan. Istilah. Kalaupun ada kesuliatan dalam mengakses web Qantas. ikon.• Metaphor : Kedua website cukup familiar dikenali sebagai website yang mengakomodasi penerbangan. dan aspek metafora lainnya cukup familiar dan mudah diterjemahkan fungsinya. • Hybrids Kedua website sama-sama dinilai tidak menggabungkan dua skema atau lebih yang saling tidak relevan menjadi satu kesatuan. Mungkin karena setiap ikon konsisten selalu diikuti label kata/ frasa.

id adalah tidak seimbangnya jumlah subkategori dalam setiap kategori. Hierarchy : Kedua website sama-sama menggunakan struktur hirarki (top down). Hal yang perlu dievaluasi dari citilink. Selain itu kategori-kategori yang tersedia menuju/ terintegrasi dengan domain web yang berbeda. mobil.ORGANIZATION STRUCTURES 1. 2. hotel. Hal ini karena pasti mereka akan me-recheck terlebih dulu ketersediaan komoditas atau fasilitas yang akan ditawarkan ke konsumen dan user sebelum disajikan ke dalam fitur atau fasilitas di dalam web. Database Model : Kedua web juga menggunakan pendekatan database karena sebuah situs penjualan (tiket penerbangan) dan penyewaan (jasa layanan.co.ketersediaan yang dimaksud bisa berupa jadwal dan rute penerbangan. Dalam hal ini. atau fasilitas lainnya. sehingga berpotensi membingungkan atau mengganggu mobilitas. mobil. Padahal hirarki web yang baik disarankan agar memiliki subkategori yang seimbang jumlahnya. . ketersediaan kamar hotel. dll) pasti mengandalkan pembangunan struktur organisasi dari bottom-up juga.

ada yang terintegrasi dengan web lain. Qantas. Hypertext : Kedua web menggunakan hypertext untuk mengintegrasikan satu halaman ke halaman lainnya. Bedanya.3. sedangkan Citilink.com masih berada dalam satu domain web.co.id tidak konsisten. .

.

CO M Home Screen .QANTAS.

Global Search Result .

Flight Search .

Flight Search Result Modify Search .

Hotel Search .

SEARCH FOR DESTINATION Search The Timetable .

OTHER SEARCHES Cars Activities Transfers Manage Your Booking Flight Status Customer Support .

CITYLINK.COM .

Global Search Result .

SEARCH FLIGHT .

.

Search Flight Result .

.

Hotel Search .

Hotel Search Result .

SEARCHING SYSTEM SCORE Global Search : Qantas : pada pencarian ini dapat dilihat clustering yang ada. Ditemukan beberapa yang seharusnya satu kelompok tapi terpisah. Dsb. Dan pengelompokannya belum dapat mencakup semua. Qantas For Business. fly. Citilink : pada pencarian ini hasil yang diberikan pada websit citilink cukup membuat bingung karena tidak adanya sorting dan clustering. Seperti Plan. Dan Search Sugestion. book. Qantas : 9 Citilink : 6 . Dan tidak terdapat suggestion search. Meski tidak ada sorting yang dilakukan namun kita dapat memilih pada clustering yang ada dan Search suggestions yang dapat dilakukan. frequent flyer.

dsb. Apakah dari segi harga. dsb. Selebihnya hamper sama dengan citilink Citilink : sangat disayangkan tidak adanya sorting pada pencarian penerbangan yang ada. atau dari segi transit. durasi terbang. Selebihnya hampir sama. Sehingga kita harus mencarinya terlebih dahulu berdasarkan yang kita inginkan. transit.SEARCHING SYSTEM SCORE Find Flight : Qantas : pada pencarian Qantas informasi yang diberikan cukup detail dan terdapat sorting yang dapat dilakukan berdasarkan penerbangan. atau dari segi durasi. harga. Qantas :9 Citilink : 6 .

Dan price display yang dapat diatur berdasarkan rating. Qantas : 9 Citilink : 8 .SEARCHING SYSTEM SCORE Find Hotel : Qantas : pada pencarian hotel Qantas memberikan pencarian pada websitenya langsung. Sehingga meminimalisir penggunaan berbagai pihak dalam melakukan sebuah trip. Citilink : Dilempar ke pihak ketiga yaitu agoda. dan top-deals. popularitas. Tidak tilempar pada pihak ketiga. hampir sama dengan fitur yang diberikan oleh Qantas. harga. harga. dan fasilitas. Dan saat melakukan search terdapat berbagai bentuk sorting mulai dari nama.com.

dan trip yang sudah dipaketkan bukan pilihan paket sehingga mengurangi para customer dalam melakukan alternative terasa kurang.SEARCHING SYSTEM SCORE Other : untuk seperti Find Cars. Overall : Citilink : 7 Qantas : 9 . Dan Store pada citilink menjadi nilai tambah bagi para pecinta aviasi untuk mengoleksi barang-barang secara online meski pencarian belum akurat. Flight Status. Sedangkan untuk Citilink Car dilakukan dengan cara pemesanan bukan pencarian. Activities. Transfers. Customer Support Search yang dapat dilakukan oleh Qantas. Manage your booking.

.

HOME QANTAS .

2. Menu bar utama.Penjelasan per poin : 1. . Terdapat 35 pilihan mengganti bahasa yang tersedia. Menu bar ini akan terpecah lagi menjadi beberapa submenu. Terdapat beberapa pilihan untuk mencari informasi yang tersedia. Menu mengganti bahasa dan text area untuk searching.

7. Contacs. . Menu bar tambahan. Tidak hanya tiket. Site Map. Merupakan sub-footer yang berisi hyperlink untuk menuju ke halaman lain. 9. Menjelaskan berita-berita mengenai Qantas airlines dan terdapat beberapa slide promosi jasa mereka. 8.3. 6. 10. Menu untuk login user 5. Salah satu wilayah footer website Qantas yang berisi hyperlink untuk menuju ke halaman lain. terdapat menu book hotel dan cars(taxi) dan menu untuk mengecek kegiatan (activites) dan transfer. Terdapat menu book tiket online. Bagian ini menjelaskan tentang About Qantas. Salah satu wilayah footer website Qantas yang berisi hyperlink untuk menuju ke halaman lain. dll. 4. News berbentuk slider. Bagian ini menjelaskan informasi seperti FAQs. Bagian ini menjelaskan informasi tentang semua media social Qantas. Terdapat fitur untuk mengatur jadwal booking maupun melihat status online check-in. Salah satu wilayah footer website Qantas yang berisi form untuk memasukan email yang digunakan untuk langganan subscribe dari Qantas.

4. . Tidak ada batasan query dalam user melakukan searching. semua berita yang ditampilkan pada halaman home screen merupakan contextual links yang akan menuju halaman lain pada saat user meng-klik tautan. Tajuk (headings) Seperti pada poin ke-2 yang menerangkan menu utama informasi website Qantas. Artinya. Dan seperti pada point ke-6 yang menerangkan berita-berita terbaru dari Qantas. Pilihan sistem navigasi Hampir sama dengan contextual links. yaitu: 1. Tautan kontekstual (contextual links) Website Qantas menerapkan website yang dinamis. User dapat berpindah-pindah dari satu halaman ke halaman lainnya.Dalam system pelabelan terdapat 5 poin yang akan ditentukan. pilihan system navigasi pada website Qantas terdapat banyak terutama pada halaman home screen. Istilah-istilah pengindeksan (index terms) Tidak terdapat index term pada website Qantas. 3. 2. Sehingga user dapat lebih cepat dan mudah dalam mencari informasi. artinya setiap query user akan ditampilkan oleh mesin pencari Qantas. Namun terdapat fitur searching yang dapat digunakan user untuk keperluan browsing informasi.

Icon Untuk mengganti bahasa menjadi bahasa default (english). Penjelasan seperti pada poin ke-2.5. .

HOME CITILINK .

citycyclink. peta situs) • Produk (citilink merchants. Home page • Citilink (main page) • Search • Language • Social media citilink • Call center • Login akun • Cari penerbangan • Running board (iklan promo) • Cari penerbangan • Event & promo • Check my bookings • Web check-in • Tentang kami (info perusahaan. supergreen member) • Info penerbangan . Instagram. community. blackberry.1. youtube. shield. rilisan pers. android. karir. FAQ) • Ikuti kami (fb. perusahaan. kantor. event dan promo. citilink trip) • Kontak (kontak pusat. linkers magazine) • Aplikasi (iOS. café. armada. windows phone) • Login (travel agent. penjualan. twitter.

2. peta. Ketentuan pengangkutan • Pembatalan dan pengembalian uang e-ticket • Pengangkutan penderita cacat • Definisi-definisi • Penerapan . dan info terminal • Nama kota berangkat • Nama kota tujuan beserta harga 4. Rute. Jadwal penerbangan • Berangkat (pilih kota) • Kedatangan • Periode (bulan) • Cari penerbangan 3.

dan beban • Pemesanan-pemesanan • Pelaporan (check-in). pembatalan penerbangan dan pengembalian biaya • Penerbangan sambungan • Tingkah laku di atas pesawat udara • Tanggung jawab • Batas waktu tuntutan dan gugatan • Modifikasi dan pelepasan . dan syarat pengangkutan lainnya • Penolakan dan pembatasan pengangkutan • Bagasi • Jadwal. keterlambatan.• Tiket • Pehentian-perhentian • Biaya perjalanan. boarding. biaya. pajak.

biaya. email) dan print Lokasi airport. • • • • Internet dan mobile banking Biaya-biaya deskripsi. dan kondisi Barang-barang lain yang di terima (deskripsi. • • • • • • • Saluran pembayaran Pesan tiket sekarang Pembayaran melalui ATM (beserta logo ATM yang tersedia) Cara pembayaran melalui ATM yang tersedia Retail channel (outlet participant) Debit langsung (logo bank) Kartu kredit (logo bank) Pertanyaan umum 7. • • • Daftar self check-in kiosk Share on (fb. biaya. twitter. kondisi) Catatan . jumlah. lokasi Harga terbaik (run board) 6.5.

8. Customer service • Kantor penjualan • Nama kota beserta alamat kantor penjualan 9. Info bagasi • Bagasi jinjing (beserta keterangan) • Bagasi yang bisa di check-in secara cuma-cuma (beserta keterangan) • Bawan bagasi yang dilarang • Ukuran maksimal barang bawan pada maskapai yang khusus • Waktu check-in dan boarding .

FAQ. negara) • Bermitra dengan kami (hotel.10. media) • Destinasi (kota. karier. android) • Copyright • Partner . kebijakan privasi. ketentuan penggunaan) • Tentang kami (pointsMAX. afiliasi) • Unduh aplikasi (iOS. Hotel • Agoda (main page) • Layanan pelanggan • Beri masukan • Language • Akun • Cari hotel • Penawaran bagi pelanggan citilink • Syarat dan ketentuan • Bantuan (hubungi kami.

gift assortment. aksesoris. travel kit. jam tangan. Citilink Cars • Pemesanan dan kirim • Manage my booking • Social media cilitink • Tentang citilink cars. kosmetik. status order. lihat keranjang. dukungan pelanggan • Chat with us 13. buku. Citilink Trip • Nama kota berdasarkan tour • Pesan sekarang . sale corner) > belanja berdasarkan harga (page) • Super deal (free backpack. super green.11. page) • Easy shopping • Informasi pembelian (info ATM transfer. panduan penyewaan. Store • Akun saya. promo idul adha) • Best seller (compare selected. info pembayaran. pengiriman dan pengembalian) 12. ikuti kami. masuk atau buat akun • Search dan bahasa • Super detail dan produk baru • Produk (parfum.

.

plan. flight deals. dan lain lain.navigation design yang digunakan oleh qantas ialah golobal design. terlihat ketika menu destination. . mereka masih memiliki opis lain untuk ke halaman end site lain.

qantas. dan lain lain .Di halaman home qantas.com juga menggunakan contextual design. our company.com dapat dilihat bahwa. dapat dilihat dengan terdapat menu news room.

citilink cats dan citilink trip .co.store. terlihat masih ada menu home.id bila kita memilih menu infopenerbangan navigation design yang digunakan ialah global navigation.Pada citilink.hotel.

Sedangkan untuk hotel.citilink cats dan citilink trip mereka menggunakan local navigation terlihat ketika memilih menu hotel tampilan berubah yang yang tersisa hanyalah menu home .store.

dapat dilihat dengan terdapat menu informasi perusahaan.Di halaman home citilink. montak pusan.id juga menggunakan contextual design.id dapat dilihat bahwa. citilink.co. facebook dan lain lain .co.