You are on page 1of 13

....................................................................................................................................................................................................................................................................... Peserta ..................................3 A................................................................................ Tema Kegiatan ........... Hasil Yang Diharapkan .............12 I..........2 BAB I ................................................................................................................. Sasaran Kegiatan.....................................................................11 G.................................... Rencana Kegiatan................................................. Korespondensi ................................................................................................................... Latar Belakang ..........................................................................11 H...............................12 BAB III ......................................................3 PENDAHULUAN ....................................................................................................................................................................................................................................5 A..... 6 C....................................................................................................10 F............. Waktu dan Tempat Pelaksanaan....................................3 B................... 5 B.................................................................................................. Tentang Festival Teater Mahasiswa Nasional 8 Makassar .... Tentang Festival Teater Mahasiswa Nasional .........4 C...............10 E...............................................................4 BAB II ...................................................................................................................10 D.............................................................. Pelaksana Kegiatan ............................13 PENUTUP ................................................................................................ Tujuan..........13 .......................................................5 DESKRIPSI KEGIATAN ................................................................................................................DAFTAR ISI DAFTAR ISI ....................................................

baik dari struktur etnik maupun dalam lingkup Negara kesatuan.BAB I PENDAHULUAN A. Dari timur sampai ke barat Indonesia. Saat ini. Keterbukaan teater akan hal-hal di luar dirinya bukanlah pertanda kelemahan. maka hal tersebut mampu dijadikan sebagai modal pengembangan kaderisasi teater . Hal inilah yang menjadikan teater dapat diterima oleh masyarakat.Di zaman sekarang. yaitu terbagi atas masa prapengaruh asing dan masa pengaruh asing. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari latar belakang keadaan masyarakat pada masa lalu. Secara garis besar perkembangan seni pertunjukan tradisional Indonesia sangat dipengaruhi oleh adanya kontak dengan budaya luar (asing). Pertunjukan teater bukanlah hasil kreasi individu. Namun. secara kuantitatif dengan adanya dukungan materil dari internal kampus. Termasuk pendekatan ilmiah lintas disiplin. melainkan merupakan sebuah kekuatan. Meskipun Keberadaan teater kampus diberbagai perguruan tinggi hanya sebatas Unit Kegiatan Mahasiswa. kita telah banyak menemukan berbagai macam teater yang ada. Dalam perjalanan panjang perkembangan seni teater di Indonesia. munculah aktor-aktor yang telah sukses memperkenalkan budaya dan seni pertunjukan teater Indonesia sampai ke mancanegara. Hasil kolaborasi tersebut berasal dari berbagai pihak yang memiliki latarbelakang berbeda. baik masyarakat kampus maupun masyarakat umum sebagai bentuk lain dari ekspresi intelektual dan sosial. Kenyataan ini meniscayakan teater sebagai sebuah kerja kesenian yang terbuka terhadap berbagai pendekatan. hampir di setiap perguruan tinggi Indonesia terdapat kelompok atau grup kesenian yang membukaruang pengembangan seni teater. melainkan secara berkelompok. Latar Belakang Perjalanan seni teater di Indonesia erat kaitannya dengan perkembangan kehidupan masyarakatnya. Masing-masing periode telah menghasilkan kreasi budaya yang berbeda bagi seni pertunjukan.

Atas dasar itulah. Hasil Yang Diharapkan Sebuah langkah baru dalam dunia kesenian kampus merupakan harapan kami untuk menumbuhkan motivasi dalam berkesenian bagi mahasiswa yang ada di seluruh Indonesia. Meningkatkan kualitas proses penciptaan karya teater kampus nasional 3. B. memperluas jaringan dan informasi antar komunitas teater kampus se-Indonesia 2. yaitu festival teater mahasiswa nasional (Festamasio). agar dapat mewujudkan eratnya silaturrahmi antara pekerja seni kampus dan memperluas jaringan informasi antar komunitas teater kampus se-indonesia.Indonesia berbasis ilmiah. serta kualitas proses penciptaan karya teater kampus nasional. Salah satu langkah kongkrit tersebut adalah menciptakan momentum untuk merangsang peningkatan kualitas karya mereka dengan menyelenggarakan acara dua tahunan.dimana pencapaian artistiknya selama ini merupakan embrio bagi masa depan teater Indonesia. tak terlepas pula dari tujuan kegiatan ini. Menunjukkan eksistensi teater kampus kepada masyarakat 4. . diperlukan langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas dan posisi teater kampus. Tujuan Adapun tujuan dari kegiatan ini. yaitu : 1. sebagai pelaksana kegiatan Festival Teater Mahasiswa Nasional dalam mempertemukan para pekerja seni kampus se. Selain itu. Meningkatkan motivasi teater kampus di Indonesia dalam berkarya 5. Mempererat silaturrahmi. Selain itu. melalui kegiatan ini diharapkan pula dapat meningkatkatkan eksistensi teater kampus kepada masyarakat.Indonesia mengharapkan munculnya ide dan gagasan untuk beradu kreatifitas di bidang teater. Sehingga dapat meningkatkan kelestarian seni dan budaya. Oleh karena itu. Menjaga kelestarian budaya melalui teater C.

Selain itu. yang diprakarsai oleh Teater Yupa Universitas Mulawarman. Tahun lalu tepatnya 2015. Workshop Teater. Festamasio yang keenam dilaksanakan pada tahun 2013 yang diemban oleh Teater Tiyang Alit Institut Teknologi Sepuluh November. Festamasio juga diisi dengan berbagai kegiatan. Rembuk Teater. baik media massa. Teater Lakon Universitas Pendidikan Indonesia diberi amanah untuk melaksanakan Festamasio yang ketujuh di Bandung. Universitas Gadjah Mada Pada tahun 2005. Kalimantan Timur. kampus UIN Syarif Hidayatullah selaku tuan rumah yang kelima. Kemudian. Teater Gabi’91 Universitas Sriwijaya Palembang diamanahkan menjadi tuan rumah Festamasio yang kelima. Suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini. di antaranya. .Teater Kampus Universitas Hasanuddin Makassar menjadi tuan rumah yang kedua. Festamasio berikutnya diadakan di Jakarta. Dan kali ini di tahun 2017 mendatang Makassar kembali menjadi tuan rumah yang mana Unit KegiatanMahasiswaSeni (UKM Seni UNM) sebagai penyelenggara Festamasio yang kedelapan. Kegiatan ini diselenggarakan sekali dalam dua tahun. Setelah diadakan di Makassar. disuguhkan pementasan teater dari para peserta dan dinilai oleh dewan juri yang dibagi sesuai dengan kategorinya masingmasing.BAB II DESKRIPSI KEGIATAN A. dan Apresiasi Seni. Diskusi Tematik. Festamasio pertama diadakan pada tahun 2001 di Samarinda. Dalam kegiatan ini. instansi kebudayaan. Festamasio ketiga digelar di Yogjakarta oleh Teater Gadjah Mada. Kemudian pada tahun 2003. mengundang banyak respon positif dari berbagai kalangan. Pada tahun 2010. Tentang Festival Teater Mahasiswa Nasional Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) merupakan ajang temu karya dan silaturahmi kelompok teater/lembaga kesenian kampus seluruh Indonesia sebagai salah satu wujud kontribusi teater kampus dalam perkembangan teater di Indonesia.

atasnama jurusan. Tentang Festival Teater Mahasiswa Nasional 8 Makassar Universitas Negeri Makassar. Dan ditambah dua divisi lagi. Lalu berpindah ke Kampus UNM Parangtambung. Ada Divisi Musik. tidak terlepas pula dukungan moril dari seniman teater profesional indonesia. Bidang Produksi. tepatnya di kompleks PKM UNM. Bidang Penelitian. struktur kepengurusan berbentuk divisi.pemerintah daerah. rupa dan media serta teater. Divisi Rupa. tangkai seni musik yang . baik individu maupun organisasi. yaitu Divisi Sastra dan Divisi Media. Pengembangan dan Pengkajian dan Bidang Hubungan Masyarakat. fakultas. Awal berdirinya. divisi berubah menjadi Tangkai seni dimana ada 5 tangkai seni yakni tangkai seni "tari yang bernama “Bunga eja”. UKM Seni UNM berdiri pada tanggal 6 April 1992. Prestasi yang diraih meliputi bidang kesenian tari. salah satu Universitas Negeri di Sulawesi Selatan yang telah meraih banyak penghargaan dari berbagai bidang. Sekretariat pertama berada di kampus UNM Gunung Sari tepatnya di belakang gedung BAAK. Divisi Tari dan Divisi Teater. musik. sastra.Dan pada saat ini sekretariat UKM Seni UNM bertempat di Kampus UNM Gunung Sari tepatnya di gedung PKM UNM. UKM Seni UNM merupakan Organisasi tingkat universitas bagi pengembangan bakat dan minat mahasiswa di bidang kesenian. Salah satu diantaranya adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Universitas Negeri Makassar (UKM Seni UNM). dan berbagai instansi independen untuk bekerjasama. Bukti keberhasilan kampus ini yaitu banyaknya prestasi yang di peroleh oleh mahasiswa. B. Selain itu. UKM Seni UNM merupakan satu-satunya organisasi kesenian di tingkat Universitas yang telah melahirkan berbagai karya seni dan mengharumkan nama UNM bahkan mengharumkan nama Sulawesi Selatan di tingkat Nasional. Tetapi pada MUSKER tahun lalu. Kemudian berkembang lagi akhirnya struktur kepengurusan ditambah lagi dengan beberapa Bidang yaitu Bidang Logistik. atau universitas. Sekretariat itu bernama “Salassa”.

Pemenang Kedua Festival Kala Monolog 3 tahun 2011 yang diadakan Oleh Kala Teater Makassar di Teater Arena Gedung Kesenia Makassar 6. Teater Titik Dua terlahir dari tuntutan jiwa-jiwa yang ingin menumpahkan rasa dan keinginan untuk mendalami sebuah dunia yang tidak hanya sekedar komedi.bernama “Walasuji”. Baetal M pada tanggal 15 juli 2001 bersama dengan banyolan Kadaluarsa dibawah naungan UKM Seni UNM. Teater titik dua didirikan atas prakarsa A. biasa disebut “Makhluk Manis“ UKM Seni UNM. Grup Teater Terbaik Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) IV yang diadakan Oleh Bengkel Sastra Dema FBS UNM di Makassar 4. tangkai seni teater yang bernama “Titik dua”. tangkai seni rupa dan media yang bernama “Singara’ bulang” dan yang terakhir tangkai seni sastra yang bernama “Serat sastra”. Anggotanya adalah mahasiswa UNM yang telah mengikuti rangkaian Pelatihan Seni dan Perekrutan anggota baru atau PSP. Pemenang Pertama Festival Kala Monolog 2 Tahun 2010 yang diadakan Oleh Kala Teater Makassar di Teater Arena Gedung Kesenia Makassar 5. Pemenang Ketiga Festival Kala Monolog 3 tahun 2011 yang diadakan Oleh Kala Teater Makassar di Teater Arena Gedung Kesenian Makassar 7. Tuan Rumah Festival Teater Mahasiswa Indonesia 8 Tahun 2012 9. antara lain Juara Satu Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) 3 yang diadakan Oleh Teater Gadja Mada UGM di Jogjakarta 2. 1. Desain Grafis Terbaik Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) VII Tahun 2011 yang diadakan Oleh UKMSB Walasuji UMPAR di Pare-Pare 8. Penyaji Terbaik Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) 3 yang diadakan Oleh Teater Gadja Mada UGM di Jogjakarta 3. Penata Musik Terbaik pada Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) 2 Tahun 2012 yang diadakan Oleh Teater Yupa UM di Kalimantan Timur . Adapun prestasi-prestasi yang pernah didapatkan oleh Teater Titik Dua UKM Seni UNM.

Penata Cahaya Terbaik Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) 7 Tahun 2015 yang diadakan Oleh Teater Lakon UPI Bandung . Sutradara Terbaik Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) X Tahun 2014 yang diadakan Oleh Teater Kampus UNHAS di Makassar 20. Aktor Terbaik Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) X Tahun 2014 yang diadakan Oleh Teater Kampus UNHAS di Makassar 18. Aktor Terbaik pada Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) 2 Tahun 2013 di Bandung 15. Penata Musik Terbaik Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) 7 Tahun 2015 yang diadakan Oleh Teater Lakon UPI Bandung 22. Grup Terbaik Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) X Tahun 2014 yang diadakan Oleh Teater Kampus UNHAS di Makassar 17. Pemenang Pertama Lomba Monolog Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2014 21. Pemenang Pertama Festival Kala Monolog 5 Tahun 2013 yang diadakan Oleh Kala Teater Makassar di Teater Arena Gedung Kesenia Makassar 11. Penata Musik Terbaik Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) 6 Tahun 2013 yang diadakan Oleh Teater Tiyang Alit ITS di Surabaya 13. Penata Cahaya Terbaik Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) 6 Tahun 2013 yang diadakan Oleh Teater Tiyang Alit ITS di Surabaya 14. Penata Rias dan Kostum Terbaik Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) IX Tahun 2013 yang diadakan Oleh SSUCP UNCOK di Palopo 16. Aktris Pembantu Terbaik Festival Teater Mahasiswa Indonesia (FTMI) X Tahun 2014 yang diadakan Oleh Teater Kampus UNHAS di Makassar 19. Penyaji Terbaik Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) 6 Tahun 2013 yang diadakan Oleh Teater Tiyang Alit ITS di Surabaya 12.10.

Aktor pembantu terbaik terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 27. Penata music terbaik terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 28. . 24. Gowa pada tanggal 20 Oktober 2015. Penata cahaya terbaik terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 29. Juara Ketiga dalam acara Lomba Musikalisasi Puisi yang diselenggarakan oleh Pemuda Kreatif Tamarunang di Tamarunang. Kab. Sutradara terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 25.23. 34. Makassar pada tanggal 06 – 08 Agustus 2015. Juara umum terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 33. Penata rias dan kostum terbaik terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 30. Pemenang kedua dalam acara Festival Kalamonolog 7 yang diselenggarakan oleh Kala Teater di Auditorium Sekolah Islam Athirah. Penyaji terbaik terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 32. Pemenang Kedua Festival Kala Monolog 7 tahun 2015 yang diadakan Oleh Kala Teater Makassar di Aula Sekolah Athirah Makassar. Desain grafis terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 31. Aktris utama terbaik terbaik festival teater mahasiswa Indonesia (FTMI) XI tahun 2015 di adakan oleh ukm seni budaya talas UNISMUH di Makassar 26.

36. D. 39. Artistik terbaik pada Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) II di Padang 2014. Penyelenggara Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) pada tahun 2013. Pelaksana Kegiatan Panita pelaksana kegiatan Festival Teater Mahasiswa Nasional 8 adalah anggota UKM Seni UNM yang di legitimasi oleh Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan UNM. Tema Kegiatan “Physics in theater” atau fisika dalam teater merupakan dua disiplin ilmu yang dipadukan untuk membentuk sebuah kolaborasi manusia dan alamnya. Juara Accoustic Competition pada tahun 2014. Gagasan ini diharapkan mampu mengolaborasi ide-ide kreatif dan faktual sehingga kembali mensejajarkan derajat teater mahasiswa sebagai teater yang bersinergi dengan ilmu pengetahuan dalam konteks teater yang berkualitas. eksperimental. Penyaji Terbaik I pada Festival Tari Mahasiswa Nasional (Variasi) II di Padang 2014. Adapun rencana kegiatannya adalah : . dan intelek. E.35. Tuan Rumah Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) VIII C. (Surat keputusan kepanitian terlampir). 37. Mengangkat unsur sains dalam pertunjukan teater seolah membuka edisi baru teater mahasiswa nusantara sebagai alternatif dalam menyuguhkan unsur seni ke sajian yang lebih ilmiah. 38. Rencana Kegiatan Festival teater mahasiswa nasional 8 adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Universitas Negeri Makassar yang akan berlangsung pada tanggal 03 – 11 April 2017 dengan beberapa tahapan-tahapan pra kegiatan.

Launching logo & jingle 2. Media cetak dan Elektronik 6. lomba dan delegasi. • Peserta Lomba adalah 20 grup teater kampus se-indonesia yang telah dinyatakan lolos kurasi dan telah memenuhi kelengkapan administrasi. Perusahaaan swasta. . yaitu peserta kurasi. Sasaran Kegiatan 1. • Peserta Kurasi adalah komunitas teater yang mengikuti proses seleksi awal dengan cara mengirimkan vidio pementasan yang akan dipentaskan. Peserta Festamasio 8 dibagi menjadi 3. Peserta Peserta Festival Teater adalah Komunitas Teater/Kelompok Teater Kampus dari Seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia yang berada di bawah naungan resmi Universitas/Fakultas/Jurusan dan bukan merupakan kampus Institut kesenian. Media massa dan kritikus teater 5.1. Pengumuman hasil kurasi 6.Indonesia 2. LSM. Registrasi ulang 7. Pendaftaran 4. Peserta kurasi akan disaring oleh kurator untuk dipilih menjadi peserta lomba yang akan mementaskan karyanya dalam ajang Festival Teater Mahasiswa Nasional. 1000 penonton di setiap pertunjukan 4. 20 grup teater kampus se-indonesia untuk presentasi karya 3. Kurasi video 5. instansi kesenian dan kebudayaan 7. Pelaksanaan kegiatan F. Pekerja seni kampus se. penyeleksian peserta 3. Masyarakat umum G.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan ini diselenggarakan selama 9 hari.ukmseniunm. Gedung Amanagappa UNM 4. Korespondensi Sekretariat Festival Teater Mahasiswa Nasional VIII 2017 UKM Seni UNM. Gd.com/ http://www. Makassar – 90222 Sulawesi-Selatan.• Peserta Delegasi adalah perwakilan komunitas teater kampus di wilayah indonesia yang tidak ikut kurasi (non lomba) atau yang tidak lolos kurasi.ukmseniunm. Kampus UNM Gunung Sari 2. Objek Wisata dan Cagar Budaya Sulawesi Selatan | .com Twitter : @festamasio8mks | @salassakitaa I. dari tanggal 03 April – 11 April 2017.com Facebook : FESTAMASIO VIII Makassar | Ukm Seni Unm Website :http://festamasio8. (ketentuan peserta delegasi akan diumumkan setelah pengumuman hasil kurasi). Gedung Phinisi UNM 3.com | ukmseniunm1@gmail. bertempat di : 1. PKM Universitas Negeri Makassar (UNM) Jl. Email : festamasio8mks@gmail. Raya Pendidikan. H.

baik moril maupun materiil. Atas perhatian Bapak/Ibu/Saudara. . Dalam mencapai target yang diinginkan. kami ucapkan Terima Kasih.BAB III PENUTUP Demikianlah proposal kegiatan ini kami buat dengan penuh harapan agar seluruh rangkaian acara Festival Teater Mahasiswa Nasional (Festamasio) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Universitas Negeri Makassar dapat berjalan dengan lancar dan sukses. tentunya kami mengharapkan partisipasi dari Bapak/Ibu/Saudara dan seluruh pihak yang bersedia bekerjasama dan memberikan bantuannya.