1

WORSHEET 01: MENILAI SILOGISME YANG TELAH DIBUAT ORANG LAIN
Petunjuk: Lakukan pencermatan yang mendalam terhadap silogisme yang
telah dibuat temanmu (lihat deretan silogisme yang ada), kemudian
adili apakah silogisme yang dibuat melanggar hukum silogisme atau
tidak. Penilaian untuk masing-masing pasal dalam hukum silogisme
inventarisasikan dalam Tabel 1. Tuliskan keputusan akhir atas silogisme
yang anda nilai di bawah Tabel 1. Kerjakan berkelompok (anggota
maksiumum 3 orang).

DERETAN SILOGISME UMUM DAN SILOGISME KIMIA BUATAN
MAHASISWA
Silogisme 1
Premis
mayor
Premis
minor
Simpulan

Semua sarjana adalah lulusan perguruan tinggi
Bejo adalah sarjana
Bejo adalah lulusan perguruan tinggi

Silogisme 2
Premis
mayor
Premis
minor
Simpulan

Semua ikan bernafas dengan insang
Paus adalah ikan
Paus bernafas denga insang

Silogisme 3
Premis
mayor
Premis
minor
Simpulan

Semua polimer dapat digunakan sebagai membran
Kitosan merupakan Polimer
Kitosan dapat digunakan sebagai membran

Silogisme 4
Premis
mayor
Premis
minor
Simpulan

Semua bahan yang bersifat poros dapat digunakan sebagai adsorben
Bentonit merupakan bahan yang bersifat poros
Bentonit dapat digunakan sebagai adsorben

2 Silogisme 5 Premis mayor Premis minor Simpulan Semakin banyak elektron tidak berpasangan dalam suatu orbital maka sifat kemagnetan semakin tinggi Mn2+ memiliki banyak elekron yang tidak berpasangan pada satu orbitalnya Mn2+ memiliki sifat kemagnetan yang tinggi Silogisme 6 Premis mayor Premis minor Simpulan Ester dapat dibuat dari reaksi antara asam karboksilat dan alcohol Etil asetat dibuat dari asam karboksilat (asam asetat) dan alkohol (etanol) Etil asetat merupakan ester Silogisme 7 Premis mayor Premis minor Simpulan Semua bahan alam yang mengandung hemiselulosa adalah bahan dasar untuk pembuatan furfural Bekatul adalah bahan alam yang mengandung hemiselulosa Bekatul adalah bahan dasar untuk pembuatan furfural Silogisme 8 Premis mayor Premis minor Simpulan Semua senyawa logam transisi adalah senyawa yang berwarna Senyawa kompleks scandium adalah senyawa logam transisi Senyawa kompleks scandium adalah senyawa yang berwarna Silogisme 9 Premis mayor Premis minor Simpulan Silogisme 10 Enzim bisa dilakukan pengujian amobilisasi Intervase adalah enzim Intervase bisa dilakukan pengujian amobilisasi .

. Premis mayor Premis minor Simpulan Tabel 1 Penilaian Berdasar Pasal-pasal dalam Hukum Silogisme No. Terdiri dari 3 proposisi. Masing-masing term disebut dua kali 4. Mengandung 3 term: Subyek (S).3 Premis mayor Premis minor Simpulan Enzim ekstrak kasar berasal dari bakteri yang diisolasi Fitase adalah enzim Fitase ekstrak kasar berasal dari bakteri yang diisolasi FORMAT PENILAIAN ATAS SILOGISME Silogisme no . Predikat (P). 2. Tidak Dipenuhi (X) Saran Anda untuk Perbaikan . dan Medius atau perantara (M) 3.. Pasal-pasal yang Harus Dipenuhi 1. Term S dan P dlm simpulan tdk boleh lebih luas dari pada dalam premis Dipenuhi (V).

.. Term M tidak boleh terdapat dalam simpulan 6...... Simpulan mengikuti proposisi yang sempit dalam premis 8. Anggota: 1... Paling sedikit satu proposisi dalam premis harus universal..4 No.. Pasal-pasal yang Harus Dipenuhi 5.. 7..... _____________________ 2. Tidak Dipenuhi (X) Saran Anda untuk Perbaikan Keputusan Akhir: ___________________________________________________________________ __________________________________________________________________________________ Surabaya.. _____________________ Tanda Tangan dan Nama Lengkap Hakim Ketua. Proposisi dlm premis tdk boleh kedua-duanya negatif Dipenuhi (V).. .. ........