UNIT BELAJAR 3

: Manajemen Nyeri

Judul

: Gimana sih biar sakitnya hilang

SKENARIO 3
Seorang laki-laki berusia 56 tahun datang ke dokter gigi mengeluh sakit gigi
sejak 7 hari lalu. Dari hasil anamnesis didapatkan bahwa sakit tersebut muncul
pada sekitar gigi dibelakang bawah kanan yang berlubang dan menyebar pada
rahang bawah, dan dirasa mengganggu aktivitas sehari-hari, gigi tersebut terasa
“ngilu” saat minum panas dan dingin. Rasa sakit berdenyut muncul disertai
pusing.
Kemudian dokter gigi melakukan perawatan pada gigi tersebut dan
diberikan obat pereda nyeri. Setelah dua hari, gigi tersebut sudah tidak terasa
sakit, tetapi pasien masih merasakan pusing. Dokter gigi tidak menemukan

STEP 1

1. Obat analgesik
: obat yang berfungsi meredakan nyeri (adit).
Meredakan
nyeri
dengan
cara
menghambat
biosintesis
prostaglandin (intan)
2. Opiate
: merupakan obat yang bekerja pada sistem saraf
yang menimbulkan efek euforia(menimbulkan rasa nyaman)
(qintari).
STEP 2
1.
2.
3.
4.
5.
6.

Macam-macam obat analgesik?
Mengapa saat makan panas dan dingin gigi terasa ngilu?
Bagaimana terapi psikologis?
Definisi manajemen nyeri?
Bagaimana kerja obat analgetik opiate?
Mengapa saat pasien tidak terasa sakit tapi masih merasakan
pusing?
7. Apa penyebab rasa sakit disertai dengan pusing?
8. Kenapa dokter memberikan obat analgesik opiate?
9. Bagaimana cara menentukan obat analgesik?
10.
Mekanisme manajemen nyeri?
11.
Bagaimana proses sakit ini muncul dan mereda?
12.
Kelebihan dan kekurangan terapi psikologis?
13.
Apa saja efek obat analgesik opiate?

STEP 3
1. Definisi manajemen nyeri?
Suatu cara atautindakan dari tenaga medis untuk mengurangi nyeri
pada pasien dan untuk menentukan terapi pada pasien (faras). Juga
dokter menjelaskan tentang penyakit yang diderita pasien seperti

kemudian menentukan nyeri yang diderita (somatik/viceral/neuropatik). adanya kerusakan sel. melepaskan zat. melakukan assesment nyeri. mual . Mempunyai efek samping seperti mual. menyampaikan efek obat analgesik. non farmakologis. psikologis . 2. Bagaimana kerja obat analgetik opiate? 6.Negatif: bersifat ketergantungan. memberikan efek sedatif) termasuk analgesik kuat. Rasanya seperti kesetrum. contohnya luka . hilang kesadran. ibuprofen. Apabila belum mereda maka bisa dirujuk ke dokter spesialis). kappa (memediasi efek analgesik dengan. ngantuk.Visceral: kurang terlokalisir. Reseptor yang dimaksud adalah reseptor delta( berhubungan dengan reseptor . menusuk. AINS opioid kuat +adjuvant. contohnya peregangan otot . antagonis (berikatan dan menstimulasi reseptor namun gagal). Onsetnya lama. turunan morfin itu butofanol 5. Memberikan efek ketergantungan. agonis parsial(berikatan menstimulasi resptor tapi tidak seperti agonis). Macam-macam obat analgesik? (Lengkapi) Analgesik non opiate: caranya dengan memhambat biosintesis prostaglandin. Bagaimana cara menentukan obat analgesik? (Lengkapi) -nyeri ringan: diberikan obat analgesik non opioid -nyeri sedang: diberikan obat AINS +adjuvant. meredakan nyeri.Somatik: terlokalisir dengan baik. mempunyai efek antipiretik (menurunkan demam) . mekanisme nyeri sesuai yang diderita.nyeri karena apa (mazaya). Mekanisme manajemen nyeri? (lengkapi) Pasien mengeluh nyeri. Biosistesis ini dihasilkan arakhidonat. 3. onsetnya cepat. 4. agonis dan antagonis(berikatan tapi hasilnya agonis dan antagonis). contoh aspirin (non steroid). asam mefenamat Analgesik opiate: langusng disistem sarafnya. Suatu cara untuk mengetahui sakitnya itu apa dan terapi yang cocok seperti apa (Adit). Apa saja efek obat analgesik opiate? (Lengkapi) . setelah ditentukan kemudian mencegah seperti famakologis (diberikan obat analgesik. Agonis(obat berikatan menstimulasi respon secara maksimum). Mengubah persepsi sehingga mengurangi rasa nyeri. kelelahan sehingga aktivitasnya terganggu.Positif : merelekskan pasien. tajam. -nyeri kuat : AINS opioid lemah + adjuvant Opiod kuat: heroin. sigma.Neuropatik: kelainan atau disfungsi saraf perifer. kemudian anamnesis.

terus-menerus) 9. Kenapa dokter memberikan obat analgesik opiate? 8. Mengapa saat pasien tidak terasa sakit tapi masih merasakan pusing? 10.7. Kelebihan dan kekurangan terapi psikologis? 13. Mengapa saat makan panas dan dingin gigi terasa ngilu? (Lengkapi) Karies pada gigi sampai ke dentin  saat tersentuh terjadi rangsangan panas dan dingin  terkena serabut saraf c ( tumpul. Apa penyebab rasa sakit disertai dengan pusing? 11. Bagaimana terapi psikologis? . Bagaimana proses sakit ini muncul dan mereda? 12.

ex.Asam enolat Derivat pirazolen. Diberikan ketika anagonis tidak ada. 4. sebuah pendekatan yang mengajarkan pasien untuk membingkai kembali masalah yang dihadapi dengan meningkatkan kesadaran sehingga menggunakan teknik hipnotis dalam mengontrol nyeri. as propionat.Agonis Mengaktifkan reseptor opioid yang berefek pereda rasa nyeri. ex pentazonin dan butolfanol Berdasarkan analgesik opioid umum: - Metadon Indikasi detokssivikasi ketergatunga morfin Kotraindikasi gangguan ssp dan konstipasi . ex kodein c. Non opioid . Macam-macam obat analgesik? A.1. Mengapa saat makan panas dan dingin gigi terasa ngilu? 3. ISOPRETERENOL Berdasarkan reseptor: a. terutama pada pasien yang sangat sulit sekali untuk mengontrol nyeri. pada pasien yang mengalami depresi. Yang berdasarkan narkotik : . Bagaimana kerja obat analgetik opiate? . OPIOID Obat yang narkotik seperti morfin dan sbg penghilang nyeri.derivat as salisilat.Antagonis Tidak mengaktifkan reseptor dan mencegah anagonis mengaktifkan reseptor. Ex simetidin menghambat reseptor H2 .Fentanil Indikasi anastesi Kontra  depresi pernafasan . as mefenamat . terbukti cara ini cukup efektif dalam memodifikasi respon nyeri. akan tetapi hanya beberapa orang saja yang mempunyai keahlian dalam bidang ini. Salah satu model pendekatan psikiatri adalah dengan membangun kerangka pikiran yang positif pada pasien. ex morfiin b. Yang merangsang reseptor B1. dan derivat oksicam 2.Kodein Indikasi  penghilang nyeri minor Kontra  ketergantungan seperti morfin B. Agonis kuat. Antagonis agonis campuran. Bagaimana terapi psikologis? Psikoterapi Psikoterapi dapat menurunkan perpsesi nyeri pada beberapa pasien. Definisi manajemen nyeri? 5. Asetat.Asam karbokslat Turunannya as. Agonis parsial. atau pada pasien yang pernah mempunyai riwayat masalah psikiatri.

mual. sehingga meringankan nyeri Efek negatif 3. Meringan kan nyeri. Cardiovasculernya terjadi penngkatan infarkmiocard . 12. Mual NON OPIOID Efek positif 1. menyembuhkan dan merilekskan pasien 2. Meringan kan nyeri. dan mengikat protein pada batang otak. Apa penyebab rasa sakit disertai dengan pusing? 8. Mekanisme manajemen nyeri? Bagaimana proses sakit ini muncul dan mereda? Kelebihan dan kekurangan terapi psikologis? Apa saja efek obat analgesik opiate? Efek positif 1. Menghambat enzim Cox dalam pembentukan Prostaglandin 3. 11. Bagaimana cara menentukan obat analgesik? Prinsip penatalaksanaan nyeri Berdasarkan berat ringannya nyeri Tahap 1 Analgesik non opioid(ringan) Tahap 2 Analgasik ains+ adjuvan(sedang) Tahap 3 Analgesik opioid lemah. 13. Menyebabkan ketagihan 3. luka lambung 6. Menyebabkan turunya tkanan darah dan depresi 5. 9. Menimbulkan efek antipiretik / penurun demam Efek negatif 1.6. muntah.ains+ adjuvan(berat) 10. Mengapa saat pasien tidak terasa sakit tapi masih merasakan pusing? 7. menyembuhkan dan merilekskan pasien 2. Kenapa dokter memberikan obat analgesik opiate? - Tergantung jenis nyerinya Tergantung dari pasiennya dan pemberian BSO yang sesuai Psikologi pasien Tergantung sosial ekonomi dari pasiennya Tergantung dari penyakit lain yang diidap pasien. Tukak lambung. Menyebabkan kelelahan hingga aktivitas terganggu 4. Menyebabkan ngantuk 2.ains+adjuvan Tahap 4 Opioid kuat. Bekerja di ssp. Mulut kering / xerostomia 4.