You are on page 1of 10

MODUL 1 PENGENALAN MATLAB

Revi Muharam Fadli (13214116)
Asisten: Brian Benyamin R S
Tanggal Percobaan: 28/09/2016
EL3110 – Praktikum Pengolahan Sinyal Digital

Laboratorium Dasar Teknik Elektro - Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB

Laporan Praktikum - Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB

1

high-pass filter.3 PLOT DAN GRAFIK Uraian pada bagian/ bab ini (dan bab lainnya) dapat ditulis dalam bentuk sub-bab jika diperlukan. 2.2 VARIABEL DAN OPERASI MATRIKS Tipe variabel dasar pada MATLAB adalah matriks.5 MATLAB SCRIPTS Setiap perintah/pernyataan yang dapat dimasukkan pada window prompt dapat disimpan pada sebuah file teks dan dieksekusi sebagai script. 2.[1] 3. dan kalkulasi matematis lainnya. Kata kunci: Matlab. Fungsi dan perintah yang tersedia di Matlab terdapat penjelasan dan cara menggunakannya. plot. Fungsi yang digunakan pada percobaan kali ini adalah fungsi penggabungan sinyal. pembuatan filter dengan fungsi fir1 dan fir2. Dua fungsi yang yang sering digunakan pada praktikum ini adalah plot dan stem. STUDI PUSTAKA MATLAB (Matrix Laboratory) adalah sebuah program untuk analisis dan komputasi numerik. 1. 2.Abstrak Matlab adalah software yang banyak digunakan dalam pengolahan sinyal digital. MATLAB juga berisi toolbox yang berisi fungsi-fungsi tambahan untuk aplikasi khusus. METODOLOGI Peralatan yang digunakan: 1.4 PLOT DAN GRAFIK MATLAB dapat menghasilkan plot dua dimensi x-y dan plot tiga dimensi. 2. aljabar linier. dan bahkan membuat dan memutar video. Setelah itu ditampilkan hasilnya dengan fungsi plot dan freqz. sinyal. Tapi banyak variabel dengan bentuk lain yang digunakan seperti angka. frekuensi. Kegunaannya antara lain membuat filter-filter seperti low-pass filter.1 MATLAB HELP MATLAB menyediakan sistem help on-line yang dapat diakses dengan perintah help. Dengan matlab dapat dilihat pula hasil plot dan frekuensi dari sinyal input dan output dari pemfilteran. filter.Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 2 . serta pembuatan fungsi konvolusi menggunakan m-file. PENDAHULUAN Percobaan kali ini bertujuan mengenalkan beberapa fungsi dan command dasar yang terdapat pada MATLAB. 2. matriks atau sebuah rumus. band-pass filter. Seperangkat computer Laporan Praktikum . Adapun tujuan pada praktikum pengenalan MATLAB kali ini adalah sebagai berikut:  Mempelajari penggunaan sistem help untuk mengetahui commands dan syntax dasar MATLAB    Dapat menggunakan MATLAB untuk desain filter Mempelajari bagaimana menulis fungsi dan m-file pada MATLAB Merancang pem-filter-an FIR dengan MATLAB  Memahami pem-filter-an lewat MATLAB secara mendalam 2. MATLAB memiliki fungsi-fungsi untuk melakukan tugas pengolahan sinyal. menayangkan citra.

Software Matlab .Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 3 • Cari koefisien filternya dengan perintah yang sesuai (fir1) • Lihar frekuensi respon masing-masing filter dengan perintah freqz • Filter FIR low-pass orde 32 dengan frekuensi cut-of 800 Hz • Filter FIR band-pass orde 32 dengan frekuensi cutof 1000-3000 Hz • Filter FIR high-pass orde 32 dengan frekuensi cut-of 6000 Hz Rancang ketiga filter Buat filter FIR Percobaan 2: Percobaan desain dan simulasi filter FIR 1 1 • Representasikan sumbu waktu untuk 0<t<2pi • Beri panjang vektor 100 dengan perintah >>i=1:100 2 • Buat 3 sinyal sinusoidal pada fs=16000 Hz • frekuensi sinyal f1=200 Hz. f2=1000Hz. f3=5000Hz 3 • Jumlahkan ketiga sinyal tersebut menjadi satu sinyal sinusoidal • plot gambar • Lihat juga frekuensinya Percobaan 1: Membuat sinyal input filter berupa superposisi beberapa sinyal sinusoidal dengan frekuensi berbeda 2.Laporan Praktikum .

sin2=sin(2*pi*i*f2/fs).Percobaan 3: Percobaan desain dan simulasi filter FIR 2 • Gunakan metoda frekuensi sampling dengan respon frekuensi seperti pada Gambar 1. HASIL DAN ANALISIS Percobaan 1: Membuat sinyal input filter berupa superposisi beberapa sinyal sinusoidal dengan frekuensi berbeda Dalam percobaan ini dibuat sinyal input sintot dengan superposisi tiga sinyal sinusoid dengan frekuensi berbeda.sin3=sin(2*pi*i*f3/fs).Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 4 . >> sintot=(sin1+sin2+sin3)/3. >> f1=200. >> sin1=sin(2*pi*i*f1/fs).f2=1000.f3=5000. Laporan Praktikum . Script yang digunakan adalah >> i=1:100 >> fs=16000.2 • Cari koefisien filternya dengan perintah fir2 • Catat koefisien filter • Gunakan orde 16 • Respon filter dengan perintah freqz • Lakukan orde lebih besar Desain Filter FIR Rancang filter Percobaan 4: Percobaan membuat m-file untuk melakukan pem-filter-an FIR • Buat m-file untuk melakukan pemfilteran FIR • Bandingkan hasilnya dengan percobaan dengan menggunakan perintah filter dari MATLAB 1 2 4.

Sinyal ini berguna untuk menguji karakteristik suatu filter >> freqz(sintot) Gambar 2 Respon frekuensi sinyal sintot Command plot akan menampilkan sinyal yang diminta dalam domain waktu. sedang freqz menampilkan hasil transformasi fourier/respon frekuensi sinyal/filter tersebut Percobaan 2: Percobaan desain dan simulasi filter FIR 1 Percobaan ini membuat tiga buah filter yaitu low-pass filter. Untuk membuat filter-filter tersebeut. band-pass filter. dan high-pass filter dengan orde 32. Low-Pass Filter Laporan Praktikum . digunakan command fir1().Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 5 .Dengan command >> plot(sintot) Gambar 1 Plot sinyal sintot Dengan menjumlahkan ketiga sinyal sinusoid didapat suatu sinyal kasar.

Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 6 .Gambar 3 Koefisien filter LPF Gambar 4 Respon Frekuensi LPF Respon frekuensi dari percobaan ini menunjukkan low-pass filter dilihat dari penguatan atau diteruskan di frekuensi rendah dan pelemahan di frekuensi tinggi. Band-Pass Filter Gambar 5 Koefisien filter BPF Laporan Praktikum .

Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 7 .Gambar 6 Respon Frekuensi BPF Respon frekuensi dari percobaan ini menunjukkan Band-pass filter. terlihat dari penguatan atau diteruskan pada range tertentu dan dilemahkan pada daerah di luar range tersebut. High-Pass Filter Gambar 7 Koefisien HPF Gambar 8 Respon Frekuensi HPF Laporan Praktikum .

Pertama digunakan comman fir2 dengan orde 16 dan 128 untuk membuat filter lowpass. Selanjutnya digunakan freqz untuk memunculkan respon frekuensi filter. Gambar 9 Koefisien Filter Orde 16 Gambar 10 Koefisien Filter Orde 128 Laporan Praktikum .Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 8 .Respon frekuensi hasil percobaan ini menunjukkan HPF dilihat dari pelemahan pada frekuensi rendah hingga frekuensi tertentu dan dilanjutkan atau penguatan pada frekuensi yang lebih tinggi Percobaan 3: Percobaan desain dan simulasi filter FIR 2 Pada percobaan ini didesain filter FIR dengan metoda frekuensi sampling dengan respon frekuensi seperti pada Gambar 1.2 Respon Frekuensi Filter di modul.

Akan tetapi. bentuk frekuensi respon yang dibuat dapat ditentukan dengan lebih leluasa.Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 9 . Teramati pula bahwa semakin tinggi orde filter.Gambar 11 Respon Frekuensi Orde 16 Gambar 12 Respon Frekuensi Orde 128 Terlihat bahwa filter yang dihasilkan mirip dengan menggunakan fir1. respon frekuensinya semakin mendekati filter ideal dengan penolakan pada frekuensi tinggi yang lebih baik Laporan Praktikum .

y = zeros(1. KESIMPULAN MATLAB dapat digunakan untuk merancang filter lowpass. end end Proses pemfilteran merupakan konvolusi sinyal input terhadap filter yang digunakan. Bandung. 5. Laporan Praktikum . DAFTAR PUSTAKA [1] Hutabarat. Dari hasil dengan fungsi m-file dapat dilihat bahwa terdapat hasil yang sama dengan fungsi konvolusi MATLAB (conv). atau highpass dengan perintah fir1 dan fir2. maka karakteristik respon frekuensi filter tersebut semakin mendekati ideal. maupun karakteristik transfer sesuai keinginan dengan perintah fir2. Semakin tinggi orde suatu filter.h) L1 = length(x). Laboratorium Dasar Teknik Elektro STEI ITB. Pada percobaan ini dilakukan pemfilteran sinyal input sintot dengan LPF.Laboratorium Dasar Teknik Elektro – STEI ITB 1 0 . Lout = L1+L2-1. Bandung. L2 = length(h). Pemfilteran sinyal dilakukan dengan konvolusi antara sinyal input dengan array filter. 2016.Percobaan 4: Percobaan membuat m-file untuk melakukan pem-filter-an FIR Gambar 13 Plot hasil kovolusi sintot Gambar 14 Respon Frekuensi hasil konvolusi m-file yang digunakan adalah sebagai berikut function y = konvolusi(x.Lout). namun membutuhkan koefisien yang banyak. Petunjuk Praktikum Pengolahan Sinyal Digital. for i = 1:L1 for j = 1:L2 y(i+j-1) = y(i+j-1)+x(i)*h(j). bandpass. Mervin dkk.