You are on page 1of 4

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Air minum penting bagi kehidupan manusia. Banyak tempat di dunia
mengalami kekurangan persediaan air. Air dapat berwujud padatan (es), cairan
(air) dan gas (uap air). Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat
di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Pengelolaan sumber daya air
yang kurang baik dapat menyebabkan kekurangan air. Pertambahan jumlah
penduduk yang cukup tinggi dan kegiatan ekonomi yang makin meningkat
semakin mendesak kebutuhan air yang semakin banyak pula. Oleh karena itu
dimanfaatkanlah sungai-sungai sebagai sarana sumber air baku, karena disamping
mata air, sungai merupakan potensi utama sumber air baku.
Mengingat akan semakin meningkatnya kebutuhan air tersebut, hampir
seluruh kota di Indonesia saat ini memiliki sistem penyediaan air minum, yang
pada umumnya dikelola oleh PDAM kota setempat yang termasuk diantaranya
adalah di Kota Tangerang provinsi Banten yang menyediakan pelayanan air
minum bagi masyarakat di Kota Tangerang. Tinjauan terhadap tingkat pelayanan
penyediaan air minum di Kota Tangerang tahun 2009 dinilai masih rendah;
menurut data BPS, baru mencapai sekitar 32% dari total penduduk Kota
Tangerang pada tahun 2009. Sedangkan PDAM Tirta Benteng yang menjadi milik
Pemerintah Kota Tangerang baru mampu melayani 5.6% sementara PDAM Tirta
Kerta Raharja sekitar 26.4%, sedangkan sasaran RPJMD sektor air minum Kota
Tangerang adalah sebesar 57 % pada tahun 2014. Akan tetapi keterbatasan dana
yang dimiliki negara atau daerah PDAM melakukan kerjasama investasi bersama
PT. Moya Indonesia untuk membangun Instalasi Pengolahan Air Minum di lahan
PDAM.
Kerja praktek (KP) merupakan salah satu mata kuliah bagi mahasiswa/i
Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pasundan juga
merupakan salah satu syarat yang harus diselesaikan sebelum melakukan
penyusunan Tugas Akhir (TA). Pelaksanaan kerja praktek dilakukan pada proyek
nyata yang sedang berlangsung di lapangan.
I-1

mahasiswa diarahkan untuk melihat. Bestindo Putra Mandiri. PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Kecamatan Neglasari. Menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh mahasiswa di ruang kelas perkuliahan pada suatu kondisi yang terjadi di lapangan dengan berbagai kemungkinan yang terjadi. Pelaksanaan kerja praktek ini. Mengetahui proses pelaksanaan Intake . Menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki dalam menyelesaikan berbagai persoalan teknis yang muncul di lapangan serta solusinya. kemudian mencoba membandingkan kenyataan yang ada di lapangan dengan teori yang didapat di perkuliahan. Tujuan Tujuan dari kerja praktek ini yaitu : a. d. Dapat dijadikan sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai aplikasi bidang ilmu yang dipelajarinya. Mendapatkan gambaran yang jelas tentang perlunya kerja sama. Kemudian hasil pengamatan ini di tuliskan dalam bentuk laporan. yaitu meninjau salah satu proyek yang sedang berlangsung. 1. c.2 Maksud dan Tujuan Maksud Kerja praktek di Program Studi Teknik Lingkungan adalah kegiatan mahasiswa/i yang dilakukan dengan maksud untuk : a. Memberikan dan menambah pengalaman dasar sebelum bekerja di lapangan.I-2 Dalam kerja praktek ini. c. b. proyek ini dilaksanakan oleh PT. serta peran dan fungsi berbagai disiplin ilmu dalam bidang keteknikan yang dipelajari. mengamati pekerjaan teknis maupun non-teknis. mendata dan mendokumentasikan kegiatan proyek yang sedang berlangsung di lapangan. b. Proyek yang ditinjau yaitu Pembangunan Intake Kapasitas 500 L/dtk di Intalasi Pengolahan Air Minum Unit Pramuka Tangerang. Mempelajari dan mengamati hal-hal baru dalam rekayasa lingkungan.

d. Bestindo Putra Mandiri tertanggal 03 Agustus 2015. Memberikan pengetahuan dan pengalaman di lapangan kepada mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pasundan Bandung dalam bidang keahliannya. Mengembangkan hubungan baik antara mahasiswa sebagai perwakilan institusi pendidikan dengan perusahaan tempat kerja praktek.I-3 e. b. c.3 Ruang Lingkup Ruang lingkup pekerjaan dan pelaksanaan kerja praktek ini adalah pekerjaan konstruksi Intake Kapasitas 500 L/dtk di Intalasi Pengolahan Air Minum Unit Pramuka Tangerang. Dapat ikut serta langsung melihat cara pembangunan Intake di lapangan sehari-hari. Dapat mengetahui bahan baku dan bahan penunjang yang digunakan untuk konstruksi Intake. 1. Lokasi pelaksanaan kerja praktek ini adalah di Instalasi Pengolahan Air Minum PDAM Tirta Benteng Tangerang Neglasari yang bertempat di JL. antara lain : a. Dapat mengetahui proses dan cara kerja Intake.6 Sistematika Penulisan . e. 1.4 Manfaat Kerja Praktek Manfaat yang didapatkan dari pelaksanaan kerja praktek ini. PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Kecamatan Neglasari. Diharapkan menjadi proses pembelajaran lain yang lebih mendekatkan mahasiswa dengan fenomena dan situasi yang akan dihadapinya kedepan. 1. f. Dapat mengetahui prosedur lapangan yang dijalankan. Pintu Air Sepuluh Desa Neglasari Kecamatan Neglasari Kota Tangerang. 1.5 Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kerja Praktek Waktu pelaksanaan kerja praktek adalah 168 hari kalender dan untuk waktu kerja efektif minimum pelaksanaan kerja praktek adalah 30 hari kerja terhitung mulai dikeluarkanya surat rekomendasi lokasi kerja praktek oleh PT.

berupa uraian mengenai pelaksanaan pekerjaan pembangunan Intake di Intalasi Pengolahan Air Minum Unit Pramuka Tangerang. sistem air minum eksisting. ruang lingkup. kependudukan. BAB VII Kesimpulan dan Saran Berisi kesimpulan dan saran yang diambil berdasarkan hasil pengamatan selama kerja praktek berlangsung.I-4 Adapun sistematika penulisan laporan kerja praktek ini adalah sebagai berikut: BAB I Pendahuluan Berisi latar belakang. dan gambaran umum PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang. BAB III Tinjauan Pustaka Berisi teori yang diambil dari refrensi mengenai kriteria desain Intake. BAB V Pelaksanaan Pembangunan Intake Pelaksanaan konstruksi. BAB IV Sistem Intake Berisi pembahasan mengenai sistem Intake yang menjadi pokok bahasan. maksud dan tujuan. BAB VI Permasalahan dan Pembahasan Berisi masalah-masalah yang ditemui di lapangan selama Kerja Praktek berlangsung serta cara-cara dalam pemecahannya. PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Kecamatan Neglasari. BAB II Gambaran Umum Berisi gambaran umum lokasi Kerja Praktek yang meliputi kondisi fisik Kota Tangerang. lokasi. waktu pelaksanaan dan sistematika penulisan dalam penyusunan laporan kerja praktek. .