KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN
JL. Dr. Soeparno Purwokerto 53122
Telp (0281) 621233,621234 (Hunting) Fax (0281) 629161

KEPUTUSAN DIREKTUR
RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
Nomor : .......
TENTANG
KEBIJAKAN PASIEN TERMINAL
RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
TAHUN 2015
DIREKTUR
RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
Menimbang

:
a.

Bahwa dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit
Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman ,
maka diperlukan penyelenggaraan pelayanan rawat inap yang
bermutu tinggi.

b.

Bahwa agar pelayanan gizi di Rumah Sakit Gigi dan Mulut
Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman dapat terlaksana
dengan baik, perlu adanya kebijakan Direktur Rumah Sakit Gigi
dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman sebagai
landasan bagi penyelenggaraan pelayanan rawat inap di Rumah
Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal
Soedirman.

c.

Bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam
a dan b, perlu ditetapkan dengan Keputusan Direktur Rumah
Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman

Mengingat

:
1.
2.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2009
tentang Rumah Sakit
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 269 /Menkes/Per/III/2008
tentang Rekam medis

MEMUTUSKAN: Menetapkan : KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN TENTANG KEBIJAKAN ASESMEN PASIEN TAHAP TERMINAL RAWAT INAP RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN Pertama : Kebijakan Asesmen Pasien Tahap Terminal Rawat Inap Rumah Sakit sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan ini.M. dan apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam penetapan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya Ditetapkan di : Pada Tanggal : Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman drg.. 19531205 198203 2 001 . Arwita Mulyawati. Kedua : Pembinaan dan pengawasan Asesmen Pasien Tahap Terminal Rawat Inap Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman oleh Manajer Pelayanan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman Ketiga : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya.HKes NIP.

.. Tanggal : KEBIJAKAN ASESMEN PASIEN TAHAP TERMINAL RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT PENDIDIKAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN Keb ijak an Um um ... ....Lampiran Keputusan Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Jenderal Soedirman Nomor : .

Penyediaan tenega harus mengacu kepada pola ketenagaan. Peralatan di unit harus selalu dilakukan pemeliharaan dan kalibrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 2. Setiap bulan wajib membuat laporan. Pelayanan unit dilaksanakan dalam 24 jam. Setiap petugas harus bekerja sesuai dengan standar profesi. 7. 3. 6. Semua petugas unit wajib memiliki izin sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pelayanan di unit harus selalu berorientasi kepada mutu dan Keselamatan pasien. 4. 8. Dalam melaksanakan tugasnya setiap petugas wajib mematuhi ketentuan dalamK3(Keselamatan dan Kesehatan Kerja) 5. Untuk melaksanakan koordinasi dan evaluasi wajib dilaksanakan rapat Rutin bulanan minimal satu bulan sekali.faktor yang meningkatkan dan menurunkan gejala fisik c) Menejemen gejala saat inidan hasil respon pasien . standar prosedur opersinal yang berlaku etika profesi. etiket. dan menghormati hak pasien. 9.1. Asesmen ulang harus dilakukan secara individu untuk memenuhi kebutuhan pasien dan keluarga pasien apabila pasien mendekati kematian menyesuaikan kondisi kehidupan a) Gejala seperti mau muntah dan kesulitan pernafasan b) Faktor. Kebi jaka n Khu sus 1.

cara mengatasi dan reaksi keluarga atas penyakit pasien g) Kebutuhan dukungan atau pelayanan (respite service) bagi pasien dan keluarga dari pemberi pelayanan lain h) Kebutuhan alternative atau tingkatpelayanan lain i) Faktor resiko bagi yang di tinggalkan dan cara mengatasi potensi reaksi petologis atas kehilangan 2. penderitaan. beban.. 19531205 198203 2001 . pengampunan f) Status psikososialpasien dan keluarga seperti hubungan keluarga kecukupaaaaaaan kemampuanapabila dilakukan perawatan di rumah.Kes NIP.ArwitaMulyawati. Hasil pengkajian di dokumentasikan dalam rekam medis Ditetapkan di: Pada Tanggal : Direktur RSGMP UNSOED drg.M.d) Orientasi spiritual pasien dan keluarga dan kalau perlu keterlibatan kelompok agama e) Keprihatinan atau kebutuhan spiritual pasien dan keluarga seperti putus asa .