You are on page 1of 17

BAB I

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya setiap makhluk hidup di dunia baik manusia,hewan
dan tumbuhan pasti memiliki peran,fungsi,dan manfaat tersendiri yang
telah di takdirkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Tumbuhan adalah makhluk
hidup yang menjadi sumber energi bagi manusia dan hewan untuk dapat
memprtahankan hidup di dunia ini. Selain menjadi sumber energi bagi
manusia dan hewan, tumbuhan tertentu mempunyai manfaat dalam
menyembuhkan penyakit yang diderita oleh manusia ataupun hewan.
Kesehatan lebih berharga di bandingkan dengan emas. Karena
itu,masyarakat rela mengeluarkan uang berapapun banyaknya hanya untuk
menyembuhkan penyakitnya atau hanya sekedar

merawat kondisi

tubuhnya. Tetapi bagi masyarakat menengah ke bawah hal tersebut sulit
dilakukan, diperburuk dengan harga obat-obatan yang semakin mahal.
Tumbuhan Sambiloto merupakan salah satu dari sekian banyak
tumbuhan di dunia yang dimanfaatkan sebagai obat dalam menyembuhkan
berbagai penyakit. Tumbuhan Sambiloto sangat meminimalkan efek
samping yang terjadi pada tubuh sehingga dapat dikonsumsi dalam jangka
panjang. Akan tetapi, sebagian besar dari masyarakat belum bisa
memanfaatkan tumbuhan sambiloto sebagai obat, karena kurangnya
pengetahuan masyarakat mengenai tumbuhan sambiloto.
Karena hal tersebut, penulis membuat sebuah karya ilmiah dengan
judul ”DAUN SAMBILOTO DI KEBUN RAYA EKA KARYA BALI
SEBAGAI

OBAT

ALTERNATIF

PENYEMBUH

BERBAGAI

PENYAKIT. “

1.2 Rumusan Masalah
1.2.1 Bagaimana pemanfaatan daun sambiloto di Kebun Raya Eka Karya Bali
sebagai obat alternative penyembuh berbagai penyakit?

1.3 Tujuan Penelitian
1.3.1

Untuk mengetahui pemanfaatan daun sambiloto di Kebun Raya Eka Karya
Bali sebagai obat alternative penyembuh berbagai penyakit.
1

Jadi perlu hati-hati apalagi 2 .4 Manfaat Penelitian 1.4.1 Memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pemanfaatan daun sambiloto sebagai obat alternative penyembuh berbagai penyakit BAB II KAJIAN TEORI 2. sekitar 90 kilometer dari Kota Denpasar ke arah Singaraja.1.1.5-2 jam dengan medan menanjak dan berkelok. Kebun Raya Eka Karya Bali Objek wisata Kebun Raya Eka Karya berada di perbatasan Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng. Dapat ditempuh dalam waktu 1.

Selain itu juga masih ada tumbuhan liar dan berbagai burung. sedangkan untuk mobil sebesar Rp 12. atau di pekarangan. Dengan hamparan rumput yang hijau. 320 marga. Kebun raya ini terletak pada ketinggian 1.Singaraja. 3 .2 Tumbuhan Sambiloto Sambiloto banyak di temukan di daratan Asia. Filipina. kebun raya ini berada di kiri jalan dengan petunjuk besar di sebuah gapura masuk kawasan. Tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 700 m diatas permukaan laut .udaranya dingin dan seringkali berkabut serta sering turun hujan.250 .000 tanaman koleksi yang terdiri dari 1. Sambiloto tumbuh liar di tempat terbuka. Vietnam dan Malaysia. Tiket masuk di kebun raya ini sebesar Rp 7. Kebun raya yang terletak di Desa Candikuning.000/mobil. dan 155 suku tumbuhan. Untuk mobil bisa dibawa keliling kebun raya. sambiloto juga terdapat di India. tanah kosong yang agak lembap. tepi sungai.(Anonim 5. (Pradhipta Daffa. Namun berjalan kaki menyusuri kebun seluas 157 hektar ini sepertinya lebih seru dan sehat.500 jenis. dibanding kebun raya lain seperti Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Eka Karya memiliki ribuan koleksi tanaman yang mencapai 16.000/orang. 2009). Dari jalan raya Denpasar .400 meter dpl.1.2011) 2. seperti di kebun. tak heran banyak pengunjung yang memilih duduk-duduk di rerumputan itu sambil menikmati makan siang ataupun sekadar bersantai sejenak. Kecamatan Baturiti ini merupakan kebun raya termuda di indonesia (51 tahun). Selain di Indonesia.

Kelopak bunga berbentuk lanset yang terbagi atas lima bagian dan pangkal bunganya saling berlekatan. Warna batang tanaman hijau berukuran kecil.Bunga terletak di ujung batang dan ketiak daun. Daun berwarna hijau sampai hijau tua. panjang tangkai sekitar 1.2012) 2. Bunga berwarna putih atau ungu. Bunga sambiloto adalah bunga majemuk dengan bentuk tandan.berkisar 2-6 mm. Ketika masih muda buah berwarna hijau. Biji sambiloto berbentuk bulat dengan ukuran kecil.(Nugroho Widi. dan kadang-kadang terdapat yang bergarisgaris.2. Batang tanaman tidak berbulu. batangnya berbentuk segi empat dan berkayu. ketika masih muda biji berwarna putih dan setelah tua menjadi kecokelatan. Tanaman sambiloto biasanya menghasilkan bunga sepanjang tahun. setelah tua berubah menjadi cokelat kehitaman.1 Klasifikasi Tumbuhan Sambiloto Kingdom : Plantae (Tumbuhan) Subkingdom : Tracheobionta Super Divisi : Spermatophyta Divisi : Magnoliophyta Kelas : Magnoliopsida 4 .Tanaman ini mempunyai banyak percabangan. bagian tengah buah memiliki alur. Buah sambiloto berbentuk bulat panjang dengan ujung meruncing.5 cm. Daun sambiloto berbentuk lonjong dengan ujung pangkalnya meruncing. panjang daun berkisar 36 cm dengan lebar 1-3 cm. Tepi daun rata dan pertulangannya menyirip.

5 .Sub Kelas : Asteridae Ordo : Scrophulariales Famili : Acanthaceae Genus : Andrographis Spesies : Andrographis paniculata Nees Nama Binomial : Andrographis Paniculata 2. kencing manis. memperlancar air seni (diuretika). menjaga daya tahan tubuh atau stamina. Tetapi. dan ada juga yang mengatakan daun sambiloto juga bisa untuk penyakit gatal-gatal dan mencegah kanker mencegah malaria. Antara lain untuk mencegah pembentukan radang. dan terkena racun. menurunkan panas badan (antipiretika).2 Manfaat Tumbuhan Sambiloto Tumbuhan mempunyai Sambiloto segudang manfaat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. obat sakit perut. tifus.2.2.3 Bagian Yang Dimanfaatkan Bagian yang bermanfaat pada tumbuhan sambiloto sebetulnya seluruh bagian tanaman sambiloto dapat dimanfaatkan sebagai obat.2009) 2. mengobati penyakit diabetes atau kencing manis.(Wiro.

2012) 2.2. Sedangkan pada bagian akar terdapat kandungan andrographolide yang cukup tinggi.2013).(Fawzi Ary. dan mampu mencegah tifus.2009) 2. penawar bisa ular. Pada bagian daun dan percabangannya terdapat zat laktone. andrografolid (zat pahit).2. mencegah diare. Daun sambiloto sangat pahit karena terdapat zat andrografid yang ditemukan berupa kristal dan merupakan senyawa keton diterpena yang kadar dalam daun berkisar 2.5– 4. mencegah tifus. neo andrographolide. natrium.5 Cara Pemakaian Daun Sambiloto untuk Obat 1.berdasarkan sumber lain. alkane dan aldehyde.(Wiro. dan mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. andrographolide (zat pahit). Zat deoxyandrographolide merupakan senyawa kimia yang dapat member manfaat untuk mencegah malaria.4 Kandungan Kimia Tumbuhan Sambiloto Daun dan percabangannya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid. setelah melalui proses isolasi dari zat laktone dihasilkan deoxyandrographolide. dan asam kersik. mencegah diare atau sakit perut.. menjaga daya tahan tubuh. dan mampu menurunkan demam. kalium. Kencing Manis atau Diabetes Melitus 6 . mencegah hipertensi atau darah tinggi. mencegah malaria.8%. menurunkan demam.(Anonim 3.2009). Zat andrographolide merupakan senyawa kimia yang dapat memberi manfaat untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. kalsium. neoandrografolid. antara bagian batang ke atas dan bagian akarnya mempunyai kandungan kimia yang berlainan. Zat neoandrographolide merupakan senyawa kimia yang dapat memberi manfaat untuk menurunkan demam.(Anonim 8.

Tifus Cara pemakaian daun sambiloto menjadi obat tifus adalah Petik 10-15 lembar daun sambiloto segar.(Anonim 4. Untuk mengatasi rasa daun yang amat pahit. sewaktu meminum dapat dicampur dengan madu.(Anonim 2. lalu diminum sehabis makan 3 kali sehari.7 lembar diseduh dengan 1/2 cangkir air panas.(Zeladmin. (Anonim 5. Malaria 7 . Lakukan sehari 3 kali. Setelah dingin minum sekaligus. Tambahkan air secukupnya dan rebus hingga mendidih. Hipertensi atau darah tinggi Cara pemakaian daun sambiloto menjadi obat hipertensi adalah daun sambiloto segar sebanyak 5 . Setelah dingin disaring.2009) 3. lalu diminum sehabis makan 3 kali sehari. Kanker Cara pemakaian daun sambiloto menjadi obat kanker adalah daun sambiloto segar sebanyak 1/2 genggam dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Tambahkan1/2 cangkir air bersih. b) Daun segar yang digiling halus kemudian daun ditempelkan pada kepala sebagai tapal badan yang panas. Tambahkan madu secukupnya sambil diaduk.2009) 4. Setelah dingin disaring.2009) 2.2012) 6. Demam Cara pemakaian daun sambiloto menjadi obat demam mempunyai dua cara : a) Daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam ditumbuk. saring lalu minum sekaligus.2009) 5.Cara pemakaian daun sambiloto menjadi obat diabetes mellitus adalah Daun sambiloto segar sebanyak 1/2 genggam dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. (Anonim 2.

tambahkan 1/2 cangkir air panas. 2009) BAB III METODE PENELITIAN 3. setelah dingin disaring kemudian tambahkan madu sambil diaduk.(Anonim 2.(Anonim 4.(rokok). kemudian ampas kunyahannya diletakkan pada luka Ialu dibalut.(Anonim 2. berlanjut dan terus 8 .lalu direbus.15 g direbus. upaya yang dilakukan secara berulang.1 Jenis penelitian Kegiatan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif.2009) 8.lalu saring dan diminum sekaligus.. Diare Cara pemakaian daun sambiloto menjadi obat diare adalah daun sambiloto segar sebanyak 5-7 lembar dicuci bersih. minum sekaligus. yaitu analisa dengan suatu ungkapan atau pernyataan berdasarkan hasil temuan selama proses pengumpulan data dilakukan. daun sambiloto segar sebanyak 9 -. b) Herba sambiloto segar secukupnya dikunyah beberapa lama. Penawar bisa ular Cara pemakaian daun sambiloto menjadi obat penawar bisa ular mempunyai dua cara : a) Daun sambiloto segar dicuci lalu digiling halus bersama dengan tembakau.Cara pemakaian daun sambiloto menjadi obat malaria adalah daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam ditumbuk. Untuk minumnya. Deskriptif kualitatif. Turapkan pada luka lalu dibalut. Lakukan 3 kali sehari. Setelah dingin langsung minum dan dilakukan 3 kali sehari.2009) 7.

Alat dan Bahan Fungsi 1. Buku Tulis Sebagai media untuk mencatat informasi mengenai tumbuhan kunyit 3.2 Waktu dan Tempat Penelitian Kegiatan penelitian ini di laksanakan pada tanggal 15 Juni 2013. 3. Bali. 3. Bolpoin Sebagai alat untuk mencatat informasi mengenai tumbuhan kunyit 2.4 Materi Penelitian 9 . Tumbuhan Sambiloto Sebagai bahan untuk penelitian 3. dimana dalam pengambilan data dilakukan dengan cara observasi.menerus. Kamera Digital Untuk mengambil gambar tumbuhan kunyit sebagai bukti penelitian 4. penyajian data dan penarikan kesimpulan. Bali. wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kebun tanaman obat atau Kebun Usada Raya Eka Karya.3 Alat dan Bahan 1) Alat    2) Bahan  Bolpoin Buku tulis Kamera digital Tumbuhan Sambiloto Fungsi Alat dan bahan No. Bertempat di Kebun Raya Eka Karya. Setelah pengumpulan data lalu di lakukan reduksi data.

6 Analisis Data 1. 2. 3.Materi penelitian yang ingin di dapatkan oleh peneliti adalah mengenai kandungan kimia yang ada dalam tumbuhan sambiloto dan cara pengolahannya sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit pada masyarakat. Cara nya dengan melakukan seleksi. 10 .5 Prosedur penelitian 1) Peneliti masuk ke Kebun Raya Eka Karya. Bali. 2) Peneliti terlebih dahulu melihat denah Kebun Raya Eka Karya untuk menemukan lokasi kebun tanaman obat atau Kebun Usada 3) Setelah ke kebun tanaman obat. Bali. Pengumpulan Data Data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan petugas atau pembimbing di Kebun Raya Eka Karya Bali. 4) Penelitian akan dilakukan dengan melakukan wawancara dengan petugas atau pembimbing di Kebun Raya Eka Karya. membuang bagian tidak penting dan mengatur agar dapat menarik kesimpulan. peneliti terlebih dahulu mencari bahan yang akan diteliti yaitu tumbuhan sambiloto. Selain itu data juga di peroleh dari sumber internet berupa-berupa penafsiran dan pendapat dari peneliti yang berbeda. Reduksi Data Reduksi data merupakan proses seleksi dan penyederhanaan. 3.

Penarikan kesimpulan dengan cara melihat dan mempertanyakan kembali sambil melihat catatan lapangan agar memperoleh pemahaman yang lebih tepat. demam. Bagian yang dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian daunnya.2 Pembahasan 11 . tifus.1 Hasil Penelitian Di Kebun Raya Eka Karya Bali tumbuhan ini di budidayakan sebagai tanaman obat. dan bagi masyarakat Bali daun sambiloto ini dapat di manfaatkan sebagai penawar bisa ular. 4. sesuai dengan apa yang diteliti 4. kanker. malaria.3. agar data yang diperoleh dan penafsiran terhadap data sesuai dengan apa yang di teliti sehingga menjadi kesimpulan yang kokoh. Selain itu juga dapat dilakukan dengan mendiskusikan nya.karena pada bagian daunnya terdapat zat pahit yang sangat berguna menyembuhkan berbagai penyakit. Penarikan Kesimpulan Penarikan kesimpulan merupakan usaha untuk mencari atau memahami makna. Penyajian Data Penyajian data merupakan sekumpulan informasi yang tersusun sehingga memberikan kemungkinan penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4. Berbagai penyakit yang dapat disembuhkan dengan daun sambiloto antara lain kencing manis atau diabetes mellitus. Data yang disajikan sesuai dengan apa yang terjadi.

(Anonim 3.menurunkan demam. terkandung zat aktif androgapholid yang sangat bermanfaat untuk pengobatan. tifus. sambiloto sudah di uji klinis dan terbukti berkhasiat sebagai anti hepapatoksik (anti penyakit hati). dengan tanaman herbal ini sangat meminimalkan efek samping yang terjadi pada tubuh . sedang di jajaki kemungkinan untuk memakai sambiloto sebagai obat HIV. dan di Skandinavia. dan bahkan survey membuktikan tanaman herbal ini dapat dikonsumsi setiap hari .2009) Berbagai penelitian yang dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri. .2009) Di Cina. sambiloto di gunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit infeksi. karena khasiat dari tanaman herbal ini di percaya bisa membantu dan membasmi penyakit yang sangat menakutkan di tubuh kita. diantaranya adalah untuk mengobati penyakit diabetes atau kencing manis. Sedangkan untuk diabetes lebih baik daun sambiloto itu dimakan atau dikunyah langsung dalam keadaan masih segar.2012) Banyak sekali manfaat dari daun sambiloto ini.2009) 12 . Selain itu ternyata daun ini juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh atau stamina.(Anonim 3. bahkan sambiloto digunakan untuk memerangi epidemi flu di India pada tahun 1919 dan terbukti efektif sehingga sambiloto mendapat julukan the “Indian Echinacea”.2009) Untuk tifus biasanya daun sambiloto ditambah dengan kunyit dan temulawak kemudian digodok dan air rebususannya diminumkan 3x sehari sampai yang menderita tifus sembuh. Namun yang sudah banyak digunakan dan diakui khasiat dari daun ini adalah untuk mencegah malaria karena itu daun ini disebut juga obat anti malaria. dan mencegah kanker. India juga sudah lama mengenal tanaman obat ini. saat mengkonsumsi dan mengobati .Tanaman Sambiloto sangat membantu sebagai obat herbal utama yang bisa diandalkan untuk membasmi penyakit dalam tubuh kita . menemukan bahwa di balik rasa pahit sambiloto.(Anonim 3. Di Jepang. mungkin karena rasa pahit yang khas dari daun ini.(Anonim 3.(Anonim 7.

2 Saran 13 .Bagi masyarakat Bali sendiri daun pada tumbuhan ini dapat di gunakan sebagai penawar bisa ular. malaria. penulis dapat mengambil simpulan bahwa daun sambiloto(Andrographis Paniculata) di Kebun Raya Eka Karya Bali sangat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 5. Karena adanya zat pahit yang ada dalam daun tersebut sehingga daun sambiloto mampu di gunakan sebagai penawar bisa ular.(Anonim 4. kanker.1 Simpulan Setelah mengkaji lebih dalam mengenai tumbuhan sambiloto. tifus. Daun sambiloto dapat diolah menjadi obat berbagai penyakit seperti diabetes melitus.2009) BAB V PENUTUP 5. demam. dan khususnya bagi masyarakat Bali dapat digunakan sebagai penawar bisa ular.

php?catID=14 (Diakses tanggal 20 Oktober 2009). maka disarankan agar dilakukan konservasi baik Insitu maupun Exsitu agar tumbuhan ini dapat terus lestari dimasa depan.Penyusun mengharapkan kepada masyarakat jika mengalami atau melihat seseorang terkena penyakit yang telah disebutkan untuk memanfaatkan tumbuhan sambiloto sebagai alternatif untuk menyembuhkannya. Informasi Spesies dan Khasiat Tumbuhan Sambiloto. DAFTAR PUSTAKA Anonim 1. 14 .com/index. 2009. Mengingat tumbuhan sambiloto ini memiliki potensi yang baik dalam segi kesehatan. http://www. Dengan begitu tumbuhan sambiloto ini akan terus berguna dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.plantamor. Kebun Raya Eka Karya Bali harus terus menjaga kelestarian tumbuhan sambiloto karena seperti yang kita ketahui bahwa tumbuhan ini sudah jarang ditemukan.

2009. 2009. Berbagai Manfaat Sambiloto.finroll. http://www. Jelajah. 15 . http://newherbalsehatdanhalal.com/category/kesehatan/ (Diakses tanggal 20 Oktober 2009). 2009. Obat Bahan Alam Natural Medicine. Anonim 6.com/2009/12/tanaman-obat-anti-kankeranti-virus-hiv.html (Diakses 7 Juli 2012) Anonim 8.com/2012/08/manfaat-tanaman-daunsambiloto. http://obatbahanalam.com/kesehatan/25-healthy/107-sambiloto-danmanfaatnya (Diakses tanggal 20 Oktober 2009).html ( Diakses 2 Januari 2013) Fawzi.com/p/khasiat-orginseginjal. http://ary-fawzi. Inovasi Quantum 2012) Pradhipta. Berbagai Manfaat Tumbuhan Sambiloto Untuk Pengobatan.com/tag/hasil-penelitian/ (Diakses tanggal 20 Oktober 2009).smallcrab. Anonim 4. 2013. 2012. 2011. Manfaat Daun Sambiloto Si Pahit.blogspot.com/ (Diakses tanggal 20 Oktober 2009).html ( Diakses 5 Januari 2009) Anonim 7.klipingku. Khasiat Orginse. Daffa.com/2013/01/manfaat-daunsambiloto-si-pahit-yang.com/baca/2358/Nikmati-Kebun-Raya-Eka-Karya-Bali/ (Diakses 28 Mei 2012) Wiro.com/2012/07/kandungan-kimia-dalamtumbuhan-sambiloto. http://ihone-herbal. Widi. Manfaat Sambiloto Dalam Dunia Kefarmasian.blogspot. Manfaat Sambiloto Untuk Pengobatan dan Kesehatan. 2012.html (Diakses tanggal 7 Agustus 2012) Nugroho. Kandungan Kimia Dalam Tumbuhan Sambiloto. http://widinugrohoinovasiquantum. 2009. Multikhasiat Dibalik Pahitnya Daun Tumbuhan Sambiloto. http://www.html (@copyright PT. 2009. 2012. http://www. Ary.wordpress. Anonim 5. 2009.blogspot. http://id.blogspot. Manfaat Tanaman Daun Sambiloto. Anonim 3.blogspot.blogspot. http://ankspentenbezeem.Anonim 2. Nikmati Keindahan Kebun Raya Eka Karya Bali.

zelenaplus. http://www. Dimanfaatkan untuk apa saja tumbuhan sambiloto? 16 . Khasiat Tanaman Obat Sambiloto untuk Berbagai Jenis Penyakit.com/khasiat-tanaman-obat-sambiloto-untukberbagai-jenis-penyakit (Diakses 8 Desember 2012) LAMPIRAN I DAFTAR WAWANCARA SAAT PENELITIAN 1.com/2009/10/kuliah-manfaat-sambilotodalam-dunia.http://wiro-pharmacy.blogspot. 2012.html (Diakses tanggal 31 Oktober 2009) Zeladmin.

Mengapa pada bagian daun yang paling sering di gunakan? kandungan kimia apa yang terdapat pada daun tersebut? Jawab : Karena dalam daun sambiloto terdapat zat pahit yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan.Jawab : tumbuhan sambiloto digunakan sebagai obat berbagai penyakit seperti kencing manis. masyarakat Bali menggunakannya untuk penawar bisa ular. kemudian ampas kunyahannya diletakkan pada luka Ialu dibalut. penurun demam. Tifus. Bagian mana saja yang dapat di manfaatkan untuk obat? Jawab : sebenarnya semua bagian dapat di manfaatkan tetapi yang paling sering di gunakan itu pada bagian daunnya 3. 4.Biasanya. Bagaimana proses pengolahan tumbuhan sambiloto sebagai penawar bisa ular bagi masyarakat Bali? Jawab : Daun sambiloto segar secukupnya dikunyah beberapa lama. Kanker. 2. Bapak I Wayan Madursa Sebagai Narasumber 17 .