LAPORAN PENELITIAN

Pengamatan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan Air Hydrilla
(Hydrilla verticillata)
(Mata Pelajaran Biologi)

DISUSUN OLEH :
1. CAMELIA ANNISA
2. NURUL ISLAH AZIZAH
3. IMAN FIRMANSYAH
4. SATRIA TAREZZA PAHLAWAN
5. MEYLISSA LESTARI
6. M. AKMAL FALAH
KELAS : XII MIA 7

SMA NEGERI 2 PURWAKARTA
Tahun ajaran 2016/2017

kami menyadari pengetahuan dan pengalaman kami yang masih sangat terbatas. Oleh karena itu. 04 September 2016 Penyusun . Dalam penyusunan laporan praktikum ini.KATA PENGANTAR Syukur Alhamdulillah. kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya. Purwakarta. sehingga dapat menyelesaikan laporan praktikum yang disusun guna memenuhi tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran Biologi. kritik dan saran untuk penyempurnaan laporan praktikum ini sangat kami harapkan.

Peristiwa ini tentunya membutuhkan cukup cahaya oleh karena itu proses asimilasi karbon itu disebut juga fotosintesis. serta ketersediaan unsur. temperatur. diantaranya adalah ketersediaan air.BAB 1 PENDAHULUAN A. konsentrasi CO2. B.Mengetahui pengaruh intensitas cahaya matahari terhadap proses fotosintesis tumbuhan air Hydrilla (Hydrilla verticillata). konsentrasi CO2. Jadi fotosintesis adalah suatu proses dimana zatzat anorganik H20 dan C02 oleh klorofil diubah menjadi zat organik karbohidrat dengan pertolongan sinar.Mengetahui pengaruh temperatur terhadap proses fotosintesis tumbuhan air Hydrilla (Hydrilla verticillata).Mengetahui pengaruh pemberian NaHCO3 terhadap proses fotosintesis tumbuhan air Hydrilla (Hydrilla verticillata). dan melalui perantara pigmen hijau daun (klorofil) yang terletak dalam organel kloroplas pada sitoplasma. Latar Belakang Suatu sifat fisiologi yang hanya dimiliki oleh tumbuhan adalah caranya memanfaatkan zat karbon yang ada di udara untuk diubah menjadi bahan organic serta diasimilasikan dalam tubuh tanaman. . Tujuan Praktikum . . Proses fotosintesis itu sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. . serta temperatur terhadap proses fotosintesis tumbuhan air Hydrilla (Hydrilla verticillata). Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi CO2 pada penelitian ini digunakan NaHCO3 yang diketahui bahwa NaHCO3 berfungsi sebagai katalis dalam reaksi fotosintesis. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui pengaruh intensitas cahaya.Mengetahui persamaan reaksi kimia pada proses fotosintesis. . intensitas cahaya.

.

Klorofil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis. Energi untuk menjalankan proses ini berasal dari fotosintesis. namun sebagian besar energi dihasilkan di daun. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa berikut ini : 6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2 Glukosa dapat digunakan untuk membentuk senyawa organik lain seperti selulosa dan dapat pula digunakan sebagai bahan bakar. Proses ini berlangsung melalui respirasi seluler yang terjadi baik pada hewan maupun tumbuhan.BAB II LANDASAN TEORI Fotosintesis pada Tumbuhan Tumbuhan bersifat autotrof. Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplas. Tumbuhan menangkap cahaya menggunakan pigmen yang disebut klorofil. Autotrof artinya dapat mensintesis makanan langsung dari senyawa anorganik. Meskipun seluruh bagian tubuh tumbuhan yang berwarna hijau mengandung kloroplas. Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. dan energi kimia. menuju mesofil. BAB III Langkah Kerja . Tumbuhan menggunakan karbon dioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan. Di dalam daun terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah juta kloroplas setiap milimeter perseginya. Pada respirasi. Secara umum reaksi yang terjadi pada respirasi seluler berkebalikan dengan persamaan di atas. gula (glukosa) dan senyawa lain akan bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan karbon dioksida. air. Permukaan daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang bersifat anti air untuk mencegah terjadinya penyerapan sinar matahari ataupun penguapan air yang berlebihan.

2.•Hydrilla + cahaya matahari + NaHCO3 1. dan tabung reaksi juga terisi. 5. 8. 5.Memasukan Hydrilla ke dalam corong.Memasukan NaHCO3 secukupnya ke dalam gelas kimia.Menyusun (mengeset) peralatan yang akan digunakan.Menghitung banyaknya gelembung yang dihasilkan selama 5 menit dan hitung tiap 1 menitnya 9. 4.Mengisi gelas kimia hingga penuh.Memasukan NaOH secukupnya ke dalam gelas kimia.Memasukan Hydrilla ke dalam corong. •Hydrilla + cahaya matahari + NaOH 1. 6.Menghitung banyaknya gelembung yang dihasilkan selama 5 menit dan hitung tiap 1 menitnya 9.Memotong Hydrilla dengan panjang ± 5 cm. 7. 7.Menyiapkan alat dan bahan. BAB IV Hasil dan Pengamatan . 3.Menyiapkan alat dan bahan.Menyusun (mengeset) peralatan yang akan digunakan. 4. dan tabung reaksi juga terisi. 6. 8.Mencatat hasil pada tabel pengamatan.Meletakkan rangkaian penelitian tersebut di bawah cahaya matahari.Meletakkan rangkaian penelitian tersebut di bawah cahaya matahari. 2.Mencatat hasil pada tabel pengamatan. 3.Memotong Hydrilla dengan panjang ± 5 cm.Mengisi gelas kimia hingga penuh.

Kesimpulan .Hydrilla + Hydrilla + cahaya Hydrilla + cahaya cahaya matahari matahari matahari + NaOH + NaHCO3 + Banyak Gelembung ++ +++ Keterangan: +++ (banyak sekali gelembung) ++ (banyak gelembung) + (sedikit gelembung) -(sedikit gelembung) BAB V PENUTUP A.

. . .Memerlukan ketelitian dalam melakukan penelitian tersebut. .Konsentrasi CO2 yang tinggi akan meningkatkan laju fotosintesis. sehingga akan mempercepat fotosintesis.Memerlukan pemahaman terhadap materi yang berkaitan dengan penelitian sebelum memulai melakukan penelitian.. Semakin tinggi intensitas cahaya semakin banyak ATP yang terbentuk. khususnya dalam mengamati banyaknya gelembung yang dihasilkan. Sedangkan intensitas cahaya yang terlalu rendah akan memperlambat laju fotosintesis.C6H12O6 + 6O2 B.Persamaan reaksi kimia fotosintesis : 6CO2 + 6H2O + energi cahaya . karena jika tidak terdapat cahaya maka proses tersebut akan terhambat. .Temperatur yang terlalu tinggi dapat merusak enzim yang berperan dalam fotosintesis.Proses fotosintesis membutuhkan cahaya.Saran .