Jenis-Jenis, Contoh dan Cara Menghitung

Elastisitas Penawaran Beserta Rumusnya
Setelah kamu mempelajari pengertian penawaran dan elastisitas penawaran maka pembahasan
kali ini akan membahas tentang macam-macam elastisitas penawaran, Pengertian penawaran
elastis,penawaran unitary, penawaran inelastis, Penawaran Inelastis Sempurna, Penawaran
Elastis Sempurna, cara menghitung elastisitas penawaran dan rumus elastisitas penawaran.

Macam-Macam Elastisitas Penawaran dan Cara
Menghitungnya
a. Penawaran Inelastis
Penawaran inelastis terjadi apabila persentase perubahan penawaran lebih kecil dari persentase
perubahan harga.
Rumus Elastisitas

Dengan kata lain, harga yang berubah sebesar X% ternyata diikuti perubahan penawaran kurang
dari X%. Penawaran inelastis ditunjukkan dengan koefisien yang besarnya kurang dari 1 (Ed <
1).
Barang-barang hasil pertanian memiliki sifat penawaran inelastis karena produk pertanian
dibatasi oleh masa panen dan musim.
Contoh Soal
Saat harga rambutan Rp2.000,-/kg jumlah yang ditawarkan 50 kuintal. Ketika harga naik menjadi
Rp4.000,-/kg jumlah yang bisa ditawarkan hanya 60 kuintal.
Pertanyaan:
1. Buatlah tabel penawaran rambutan beserta kurvanya.
2. Hitunglah koefisien elastisitas penawarannya.
Jawab
1. Tabel penawaran rambutan

Tabel penawaran tas kulit .per buah jumlah yang ditawarkan 160 kodi. Ketika harga turun menjadi Rp8. Jawab: 1. Penawaran Unitary Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sama dengan persentase perubahan harga. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefesien (Es) yang besarnya sama dengan 1 (Es = 1). Hitunglah berapa koefisien elastisitas penawaran tas kulit.per buah jumlah yang ditawarkan 200 kodi. Kurva penawaran rambutan 3. Buatlah tabel penawaran tas kulit beserta kurvanya. Contoh Soal Saat harga tas kulit Rp10. Pertanyaan: 1. Dengan kata lain.000.2. Penawaran ini bisa terjadi pada berbagai macam barang yang terjadi pada saat tertentu saja (secara kebetulan).. 2. Koefisien elastisitas penawaran rambutan. = (termasuk Penawwan inelastis) b.000. perubahan harga yang sebesar X% diikuti perubahan penawaran sebesar X% pula..

Penawaran Inelastis Sempurna Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sebesar 0%. Dengan kata lain. Barang yang sifat penawarannya in elastis sempurna adalah barang yang jumlahnya tidak bisa ditambah walau harga mengalami kenaikan. walaupun harga berubah sebesar X%. Koefisien elastisitas penawaran tas kulit c. Penawaran Elastis Sempurna Penawaran ini terjadi bila persentase perubahan penawaran sebesar X%. e. Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien (Es) yang besarnya melebihi angka 1 (Es > 1). Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien (Es) sebesar 0 (Es = 0). harga yang berubah sebesar X% diikuti perubahan penawaran lebih besar dari X%. . Ini terjadi pada barang yang kapasitas produksinya sudah optimum. sedangkan persentase perubahan harga sebesar 0%. Kurva penawaran tas kulit 3. sedangkan persentase perubahan harga sebesar X%. contohnya tanah. d.2. Dengan kata lain. penawaran tetap tidak berubah (0%). Penawaran Elastis Penawaran elastis terjadi bila persentase perubahan penawaran lebih besar dari persentase perubahan harga.

penawaran mengalami perubahan sebesar X%. buku gambar. dan lain-lain . Penawaran ini ditunjukkan dengan koefisien (Es) yang besarnya ~ (Es = ~). penggunaan mesin-mesin modern dan lain-lain contohnya: VCD. Ini terjadi karena pertambahan jumlah produsen.Dengan kata lain. walaupun harga tidak mengalami perubahan. Barang yang bersifat elastis sempurna adalah barang yang pada harga tertentu penawarannya terus mengalami perubahan.

sebagai berikut: Qdx = 35 -2Px + Py1 -3Py2 + 0.SILANG. jelaskan nilai koefisien elastisitas silang tersebut. Berikan alasan jawaban saudara. Apa hubungan antara barang X terhadap barang Y 1. Open Up Your Mind to Not Difficult Friday.2I. jelaskan nilai koefisien elastisitas pendapatan tersebut. May 1. apa jenis barang X ini.. Py1 = 2 . I = 100. Perusahaan ingin meningkatkan penerimaan total (TR) melalui kebijakan harga. . Apa hubungan antara barang X dan barang Y 2. 2015 CONTOH SOAL ELASTISITAS HARGA. Diketahui nilai variabel.. Suatu riset pasar yang dilakukan perusahaan menunjukkan bahwa barang X dirumuskan dalam suatu model permintaan barang X.. Jawab : Menentukan besarnya elastisitas harga permintaan barang X adalah.Welcome. Tentukan sifat permintaan barang X dan jelaskan alasan saudara. Pertanyaan : Tentukan besarnya elastisitas harga permintaan barang X dan jelaskan nilai koefisien yang diperoleh.. Py2 = 3 . jelaskan nilai koefisien elastisitas silang tersebut. Tentukan elastisitas silang antara barang X dan barang Y2. Apa yang harus dilakukan perusahaan tersebut? Bagaimana kebijakan harga yang seharusnya dilakukan perusahaan? Tentukan elastisitas silang antara barang X dan Y 1. Berdasarkan besarnya elastisitas penghasilan.PENDAPATAN SOAL ELASTISITAS 1. Px = 4 . Tentukan elastisitas pendapatan terhadap permintaan barang X.

yakni dengan cara perusahaan tersebut harus menaikkan harga. jika perusahaan ingin meningkatkan penerimaan total (TR) melalui kebijakan harga. Elastisitas silang antara barang X terhadap barang Y 2 adalah.225 menunjukan setiap perubahan harga barang X sebesar 1% akan mengubah jumlah barang X yang diminta sebesar 0.225%. Akibatnya penerimaan perusahaan dapat meningkat. Sifat permintaan barang X adalah inelastic. Elastisitas silang antara barang X dan barang Y 1 adalah. persentase penurunan jumlah barang yang diminta lebih rendah daripada kenaikan harga. . ceteris paribus.05 menunjukkan bilamana harga barang Y1 naik 1% maka jumlah barang X yang diminta akan naik sebesar 0.05%. Jika harga barang X naik 1% maka jumlah barang X yang diminta turun 0. Nilai koefisien bernilai positif artinya barang X bersubstitusi terhadap barang Y1. ditunjukkan dengan nilai koefisien lebih kecil dari 1. Karena jika permintaan suatu barang inelastic. Nilai koefisien elastisitas silang antara barang X dan barang Y 1 adalah 0.Nilai koefisien 0.225% dengan arah negative (elastisitas permintaan).

225 menunjukkan bilamana harga barang Y 2 naik 1% maka jummlah barang X yang diminta akan turun sebesar 0.Nilai koefisien elastisitas silang barang X terhadap barang Y 2 adalah -0. .5 menunjukkan bilamana pendapatan naik 1% maka jumlah barang X yang diminta akan naik sebesar 0.5%. Koefisien elastisitas pendapatan terhadap permintaan barang X lebih kecil dari 1 dan positif artinya barang X adalah barang normal dan termasuk dalam kategori barang kebutuhan pokok. Elastisitas pendapatan terhadap permintaan barang X adalah Nilai koefisien pendapatan terhadap permintaan barang X adalah 0. Nilai koefisien bernilai negative artinya barang X berkomplemen terhadap barang Y2.225%.

77 artinya jika terjadi kenaikan harga barang X 1% menyebabkan perusahaan tersebut menaikkan jumlah barang yang ditawarkan sebanyak 0. Py harga Input. dan N = 3.77 menunjukkan bilamana penawaran barang X adalah inelastic. Py = 2 . Nilai koefisien 0. Pertanyaan : Tentukan besarnya koefisien elastisitas harga penawaran barang X pada tingkat Px = 4 . sebagai berikut: Qsx = 40 + 5Px – 2Py – 10N. Jawab : Koefisien elastisitas harga penawaran menggunakan formulasi sebagai berikut: barang X dapat diperoleh dengan Nilai koefisien harga penawaran barang X adalah 0. ditunjukkan dengan nilai koefisien harga penawaran barang X lebih kecil dari 1. . Qsx adalah jumlah barang yang ditawarka.2.77%. berikan penjelasan dari setiap nilai koefisien elastisitas tersebut. Hasil suatu penelitian terhadap perilaku perusahaan dalam menawarkan barang X yang diproduksi dirumuskan dalam suatu persamaan penawaran. dan N adalah banyaknya macam barang pesaing. Px adalah harga barang X.

PENDAPATAN .000 (naik 200%) maka permintaan gula menjadi 90.ly/KNICZ Masyarakat Jakarta meminta gula pasir 1000 ton/th pada saat harga kopi Rp 100.ly/KNICZ CONTOH SOAL ELASTISITAS HARGA. Jika harga kopi berubah menjadi Rp 120.Referensi : Kasus-kasus Teori Ekonomi Mikro Bab II Elastisitas By : Bagus Nurcahyo Masyarakat Jakarta meminta gula pasir 1000 ton/th pada saat harga kopi Rp 100.000 per kg.000 ton (turun 100%) Jawabannya : Exy = -100%/200% = -10/20 = -1/2 Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ Copy and WIN : http://ow. Jika harga kopi berubah menjadi Rp 120.000 per kg.000 ton (turun 100%) Jawabannya : Exy = -100%/200% = -10/20 = -1/2 Copy and WIN : http://ow.000 (naik 200%) maka permintaan gula menjadi 90.SILANG.

. .. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha.. Suatu riset pasar yang dilakukan perusahaan menunjukkan bahwa barang X dirumuskan dalam suatu model permintaan.. tak terke.  TRANSAKTOR PASAR TRANSAKTOR PASAR Banyak diantara kita tentu sudah tau apitu pasar.ya pasar merupakan tempat dimana segala kebutuhan manudia a.  Tugas Pemasaran Global Pemasaran Global Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas dunia.SOAL ELASTISITAS 1...