BAB I

PENDAHULUAN

A.

Latar Belakang
Dengan adanya kemajuan teknologi di masa yang sekarang ini,

pengetahuan di bidang teknologi pun semakin bertambah khususnya teknologi
berbasis komputer. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi tersebut banyak
bidang usaha yang ikut juga memajukan usahanya ke dalam teknologi komputer.
Dengan adanya penggunaan komputer dalam bidang usaha diharapkan dapat
membantu para pengusaha untuk memprediksi keadaan atau kebutuhan masa
depan sehingga para pengusaha dapat memajukan usahanya. Dengan adanya
kepentingan tersebut maka diperlukan informasi yang berkualitas dan tepat waktu.
Apotek sebagai salah satu bentuk usaha yang memiliki kompleksitas yang
tinggi merupakan salah satu contoh yang memerlukan konsiderasi tersebut.
Penanganan secara manual yang masih umum dilakukan terhadap sistem-sistem
yang ada dalam suatu apotek tidak sebanding dengan frekuensi jual beli, yang
menjadi indikasi besarnya tuntutan masyarakat akan kebutuhan obat. Untuk itu
dibutuhkan penangan yang lebih baik terhadap sistem-sistem yang ada pada suatu
apotek, termasuk sistem pengolahan data penjualan dan pembelian obat-obatan
yang merupakan sistem yang sangat vital dalam suatu apotek.
Apotek Rs.Tk IV Cijantung mulai berdiri sejak tahun 2002, pada sistem
yang sedang berjalan pada Apotek Rs.Tk IV Cijantung ini, transaksi penjualan
obat kepada Konsumen dicatat kedalam nota akan tetapi tidak semua obat yang

1

Hal ini menyebabkan data transaksi penjualan menjadi tidak efektif karena nota tersebut akan dicatat kedalam buku pencatatan penjualan (pembukuan sederhana) . Dengan adanya pencatatan nota yang tidak lengkap didalam buku pencatatan penjualan maka menyebabkan terjadinya pembuatan laporan data transaksi penjualan yang tidak sesuai dengan data obat yang keluar. sehingga pada saat melakukan rekapitulasi data pembelian obat ke supplier akan menimbulkan ketidakpraktisan dan kelambanan dalam penangganan administrasi penjualan dan pembelian.2 terjual tercatat kedalam nota. serta mampu memberikan kemudahan pelayanan bagi pengguna.TK) IV Cijangtung Dengan Menggunakan Borland Delphi 7.0”. Dari sistem yang berjalan di Apotek Proses pembuatan laporan menjadi tidak tepat waktu. Penyimpanan nota tersebut tidak di arsipkan secara teratur.Tk IV Cijantung harus mengumpulkan data penjualan dalam buku pencatatan penjualan terlebih dahulu baru kemudian diberikan kepada pimpinan perusahaan. serta tidak di arsipkan secara teratur. begitu pula transaksi pembelian obat pada supplier masih berupa pencatatan pada buku pembelian. Hal demikian akan menjadi tidak efektif bila ditambah ketika akan melakukan rekapitulasi data penjualan obat pada bulan tertentu. yang diharapkan dapat memudahkan dalam mengolah data penjualan . dengan cara manual Apotek Rs. Berdasarkan kebutuhan di atas maka dari pihak Apotek menginginkan untuk membuat suatu fasilitas perangkat lunak dalam bidang komputer yang nantinya dapat meningkatkan kinerja dan memudahkan karyawan dalam bekerja. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka dalam penulisan Skripsi ini mengambil judul “Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Obat Pada Apotek Rumah Sakit Tingkat (RS.

Batasan Masalah Berdasarkan rumusan masalah. Bagaimana membangun sebuah sistem informasi penjualan dan pembelian obat pada Apotek Rs. maka penulis merumuskan pokok permalahan yang akan dikaji lebih lanjut sebagai berikut : 1. sehingga dapat berguna untuk kelancaran pada proses penjualan.Tk IV Cijantung yang dapat membantu dalam pengolahan data.Tk IV Cijantung? 2. sedangkan pada proses pembelian disini. data yang diolah hanya : data konsumen. pada proses transaksi penjualan. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan diatas. yang bertujuan untuk memudahkan dalam pencatatan pengolahan datanya. dan data obat.3 maupun pembelian serta dapat membantu kelancaran dan mampu mengatasi permasalahan yang muncul di Apotek tersebut. Bagaimana sistem yang sedang berjalan mengenai pengolahan data penjualan dan pembelian obat pada Apotek Rs.Tk IV Cijantung? D. B. Dengan dibangunnya sebuah sistem yang terkomputerisasi maka proses pengolahan datanya pun dapat terorganisir dengan baik. hanya sedikit membahas tentang bagaimana pemesanan dan pembelian obat ke supplier. penginputan data serta pembuatan laporan penjualan dan pembelian obat pada Apotek Rs. maka Peneliti hanya membatasi. proses pencatatan pembelian obat dari supplier dan pembuatan laporan .

dapat mempermudah pihak apotek dalam pengelolaan data. proses transaksi. Dengan adanya pembangunan dan pengembangan sistem tersebut. . Maksud dan Tujuan Maksud dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah sistem informasi Penjualan dan Pembelian Obat pada Apotek Rs. adalah : memberikan solusi permasalahan yang timbul dari hasil penelitian. 2.Tk IV Cijantung. dalam pengelolaan data pembelian dan penjualan obat. Adapun tujuan dari penelitian ini.Tk IV Cijantung yang terkomputerisasi. serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi. serta dalam proses pembuatan laporan.Tk IV Cijantung dimana apabila telah diterapkan oleh pihak apotek. yaitu : 1. data serta laporan yang dibutuhkan. Untuk membangun sebuah Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Obat pada Apotek Rs. Untuk mengetahui sistem berjalan tentang bagaimana sistem informasi penjualan dan pembelian obat yang masih berjalan pada Apotek Rs. sehingga pengolahan datanyapun dapat dilakukan secara otomatis dan terprogram dengan baik.Tk IV Cijantung.4 serta untuk memberikan layanan informasi yang diperlukan pada Apotek Rs. Sistem Informasi ini dapat memberikan kemudahan khususnya bagi pihak apotek. E.

mengurangi resiko kehilangan atau kerusakan pada data. sehingga dengan adanya sistem tersebut pengolahan data obat menjadi lebih baik. Membangun sebuah sistem yang sudah terkomputerisasi sehingga dapat meminimalkan kemungkinan masalah – masalah yang muncul akibat pemakaian sistem yang masih manual.Tk IV Cijantung. hal ini dapat mempermudah khususnya bagi pihak Apotek itu sendiri dan mempercepat pengolahan data pada Apotek Rs. dapat membangun serta mengembangkan Sistem Informasi Penjualan dan Pembelian Obat. seperti : tidak tercatatnya data. F. b. Untuk Apotek Rs. sehingga manajemen datanya pun akan lebih baik. sehingga berdampak pada peningkatan kinerja organisasi. membantu pembuatan laporan. Kegunaan Praktis a.5 Dengan adanya sistem yang sudah terkomputerisasi. adanya data yang duplikasi serta penyimpanan arsip yang tidak teratur. . Kegunaan Penelitian Berisi tentang manfaat-manfaat yang di dapat dari laporan skripsi ini bagi orang lain maupun penulis.Tk IV Cijantung. Kegunaan penelitian dapat di kelompokan menjadi 2 yang meliputi : 1.

b. Kegunaan Akademis a. .6 2. Bagi Peneliti Lain Diharapkan dari penelitian ini dapat memberikan sumbangan ilmu dan pemikiran kepada peneliti lain atau para akademis yang akan mengambil skripsi atau tugas akhir dengan kajian yang baik sekaligus sebagai referensi di dalam penulisan.Tk IV Cijantung. Bagi Penulis Diharapkan dari penelitian ini dapat berguna dalam menambah atau memperkaya ilmu dan wawasan pengetahuan baik teori maupun belajar menganalisa dan melatih daya fikir dalam mengambil kesimpulan dari permasalahan yang ada. khususnya yang berhubungan dengan sistem informasi Penjualan dan Pembelian Obat pada Apotek Rs.

maksud dan tujuan penelitian. Sistematika Penulisan Sistematika penulisan tugas akhir ini disusun untuk memberikan gambaran umum tentang penelitian yang dijalankan.7 G. BAB II LANDASAN TEORI Dalam bab ini berisi tentang definisi dan komponen pengembangan yang mengemukakan dan menjabarkan konsep dasar sistem menurut beberapa ahli. . pengertian konsep dasar sistem informasi. dll. metode pengembangan sistem. basis data. batasan masalah. analisis sistem berjalan dan analisis sistem yang diusulkan. tinjauan umum apotek. pengertian obat. rumusan masalah. sistem penjualan dan pembelian. identifikasi masalah. BAB III METODELOGI PENELITIAN Dalam bab ini berisi tentang kerangka pikir dan uraian mengenai metode yang digunakan peneliti yaitu berupa metode pengumpulan data dan metode pengembangan Sistem. Sistematika penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Dalam bab ini berisi pendahuluan yang terdiri dari latar belakang masalah. dan sistematika penulisan. BAB IV ANALISIS DAN PERANCANGAN Dalam bab ini membahas proses perencanaan pengembangan sistem. kegunaan penelitian.

. ERD (Entity Relational Diagram). Konfigurasi sistem komputer dan pengamatan aplikasi serta implementasi sistem. Analisis. BAB VI PENUTUP Pada bab ini berisi kesimpulan dari hasil penelitian studi kasus yang dilaksanakan serta saran-saran. Penyelesaian Masalah. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN Dalam bab ini membahas tentang tujuan dan sasaran dari sistem yang diusulkan. Hardware dan Software.8 perancangan DFD (Data Flow Diagram).