You are on page 1of 17

CRANE

Metode Pelaksanaan, Operasi dan
Pemeliharaan

TEKNIK SIPIL
UNIVERSITAS UDAYANA

MACAM & JENIS CRANE     Tower Crane Crane Crawler Truck Crane / Mobile Crane Hoist Crane .

CRANES MANUFACTURE .

TOWER CRANE Pengertian : Merupakan suatu equipment yang biasa digunakan dalam suatu proyek kontruksi. Fungsi :  Mengangkat material/benda secara vertikal/horizontal ke tempat tinggi dengan ruang gerak terbatas . lebih sering digunakan pada pembangunan high rises building.

TOWER CRANE Jenis Tower Crane Free Standing Crane /Overhead Crane Rail Mounted Crane Tied In Tower Crane Climbing Crane .

CRAWLER CRANE .

CRAWLER CRANE Pengertian : Secara umum sering disebut dengan rantai sebagai roda. Crane ini sama seperti umumnya yaitu equipment yang digunakan untuk membantu proses pengangkatan material berat. Fungsi :  Mengangkat material/benda secara vertikal/horizontal ke tempat tinggi dengan ruang gerak terbatas .

Crane Parts .

Working & Lifting Range KATO SR-250R .

Maka tidak mungkin TM sama jika jarak berbeda. maka semakin kecil TM. Semakin panjang extention lengan crane. agar tidak digunakan bekerja  Crane Weight Berat crane sebelum tangki diisi oli hidrolik  Crane Dimension Ukuran panjang.  Oil Flow (liter / minute) Kecepatan aliran oli hidrolik  Slewing momen Derajat putar crane.Working & Lifting Range Membaca Spesifikasi Crane (Sampel : Spesifikasi tertulis) Lifting Moment (TM) Hal terpenting dan wajib pertama kali dilihat saat pemilihan crane adalah lifting moment (tonase x jarak x koefisien). dan lebar crane  . tinggi. Yang perlu diperhatikan di sini adalah penempatan dead point crane yang seharusnya di atas kabin truck.

Working & Lifting Range Membaca Spesifikasi Crane (Sampel : Spesifikasi tertulis) Dari gambar di atas dibagi menjadi dua bagian yaitu warna hitam adalah bagian utama crane dan yang warna merah adalah manual extention yang optional. Pada gambar tersebut sudah sangat jelas tertulis kapasitas beban yang bisa diangkat pada jarak masing-masing.25 m bukan yang 21000 kg. Namun ingat hal terpenting posisi hook adalah di ujung boom yang paling luar. Sehingga pada gambar tersebut kapasitas maksimal yang aktual adalah 10230 kg pada jarak 4. Dan jika boom dimasukkan penuh maka hanya tersisa bagian yang articulated. Karena hook tidak berada pada posisi itu. Maka akan benar-benar salah informasi jika itu disebut crane 21 ton .

Working & Lifting Range Membaca Spesifikasi Crane Hal yang juga tidak kalah penting adalah working diagram. Ada tidaknya linkage juga mempengaruhi bentuk kurva kerja. Dengan adanya linkage membantu meningkatkan performa di area kerja yang tinggi. (Sampel : Spesifikasi tertulis) . Garis hitam adalah kapasitas angkat dibandingkan jarak dan ketinggian. sedangkan yang kuning jika menggunakan fix hook yaitu 10700 kg. Kita harus tahu radius dan ketinggian area kerja yang digunakan.

09 MEN VII 2010 Operator dan Petugas Pesawat Angkat dan Angkut .Licensing Lisensi Keselamatan dan Kesehatan Kerja disingkat Lisensi K3 adalah kartu tanda kewenangan seorang operator untuk mengoperasikan pesawat angkat dan angkut sesuai dengan jenis dan kualifikasinya atau petugas untuk penanganan pesawat angkat dan angkut Berdasarkan :    PerMen 05-1985 Tentang Pesawat Angkat dan Angkut Permenaker-05-tahun-1996 PER.

Licensing SIO (Surat Ijin Operator) .

Licensing SIA (Surat Ijin Alat Berat) .

Licensing Site Safety Check .