You are on page 1of 9

Ikjhl.

ouy

lih

Kerajaan hindu Budha di Indonesia sangatlah banyak.Namun yang bisa di identifikasi dan di
buktikan keberadaannya melalui peninggalan kerajaan hindu budha di indonesia yang berupa
prasasti,Candi,bangunan bersejarah,berita cina maupun kitab kitab kuno hanya berjumlah 14
kerajaan besar.
Sedangkan kerajaan kerajaan kecil yang tersebar di seluruh kepulauan nusantara tidak bisa di
teliti atau belum di temukan bukti bukti peninggalan yang membuktikan keberadaan kerajaan
hindu budha tersebut di kepulauan nusantara.
Dengan berjalannya waktu dan kecanggihan tehnologi bukan tidak mungkin di masa mendatang
akan di temukan kerajaan besar di nusantara pada masa lampau yang menyaingi Sriwijaya dan
majapahit.
Berikut adalah daftar kerajaan hindu budha di Indonesia berdasarkan bukti bukti sejarah serta
peninggalannya :

1.Atau dia punya foto prasasti yupa tersebut. Kerajaan Tarumanegara berdiri di Jawa Barat pada akhir abad ke-5. Huruf yang dipahatkan pada yupa berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta. Ketujuh yupa inilah yang menjadi sumber sejarah kerajaan Kutai. Prasasti tersebut di buat oleh penguasa kerajaan Kutai bernama raja Mulawarman. Wujud prasastinya berupa tujuh buah tugu batu besar yang disebut yupa. Wilayah Tarumanegara meliputi hampir seluruh Jawa Barat. . Mulawarman adalah orang Indonesia asli. Kalimantan Timur. 2.Cari contoh huruf pallawa di blog sebelah siapa tau dia punya fotonya. Fungsi yupa sesungguhnya adalah tugu batu untuk menambatkan lembu kurban. Kakeknya.Selain menjadi pusat transportasi dan denyut ekonomi warga Kalimantan ternyata sungai Mahakam menyimpan sejarah kebesaran Kerajaan Kutai yang berdiri pada tahun 500an Masehi di Lembah Sungai Mahakam. Kudungga. tepatnya darisekitarProvinsi Banten – Jakarta sampai Cirebon. Nama kerajaan Kutai diambil dari nama daerah tempat ditemukannya prasasti Kutai. Kerajaan Tarumanegara akhir abad ke 5 Menurut catatan sejarah dalam berbagai prasasti.Kerajaan Kutai abad ke 5 masehi Bagi anda yang pernah ke kalimantan timur pasti mengetahui sungai yang paling besar di sana yaitu sungai Mahakam.masih menggunakan nama asli Nusantara. Kalian jangan Tanya pad saya huruf pallawa itu seerti apa karena saya tidak tahu.

emas.Bahkan putranya kesayangannya sendiri dihukum potong kaki karena dituduh mencuri. gading. Iamengatakan bahwa pada tahun 664. Berita ini disampaikan oleh Musafir asal negeri cina yang bernama I-Tsing. tepatnya di daerah Jawa Tengah dekat Jeparasekarang. Ia juga menerjemahkan kitab suci agamaBuddha dari bahasa Sanskerta ke bahasa Cina dibantu pendeta Janabhadra dari Holing. Sang Ratu Sima hidup dalam istana yang . Ibu Kota Kerajaan Holing dikelilingi oleh pagar kayu dan berfungsi juga sebagai benteng pertahanan jika ada serangan musuh dari luar.Kitab terjemahan Hwining tersebut adalah bagian terakhir dari kitab Varinirvana yang mengisahkan tentang pembukaan jenazah Sang Buddha. pendeta Hwining dan pembantunya yang bernama Yunki pergi ke Kerajaan Holing untuk mempelajari agama Buddha. Kerajaan Holing Suatu berita dari Cina pada masa dinasti Tang menyebutkan bahwa di Jawa ada suatukerajaan yang bernama Holing atau Kaling. cula. Kerajaan Holing diperintah oleh seorang raja wanita yang bernama Ratu Sima dia mulai berkuasa sejak tahunb674 masehi .Ia memerintah dengan keras dan adil.Dia menghendaki agar kejujuran dijunjung tinggi. dan orang orangnya pandai membuat minuman dari kelapa. Kerajaan ini menghasilkan penyu. perak.3.

atapnya dibuat dari daun rumbia. Kerajaan Melayu Salah satu kerajaan tertua di pulau Sumatra adalah kerajaan Melayu. Prasasti Dinoyo ditulis dengan huruf Jawa Kuno dan menggunakan bahasa Sanskerta. ketika pada tahun 692 ia pulang dari India dan singgah kembali di Sumatra.bertingkat. Kerajaan Kanjuruhan Kerajaan Kanjuruhan merupakan kerajaan tertua di Jawa Timur.Kenapa namanya candi badut mungkin karena bentuk atau relief yang terukir di dalam candi terkesan lucu. Pendirinya adalah maha Raja Gajayana. Namun. selain singgah di Jawa ia juga mampir di Sumatra. Keberadaan kerajaan Kanjuruhan dapat diketahui dari prasasti Dinoyo yang ditemukan di desa Dinoyo. 4. Bukti lain keberadaan Kerajaan Melayu adalah tulisan yang ada pada kitab Negarakertagama dan Pararaton yang menyebutkan bahwa Raja Kertanegara dari Singasari mengirim tentaranya ke Melayu dalam Ekspedisi Melayu untuk mempererat persahabatan antara Singasari dan Melayu. Pelabuhan yang dia singgahi adalah pelabuhan di Kerajaan Melayu. 5. putra Dewasimha. Berita lain dari Cina menyatakan bahwa pada tahun 644 masehi datang utusan dari negeri Mo-loyeu ke Cina untuk membawa hasil bumi sebagai persembahan dan perkenalan. Menurut berita Musafir cina Cina. Berdiri sekitar tahun 760 Masehi. . barat laut Malang. Kerajaan Melayu telah ditaklukkan oleh Sriwijaya. Singgasananya terbuat dari gading. Raja gajayana mempunyai putri bernama Uttejana. Bangunan suci yang disebutkan dalam prasasti Diyono sekarang dikenal sebagai candi Badut. ketika I-Tsing akan pergi ke India. Isi prasasti itu menceritakan tentang kisah pendirian sebuah bangunan suci untuk pemujaan Dewa Agastya.

Letaknya sangat strategis. . namun diyakini bahwa kerajaan Tulangbawang terletak di daerah provinsi Lampung. Jambi. Kerajaan Sriwijaya Sriwijaya merupakan kerajaan Buddha yang berdiri di Sumatra pada abad ke-7 masehi . Keturunan masyarakat kerajaan ini adalah orang-orang suku Lampung yang menempati daerah sekitar aliran Sungai Tulangbawang. Tidak ditemukan adanya bukti-bukti lain yang mendukung mengenai kerajaan ini. 7. bahkan mendapat sebutan Kerajaan Nasional I sebab pengaruh kekuasaannya mencakup hampir seluruh Indonesia dan negara-negara di sekitarnya. Selat Bangka. Keberadaan kerajaan ini terdengar pada tahun 700 Masehi . Dalam ekspedisi itu Raja Kertanegara mempersembahkan arca Buddha Amogapasa yang kemudian ditempatkan di Dharmasraya. Kerajaan ini pernah menjadi kerajaan maritim terbesar di kepulauan Nusantara. Selat Sunda.Hal tersebut bertujuan untuk menghadapi ancaman dari Cina yang saat itu dipimpin Kubhilai Khan. Wilayahnya meliputi tepian Sungai Musi di Sumatra Selatan sampai ke Selat Malaka yang merupakan jalur perdagangan India – Cina pada saat itu. Kerajaan Tulangbawang Musafir I-Tsing dalam beritanya juga mengatakan ada sebuah kerajaan bernama To-lang-po-hwang Atau dalam bahasa Indonesia Tulangbawang. dan Semenanjung Malaka Juga menjadi badian dari kerajaan Sriwijaya. 6. Pendirinya adalah Dapunta Hyang.

Raja Wawa kemudian digantikan oleh Mpu Sindok yang merupakan menantunya. Cerita ini mengisahkan tentang sebuah kerajaan di Jawa Barat bernama Galuh. Sementara saudara perempuannya putrid Sannaha. Kerajaan Mataram pada waktu itu dikenal dengan sebutan Medang Kamulan. Kerajaan Medang Mataram Pada masa pemerintahan Raja Wawa ibu kota kerajaan Mataram sempat dipindahkan ke Medang pada tahun 925 Masehi . Raja Sanna meninggal dalam perebutan kekuasaan tersebut. Suatu ketika. seperti tercantum dalam prasasti Canggal yang menyebut kata-kata Medang i bhumi Mataram. Kerajaan Mataram Kuno 717 Masehi Pada abad ke-8 masehi di pedalaman Jawa Tengah berdiri Kerajaan Mataram Hindu. di kemudian hari mendirikan Kerajaan Mataram dengan ibu kota Medang ri Poh Pitu. Munculnya Kerajaan Mataram diterangkan dalam Carita Parahyangan. Sanjaya. Anak Sannaha. Raja Mpu Sindok memindahkan seluruh Kerajaan Medang ke Jawa Timur dan menyebut kerajaannya dengan nama Medang Mataram. tepatnya di sekitar daerah Purwodadi. Yang di dirikan oleh Raja Sanjaya. sekitar muara Sungai Brantas. Rajanya bernama Sanna atau Sena. ia diserang oleh saudaranya yang ingin merebut tahta dari tangannya. Semarang. bersama keluarga raja yang lainnya berhasil melarikan diri ke lereng Gunung Merapi. Tepatnya pada tahun 717 Masehi 9. Ibu kota kerajaan ini terletak di daerah Watan Mas. .8.

Ken Arok lalu didharmakan di Kagenengan dalam bangunan suci agama Syiwa dan . Anusapati adalah anak Tunggul Ametung dan Ken Dedes yang berarti dia adalah anak tiri Ken Arok. antara tahun 1222 sampai tahun 1227 Masehi .juga tercatat dalam kitab Negarakertagama tahun 1365 Masehi . 11. Terjadi perebutan kekuasaan antara kedua bersaudara yang sama sama merasa berhak menjadi pewaris tahta raja Airlangga. Panjalu dapat dikuasai Jenggala dan diabadikanlah nama Raja Mapanji Garasakan 1042 – 1052 Masehi dalam prasasti Malenga. Kerajaan Kediri Pembagian Kerajaan Kahuripan menjadi Jenggala atau Kahuripan dan Panjalu yang ada di Kediri dikisahkan dalam prasasti Mahaksubya yang berangka tahun 1289 Masehi . Pembagian kerajaan menjadi dua ini terjadi setelah Raja Airlangga wafat. dan kitab Calon Arang 1540 Masehi . yaitu Garuda Mukha. Ia tetap memakai lambang Kerajaan Airlangga. Kerajaan Singasari Nama singasari tidak akan lepas dari nama pedirinya yaitu ken Arok . Ken Arok tewas dibunuh seorang pengalasan pada tahun 1227 atas perintah Anusapati. Ia mendirikan Kerajaan Singasari dan berkuasa selama lima tahun.Di kisahkan Setelah ken Arok berhasil mengalahkan Kertajaya.10.

Adapun Anusapati kemudian memerintah Singasari selama 21 tahun antara tahun 1224 sampai 1248 masehi 12. 13. Pada saat tentara Mongol Kublai Khan menyerbu kerajaan Singasari.Buddha. Namun. ia diterima kembali dengan baik oleh Jayakatwang dan diberi sebidang tanah di Tarik daerah Mojokerto sekarang . Raja kerajaan Bali pertama adalah Khesari Warmadewa. Ia memerintah mulai tahun 915 . Kerajaan Majapahit Ketika Kerajaan Singasari di kuasai oleh Jayakatwang. Setelah itu. Raja berikutnya adalah Sang Ratu Sri Ugrasena. Atas bantuan Arya Wiraraja. Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit pad tahun 1293masehi dan menobatkan dirinya menjadi Raja dengan gelar Sri Kertarajasa Jayawardhana. Kerajaan Bali Menurut prasasti Blanjong yang berangka tahun 914 masehi . Istananya terletak di Singhadwalawa. setelah Jayakatwang dibunuh. Raden Wijaya berbalik menyerang tentara Kubilai khan dan berhasil mengusirnya. Raden Wijaya menantu dari Kertanegara lari ke pulau Madura. Raden Wijaya berpura-pura membantu menyerang Raja Jayakatwang.

Itulah dia kerajaan hindu Budha di Indonesia menurut buku sejarah yang saya pelajari waktu SMA. Kerajaan Sunda Menurut catatan naskah kuno yang ditemukan di Jawa Barat. setelah Tarumanegara runtuh. Istananya di Singhamandawa. Ratu Sri Ugrasena meninggalkan Sembilan buah prasasti. berulang kali terjadi perpindahan pusat kerajaan Hindu. salah satu di antaranya adalah prasasti Bobahan I. Setelah wafat. Secara berturutturut.pusat-pusat kerajaan itu adalah Galuh.dan berakhir 942 M.Untuk lebih jelasnya akan saya ringkas kembali pelajaran yang telah kita pelajari di atas. Masa pemerintahannya sezaman dengan Mpu Sindok di Jawa Timur. 14. . Prahajyan Sunda. Sang Ratu Sri Ugrasena dicandikan di Air Mandatu dan digantikan oleh raja-raja yang memakai gelar Warmadewa atau yang lebih di kenal dengan dinasti Warmadewa. dan Pakuan Pajajaran. Kawali.Ternyata tidak susahkan mempelajari sejarah kerajaan hindu budha di nusantara.