MEMORY INTERNAL

Memory Internal adalah Memory yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori
internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama
dapat berupa data atau program. Secara lebih rinci, fungsi dari memori utama adalah :
Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and
Logic Unit) untuk diproses Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke
peranti keluaran Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari
peranti pengingat sekunder. Ada 2 jenis Memory Internal yaitu:
1.ROM ( Read Only Memory)
Merupakan perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya
hanya dapat dibaca. Jenis memori ini datanya hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis secara
berulang-ulang. Memori ini berjenis non-volatile, artinya data yang disimpan tidak mudah
menguap (hilang) walaupun catu dayanya dimatikan. Karena itu memori ini biasa digunakan
untuk menyimpan program utama dari suatu sistem. ROM pada komputer disediakan oleh
vendor komputer dan berisi program atau data.Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic
Input/Output System) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh
mikroprosesor ketika komputer mulai dihidupkan.
Sampai sekarang dikenal beberapa jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada
komputer, antara lain PROM : PROM (Progammable Read-Only-Memory) : Jika isi ROM
ditentukan oleh vendor, PROM dijual dalam keadaan kosong dan kemudian dapat diisi dengan
program oleh pemakai. Setelah diisi dengan program, isi PROM tak bisa dihapus.
EPROM (Erasable Programmable Read-Only-Memory) : Berbeda dengan PROM, isi
EPROM dapat dihapus setelah diprogram. Penghapusan dilakukan dengan menggunakan sinar
ultraviolet.

EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only0Memory) : EEPROM dapat
menyimpan data secara permanen, tetapi isinya masih bisa dihapus secara elektris melalui
program. Salah satu jenis EEPROM adalah Flash Memory. Flash Memory biasa digunakan pada
kamera digital, konsol video game, dan cip BIOS.
2. RAM (Read Acces Memory)
Merupakan jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer sihidupkan dan
sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibaca atau ditulis dan dapat dilakukan secara
berulang-ulang dengan data yang berbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile
(mudah menguap), yaitu data yang tersimpan akan hilang jika catu dayanya dimatikan. Karena
alasan tersebut, maka program utama tidak pernah disimpan di RAM. Random artinya data yang

Untuk menjaga agar data yang tersimpan RAM dinamik tetap utuh. Pada dasarnya konsep dasar memori eksternal adalah Menyimpan data bersifat tetap (non volatile). Ada beberapa Memory Eksternal yaitu: 1. misalnya dalam sebuah komputer pribadi (PC). Contoh: Hardisk. RAM statik menyimpan satu bit informasi dalam sebuah flip-flop. pembacaan dan penyimpanan data. Dengan kata lain memory ini termasuk perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan. di luar memori utama. dan 4 GB. RAM dinamik menyimpan satu bit informasi data sebagai muatan. 2 GB.disimpan pada RAM dapat diakses secara acak. Harddisk Pengertian Hard Disk adalah suatu device atau komponen pada komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data (storage) dan juga termasuk dalam salah satu memory eksternal dari sebuah computer. yaitu jenis Statik dan Dinamik. Flash Disk maupun Floppy Disk. RAM dinamik menggunakan kapasitansi gerbang substrat sebuah transistor MOS sebagai sel memori elementer. baik pada saat komputer aktif atau tidak. Memori eksternal mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang. RAM statik biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang tidak memerlukan kapasitas memori RAM yang besar. 512 MB. 256 MB. RAM dibagi lagi menjadi dua jenis. Untuk mengenal cara kerja hardisk. data tersebut harus disegarkan kembali dengan cara membaca dan menulis ulang data tersebut ke memori. MEMORY EKSTERNAL Memory Eksternal adalah memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. hal pertama yang perlu kita ketahui adalah mengenal bagian-bagian yang membentuk sebuah hardisk. 1 GB. Modul memori RAM yang umum diperdagangkan berkapasitas 128 MB. Sebuah hardisk terdiri dari beberapa komponen utama yaitu sebagai berikut: . RAM dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan RAM dengan kapasitas besar.

“Baca” berarti data di media penyimpan sekunder diubah ke dalam bentuk sinyal elektronik dan salinan data tersebut dikirimkan ke memori komputer (RAM). yaitu alat untuk menahan. motor akan memutarkan spindle sehingga platter pun akan turut berputar. Head yang menempel pada Slider yang dikendalikan oleh lengan penggerak (head actuator arm). Hal yang perlu diketahui juga adalah bahwa posisi head tersebut ketika melakukan proses baca/tulis adalah melayang diatas permukaan flat disk dengan jarak yang sangat dekat (konon katanya lebih kecil daripada ukuran rambut manusia). misalnya 7200 rotation perminute (rpm). Sebaliknya. 2. membaca dan menulis data ke disket. memutar. Disket dimasukkan ke floppy-disk drive. maka akan menyebabkan head menyentuh permukaan disk dan bisa mengakibatkan hardisk mengalami bad sector. Motor penggerak yang terhubung ke Spindle yang berfungsi untuk memutar Platter dengan kecepatan yang sangat tinggi. Jadi posisi head tidaklah menyentuh permukaan disk. Platter bisa berjumlah 1. atau dua kali lebih bayak dari jumlah piringan disk.1. Head berfungsi untuk melakukan proses penulisan dan pembacaan data dari platter. namun ada juga platter yang mempunyai upper head dan lower head.tipis dengan kapasitas relative kecil. maka posisi head akan menempati daerah yang disebut landing zone. 2. Head kemudian akan mendeteksi magnetik bits (membaca data) yang terdapat pada platter tersebut dan mengubahnya menjadi data yang sesuai yang dapat digunakan oleh komputer.3 atau lebih. Banyaknya Head biasanya setara dengan banyaknya platter. Semua platter tersebut berporos pada Spindle. merupakan rangkain elektronik yang mengontrol semua aktifitas komponen tersebut diatas dan berkomunikasi dengan CPU komputer Ketika kita hendak mengambil data pada hardisk. dan kedua sisinya dilapisi dengan bahan magnetik yang sangat tipis. Piringan logam (flat disk) yang disebut sebagai Platter yang berfungsi sebagai tempat peyimpanan data. 4. Begitu juga ketika hardisk dimatikan secara benar (dengan mem-parkir hardisk atau menekan tombol shutdown). Berikut detail bagian dari disket : . Apabila dalam keadaaan bekerja head tergoncang (melebihi goncanan yang diperbolehkan). ketika kita hendak menyimpan data pada hardisk. Sedangkan “tulis” berarti salinan informasi elektronik hasil pemrosesan komputer ditransfer ke penyimpan sekunder.2. Head actuator arm akan bergerak dengan sendirinya ke posisi yang tepat diatas platter dimana data disimpan. Semakin cepat putaran platter ini maka performance hardisk akan semakin baik. Disket (Floppy Disk) Floppy Disk (disket) adalah salah satu media penyimpana eksternal yang berbentuk kotak . Logic Board. maka head tersebut akan mengirimkan pulsa magnetik (menuliskan data) pada platter yang akan merubah sifat magnetik dari platter tersebut dan data pun akan tersimpan. 3.

Simpan dan tutup file sebelum menarik disket dari drive. Head baca/tulis digunakan untuk mentransfer data antara komputer dan disket. Kemudian. Disket memiliki pengunci baca agar disket tidak bisa ditulisi. Dan saat disket tidak berada di drive.  Head baca/tulis. Pantulan sinar itulah yang dapat membaca setiap bit informasi yang ada di CD. Untuk menarik/mengambil disket sebaiknya dilakukan saat lampu drive sudah dalam keadaan mati atau ketika sudah tidak lagi bekerja pada sebuah file dari disket tersebut karena dapat mengakibatkan disket tersebut cepat rusak. Setelah laser tersebut mengenai tonjolan yang ada di CD. . track-track di disket tidak mempunyai alur atau lingkaran tunggal. Dengan kata lain. sektor. Oleh sebab itu. salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer. Pengunci baca. Setelah itu. ketika disket dimasukkan ke slot (drive gate atau drive door) pada bagian depan floppy drive. Flash Disk Di dalam CD Drive. data di dalam disket dapat terlindungi. Track di disket membentuk lingkaran-lingkaran terpusat. Istilah track. Ketika sebuah disk diformat. perangkat lunak sistem menggunakan titik irisan sektor dan track sebagai tempat penyimpan data dinamakan cluster. Caranya dengan menggunakan jari jempol atau ujung pena untuk memindahkan pengunci baca ke arah bawah. laser lens akan mengeluarkan laser ke kepingan CD. Cluster adalah sekumpulan sektor pada alat penyimpan. Lampu akses akan menyala ketika disket sedang bekerja. Saat disket berputar di dalam plastik pembungkus. disket ditempatkan di atas kumparan mekanisme drive. dan cluster juga dipakai pada hardisk. sehingga lubang kotaknya terbuka. Untuk menggunakan CD kita membutuhkan alat yang bernama CD Drive. Secara fisik CD-R merupakan CD polikarbonat kosong berdiameter 120 mm sama seperti CD ROM.  Track. dan cluster. sinyal bit digital itu diolah menjadi data analog dan diantarkan ke signal amplifier untuk diolah lebih lanjut oleh komputer. lokasi penyimpan terbagi menjadi sektor-sektor arah tertentu sehingga track-track di disket terbagi dalam bebarapa busur yang dinamakan sektor. data kemudian disebarkan ke track-track dan sektor. komputer akan mengenal data analog itu dan datanya menjadi terpampang di layar anda. sinar itu pun memantul ke sebuah optical pickup. Jika pemakaian telah selasai. Berbeda dari gramofon. sektor. head baca/tulis bergerak maju mundur melalui area akses data di disket. data disimpan dalam arah memusat yang dinamakan track. 4. 3. disket dapat diambil dengan cara menekan tombol keluar di samping drive. Pada disket. CD-R (Compact Disc Recordable) CD-R merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. Saat data dari komputer disimpan ke disket. penutupnya yang terbuat dari logam atau plastik berfungsi untuk menutup area akses data tersebut.

dan dapat digunakan untuk menyimpan data lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Flash disk termasuk alat pemyimpanan data memory flash tipe NAND (Umumnya digunakan pada Kamera Digital). Flash Disk Flash Disk adalah media penyimpan dari floppy driveB jenis lain yang umumnya mempunyai kapasitas memori 128 MB s/d 64 GB. Voice Recording dan FM Tuner) dan terdapat port USB yang disediakan penutupnya yang berbentuk sama dengan body utamanya.. LED 7. Oscillator kristal 6. sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 96 x 32 mm dan pada bagian belakang bentuknya agak menjurus keluar. biasanya juga digunakan di dalam kamera digital. Chip flash memory 5. Write-protect switch 8. dengan menggunakan interface jenis USBC (Universal Serial Bus). 6) Lampu indikator berfungsi untuk menandai adanya transfer data atau adanya data yang dibaca dan data yang ditulis. . 8) Ruang kosong disediakan untuk tambahan satu flash memory. digunakan untuk tempat penyimpanan baterai jenis AAA dan LCD (Untuk Fitur MP3. Ruang kosong untuk chip flash memory kedua Cara kerja flashdisk: 1) Konektor berfungsi untuk menghubungkan peripheral yang terdapat dalam flash disk ke port USB untuk kemudian di akses oleh SO. Pengontrol berisi suatu RISC mikro prosesor berukuran kecil dan hampir sama pada RAM.Sambungan USB 2. SD-Card.Perangkatpengontrol penyimpanan massal USB 4. MMC dan sejenisnya.4. 5) Perangkat ini menghasilkan 12 MHZ sinyal dari perangkat utama dan mengendalikan keluaran data perangkat sampai sebuah tahap penguncian. 7) Menandai apakah perangkat ada di dalam mode “write protection” atau tidak. 3) Lalu Point test ini berkerja selama perangkat mengecek dan mengirimkan kode ke microprocessor 4) Setelah kita membuat suatu file dan menyimpannya di flash disk maka bagian ini adalah tempat menyimpan datanya. Komponen-komponen internal sebuahflash drive yang umum : 1. 2) Pengontrol penyimpanan memory berfungsi mengontrol dan menyediakan penghubung ke alat Flash disk yang bertugas menjaga kesetabilan perangkat. ada juga yang dikemas dalam ukuran kecil menjadi Compact Flash.