APLIKASI PLATFORM HUSUS

LAPORAN

PROYEK PERANGKAT LUNAK
SISTEM PENDAFTARAN ONLINE
UNIT KEGIATAN MAHASISWA
(UKM)
STMIK SUMEDANG

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Dewasa ini, Teknologi Informasi menjadi hal yang sangat penting
terhadap organisasi, kemampuan Teknologi Informasi dapat mengimbangi
perubahan-perubahan struktur organisasi. Teknologi Informasi sangat
memungkinkan untuk mencapai keberhasilan pada suatu organisasi.
Dalam hal ini akan dilakukan eksperimen untuk penerapan Teknologi
Informasi pada suatu organisasi di salah satu sekolah tinggi di sumedang
untuk mencapai keberhasilannya. UKM atau kependekan dari Unit Kegiatan
Mahasiswa yang berada di Kampus STMIK Sumedang hampir memenuhi
keberhasilannya dalam mencapai tujuannya, dimana UKM ini bertujuan
untuk menyalurkan bakat dan minat bagi setiap mahasiswa di bidang tertentu.
Unit Kegiatan Mahasiswa di Kampus STMIK Sumedang sudah memiliki
peserta yang cukup banyak, namun dalam lingkungan organisasi ini masih
terdapat banyak permasalahan yang timbul akibat kurangnya fasilitas dan
komunikasi seperti halnya pada pendaftaran yang masih menggunakan cara
offline atau menyebarkan lembaran kertas yang berisi formulir pendaftaran
oleh pengurus tiap-tiap UKM dan disisi lain data yang sudah didapat hilang
atau tidak diarsipkan dengan jelas. Sehingga proses pengolahan data menjadi
terhambat, kurang akurat, efisien dalam waktu dan menghasilkan informasi
yang tidak benar.
Sistem Pendaftaran Online menjadi hipotesa untuk solusi dari masalah
diatas, karena dengan adanya sistem ini pendaftaran bisa menjadi lebih
efisien dalam waktu dan akurat dalam pengolahan data anggota baru bagi
semua UKM di STMIK Sumedang.

calon anggota (mahasiswa) dalam melakukan pendaftaran UKM Mempermudah pengurus dan Departemen UKM dalam mengontrol dan mengolah data . Memberikan informasi pendaftaran UKM STMIK Sumedang 2. 1. dan mengolah data anggota Menghasilkan absensi bagi tiap-tiap UKM 1. khususnya kepada calon anggota UKM (mahasiswa) STMIK Sumedang Membantu pengurus UKM dan Departemen UKM dalam mengontrol 3.2 Ruang Lingkup Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) STMIK Sumedang dalam hal ini tentunya membutuhkan Sistem pendaftaran online yang berbasis WEB.1. WEB tersebut diperlukan untuk : 1.4 Manfaat Manfaat dari pembangunan sistem pendaftaran online yang berbasis web ini adalah : 1.3 Tujuan Tujuan dari pembangunan Sistem Pendaftaran online yang berbasis WEB ini adalah untuk mengelola pendaftaran calon anggota (mahasiswa) untuk mengikuti UKM di STMIK Sumedang dengan mengontrol dan mengelola data yang akan berbentuk absen sebagai hasil akhir dari sistem pendaftran online ini. Mempermudah 2.

Ciri khas dari metodologi adalah pengembang sistem (system developer). Tujuannya adalah mengembangkan model menjadi sistem final. begitu pula dengan penggunaannya. Kemudian dilakukan evaluasi kekurangan-kekurangan dari kebutuhan pelanggan. dilakukan perancangan dan pembuatan prototype system. prototype dari system di uji coba oleh pelanggan atau pengguna. maka harus diketahui terlebih dahulu bagaimana system yang sedang berjalan untuk kemudian mengetahui masalah yang terjadi.BAB II ANALISIS KEBUTUHAN 2. Prototype yang dibuat disesuaikan dengan kebutuhan system yang telah didefinisikan sebelumnya dari keluhan pelanggan atau pengguna. Untuk membuat sustu system yang sesuai kebutuhan. Implementasi Pada tahap ini. Merancang dan Membuat Prototype Pada tahap ini. Prototyping perangkat lunak (software prototyping) atau siklus hidup menggunakan protoyping (life cycle using prototyping) adalah salah satu metode siklus hidup sistem yang didasarkan pada konsep model bekerja (working model). Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dengan model ini adalah: 1. 2. Metodologi yang digunakan dalam pembangunan Sistem Pendaftaran Online berbasis WEB ini adalah dengan metode Prototype. Mendengarkan pelanggan Pada tahap ini dilakukan pengumpulan kebutuhan dari system dengan cara mendengar keluhan dari pelanggan. klien. Ada banyak cara untuk memprotoyping. dan pengguna dapat melihat dan melakukan eksperimen dengan bagian dari sistem komputer dari sejak awal proses pengembangan.1 Metodologi Metodologi adalah dasar yang dijadikan acuan dalan pembangunan Perangkat Lunak ini. Pengembangan kemudian kembali . 3. Artinya sistem akan dikembangkan lebih cepat daripada metode tradisional dan biayanya menjadi lebih rendah.

Xampp . 2.HDD 500 Gb .RAM 4 Gb . Sistem minimal yang dibutuhkan untuk pengembangan: No 1 Sistem CPU (Laptop) Jumlah 1 2 Sistem Operasi 2 3 Tools 4 4 Database 2 Management System (DBMS) Spesifikasi .2 Kebutuhan Sistem a.Net Bean .Hosting .WEB Browser .Microsoft Windows 10 .70 GHz . Office .Linux Ubuntu .Ms.mendengarkan keluhan dari pelanggan untuk memperbaiki prototype yang ada.Intel core i3 1.Mysql .Akses Internet .

7 Ghz) .Linux Ubuntu .Intel P4 (1.Akses Internet .Hosting MYSQL .b. Sistem minimal yang dibutuhkan untuk implementasi No 1 Sistem CPU Jumlah 1 2 Sistem Operasi 2 3 Database 1 Management System (DBMS) Spesifikasi .HDD 20 Gb .Microsoft Windows .RAM 1 Gb .

dan mengontrol pergerakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang berkaitan erat dengan bidang Olahraga dan menerima laporan. Departemen UKM Membina. 3.1 Penetapan Pengguna a. c. Mahasiswa Dapat didefinisikan bahwa calon anggota dan anggota UKM adalah mahasiswa STMIK Sumedang.2 Penetapan Proses (WBS) . b. Pengurus UKM Mengelola segala bentuk kegiatan baik itu program kerja atau laporan lainnya. membantu. mengawasi.BAB III PEMBAHASAN 3.

3 Diagram Alir Data (DFD) .3.

4 Diagram Hubungan Entitas (ERD) 3.5 Struktur Menu .3.

.

Halaman Utama .3.6 Rancangan Antar Muka 1.

Halaman Pendaftaran .2.

.

Halaman Utama Departmen .3. Halaman Untuk Masuk ke Akun Departmen / Kepengurusan UKM 4.

.

5. Halaman Kelola data UKM .

6. Halaman Ubah Data UKM .

Hamana UBAH Kata Sandi 8.7. Halaman Laporan Data UKM .

Halaman Laporan Data UKM 10. Halaman Rincian Data Anggota UKM .9.

11. Halaman Utama Kepengurusan UKM 12. Halaman Kelola Data Calon Anggota UKM .

13. Halaman Kelola Data Anggota Baru UKM .

14. Halaman Laporan Data Anggota UKM .

Halaman Ubah Data Anggota UKM 16.15. Halaman Rincian Data Anggota UKM .

Email verifikasi data .17.

Demi tujuan dan manfaat yang diharapkan dapat tersampaikan dan diterima oleh pihak yang bersangkutan. Atas perhatian dan kerjasama bapak/ibu kami ucapkan terimakasih.BAB IV PENUTUP Demikian Laporan ini saya buat. Sumedang. semoga pembangunan System Pendaftaran Online berbasis WEB ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Desember 2016 Djaka Permana .