PROPOSAL PROGRAM KREATIFITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM
PENGARUH GRAFTING POLIPROPILENA DAN SERAT TANDAN
KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN
TERMAL KOMPOSIT PP-g-MAH/TKS-g-MAH

BIDANG KEGIATAN:
PKM PENELITIAN

DiusulkanOleh:
Kartika Setia Rini

M0311033

Angkatan 2012

Dheo Adha Saputra

M0311015

Angkatan 2012

Meyta Dyah Prameswari

M0313044

Angkatan 2013

Muhammad Fajar Razak

M0313050

Angkatan 2013

UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2014
1

1.

2.
3.

4.
5.

6.
7.

PENGESAHAN PROPOSAL PKM-PENELITIAN
Judul Kegiatan
: Pengaruh Grafting Polipropilena dan Serat
Tandan Kelapa Sawit terhadap sifat mekanik dan termal komposit PP-gMAH/TKS-g-MAH
Bidang Kegiatan
: PKM-P
Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap
: Kartika Setia Rini
b. NIM
: M0312033
c. Jurusan
: Kimia
d. Universitas
: Universitas Sebelas Maret
e. Alamat Rumah dan No. Telp : Gang Warga RT.011/09 no.42 Lubang
Buaya,Jakarta Timur / 085780550276
f. Alamat email
: tikatika15@ymail.com
Anggota Pelaksana Kegiatan
: 4 (empat) orang
Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar :
b. NIDN
:
c. Alamat Rumah dan No. Telp : /
Biaya Kegiatan Total
a. Dikti
: Rp. 12.500.000
Jangka Waktu Pelaksanaan
: 5 Bulan

Surakarta, 22 September 2014
Menyetujui,
Ketua Jurusan Kimia FMIPA UNS

Ketua Pelaksana Kegiatan

(Dr. H. Eddy Heraldy, M. Si)
NIP. 19640305 200003 1002

(Kartika Setia Rini)
NIM. M0312033

Pembantu Rektor III

Dosen Pendamping

(Drs. Dwi Tiyanto, SU)
NIP. 19540414 198003 1 007

(Edi Pramono, M.Si.)
NIDN.

2

......9 DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................ii DAFTAR ISI......................................................iii RINGKASAN....................................................................................................................................................................................................... METODE PENELITIAN....................1 BAB 2...................... PENDAHULUAN..................DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL................................... TINJAUAN PUSTAKA..........................................................................6 BAB 4..............................................................11 3 ......3 BAB 3................... BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN...................................i HALAMAN PENGESAHAN.........................................................10 LAMPIRAN............................iv BAB 1.....................................................................................................................................

dengan keberadaan serat selulosa TKS juga akan memberikan dampak pada sifat mekanik dari limbah tersebut. Dengan adanya modifikasi limbah plastik kemasan menjadi suatu material yang kuat. Senyawa ini bersifat non-biodegradable sehingga tidak ramah lingkungan. Polipropilena (PP) adalah penyusun utama dari limbah AMDK. ramah lingkungan (biodegradable). Selain sifat biodegradasi. Hal ini terjadi karena ikatan-ikatan kimia antara PP dan TKS dengan maleat anhidrid (MAH) sebagai senyawa penggandeng akan membuat material tersebut menjadi lebih kaku sehingga sifat mekaniknya akan meningkat.RINGKASAN Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merupakan salah satu penyumbang limbah plastik yang cukup tinggi dibandingkan jenis limbah plastik lainnya. mampu memberikan kontribusi besar sebagai material penunjang bidang transportasi maupun industri saat ini. namun jika dimodifikasi dengan serat selulosa yang terdapat didalam limbah TKS dapat menghasilkan material baru yang bersifat biodegradable. 4 . dan memiliki ketahanan termal tinggi.Permasalahannya adalah komposit dari keduanya material ini tidak bisa berikatan sehingga dibutuhkan senyawa maleat anhidrid (MAH) yang bertindak sebagai senyawa penggandeng (grafting agent).

2012). Artinya. tidak dapat menyerap air. diperlukan material alternatif yang memiliki sifat hampir sama atau bahkan lebih baik dari logam atau material tradisional yang ada . limbah ini menimbulkan perhatian serius. 1. Logam atau material tradisional lainnya merupakan sumber daya alam sangat terbatas. maka keberadaan limbah plastik ini akan semakin banyak dan membahayakan lingkungan dikarenakan sifat-sifat yang dimiliki plastik yaitu tidak mudah membusuk.. Artinya. perlu diketahui pengaruh variasi senyawa penggandeng maleat anhidrid (MAH) pada peningkatan sifat mekanik dari bionanokomposit PP-g-MAH/TKS-g-MAH. adanya transformasi kimia ini dapat meningkatkan nilai ekonomis dan nilai guna kedua limbah.1 BAB 1 PENDAHULUAN 1. Tandan kosong kelapa sawit (TKS) merupakan suatu bahan alam yang melimpah di Indonesia. Oleh karena itu. Sehingga semakin lama kelimpahan logam di bumi semakin menipis bahkan habis. digunakan material tradisional yang berasal dari dalam bumi seperti bahan logam karena memiliki sifat mekanik yang baik. Untuk itu diperlukan solusi untuk memanfaatkan serat dalam limbah tersebut guna meningkatkan nilai ekonomisnya. . terdapat peningkatan sebesar 9. Akan tetapi limbah ini memiliki keunikan tersendiri yaitu serat yang ada dalam tandan tersebut memiliki sifat mekanik yang cukup baik . maupun tidak mudah berkarat (YPB. Selain mudah didapat. Pemanfaatan limbah AMDK dan limbah TKS perlu dioptimalkan. Kebutuhan material di bidang transportasi maupun bidang-bidang lainnya semakin meningkat. Pemanfaatan TKS yang umum dilakukan adalah sebagai bahan baku dalam pembuatan pupuk organik melalui proses pembakaran menggunakan incenerator namun usaha tersebut tidak efektif dan dilarang pemerintah karena menimbulkan pencemaran udara (Simatupang.3% terhadap limbah plastik yang dihasilkam. Transformasi kimia dari kedua limbah tersebut menjadi material alternatif vang kuat dan lebih ramah lingkungan perlu dilakukan untuk digunakan sebagai material penunjang bidang transportasi maupun industri di Jawa Tengah. LATAR BELAKANG Keberadaan limbah air minum dalam kemasan (AMDK) di jawa tengah berdampak negatif bagi lingkungan karena memicu terjadinya banjir diakibatkan sifat plastik yang tidak mudah terdegradasi. sehingga diperlukan solusi yang tepat untuk meningkatkan nilai ekonomis serta nilai guna limbah AMDK yang ada di Jawa Tengah. 1986). Jika dibiarkan terus menerus. Menurut Hartono (2008). limbah TKS juga tergolong sebagai bahan yang murah. Berdasarkan fakta tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan itu. Konsumsi dari plastik jenis polipropilena di Jawa sendiri mencapai 40% dari total volume limbah plastik AMDK.

4. Limbah TKS melimpah di Indonesia dan pemanfaatannya belum maksimal. 3. Material bionanokomposit PP-g-MAH/TKS-g-MAH dapat dipatenkan. Publikasi artikel ilmiah dalam jurnal atau seminar nasional maupun internasional. Memaksimalkan pemanfaatan limbah AMDK dan limbah TKS sebagai material berdaya guna tinggi serta meningkatkan nilai ekonomisnya.2 1. TUJUAN KHUSUS Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah: 1. 6. 1. Sedangkan pemakaian material tradisional dalam bidang transportasi maupun bidang-bidang lainnya semakin meningkat sehingga menjadi permasalahan yang harus dicarikan solusinya. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi untuk menambah referensi mengenai bionanomaterial berbasis limbah AMDK dengan limbah TKS. LUARAN YANG DIHARAPKAN Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui pengaruh grafting procces terhadap sifat mekanik dari material bionanokomposit PP-g-MAH/nTKS-g-MAH. 1. 3. MANFAAT Adapaun manfaat dari penelitian ini adalah. Dengan transformasi kimia dari limbah AMDK dan limbah TKS diharapkan dapat digunakan sebagai material alternatif yang memiliki sifat hampir sama bahkan lebih baik dari material tradisional yang ada. TEMUAN YANG DITARGETKAN DAN KONTRIBUSI Penelitian ini menghasilkan material bionanokomposit PP-g-MAH/TKS-gMAH dengan sifat mekanik tinggi dan dapat digunakan sebagai material alternatif penunjang dalam bidang transportasi maupun industri. 2. 1. URGENSI PENELITIAN Material tradisional merupakan sumber daya alam sangat terbatas. 1. 5. 2. Mengetahui pengaruh ukuran partikel serat selulosa terhadap karakteristik bionanokomposit PP-g-MAH/nTKS-g-MAH. 1. tetapi dapat dimodifikasi menjadi material berdaya guna tinggi dengan penambahan senyawa lain. . 2. Mengetahui komposisi maksimum dari MAH dari sifat mekanik bionanokomposit PP-g-MAH/TKS-g-MAH. Limbah AMDK dewasa ini semakin melimpah karena tidak mampu terdegradasi oleh alam. 2. Memberikan solusi tepat terhadap menipisnya material tradisional dalam bidang transportasi ataupun bidang-bidang lainnya.

akan mencair dan dapat dibentuk kembali menjadi bentuk yang diinginkan . botol obat. 2009 No. Selain itu Sekitar 800 pabrik terlibat dalam pembuatan produk yang mengandung bahan plastik. jus.plastik merupakan bahan yang bersifat thermoplastic yang diproses melalui proses polimerisasi dengan penambahan katalis pada beberapa kombinasi tekanan. botol minyak goreng. dan . botol sambal. Jenis plastik yang dapat didaur ulang diberikode berupa nomor untuk memudahkandalam mengidentifikasi dan penggunaannya Nomor Kode Plastik Sumber : Unep. Berdasarkan penelitian Smith (1999) plastik tergolong dalam resinpoliester atau termoplastik yang mempunyai karakteristik ketahanan terhadap asam yang jika dipanaskan sampai temperatur tertentu. 2001) Plastik adalah polimer anorganik yang memiliki rantai-panjang dari atom yang mengikat satu sama lain sehingga memiliki variasi jenis dan fungsi yang berbeda tergantung dari monomernya. Terdapat 60% sampah plastik impor yang dapat didaur ulang dari 3000 sampah plastik. sedangkan 40% diantaranya terdapat 10% mengandung bahan beracun dan material berbahaya bagi kesehatan (Sinar Harapan. Dari 189 ribu ton sampah/hari sebanyak 15% nya atau 28. LIMBAH AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) Plastik yang dikonsumsi masyarakat Indonesia terus meningkat hingga mengalami kenaikan rata-rata 200 ton per tahun.4 ribu ton merupakan limbah plastik (Fahlevi.3 BAB 2 LANDASAN TEORI 2. Henkle (1982) mengatakan. 1.2012). Kod e 1 Jenis Plastik Penggunaan PET (polyethyleneterephthalate botol kemasan air mineral.

dan botol kosmetik PVC (Polyvinyl Chloride) 3 4 5 6 7 pipa selang air. taplak meja dari plastik. POLIPROPILENA Polipropena (PP) adalah polimer yang terbentuk dari struktur monomer propilena yang diperoleh dari proses fraksinasi minyak mentah (crude oil) yang merupakan salah satu hasil aktifitas barang tambang dalam negeri. komputer. Polipropena digolongkan ke dalam polimer termoplastik atau biasa disebut plastik yang dapat diolah pada suhu tinggi. alat-alatelektronik. sendok dan garpu plastik.02 % % .9 g/cm3 Tensile Strength 360 Kg/cm 2 Pemanjangan/Elongation Daya serap air setelah 24 jam 8 0. 2012 2. suku hingga 6 cadang mobil. dan botol sambal. plastik Polyethylene) pembungkus daging beku. gelas PS (Polystyrene) plastik. dan margarine kotak CD. dan mainan lego Sumber : Kurniawan.1989) Sifat-sifat Nilai Satuan Densitas 0. gallon lainnya selain dari no. sehingga harganya relatif murah (Sudirman. 2. Polypropene) mainan anak. LDPE (Low-density kantong kresek. dkk. dan berbagai macam plastik tipis lainnya. mainan.1 air minum. jerigen Polyethylene pelumas.4 2 ) botol kosmetik HDPE (High-density botol obat. alat-alat rumah tangga. PP (Polypropylene atau cup plastik. sikat gigi. Struktur polipropilena Karakteristik dari polipropilena ditunjukkan dalam table berikut (Steven. plastik kemasan. botol susu cair. jenis plastik botol susu bayi. pipa bangunan. atau tempat makanan dari styrofoam. tutup botol dari plastik. botol shampo. tutup plastik. dan tempat makan plastik transparan Other (O). 2002).

Selulosa merupakan biopolimer yang berlimpah di alam. Serat alam juga murah. Salah satu penyusun serat TKS adalah selulosa.7 juta ton/jam maka akan dihasilkan sebanyak 2. Daya serap dari suatu serat sampai dengan 65% sehingga ia bersifat sangat hidrofilik. Selain memiliki kestabilan dimensi yang baik. Tandan kosong sawit menghasilkan serat kuat sebagai bahan pengisi dalam produk serat berkaret. (Mitchelland. ketahanan tinggi.sedangkan titik kristalnya(130-135 oC). matras dan papan komposit. PP juga memiliki sifat mekanis yang baik dengan massa jenis yang rendah dan memiliki ketahanan panas serta kelembaban. D.Penggunaan serat sebagai bahan pengisi untuk penguat suatu komposit plastik telah digunakan secara luas. Selain sifat biodegradabilitasnya memberikan dampak yang positif bagi lingkungan. diantaranya jok mobil. 2. A. Bell and A. D. selulosa dan turunannya dapat dipelajari dengan baik (Coffey. Selulosa merupakan polimer karbohidrat yang tersusun atas β-D Glukopiranosa dan terdiri dari tiga gugus hidroksi per anhidro glukosa menjadikan selulosa memiliki derajat fungsionalitas yang tinggi.namun untuk ketahanan pukulnya rendah. Handerson).00 modulus) 0 Titik leleh 176 Kg/cm 2 O C Polipropilena (PP) adalah suatu makromolekul thermoplastic (dapat dilelehkan) dan memiliki rantai yang jenuh. Namun sejauh ini pemanfaatannya masih terbatas.. 1951) .3 juta ton limbah TKKS. SERAT TANDAN KELAPA SAWIT (TKS) SEBAGAI MATERIAL PENGUAT DAN BIODEGRADABLE Tandan kelapa sawit merupakan salah satu limbah padat industri kelapa sawit.Ketahanan PP terhadap bahan kimia tergolong tinggi. limbah tersebut hanya dibakar dan sebagian ditebarkan ke lapangan sebagai mulsa.5 Modulus kelenturan (Flexural 17. Sebagai materi yang dapat diperbaharui. sedangkan pada temperatur 170oC ia mulai kehilangan kekuatannya dan terdekomposisi diatas 300oC.2 juta ton (Andayani. Sehingga total limbah TKKS seluruh Indonesia pada tahun 2004 diperkirakan mencapai 18. Sebuah pabrik dengan kapasitas pengolahan 12. juga kelebihan serat alam mampu meningkatkan kekuatan material. Selulosa mampu mempertahankan dirinya pada tempreatur dibawah 150oC. mudah terurai.Rina 2009). 2000). Selulosa mulai terbakar pada 420oC dan panas pembakarannya adalah 14. dapat diperbaharui.G. dan juga non toksik. memiliki densitas rendah. PP yang merupakan polimer kristalin dihasilkan dari polimerisasi gas propilena dengan spesific grafity atau berat jenis propilena lebih rendah dibandingkan dengan jenis plastik lainnya.732 J/g atau 3.5 kkal/g. 3. memilki sifat termal yang baik dan dapat terbiodegradable (Mohanty.PP memiliki titik leleh yang relative tinggi(190-200oC).

2 Preparasi Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit Limbah tandan kosong kelapa sawit dibersihkan. 1.1.1. BAB 3 METODE PENELITIAN 3.4 Proses grafting Polipropilena Limbah polipropilena yang telah di preparasi sebelumnya. Ekstrak disaring dan dikeringkan selama 16 jam pada suhu 105OC. 4. TAHAPAN PENELITIAN 3. Dilakukan pengeringan kemudian dipotong kecil-kecil dengan ukuran kira-kira 1. Proses grafting dilakukan dengan metode pelarutan dimana digunakan xylena sebagai pelarut.3 Proses Treatment Serat TKS Pada proses treatment ini mengikuti metode yang dilakukan oleh Rozman dkk. Limbah yang sudah bersih dipotong-potong kemudian dilakukan penggilingan. 3.dan memiliki sifat semi polar sehingga dapat berikatan dengan senyawa polar dan nonpolar. ditimbang dengan variasi massa tetap. Pencampuran dilakukan selama 1 (satu) jam dan dilanjutkan .1.bahan adiktif dan minyak pelumas. dimana hasil ayakan serat TKS direndam pada larutan hasil pencampuran Toluena:etanol:aseton (4:1:1) selama 3 (tiga) jam. 3. ikatan ini berperan dalam reaksi adisi (Arifin. Polipropilena dilarutkan dalam xylena mendidih. dan dilanjutkan dengan penambahan variasi massa Maleat anhidrid (MAH) dan Benzoil peroksida sebagai inisiator.5 mm X 1.deterjen.1. 2003. MALEAT ANHIDRID Maleat Anhidrid adalah senyawa vinil yang tidak jenuh merupakan bahan mentah dalam sintesa resin polyester pelapisan permukaan karet. dicuci menggunakan air sampai bersih.5 mm.1996). Hasil penggilingan diayak dengan ayakan 150 mesh. Maleat Anhidrid mempunyai sifat kimia khas yaitu adanya ikatan etilenik dengan gugus karbonIl didalamnya. 3.6 Struktur Kimia Seluosa 2.1 Preparasi limbah polipropilena Limbah plastik air minum dalam kemasan yang telah dikumpulakan.plastisizer dan kopolimer.

6 Pembuatan Master Batch Dipersiapakan raw material seperti polipropilen dan serat TKS. Serat selulosa hasil treatment dimasukkan dalam labu dan diikuti dengan penambahan larutan MAH.1. . Pencampuran dilakukan selama 1 (satu) jam pada suhu 80OC.5 Proses Grafting Serat TKS Variasi massa MAH dilarutkan dalam Dimetil Formamida (DMF) 3:7 dan dilanjutkan dengan penambahan hydroquinon (5% dari berat MAH).7 dengan proses pengeringan dalam lemari asam. Penambahan serat TKS-g-MAH dilakukan setelah polipropilena larut.1. No Formulasi Perbandingan Notasi PP-g-MAH TKS-g-MAH 1 PP-g-MAH/TKS-g-MAH 9 1 F3a 2 PP-g-MAH/TKS-g-MAH 8 2 F3b 3 PP-g-MAH/TKS-g-MAH 7 3 F3c 4 PP-g-MAH/TKS-g-MAH 6 4 F3d 5 PP-g-MAH/TKS-g-MAH 5 5 F3e Proses pencampuran dilakukan pada kondisi xylene mendidih (suhu 130-135OC). Sejumlah gram polipropilena dimasukkan ke dalam labu alas bulat dan diikuti dengan penambahan benzoil peroksida sebagai inisiator dan Divinil Benzena (DVB). Dilakukan variasi berat terhadap raw material tersebut dengan formulasi sebagai berikut. Pelarutan dilakukan selama 1 jam dan setelah itu dilakukan pendinginan dalam lemari asam. Adapun variasi massa yang dimaksud ditunjukan dalam formulasi berikut: No Formulasi Perbandingan Notasi PP MAH 1 PP-g-MAH 5 1 F1a 2 PP-g-MAH 5 2 F1b 3 PP-g-MAH 5 3 F1c 4 PP-g-MAH 5 4 F1d 5 PP-g-MAH 5 5 F1e 3. Adapun formulasi dari variasi tersebut adalah: N Formulasi Perbandinga Notasi o n TKS MAH 1 TKS-g-MAH 5 1 F2a 2 TKS-g-MAH 5 2 F2b 3 TKS-g-MAH 5 3 F2c 4 TKS-g-MAH 5 4 F2d 5 TKS-g-MAH 5 5 F2e 3. Hasil refluks dicuci dengan aseton.

Sebelum pengepresan. TKS-g-MAH. PP yang telah di grafting. TKS yang sudah ditreatment. B. Hasil pengerpresan dimasukkan ke dalam cooling press untuk pendinginan.8 3. Sampel berupa PP. alat hot press diatur pada suhu 180OC (suhu pelelehan polipropilena). TKS yang sudah di grafting. Pengujian Mekanik Spesimen PP-g-MAH dengan berbagai formulasi.2 LUARAN Adapun luaran yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 1. master batch yang telah dipreparasi.TKS-g-MAH dan komposit PP-g-MAH/TKS-gMAH yang telah tergafting 2. dimasukkan ke dalam cetakan dan dilakukan pre-heating selama 3 (tiga) menit. Pengujian mekanik menggunakan alat Universal Testing Machine (UTM). Dihasilkan komposisi optimum dari MAH pada PP-g-MAH dan TKS-gMAH 3. TKS-g-MAH.7 Pembuatan Spesimen Diambil beberapa gram master batch untuk dilakukan pengepresan dengan Hot press. c. . campuran PP-g-MAH/TKSg-MAH dilakukan analisa gugus fungsi dengan spektrofotmeter FTIR.1.3 INDIKATOR CAPAIAN Indikator capaian dari penelitian ini adalah a. Pengepresan dilakukan selama 5 (lima) menit dengan tekanan yang sesuai. 3. TKS. Setelah itu. Analisa Gugus Fungsi dengan FTIR Analisa gugus fungi dengan FTIR bertujuan untuk mengetahui interaksi secara kimia antara raw material yang ditujukkan dengan data serapan infra merah dari masing sampel. spesimen TKS-gMAH dengan berbegai formulasi dan material komposit PP-g-MAH/TKSg-MAH dipersiapkan untuk dilakukan pengujian mekanik dengan mengacu pada ASTM D-638. Dihasilkan material bionanokomposit PP-g-MAH/TKS-g-MAH b.4 TEKNIK PENGUMPULAN DAN ANALISIS DATA A. Setelah itu. dan material komposit PP-gMAH/TKS-g-MAH sudah terkarakterisasi. Sifat mekanik dari material berupa PP-g-MAH. dan material komposit PP-gMAH/TKS-g-MAH melalui data FTIR. Dari data ini bisa dilakukan analisa kualitatif mengenai terbentuk atau tidaknya material hibrid yang dibuat. 3. spesimen dikeluarkan dalam cetakan. Dihasilkan PP-g-MAH. Diperoleh kompisi optimum dari campuran komposit PP-g-MAH/TKS-gMAH yang telah tergafting 3. Dapat dianalisanya struktur kimia berupa PP-g-MAH.

dan material komposit PP-gMAH/TKS-g-MAH terbentuk. TKS-g-MAH. 2.500. Jadwal Kegiatan Jadwal kegiatan yang direncanakan pada penelitian ini disajikan dalam tabel berikut. Sehingga. TKS-gMAH. dimana masing-masing data tersebut sebagai acuan penentuan komposisi optimum dari PP-g-MAH. Preparasi. Peralatan Penunjang 3.pembuatan dan sintesis . No Jenis Pengeluaran Biaya (Rp) 1. Hal ini dapat diketahui dengan melihat adanya pergeseran dari serapan (-C=O) dari Maleat Anhidrid dari spektra FTIR selain itu. dan material komposit PP-gMAH/TKS-g-MAH. % elongasi dan modulus young.125.000 4. dari proses penggandengan ini diharapkan mampu meningkatkan sifat mekanik dari material PP/TKS.000 2. Bulan No Jenis Kegiatan 1 2 3 4 5 1.000 Jumlah 12. Perencanaan penelitian 4.125. Dari data mekanik diperoleh data tensile strength. Lain-lain 1. BAB 4 BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN 4. Perjalanan 3. Mencari referensi dan metode penelitian 2. intensitas dari serapan (-C=C) menurun yang menandakan bahwa telah berikatannya MAH dengan PP.9 3.6 PENYIMPULAN HASIL PENELITIAN Adanya senyawa Maleat anhidrida yang bertindak sebagai senyawa penggandeng (grafting agent) diharapakan mampu berikatan dengan selulosa dan polipropilena. Anggaran Biaya Anggaran biaya yang diusulkan pada penelitian ini disajikan pada tabel dibawah ini. Meningkatnya intensitas dari serapan (-O-H) di bilangan gelombang sekitar 3000 cm-1 menunjukkan bahwa telah terbentuknya ikatan antara TKS dengan MAH. Sisi polar dari MAH akan berikatan dengan sisi polar selulosa sedangkan sisi non polar dari MAH akan berinteraksi dengan sisi non polar dari polipropilena. Persiapan alat dan bahan 3.375. 3.000 4. Bahan Habis Pakai 4.000 3.875.5 PENAFSIRAN DATA Dari data FTIR dapat ditentukan apakah material PP-g-MAH. 1.

.. Converting Waste Plastics Into a Resource. I. Gunawan. and Daul. Division of Technology.K.html) Smith William F. McGraw Hill Publication. Aloma... Hertinvyana. Henkle RN. hal. Principles of Material Science and Enginering.1999. Coffey.Pengolahan Limbah Industri. 1951. 6. 1982. Bandung : Institut Teknologi Bandung Press. D. Tesis PPS Kimia. Biodegradable Polymers and Biocomposites: an overview.1996. A.G.. Sintesis Kopolimer Stirena Maleat Anhidrida dan Karakteristiknya. 20-25. Arifin. Rina. ITT Rayonier. E. R.. D. Mohanty.. 2009. 2002. Misra. Jurnal Sains Materi Indonesia.2012. vol. Lab. G. UNEP (United Nations Environment Programme). C. Mater. Mitchelland. 810847. 2012. Kurniawan. New York. New Jersey. Mc – Granhill Book Company. Eng... G. M. New York Sudirman. Sampah Plastik(file:///I:/Artikel%20plastic%20to%20oil/twitsampah-plastik. material komposit Pengujian dan Analisi Sampel Publikasi dan pelaporan DAFTAR PUSTAKA Andayani. Handerson. ITS Surabaya 2009. Biofibers. Modern Plastics Encyclopedia.10 5.M. Inc. 4... Industry and Economics International EnvironmentalTechnology Centre. Osaka/Shiga . Handayani A.Sintesis dan Karakterisasi Komposit Polipropilena/Serbuk Kayu Gergaji. Rayon in EPST 1st ed. A. Mengenal Kode Kemasan Plastik yang Aman dan Tidak http://ngeblogging.. L. 2000. Bell and A. & Hinrichsen. K. Pembuatan Bioetanol dari TKKS melalui proses Fungal Treatment oleh Aspergillusniger dan permentasi oleh Zymomunas Mobilis.R. Vol 11. K. A.wordpress com/2012/06/14/mengenal-kodekemasanplastik-yang-aman-dan-tidak/. Macromol. Cellulose and Cellulose Derivates... 276/277:1-24 Pahlevi.

saya sanggup menerima sanksi.11 LAMPIRAN-LAMPIRAN LAMPIRAN 1. Anggota dan Dosen Pembimbing Biodata Ketua Pelaksana A. Surakarta. Riwayat Pendidikan Nama Institusi SD SDN 04 pagi Jurusan Tahun Masuk-Lulus Lubang Buaya 2000-2006 SMP SMA SMPN 81 Jakarta SMAN 48 Jakarta 2006-2009 IPA 2009-2012 C. 1 2 3 4 5 6 7 Identitas Diri Nama Lengkap Jenis Kelamin Program Studi NIM Tempat dan Tanggal Lahir E-mail Nomor Telpon/HP Kartika Setia Rini L Kimia M0312033 Jakarta. Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir No Jenis Penghargaan 1 - Institusi Pemberi Penghargaan - Tahun - Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian.com 085780550276 B. (Kartika Setia Rini) NIM. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) Nama Pertemuan No Judul Artikel Ilmiah Ilmiah/Seminar 1 - Waktu dan Tempat - D. 22 September 2014 Pengusul. M0312033 . Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan. Biodata Ketua. 27 September 1994 tikatika15@ymail.

22 September 2014 Pengusul. saya sanggup menerima sanksi. Identitas Diri 1 Nama Lengkap 2 Jenis Kelamin 3 Program Studi 4 NIM 5 Tempat dan Tanggal Lahir 6 E-mail 7 Nomor Telpon/HP Dheo Adha Saputra L Kimia M0312015 Jakarta. Surakarta. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian. Riwayat Pendidikan SD SMP SDN Cilangkap SMPN 7 Depok Nama Institusi SMA SMAN 2 Depok 2 Depok Jurusan Tahun Masuk-Lulus 2000-2006 2006-2009 C. (Dheo Adha Saputra) NIM. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) Nama Pertemuan No Judul Artikel Ilmiah Ilmiah/Seminar 1 - IPA 2009-2012 Waktu dan Tempat - D. 20 Mei 1994 dheodheo@yahoo. Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir No Jenis Penghargaan 1 - Institusi Pemberi Penghargaan - Tahun - Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. M0312015 .com 085693942371 B.12 Biodata Anggota 1 A. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan. M0313044 . Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir No Jenis Penghargaan 1 - Institusi Pemberi Penghargaan - Tahun - Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Identitas Diri 1 Nama Lengkap 2 Jenis Kelamin 3 Program Studi 4 NIM 5 Tempat dan Tanggal Lahir 6 E-mail 7 Nomor Telpon/HP Meyta Dyah Prameswari P Kimia M0313044 Bekasi. saya sanggup menerima sanksi.13 Biodata Anggota 2 A. 22 September 2014 Pengusul.com 087804367138 B. Surakarta. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) Nama Pertemuan No Judul Artikel Ilmiah Ilmiah/Seminar 1 - Waktu dan Tempat - D. (Meyta Dyah Prameswari ) NIM. 01 Mei 1995 Meytadyah@gmail. Riwayat Pendidikan SD Nama Institusi Jurusan Tahun Masuk-Lulus SDN SMP SMA SMPN 7 Tambun SMAN 2 Tambun Pengasinan 7 Selatan Selatan 2001-2006 2007-2009 IPA 2010-2013 C.

Riwayat Pendidikan SD SMP SDN Kramat 08 SMPN 76 Jakarta Nama Institusi SMA SMAN 27 Jakarta Pagi Jurusan Tahun Masuk-Lulus 2001-2006 2007-2009 C. saya sanggup menerima sanksi. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) Nama Pertemuan No Judul Artikel Ilmiah Ilmiah/Seminar 1 - IPA 2010-2013 Waktu dan Tempat - D. 22 September 2014 Pengusul. M0313050 . Identitas Diri 1 Nama Lengkap 2 Jenis Kelamin 3 Program Studi 4 NIM 5 Tempat dan Tanggal Lahir 6 E-mail 7 Nomor Telpon/HP Muhammad Fazar Razak P Kimia M0313050 Jakarta. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian. (Muhammad Fajar Razak) NIM. Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir No Jenis Penghargaan 1 - Institusi Pemberi Penghargaan - Tahun - Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.com 08568936658 B.14 Biodata Anggota 3 A. Surakarta. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan. 21 September 1995 fajarrazak@yahoo.

(Edi Pramono. Identitas Diri 1 Nama Lengkap 2 Jenis Kelamin 3 Program Studi 4 NIDN 5 Tempat dan Tanggal Lahir 6 E-mail 7 Nomor Telpon/HP Kimia B.) NIDN. 22 September 2014 Dosen Pembimbing. Surakarta. saya sanggup menerima sanksi. Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir No Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun 1 Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.15 Biodata Dosen Pembimbing A. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian. Riwayat Pendidikan SD Nama Institusi Jurusan Tahun Masuk-Lulus - SMP - SMA IPA C. . Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) Nama Pertemuan No Judul Artikel Ilmiah Ilmiah/Seminar 1 Waktu dan Tempat D. M.Si.

000 Minyak goreng 1 Lt 13.000 Pembelian MAH 1 pak 468. Ph Eur 1 botol (1 L) 1.000 495.5 L) 495.000 .000 10.501.000 2.000 105.000 406.125.000 p-Xylene for Analysis EMSURE ISO 1 Botol (2.000 475.000 Ethanol Absolut EMPLURA 1 Botol (2.000 Acetone EMPLURA 1 Botol (2.000 1.000 Pembelian Xylene teknis 3 Lt 35.575.501.16 LAMPIRAN 2.000 50.5 L) 406.5 L) 475.000 Toluen EMPLURA 1 Botol (2.000 200.000 N.ISO.000 Limbah PP 5 Kg 5. Bahan Habis Pakai Penggunaan Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp) Pembelian TKS 1 tandan 200.N-Dimethylformamide for analysis EMSURE ACS.000 2.5 L) 2.000 Pembelian hidroquinon 5gr 10.575.Reag.000 13. Justifikasi Anggaran Kegiatan 1. Peralatan Penunjang Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) SUB TOTAL (Rp) Jumlah (Rp) 3.000 468.

000 .000 100.000 laporan Legalitas Proposal 1 10.000 1. Lain-lain Material Publikasi Poster Justifikasi Pemakaian Publikasi dalam Jurnal atau seminar Pelengkap publikasi pada Kuantita Harga s Satuan (Rp) Jumlah (Rp) 1 1.000 12.000 ini bukan 4.000 SUB TOTAL (Rp) TOTAL (Rp) 15.500.000 45.500.000 seminar Pembuatan Kertas A4 proposal dan laporan Pembuatan Tinta proposal dan laporan Jilid dan perbanyak Jasa photocopy Materai 6000 Akses lab Penelitian Kimia Label 1 rim 1 botol/pak proposal dan 2 2.000 45.17 Sub Total 4.000 massss :( 3.000 1 100.000 150.000 50.000 50.000 1.375.875.000 Penelitian 3 50. Perjalanan Material Justifikasi Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp) SUB TOTAL (Rp) 4.000 Labeling bahan 3 5.000 10.797.500.500 5.

18 .

1. Preparasi 4. Kimia 8 Jam/minggu sintesis monomer uretan. Dheo Adha Kimia Material Saputra/M0312015 (MIPA) Fisik NPU.19 LAMPIRAN 3. Muhammad Fajar Kimia Razak (MIPA) bahan. Prameswari/M0313 044 Kimia (MIPA) bahan. Analisa data Sintesis 2. Kartika Setia Rini/ Kimia Polimer 10 Sintesis M0312033 (MIPA) Organik Jam/minggu NPTE-Si. Kimia 8 Jam/minggu sintesis monomer uretan. . Susuan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas No Nama/NIM Program Bidang Alokasi waktu Studi Ilmu (Jam/minggu) Uraian Tugas Koordinator. 8 Jam/minggu Analisa data fisik NPTESi Preparasi Meyta Dyah 3.

Pembantu Rektor III Yang menyatakan. maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima kekas Negara. Surat Pernyataan Ketua Peneliti KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Jl. Surakarta 57126 SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA Yang bertandatangan di bawahini : Nama : Ozi Adi Saputra NIM : M0311052 Program Studi : Kimia Fakultas : MatematikadanIlmuPengetahuanAlam Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-P saya dengan judul : Pengaruh Grafting Polipropilena dan Serat Tandan Kelapa Sawit terhadap sifat mekanik dan termal komposit PP-g-MAH/TKS-g-MAH Yang diusulkan untuk tahun anggaran 2015 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain. (Drs. M0312033 . Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenarbenarnya. Sutami. Ir. Surakarta. No 36A Kentingan. Dwi Tiyanto. SU) NIP. 19540414 198003 1 007 (Kartika Setia Rini) NIM. Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini. 22 September 2014 Mengetahui.20 LAMPIRAN 4.