You are on page 1of 10

BAB II

PROFIL PERUSAHAAN

A. Sejarah Singkat Perusahaan
PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya berdiri atas gagasan K.M Sinaga pada
tahun 1957 ketika dia masih bekerja pada Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912 di
Jakarta. Gagasan ini semakin berkembang alagi dia berkunjung ke Australia tahun
1960. Disana beliau mengikuti latihan kerja selama 6 bulan pada salah satu
perusahaan asuransi bernama Temperance and Gneral Mutual life Society. Salah satu
yang dapat dilihat, diilhami dan di pelajarinya di Negara kanguru itu adalah
perusahaan asuransi jiwa itu memiliki peranan yang besar dalam kehidupan manusia
karena dapat menghasilkan dana dan sekaligus merupakan manifestasi dari gotong
royong.
Pada tahun 1963 K.M Sinaga kembali ke tanah air dan sekaligus melanjutkan
pekerjaanya pada Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912. Di saat melaksanakan
pekerjaanya, beliau selalu mengalami banyak permasalahan, untuk itu beliau
meminta saran kepada atasanya yaitu Notohamiprojo (presiden direktur Asuransi
Jiwa Bumi Putera 1912/non aktif), yang pada saat itu menjabat sebagai menteri
keuangan Indonesia. Pertemuan itu berlangsung dengan suasan yang baik dan
gagasan yang dikemukakan oleh K.M Sinaga untuk mendirikan asuransi jiwa
dihargai dengan baik.
Pada tahun 1965, K.M Sinaga diberhentikan dengan hormat dari Asuransi
Jiwa Bumi Putera 1912 tanpa penghargaan, walaupun sebelumnya dia telah
mendapat predikat

“Bintang Dinas Liar” karena posisi yang dimilikinya dalam

Universitas Sumatera Utara

sedangkan Jaya berasal dari kata Jayakarta.M Sinaga bekerja dulu. H Sinaga (Alm). Dan akhirnya izin resmi untuk mendirikan PT. Solo No. Bumi Asih Jaya mencoba memasarkan polis dalam dolar Amerika setelah memperoleh izin dari biro lalu lintas devisa Bank Indonesia. Dengan dukungan 274 kantor pemasaran. Pertama kali beroperasi Bumi Asih Jaya di Jl. Simatupang (Alm). Memasuki dekade ke lima. SH.M Sinaga. Djasarlim Sinaga. Nama bumi diambil dari Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912 dimana K. Pada saat Bumi Asih Jaya berdiri. Sebagai perusahaan multinasional Bumi Asih Jaya mengembangkan usahanya dengan mendirikan beberapa anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Untuk memenuhi cita-cita. Pada bulan agustus 1967 dibuat surat permohonan izin untuk mendirikan asuransi yang secara resmi diajukan kepada departemen kehakiman dengan melampirkan akte notaris dan draf aktuaris. Bumi Asih Jaya memiliki lebih dari 6000 orang tenaga kerja yang professional. 35 kantor pemasaran askol dan 24 kantor pemasaran agency.memajukan perusahaan. sedangkan Asih berasal dari kata asih. Untuk mengembangkan kepercayaan terhadap asuransi. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya itu diterima pada bulan agustus 1967. 4. Namun demikian keadaan tersebut menimbulkan semangat dan dorongan untuk mendirikan perusahaan asuransi jiwa. Dengan demikian Bumi Asih Jaya adalah perusahaan asuransi jiwa yang pertama menjadi polis dalam mata uang dolar. Jakarta Pusat. Kelima pendiri Bumi Asih Jaya adalah K. Bumi Asih Jaya memiliki jaringan pemasaran yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia. Universitas Sumatera Utara . maka kepercayaan masyarakat terhadap asuransi hilang. Dr. kondisi perekonomian Indonesia dilanda inflasi yang sangat tinggi.

serta memperhatikan hubungan fungsi dan aktivitas sampai batas-batas tertentu. FALIA. Untuk memperluas jaringan bisnisnya di luar negeri. Struktur organisasi menjelaskan pembagian aktivitas kerja. Tanggung jawab para manajer harus diatur agar dapat mencapai rencana strategis. Untuk itu Bumi Asih Jaya menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi dan reasuransi asing seperti Gibraltar life (Jepang) dan Munich Re (Jerman). dan IIC. maka stabilitas dan komunitas organisasi bisa tetap bertahan. B. dukungan internasional sangat dibutuhkan. Setiap perusahaan membentuk stuktur organisasi di dalam perusahaan yang menidentifikasi tangung jawab setiap posisi pekerjaan dan hubungan antara posisi-posisi itu. Universitas Sumatera Utara . Struktur organisasi juga mengidentifikasi bagaimana semua tanggung jawab pekerjaan saling melengkapi. struktur organisasi memperlihatkan tingkat spesialisasi aktiva tesebut. MIA. Stuktur Organisasi Setiap perusahaan hendaknya memiliki rencana strategi yang mengidentifikasi arah bisnis dimasa yang akan datang. Dengan adanya struktur organisasi.Kegiatan bisnis anak perusahaan Bumi Asih Jaya juga telah merambah ke seluruh Indonesia. Selain itu Bumi Asih Jaya juga terdaftar sebagai anggota organisasi internasional seperti LIMRA. serta hubungan pelaporan. Struktur organisasi berdampak pada efesiensi dimana suatu perusahaan menghasilkan produknya dan oleh karena itu berdampak pada nilai perusahaan. Struktur organisasi juga menjelaskan hirarki dan susunan kewenangan. Selain itu.

yaitu spesialisasi aktivitas. stantarisasi aktivitas. yaitu strategi dan struktur organisasi. Para manajer hendaknya mengatur organisasi dan sub unitnya agar sejalan dengan tujuan perusahaan. tekhnologi sebagai penentu struktur. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya cabang Binjai mengunakan struktur organisasi berbentuk organisasi line (Line Organization) dimana tanggung jawabnya berada dalam satu garis yang merupakan ciri dari organisasi line. Struktur organisasi setiap perusahaan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lainnya. Struktur organisasi sangat kompleks untuk dijelaskan secara lisan. Karena itu perlu dibuat bagan organisasi yang menggambarkan fungsi-fungsi. Memonitor kehadiran Unit Manager (UM). serta kondisi lingkungan organisasi internal dan eksternal.Ada empat elemen dalam struktur. pemasar dan KTUD beserta staf-stafnya Universitas Sumatera Utara . koordinasi aktivitas dan besar unit kerja. C. Memimpin pertemmuan pagi setiap pagi b. Oleh karena itu jenis struktur organisasi yang dipakai harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Job Discription 1 Distrik Manager Mempunyai tugas : a. manusia sebagai penentu struktur serta ukuran dan struktur. Dalam hal ini PT. Ada beberapa factor utama yang perlu diperhatikan dalam menentukan struktur organisasi. kemampuan sumber daya yang dimiliki. departemen-departemen atau posisi tersebut. Hal ini karena kebutuhan dari kondisi atau type setiap perusahaan berbeda-beda.

Memimpin pertemuan pagi di unit sektor setiap hari d. Menjawab surat-surat masuk e. Menjaga nama baik pihak pertama pada khususnya dan dalam dunia perasuransian pada umumnya Universitas Sumatera Utara . Memelihara dan melayani polis-polis dalam unit sektor supaya tetap inforce e. Memelihara dengan baik biaya-biaya yang merupakan inventaris perusahaan i. Melakukan pelatihan AS. Menaati peraturan tata tertib yang berlaku di perusahaan j.c. Mengikuti (PMS) Pembinaan Mental Spritual setiap hari senin dan sabtu h. Melaporkan produktifitas pemasar dan aktivitas keuangan kepada Branch Manager 2 Unit Manager Mempunyai tugas : a. dan AMO di lapangan baik dengan job sampling dan job training secara bergantian setiap hari c. Mengusulkan promosi dan degradasi f. Melakukan rekrultig setiap pagi b. Membuat dan melaporkan aktivitas unit sector kepada kepala pemasaran distrik atau Distrik Manager setiap minggu f. Mengikuti pertemuan rutin dan non rutin di kantor pemasaran cabang g. AG. Memeriksa dan menandatangani LKH d.

dan 29) f. Memelihara dengan baik barang-barang yang merupakan inventaris perusahaan f. Membuat dan memeriksa LKH. Menjaga nama baik pihak pertama pada khususnya dan dunia perasuransian pada umumnya 4 Kepala Tata Usaha Distrik Mempunyai tugas : a. Mengikuti PMS setiap hari senin dan sabtu e. Mentaati peraturan tata tertib yang berlaku di perusahaan g. dan AMO Mempunyai tugas : a. Distrik Universitas Sumatera Utara . Mengelola portofolio polis c. Memprose administrasi klaim dan pinjaman polis g. Mengentri SP atas produksi baru h. Membuat dan melaporkan aktivitas kepada unit manager setiap hari kerja d. Mengawasi dan mempertanggung jawabkan pencapaian target PL b. Mengikuti pertemuan pagi di unit setiap pagi b. Menyusun dan melaporkan cash flow kapem. Menghitung dan menyetor pajak penghasilan (PPh Psl.21.3 Agen Senior (AG). RC. Membuat daftar penerimaan bonus semester dan tahunan i. Memelihara dan melayani polis-polis tutupan pribadi atau substitusi supaya tetap inforce c. Agen Senior (AS).23. Penyerahan polis baru d. Bank/Giro Pos e.

Penyamaan data status bayar polis bermasalah d. Pengembangan pribadi 6 Kasir Mempunyai tugas : a. Membuat laporan-laporan distrik k. Membuat rekonsiliasi bank e. Mencetak dan meneliti daftar polis e.j. Mengentri transaksi kedalam aplikasi keuangan Universitas Sumatera Utara . Mencatat bukti penerimaan dan bukti pengeluaran c. Pengembangan diri 5 Tata Usaha Penagihan Mempunyai tugas : a. Memeriksa setoran CS dan menerima kwitansi yang belum tertagih c. Mencetak/membuat lembar kas harian d. Menatausahai administrasi pinjaman polis f. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan g. Menerima setoran uang premi pertama dan premi lanjutan b. Melakukan tugas lain yang diberikan atasan n. Menerima blangko kwitansi dari KP dan mencetak kwitansi PL phisik/giro b. Penegakan disiplin karyawan distrik m. Pengadaan dan pemeliharaan barang-barang inventaris kantor distrik l.

Menyerahkan polis-polis baru kepada nasabah e. Melakukan pelayanan penagihan PL c. Melakukan after sales service f. Melakukan tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan i. Melaksanakan tugas lain sesuai yang diberikan atasan f. Membuka dan menutup pintu kantor b. Membersihkan/merapikan ruangan dan lingkungan kantor c. Mempersiapkan minuman karyawan di kantor d. Meningkatkan pengembangan diri 8 Office Boy Mempunyai tugas : a.7 Customer Service Mempunyai tugas : a. Menatausahai administrasi penagihan premi lanjutan (PL) b. Mengikuti pembinaan mental spiritual h. Memelihara keamanan kantor dan lingkungan e. Pangembangan diri Universitas Sumatera Utara . Melakukan pelayanan penagihan pinjaman dan bunga pinjaman polis d. Mengikuti pertemuan pagi setiap hari g.

293 polis terdiri dari 28. dan 125 Kapem Sektor.D. Hasil Usaha a. Menyadari pentingnya hal tersebut.940 polis induk askol dengan 428. Sedangkan yang memiliki gelar profesi asuransi juga semakin meningkat yaitu 2 orang AAIJ. b. Hasilnya terlihat bahwa pada tahun 2008 jumlah karyawan dinas dalam yang tercatat memiliki gelar sarjana S1 sebanyak 206 orang dan S2 sebanyak 10 orang. sampai akhir tahun 2008 perusahaan memiliki jaringan kantor pemasaran yang tersebar diseluruh Indonesia sebanyak 274 kantor terdiri dari 12 Kapem cabang. seminar.438 peserta. perusahaan secara berkesinambungan meningkatkan kualitas SDMnya melalui pendidikan formal dan nformal. 2. 5. Pertanggungan Aktif Pertanggungan aktif atau portofolio asper dan askol tahun 2008 tercatat sebesar 928.000. 3. 137 Kapem Distrik. pelatihan. Produksi Baru Realisasi pencapaian produksi tahun 2008 sebesar 32. 67 orang AAAIJ.212. workshop dan ujian-ujian gelar profesi.353 polis asper dan 3. Jaringan Distribusi Untuk mempercepat pelayanan kepada pemegang polis di daerah masingmasing. Sumber Daya Manusia Kunci utama dalam memberikan pelayanan terbaik adalah SDM yang berkualitas. Kinerja Usaha Terkini 1.290 polis/peserta dengan jumlah uang pertanggungan Rp. dan 4 orang ASAI. 2 orang FSAI. Universitas Sumatera Utara .

PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya cabang Binjai Juga ingin memperluas atau ingin menambah anak perusahaan agar perusahaan mereka dapat berkembang luas dan menjadi perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak dibidang perasuransian. Rencana Kegiatan Rencana kegiatan merupakan rencana kegiatan perusahaan dimasa yang akan datang dan yang menjadi rencana kegiatan PT. Dan juga mereka mengharapkan laba perusahaan yang meningkat dari tahun sebelumnya sehingga perusahaan dapat berjalan terus tanpa mengalami kendala yang serius.E. yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang lebih bagus lagi kepada para pemegang polis dan juga mereka membuat dan mengeluarkan produk-produk baru yang lebih menarik minat para masyarakat agar mau bergabung dengan perusahaan asuransi mereka sebagai pemegang polis. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya cabang Binjai adalah meningkatkan mutu perusahaan agar lebih baik lagi yaitu dengan menjadikan perusahaan mereka perusahaan asuransi jiwa yang terkemuka dan terbaik di Indonesia dengan menerapkan sistem manajemen mutu pada semua kegiatan perusahaan untuk kepuasan pemegang polis. Universitas Sumatera Utara .