Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran

:
:

Sekolah Menegah Pertama
IPA

Kelas/Semester
Topik
Sub Topik
Alokasi Waktu

:
:
:
:

VII/ Semester I
Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi
2X 40menit (1kali tatap muka)

A. KOMPETENSI DASAR
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek,fisik
dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan
serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;
cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif
dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
2.2.Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam
aktivitas
sehari-hari
sebagai
wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
3.3. Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda
tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai
makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup
4.3. Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda,
tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar
B.

INDIKATOR
1. Menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup
2. Mengklasifikasikan tumbuhan yang dijumpai pada saat pengamatan berdasarkan
manfaatnya
3. Mengklasifikasikan hewan berdasarkan kesamaan ciri-ciri yang dimiliki
4. Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab,
saling menghargai pendapat

C.

TUJUANPEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyebutkan tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup melalui
diskusi data hasil observasi
2. Melalui kajianLKS, siswa dapat
mengklasifikasikan tumbuhan berdasarkan
manfaatnya
3. Melalui kajian LKS,siswa dapat mengklasifikasikan hewan berdasarkan kesamaan
ciri-ciri yang dimiliki
4. Mengembangkan perilaku rasa ingin tahu, teliti, jujur, tekun, tanggungjawab,
saling menghargai pendapat melalui kegiatan diskusi kelompok

D. MATERI
1.
Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup
yang sangat beraneka ragam, sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya.
2.
Manfaatnya adalah:
a. Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah
dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.
b. Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa

: Scientifc : Diskusi dan Eksperimen : Problem Based Learning MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN 1. Metode 3. c. Menggunakan kategori. Buku IPA SMPkelas VII. PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN 1. E. LKS Klasifikasi makhluk hidup G. Pendekatan 2. siswa diminta untuk mengamati  Guru menyampaikan pertanyaan kepada siswa “Bagaimana caranya agar lebih mudah mempelajari keanekaragaman makhluk Alokasi Waktu 10 menit 50 menit . Pengelompokan makhluk hidup dilakukan berdasarkan manfaat/kegunaannya. darat. c. Menggunakan dua kata. Menggunakan bahasa Latin. jika darat siswa diminta menyebutkan binatang yang berjalan didarat dan jika laut siswa diminta me menyebutkan binatang  Guru menayangkan berbagai gambar binantang dan tumbuhan. Model F. Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama (2JP) Langkah-langkah pembelajaran Kegiatan Pendahulua n Kegiatan Inti Tahapan Pokok Kegiatan Pembelajaran Persiapan  Motivasi  Orientasi siswa pada masalah Guru memberi salam pada siswa. Puskurbuk 2013 b.LCD Sumber Belajar a. 3. Media : Charta.mendatang. b. Prinsip utama pemberian nama makhluk hidup dengan menggunakan binomial Carolus Linnaeus adalah : a. menanyakan keadaan siswa Guru mengajak siswa bermain (udara. 2. persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimiliki berbagai makhluk hidup tersebut 4. Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya. laut)  Jika guru menyebut udara. siswa diminta menyebutkan nama binatang yang bisa terbang.

penarikan kesimpulan di depan kelas (diskusi  kelas). mengamati tumbuhan dan binatang yang mereka temukan di kebun dengan ciri-ciri  Siswa melakukan penyelidikan sesuai LKS dan berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi.  Kelompok siswa yang berhasil memecahkan permasalahan diberi pengahargaan  Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari siswa (dapat menggunakan paper and pencil test atau authentic . dan ras  Siswa menerima LKS Klasifikasi Makhluk Hidup  Siswa diminta menuju ke halaman/kebun sekolah.  Siswa melakukan diskusi kelompok untuk melakukan kegiatan : 1.  Guru memfasilitasi dan membimbing kelompok belajar berdiskusi untuk menjawab permasalahan aktual yang ada di lingkungan. Siswa dibimbing guru melakukan meni t analisis terhadappemecahanpemecahan masalah yang telahditemukan siswa. gender.  Siswa menyajikan laporan pembahasan hasil temuan. Menklasifikasikan tumbuhan menurut fungsinya 2. Mengklasifikasikan hewan menurut dimilikipertanyaan pada  ciri-ciri Siswa yang menjawab LKS dan menyajikan dalam laporan tertulis.Kegiatan Tahapan Pokok Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu  Mengorganisa sisisiswa dalam belajar Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok Mengembang kandan menyajikan hasil karya Penutup Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah  Siswa membentuk kelompok belajar sesuai arahan guru dengan mempertimbangkan kemampuan akademik.

PENILAIAN 1. dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompo ketika disuruh 1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan. namun tidak terlalu antusias. Contoh Instrumen Lembar Pengamatan Sikap No Aspek yang dinilai 1 Rasaingintahu(curiosity) 2 Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan 3 Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar 4 3 2 1 Keterangan Rubrik Penilaian Sikap No Aspek yang dinilai Rubrik 1. Ketelitian dan hatihati 3 .H.hati dalam melakukan percobaan . sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun telah didorong untuk terlibat 2. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur.hatihati dalam melakukan percobaan 2. antusias. mengamati hasil percobaan sesuai prosedur.kurang hati. Menunjukkan rasa ingin tahu 3: menunjukkan rasa ingin tahu yang besar.mengamati hasil percobaan sesuai prosedur. kurang hati.hati dalam melakukan percobaan 1. Metode dan Bentuk Instrumen Metode BentukInstrumen  Observasi Perilaku   Tes tertulis   Penilaian Produk  LembarPengamatanSikapdanRubri k Lembar tes tertulis dan rubrik Lembar Penilaian Produk dan rubrik 2. aktif dalam dalam kegiatan kelompok 2: menunjukkan rasa ingintahu.

lalat dan kaki seribu. bunga anggrek. bunga anggrek.dan tugasnya tidak selesai 3. Klasifikasi makhluk hidup bertujuan menyederhanakan objek studi makhluk hidup yang sangat beraneka ragam. jagung bunga mawar Klasifikasi Hewan No Nama Binatang Tanaman Obat Kunyit. Apa tujuan dan manfaat dari klasifikasi 2. jahe . tanaman hias dan tanaman obat 3. Untuk penelitian lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan. cacing. Manfaatnya adalah: a. bunga sepatu. bayam. sehingga akan lebih mudah dalam mempelajarinya. dapat mengemukaan gagasanatau ide. Seorang pelajar melakukan pengamatan di kebun. tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide. Untuk mengetahui hubungan antara organisme satu dengan lainnya 2. Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati dimasa mendatang. semut. Dia mendapatkan beberapa jenis hewan diantaranya belalang. jahe. sawi. Butlah pengemlompokan tanaman tersebut menurut kegunaannya sebagai bahan makanan. 2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas. sawi. 3. Klasifikasi Tumbuhan Bahan Makanan Tanaman Hias Bayam. bunga sepatu. c. berupaya tepat waktu. b. menghargai pendapat siswa lain 2.kangkung.namun belum menunjukkan upaya terbaiknya 1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas. aktif dalam tanyajawab.kurang menghargai pendapat siswa lain Contoh Penilaian Pemahaman 1. dan bunga mawar. Kelompokkan hewan tersebut menurut kesamaan ciri yang dimiliki Kunci Jawaban 1. menghargai pendapat siswa lain 1. tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide.3 Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok 4 Berkomunikasi 3: tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan. jagung. singkong. Di kebun Pak Samidin terdapat beberapa tanaman diantaranya kunyit. aktif dalam tanyajawab. kangkung.. kupu-kupu. singkong. capung. aktif dalam tanyajawab.

Contoh Penilaian Produk Mater i Pelajaran Nama Produk Alokasi Waktu : Klasifikasi Makhluk Hidup : : Nama Peserta didik : Kelas No. . 1 Tahapan Struktur laporan 2 Kesesuaian dengan materi 3 Kreatifitas : Skor (1 –5)* TOTAL SKOR Catatan : *) Skor diberikan dengan rentang skor 1 sampai dengan 5. dengan ketentuan semakin lengkap jawaban dan ketepatan dalam proses pembuatan maka semakin tinggi nilainya.

SMP ModulPelatihanImplementasiKurikulum2013 .