You are on page 1of 17

ARTIKEL

ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL PADA IKLAN NIAGA DI HARIAN
ANALISA MEDAN

Disusun dan Diajukan oleh:
NETI TITIN JUNIAR
NIM 208212024

Telah Diverifikasi dan Dinyatakan Memenuhi Syarat
Untuk Diunggah pada Jurnal Online

Medan, Februari 2013
Menyetujui :

Editor

Hendra K. P. Sos,. M. I. Kom
NIP 19770717 200604 1 001

Pembimbing Skripsi

Drs. James Silalahi
NIP. 1952202641977021001

newspapers PENDAHULUAN Bahasa memiliki peranan yang sangat penting dalam proses komunikasi. Keywords: Advertising. This type of research used by the author is descriptive method with qualitative approach. The contextual meaning is significant commercial advertising offers convenience. Sources of data in this study were obtained from commercial advertising in the Daily Field Analysis. offering convenience and service.ANALISIS MAKNA KONTEKSTUAL PADA IKLAN NIAGA DI HARIAN ANALISA MEDAN OLEH NETI TITIN JUNIAR ABSTRACT The title of this study "Analysis of the Meaning of Contextual Advertising Commercial Daily Issue Field Analysis". The results of this study indicate that commercial advertisement. Data that have been collected and analyzed using the theory and the semantic approach based on the meaning Contextual. semantics. all have meaning and purpose. setiap orang dari berbagai negara di dunia mampu dengan cepat melakukan komunikasi ke mana saja dan kapan saja. If the community has been affected even buy the product then the purpose of the advertisement is reached. advocacy. meaning. advanced in technology. This study aimed to systematically describe the data collected and then researched and produced scientific data description. published in the Daily Field Analysis of data by 22 commercial ads were netted. Meaning contained in the text or image associated with commercial advertising serves to introduce the product and influence the public or the reader to consume it openly. Dengan adanya kemajuan dalam bidang komunikasi dan informasi. offering sophisticated services. advanced technology. the suggestion to use product. Message or intent to convey the producers poured through texts and associated images. . namely how to attract the attention of consumers. Demikian halnya dengan proses penyebaran informasi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat ke seluruh penjuru dunia. and most importantly advertising on commercial advertising.

yaitu media cetak. sehingga banyak produsen iklan berlomba-lomba memasarkan produk dan jasa melalui iklan niaga di harian Analisa. dipasang di dalam media massa seperti surat kabar dan majalah. Iklan digunakan untuk menyampaikan pesan kepada produsen mengenai suatu produk atau jasa tertentu dengan tujuan untuk mempengaruhi khayalak ramai sehingga mereka tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. ialah Harian Analisa. (2) pemberitahuan kepada khalayak ramai mengenai barang atau jasa yang dijual. Salah satu surat kabar terbesar di Medan. Iklanpun dituntut untuk dapat tampil menarik dan mampu memikat target konsumen yang semakin jeli dan pintar. membujuk) kepada khalayak ramai tentang benda dan jasa yang ditawarkan. elektronik. kegiatan pertama yang tejadi pada konsep bahasa dalam pikiran kita adalah menyimak informasi tersebut dan . Ketikan kita mendapatkan sebuah informasi. Harian Analisa memiliki kapasitas khusus halaman yang banyak dalam penerbitan iklan. melainkan bahasa yang berisi informasi tertentu disampaikan melalui media massa. Bahasa tersebut tidak hanya disampaikan secara tatap muka.Kebutuhan dunia komunikasi di Indonesia telah memungkinkan bahasa tersebut mengalami perkembangan yang cukup signifikan dalam hal penyampaian. Salah-satu contoh penyampaian informasi melalui media massa ialah iklan. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI:882) mendefinisikan iklan sebagai (1) berita pesanan (untuk mendorong. serta online dan peluang terbesar produsen iklan dalam memasarkan produk atau jasa melalui iklan niaga di surat kabar. Pesan produsen tersebut disampaikan melalui iklan dalam bentuk bahasa melalui klasifikasi media massa.

Menurut rangkuman tersebut. tentunya keseluruhan konten tersebut berupa informasi.kemudian memaknainya. namun ujaran dalam iklan tersebut sering kali membingungkan. Informasi yang sering kali tampil menarik perhatian pembaca adalah iklan niaga. Semantik adalah ilmu yang mempelajari tentang makna bahasa. Iklan niaga dalam sebuah surat kabar dikemas sedemikian menarik. Berdasarkan ada tidaknya refren dapat dibedakan adanya makna refrensial dan non refrensial. Dan Makna Konseptual” Oleh Colin dalam Widi Widawati. waktu dan lingkungan penggunaan leksem tersebut. Berdasarkan ada tidaknya nilai rasa pada sebuah kata dapat dibedakan adanya makna konotatif dan denotatif. Sarwiji (2008:71) memaparkan bahwa makna kontektual (contextual meaning. Misalnya. Mana konteks juga dapat berkenaan dengan situasinya yakni tempat. situational meaning) muncul sebagai akibat hubungan antara ujaran dan situasi pada waktu ujaran dipakai. ketika kita membaca sebuah koran. Berdasarkan ketepatan makna dapat pula dibedakan makna istilah atau makna . iklan niaga juga disajikan dengan situasi berupa photo atau gambar. Kemudian Chaer (1994:290) mengungkapkan bahwa makna kontekstual adalah makna sebuah leksem atau kata yang berada di dalam konteks. Berdasarkan jenis semantiknya dapat dibedakan antara makna leksikal dan gramatikal. Selain ujaran. Makna Konstruksi. perkembangan dan perubahannya. Makna Kontekstual. Dalam blognya Elyhamdan mengutip sebuah rangkuman semantik bahasa Indonesia yang menjelaskan jenis-jenis makna. jenis makna dapat dibedakan berdasarkan beberapa kriteria dan sudut pandang. Koran adalah sebuah media cetak yang menyuguhkan berbagai konten.

khusunya iklan niaga tidak terlepas dari jumlah atau kapasitas halaman yang tersedia dalam pencantuman iklan tersebut. Produk yang diiklankan berupa produk jasa perbankan sementara tayangan iklan yang dimunculkan berupa seorang wanita yang berbelanja. pembaca akan mengartikan maksud dan makna verbal yang berbeda dalam iklan tersebut . jenis makna dapat digolongkan ke dalam dua jenis. tabungan yang mengerti wanita” “Satu-satunya tabungan yang memberi banyak manfaat” “Tunggu apalagi. dan ketika di kantor. Dengan realitas tersebut iklan niaga di era globalisasi ini telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari harian Analisa serta berpengaruh dalam kehidupan masyarakat terutama masyarakat yang sedang mencari lowongan pekerjaan. Penerbitan iklan di surat kabar. Namun berdasarkan situasi konteks yang terjadi dalam penerbitan iklan tersebut. (2) selain mudah bertransaksi. yaitu makna leksikal dan kontekstual.umum dan makna khusus. bahasa iklan niaga bersifat ringkas. segera buka tabungan BII Woman One. mempunyai maksud bahwa (1) meskipun sibuk. Sehingga muncul fenomena bahwa. data di atas tidak berhubungan dengan dengan iklan yang dimaksud. Salah satu contoh iklan niaga yang menjadi bahan kajian penulis ialah iklan niaga terbitan harian analisa Medan bidang perbankan. Selain pembagian tersebut. BII Woman One mengerti permasalahan wanita dan memberikan banyak manfaat kepada wanita yang menggunakan BII Woman One. Jika diperhatikan. tapi bisa menikamati kemudahan bertransaksi melalui BII Woman One. seorang wanita yang banyak kerjaan. karen kami tahu anda tidak akan melewati kesempatan ini” Iklan di atas muncul dalam situasi seorang wanita dengan segala aktivitas sehari-hari. Dalam iklan perbankan BII tersebut menampilkan beberapa leksem di antaranya : “BII Woman One. yaitu bank BII. menemani anaknya bermain di taman hiburan. sehingga iklan tersebut selain khas dan menarik.

Bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam periklanan tersebut memiliki makna tersendiri. Alasanya pemilihan lokasi ini adalah karena peneliti terdaftar sebagai anggota perpustakaan tersebut. Sumber data yang dimaksud yaitu data dari media cetak .Iklan yang dibuat tersebut membentuk citra produk yang diiklankan. Dalam pembuatan iklan. Dalam penelitia ini. Maka. yang menjadi sumber data bagi peneliti adalah Penelitian ini memperoleh sumber data dari harian yang terbit di Medan. penulis mencoba melalukan penelitian ini melalui pendekatan semantik yaitu makna kontekstual METODOLOGI PENELITIAN Penelitian ini dilakukan di Perputakaan Daerah (PUSDA) kota Medan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah makna konteksual pada bahasa iklan niaga di harian Analisa Medan? Berdasarkan fenomena di atas. produsen berusaha menyampaikan pesan kepada konsumen dalam bentuk lambang bermakna yaitu bahasa. penulis merasa bahwa iklan niaga di harian Analisa layak untuk dikaji berdasarkan makna kontekstual karena tidak semua pembaca harian Analisa memahami iklan niaga tersebut. koleksi buku yang terdapat di perpustakaan tersebut terbilang lengkap. yakni Harian Analisa periode terbit September 2012. sehingga sebagian masyarakat tidak akan langsung memahami makna iklan niaga tersebut. sesuai dengan tempat tinggal peneliti dan perpustakaan tersebut memiliki sarana dan prasarana untuk kalangan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Mahasiswa. Penelitian tersebut dilakukan pada bulan Oktober 2012. perpustakaan tersebut masih berada dikawasan Medan. Sumatera Utara.

Metode penelitian merupakan kunci yang paling pentig untuk mengetahui hasil dari penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. pemilihan metode yang tepat aka menjawab masalah dalam penelitian tersebut. Penelitian deskriptif dalam penelitian ini adalah upaya untuk menganalisis data yang telah dideskripsikan yaitu penelitian yang dilakukan berdasarkan iklan niaga yang ada dalam harian Analisa Medan. . gejala. dengan teori semantik.dengan mengelompokkan iklan niaga yang akan dianalisis. tetapi hanya menggambarkan apa adanya tetang suatu variabel. Baik maupun buruknya kualitas hasil penelitian sangat ditentukan ketika memilih metode penelitian. atau keadaan. Sedangkan Bogdan dan Taylor (dalam Moleong. maka bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Iklan niaga tersebut akan diseleksi dan dianalisis. Oleh karena demikian. 2010:4) adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati. Metode penelitian yang dgunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif menurut Arikunto (1990: 194) menyatakan bahwa penelitian deskriptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu. Penelitian ini akan menggambarkan dan mendeskripsikan data-data kebahasaan berupa kata atau frasa iklan niaga kemudian menganalisis makna kontekstual pada bahasa iklan niaga di harian Analisa Medan.

HASIL DAN PEMBAHASAN PENELITIAN Hasil Penelitian Data dalam penelitian ini berasal dari iklan iaga yang terbit di Harian Analisa selama periode Oktober-November 2012 yang berjumlah 23 iklan niaga. Perlindungan hingga pencegahan masalah rumah dan properti lainnya di ACE Until 20 Nov 2012 Seorang wanita yang tersenyum tanpa beban dengan ujung jari telunjuknya terdapat tombol power (untuk menyalakan fungsi suatu barang) seolah berkata: “Pakaian Bersih Hanya Dengan Satu Sentuhan” Mempesembahkan tombol pintar EASY START untuk pencucian otomatis” dengan sebuah mesin cuci. Seolah mereka menginformasikan bahwa ACE sedang mengadakan diskon penjualan produk-produk tersebut. . Dengan ujaran : Easy Daily Solutions Temukan solusi perawatan. dan produk otomotif. Tabel 1 Data Penelitian No Iklan 1 ACE : The Helpful Place Kategori Iklan produk perawatan rumah tangga 2 produk perawatan rumah tangga POLYTRON : Memang Canggih Situasi Dua orang yang terdiri dari seorang pria dan wanita sedang berdiri dengan di kelilingi berbagai produk perawatan rumah tangga. Adapun 22 iklan niaga tersebut berasal dari kategori iklan produk perawatan rumah tangga. produk perawatan kesehatan dan kecantikan. produk teknologi informasi.

Seorang pria memegang kepalanya sendiri. Seolah memamerkan keindahan rambutnya dan mengadakan komunikasi searah dengan pembaca. Kenali tanda-tanda masalah rambut yang akan mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri anda.Seolahmenuntukkan ketangguha Viva Wavin yang Teruji Turun Menurun. Dimana air mengalir sampai jauh. Untuk menyempurnakan kehidupan penghuninya. rumah adat sibolga. adat karo. Dengan pengalaman trichological selama lebih dari .3 Wavin : for life. Kemudian ada teks: Sumatera Utara menyimpan kekayaan arsitektur rumah adat yang luar biasa. Wavin hadir dengan kekuatan tahan terhadap segala cuaca yang mengalirkan air kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara dari masa ke masa. dan masih banyak lagi. Rumah adat etnis batak. produk perawatan rumah tangga 4 Svenson : Hair Care Expert produk perawatan kesehatan dan kecantikan Seorang pria yang memakai pakaian adat suku batak sedang mengangkat sebuah pipa dengan merkWavin. Arsitektur rumah adat terdapat dalam berbagai bentuk ornamen. pakar rambut terpercana di dunia. Ketahuilah semua dengan Svenson. rumah adat simalunggun. Dengan teks sebagai kata-kata yang diucapkan pria tersebut: Apakah rambut anda lebih cepat menua dari usia anda? Jangan biarkan orang berfikir anda tampak lebih tua dari usia anda yang sebenarnya.

51 tahun. Anda akan membantu Anda tampak menarik! Seorang pria tampan berkulit halus dengan tatapan tajam seolah meyakinkan pembaca akan mutu dari Men’s skin centre dengan teks: “Kulit kencang sempurna hanya di MSC”. Meremajakan dan membuat kulit anda tampak lebih muda. Perawatan tanpa operasi RF Lift dari Men’s Skin Centre menggunakan gelombang frekuensi radio yang menembus hingga ke dalam kulit. Seorang wanita cantik yang terlihat ceria dengan kecantikannya dengan teks: “Lekuk tubuh terbentuk dan cantik di mulai di Mare France Bodyline”. Pendekatan holistik dalam pembentukan . menciptakan efek pengecangan. Perawatan merestrukturasi kolagen dan memperbaiki lapisan permukaan kulit. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi anda. 6 Marie France produk perawatan Bodyline : kesehatan dan kecantikan With You Every Step of the way. 5 Men’s Skin Centres : The Success behind everyman produk perawatan kesehatan dan kecantikan Datanglah ke Svenson hari ini juga! Kami akan pastikan rambut lebih sehat. Jadikan kulit anda sehat dan terevitalisasi dengan Men’s Skin Centre. tim ahli Svenson menggunakan teknologi termutakhir yang akan mendiagnosa kondisi kulit kepala dan kondisi rambut anda sebelum memberikan solusi tepat untuk menargetkan masalah rambut sampai ke akarnya.

Di atas photo kumpulan orang tersebut ada simbol 3J dengan maksud: 1. Mulai dari menganalisa dan menargetkan daerah yang bermasalah secara akurat hingga nasihat diet dan pola gaya hidup. Ia memegang kepala dengan tangan kirinya. Dalam waktu yang singkat. Jumlah dengan simbol takaran. Jadwal dengan simbol Jam dinding. Ada sekumpulan orang yang mengenakan seragam kuning sedang mengadakan kegiatan atau acara kesehatan. 9 Alba Watch : ALBA : Positive and Smart produk teknologi informasi Seorang remaja memakai gaun berwarna emas dengan pose ceria namun elegant. ayo start 3J stop diabetes. sementara di pergelangan tangan kanannya . Dan Sebuah photo 1 strip produk Panadol yang diperbesar dengan bungkus berwarna merah. Lakukan langkah pertama dan kunjungi kami hari ini juga.Jenis dengan simbol beberapa macam makanan. produk perawatan kesehatan dan kecantikan 8 Selalu ingat Panadol Extra produk perawatan kesehatan dan kecantikan Teks: Sakit kepala seperti Migrain? Panadol extra dengan kombinasi kandungan yang terbukti secara klinis dapat meredakan sakit kepala seperti Migrain. 7 Diabetasol Bersama Diabetasol. . 2. Dalam rangka hari Diabetes sedunia 2012.tubuh dan pelangsingan kami siap mendampingi anda di setiap langkah. 3. anda akan memiliki lekuk tubuh sempurna dan sosok yang menawan yang selalu anda idam-idamkan.

Gives you a quick preview to ensure you won’t miss any details. produk teknologi informasi 12 Cross: Its Your Pride produk teknologi informasi 13 Samsung Galaxy Note II: Be creative. Beberapa orang remaja yang terlihat riang sedang menggunakan produk iklan tersbut. Teks tersebut disertai dengan photo sepasang tangan sesorang tanpa tampilan bagian tubuh lainnya yang sedang menggunakan produk iklan tersebut Teks: Each connection has emotion. Seolah ia berkata: “A good day begins with ALBA”. Air View. . Dua buah Hand phone yang berada pada sisi kiri dan kanan robot berwarna hijau dengan pose mengetik untuk menjalankan fiture chat pada aplikasi produk samsung tersebut dengan mudahnya. Kemudian ada tampilan dua tipe jam tangan di sisi kanan photonya. 14 Cross: Snap dragon produk teknologi informasi 15 WIGO : The True produk teknologi informasi Sebuah teks: Do you believe in love at first sight? Seolah digambarkan seorang Wanita dengan pose sensual yang jatuh hati begitu pertama melihat produk Asus Zen Book.memakai aksesoris berupa jam tangan. 10 Asus : produk teknologi informasi Inspiring Innovation – Persistent Perfection 11 Samsung Galaxy Chat : Easy way to touch dan type. Teks: Your Android Smartphone Go Go Go Menampilkan beberapa buah handphone dengan pose seorang wanita yang lompat seolah melesatkegirangan disertai beberapa tampilan fiture dari handphone tersebut. Be stylish produk teknologi informasi . Tiga orang remaja mengangkat jari telunjuknya ke atas.

Photo produk berupa mobil. Teks tersebut tampil bersama produk printer merk cannon. Kemudian di sekeliling mereka muncul tulisan-tulisan yang menunjukan apa yang mereka pikirkan. ibu dan anaknya yang sedang berkegiatan dengan laptonya. Semua bisa rangking satu” Dengan layanan 4G dari WiGO Belajar dengan internet jadi lebih menyenangkan.Broadband 16 Synnex: HP Pavilion your Paradise of fun starts at home Canon Pixma : Quality Promised produk teknologi informasi 18 Wigo : rame-rame asyiknya. sambut idola terbaru beat injeksi Proton Extra produk otomotif Bold & 17 20 produk teknologi informasi menunjukan mereka sangat semangat belajar di kelas dengan teks: “Internetnya seru. Keluarga yang terdiri atas tiga orang. . dahsyat bonus internetnya Tekhnologi informasi 19 New Honda produk otomotif Beat Festival: Jangan berani ngaku gaul!!! Kalau belum ikut acara yang satu ini. Ketiganya fokus kepada kegiatan sang anak dan terlihatkagum dengan tersenyum lebar. Sebuah monitor komputer dalam keadaan stand by dengan tampilan screen saver animasi huruf bertuliskan hp. yaitu ayah. Irit itu perlu asal tetap berkualitas. Group vocal “Cherry belle” yang sedang bepose menaiki produk terbaru kendaraan bermotor honda beat dan seolah memberikan pengumuman sebuah festival dengan keterangan berupa teks yang memuan jenis-jenis perlombaan yang akan diadakan.

Pemakaian bahasa dalam hal ini adalah bahasa iklan.21 22 prime. MPV Premium Dengan Kemewahan Tanpa Batas Proton extra produk otomotif Star: Lebih Bergaya dan Terjangkau Xenia: produk otomotif Beli Xenia Sekarang Hati jadi Tenang Photo produk berupa mobil. oli. Kunjungi showroom daihatsu terdekat sekarang juga atau hubungi daihatsuaccess untuk keterangan lebih lanjut. akan membuat hati anda menjadi tenang karena selama 3 Tahun Anda tidak perlu membayar lagi jasa servis. Teks tersebut disertai photo produk berupa sebuah mobil. Pembahasan Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. bahwa bahasa mempunyai peranan penting dalam periklanan. dan Spare part setiap perawatan berkala. Teks: Gratis 3 Tahun Jasa Servis Gratis 3 Tahun Oli Gratis 3 tahun Spare Parts Bonus happy kontrak servis 3 Tahun/60. seperti iklan niaga yang di analisis yang berdasarkan latar belakang iklan dan tubuh iklan (slogan dan produk iklan) tersebut keseluruhannya memiliki sangkut-pautnya dengan iklan yang bersangkutan. Adapun makna kontekstual iklan . Iklan yang diterbitkan melalui Harian Analisa Medan merupakan salah satu cara bagi para produsen periklanan untuk menarik minat konsumen agar tertarik terhadap produk atau jasa yang diiklankan. Berbagai potensi dalam bahasa dimanfaatkan bagi kepentingan penyusunan pesan iklan.000 km untuk pembelian xenia di bulan ini. tidak terlepas dari faktor sosial dan situasional.

Masyarakat pada umumnya kurang memahami latar belakang iklan dan tubuh iklan (slogan dan produk iklan) tersebut. maka telah diperoleh makna kontekstual yang terdapat dalam latar belakang iklan. menawarkan kecanggihan jasa. menawarkan kemudahan dan jasa iklan serta yang terpenting pada iklan niaga tersebut. Dalam hal ini unsur verbal hanya bersifat sebagai pendukung dan penegas dari apa yang terlihat pada unsur non-verbal. Masyarakat berusaha memahami maksud dan tujuan dari iklan tersebut dengan pandangan mereka masing-masing. canggih dalam teknologi. Kebanyakan makna dan pesan tersebut disampaikan melalui unsur verbal.niaga tersebut bermakna menawarkan kemudahan. Berdasarkan 22 data iklan niaga yang bersumber dari Harian Analisa Medan. sebab unsur verbal lebih mampu bersifat persuasif dan unsur non-verbal yang diyakini akan lebih mudah diingat oleh konsumen. Ketidakpahaman masyarakat terhadap iklan niaga di Harian Analisa Medan disebabkan oleh kurang mengenanya pesan tersebut di hati masyarakat sehingga iklan tersebut tidak komunikatif. . anjuran untuk menggunakan produk. anjuran. teknologi yang canggih. dan tubuh iklan (slogan dan produk iklan) tersebut yang terwujud melalui faktor sosial dan situasional. yaitu dengan munculnya berbagai bentuk persuasif agar produk tersebut mau dibeli oleh konsumen. yaitu bagaimana menarik perhatian konsumen. Makna dan pesan iklan-iklan niaga pada bagian analisis data tersebut menunjukkan niat terselubung dari iklan tersebut.

San. Jakarta: Rineka Cipta. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Arikunto. (2004). Sudaryanto. Pengajaran Semantik. Henry Guntur. Medan:Balai Bahasa Sudiana. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. J. 2010. Abdul. Bandung:Rosda Rani. Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Teori Semantik. 1995. Jakarta:Rineka Cipta Chaer. Bustanul Arifin. 1986. 2006. Penelitian Suatu Pendekatan Arikunto. Dendi. . Suharsimi. Jakarta : Erlangga. L. Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu.1993. 2001. Komunikasi Periklanan Cetak. Jakarta:Kencana Parera Jos. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jalaluddin. Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta. 2003. Mulyana. Bandung: Angkasa. Pateda. Mansoer. Teori dan Praktik Analisis Wacana. 2005. Bandung: Remadja Karya. Deddy. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Manajemen Penelitian. Surakarta: Pustaka Cakra Tarigan. 1989. Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Duta Wacana University Press Sumarlam. Suyadi. 2008. Menguak Takbir Bahasa Jurnalistik. Bandung:Rosda Morissan. 2004. Jakarta: Asdi Mahasatya. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Moleong. Abdul. Bandung: Sianar Baru Algensindo. 2001. Psikologi Komunikasi. Malang: Bayumedia Publishing. Prosedur Praktik. Rakhmat. dan Martutik.DAFTAR PUSTAKA Aminuddin. Suharsimi 2006.

Mulyadi. Analisis Struktural pada Slogan Bank. (Skripsi). Makna Slogan pada Telepon Seluler Sony Ericsson. Medan : Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara. . diakses pada tanggal 28 Juni 2012 Banjarnahor. Medan : Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara. 2009. 2008.org/wiki/Analisa_(surat_kabar). (Skripsi). Retna. Medan : Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara Elshie.Sumber Lain http://id. Wacana Parodi Iklan Rokok di Televisi. (Skripsi).wikipedia. 1995. Lady Rosari.