You are on page 1of 24

PROPOSAL PENGAJUAL JUDUL STRUKTUR &

KONSTRUKSI
BANGUNAN BENTANG LEBAR

DI SUSUN OLEH :
NURUL MUTMAINNAH
60100114053
V/C

JURUSAN TEKNIK ARSITEKTUR
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunianya
yang melimpah penulis dapat diberikan peluang untuk menulis proposal judul tugas besar
dalam mata kuliah Studio Struktur dan Konstruksi Bentang Lebar jurusan Teknik Arsitektur
Uin Alauddin Makassar.
Dalam proposal ini penulis menggambarkan pentingnya mengetahui fungsi bangunan
serta struktur yang dapat digunakan untuk bangunan bentang lebar. Dari pendekatan bentuk
dapat ditentukan struktur yang sesuai dengan fungsi dan bentuknya.
Pada kesempatan ini, tidak lupa penulis mengucapkan terimakasih yang sebesarbesarnya kepada dosen pembibing yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk
menulis proposal ini.
Saya menyadari bahwa penulisan proposal ini masih jauh dari sempurna karena
terbatasnya pengetahuan dan kemampuan dari penulis. Oleh karena itu penulis mengharapkan
kritik dan saran yang membangun guna perbaikan penulisan proposal ini.

Makassar, 30 September 2016

Penulis

Tujuan dan Manfaat . Latar Belakang Telah diketahui bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya yang luar biasa dikarenakan variasi dari budaya yang ada di negara besar ini. Dimana para seniman akan menyuguhkan berbagai macam karya seni yang terkait dengan suara yang dihasilkan dan fasilitas gedung yang mendukung.BAB I PENDAHULUAN A. Pengertian bangunan Gedung pertunjukan ? 2. dan lain-lain. Ruang pertunjukan itu sendiri merupakan ruang yang dipakai untuk mempergelarkan berbagai macam pertunjukan. Keragaman budaya itu diantaranya mencakup keragaman bahasa daerah. Untuk mendapat kualitas akustik dan visual yang sesuai dapat melalui pengolahan bentuk sedemikian rupa terkait dengan ketinggian dan bentuk ruang atau bangunan yang akan mendukung kualitas gedung itu sendiri. Semuanya itu bila diusung dan dikembangkan dapat menjadi suatu aset kesenian yang bernilai tinggi. Bagaimana System struktur plat lipat? C. B. keragaman tarian. Jadi arsitektur interior dari Gedung Pertunjukan Seni tersebut akan banyak dituntutkan pada sisi akustiknya. Di dukung pula dengan pemilihan system struktur yang sesuai dengan fungsi bangunan untuk mampu menopang beban uang ada dengan menciptakan ruangan bebas kolom atau bentang lebar. Contoh gedung pertujukan bentang ? 3. Rumusan Masalah Dari uraian permasalahan diatas maka permsalahan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. musik dan lagu-lagu tradisional maupun modern.

Sistematika penulisan Mengetahui macam – macam struktur bentang lebar. Untuk mempermudah cara mempelajari dan menganalisa penulisan ini. begitupun pendekatan bentuk yang telah ditetapkan. . dan menerapkan salah satu struktur tersebut pada rancangan gedung pertumjukan tersebut berdasarkan bentuknya. penulis menguraikan isi penulisan ke dalam bab-bab yang berisi penjelasan singkat dari isi tiap-tiap bab yang terdapat dalam penyusunan proposal pengajuan judul tugas besar dalam mata kuliah studio struktur dan konstruksi bentang lebar .Untuk mendapatkan fungsi bangunan dan struktur yang sesuai dalam rancangan. Struktur yang terpilih tersebut disesuaikan dengan fungsi bangunan tersebut dan juga memiliki estetika yang tinggi. D.

baik secara individu maupun secara kolektif agar didapatkan keseimbangan lahir dan batin. manusia dapat memperoleh keleluasaan. . Timbulnya hasrat dan keinginan manusia untuk menyaksikan pertunjukan yang dipergelarkan oleh orang lain. maka juga akan diperlukan suatu wadah seni Gedung Seni Pertunjukan yang dapat menampung berbagai kegiatan seni seperti seni drama/teater. seni tari. Pengertian Gedung Pertunjukan secara umum Seperti diketahui bahwa karya seni dilakukan manusia untuk mengekspresikan diri terhadap lingkungan. ilmu pengetahuan dan teknologi. Seni sendiri merupakan proses yang berkembang terus menerus dari waktu ke waktu yang pada akhirnya dapat menghasilkan kreativitas para seniman. serta keinginan dari para seniman untuk disaksikan dan dipergelarkan hasil karya mereka. Melalui seni. Oleh adanya tuntutan tersebut. maka diperlukan suatu wadah untuk menampung kegiatan–kegiatan tersebut yaitu berupa gedung petunjukan untuk masyarakat. dengan tuntutan masyarakat yang semakin beragam dan selaras dengan perkembangan seni. telah dirasakan sebagai sebuah kebutuhan bagi masyarakat yang beradab dan berbudaya.BAB II PEMBAHASAN A. dan juga seni musik yang didukung dengan tatanan interior yang menunjang. Pembangunan gedung pertunjukan pada masa modern saat ini. budaya.

musik. . SINGAPORE Esplanade merupakan bangunan teater yang dibangun di tepi teluk Marina seluas 6 hektar di Singapura. Contoh Gedung Pertunjukan ESPLANADE. Bangunan ini seperti menara lalat dengan ketinggian 30 m dirancang oleh arsitek Vikos Gore.B. Esplanade difungsikan sebagai pertunjukan seni tari. drama dan opera.

5 m serta terdapat 3 garis lain yang panjangnya bervariasi. Dengan strukturbajanya berupa double layer space frame yang pada kedua ujung grid segitiganyamengikuti grid yang ditentukan dengan bentuk belah ketupat yang panjangnya1. .sehingga dapat memberikan impresi transparasi dan opasitas yang berbeda.Sistem claddingnya terdiri dari panel kaca insulasi yang berbentuk segitiga serta susunan dari shading aluminium di atasnya.Teater ini memiliki kapasitas 1.923 tempat duduk dengan adaptasi opera tradisional eropa dengan bentukan tapak kuda dimana antara penonton dan musisi di panggung terjadi interaksi secara intim. Selain itu bangunan ini dilengkapi juga dengan restoran dan outdoor performance space. Struktur yang digunakan untuk adalah spacetrusses yang didesain khusus untuk menyangga bagian ujung grid segitiga agar sesuai dengan bentuk permukaan free formsurfaces. Teater ini memiliki bentukan proscenium arch yang mampu menampung 100 musisi orkestra. Bangunan ini didesain untuk pertunjukan seni tingkat Asia dan Kultur Barat.

ROMA.ROME AUDITORIUM. Namun kesemuanya memiliki peran yang sama untuk menciptakan melodi baru yang harmonis (dalam hal ini dianalogikan oleh amphiteater). Bentukan garis-garis pola betonnya mengambil inspirasi dari guratan alat musik. Konsep yang digunakan mengambil ciri khas perumahan kuno kawasan Roma dimana strukturnya menggunakan tanah liat yang masif. 1200 dan 500 orang Pembentukkan tapaknya terbagi menjadi empat bagian utama. serta amphiteater yang menjadi pusat kawasan. yaitu: 1. gedung konser berkapasitas 2700 orang 2. gedung konser berkapasitas 1200 orang 3. ITALIA Arsitek : Renzo Piano Kapasitas : 2700. tampak utama didominasi oleh dinding beton. ruang resital berkapasitas 500 orang 4. . VILLA GLORI.

AKTIFITAS. KEBUTUHAN RUANG DAN SIFAT RUANG .

.

.

.

.

hal ini disebabkan karena momen inersia yang didapatkan dari bentuk lipatan akan jauh lebih besar bila dibandingkan pada momen inersia yang diperoleh dari bidang datar. BENTUK DASAR PLAT LIPAT 1. Dengan membentuk lipatan-lipatan kaku pada suatu sistem struktur yang bekerja secara efisien untuk menyalurkan beban sehingga memungkinkan dicapainya bentang-bentang lebar di antara tumpuan-tumpuan yang direncanakan. Plat Lipat Rangka Bentuk dasar dari plat lipat rangka. System Struktur Plat Lipat PRINSIP UMUM STRUKTUR LIPAT  Struktur plat lipat sebagai salah satu alernatif struktur permukaan yang merupakan pengembangan dari bentuk plat datar. dimana efisiensi struktur dari bentuk plat datar dapat lebih dioptimalkan dengan membentuk rusuk-rusuk pada plat tersebut dengan jalan memberi tekukan-tekukan dalam bentuk lipatan yang teratur pada daerah-daerah tertentu. . homogen yang memiliki sifat sama di segala arah. 2. balok (beam). Plat Lipat Bidang. dan semi prismatis. maka gaya-gaya akibat berat sendiri dan gaya luar dapat ditahan oleh bentuk lipatan tersebut.  Pelat ini terbuat dari material padat . berasal dari bentuk-bentuk kurva terbuka sederhana yang dibentuk dari garis-garis lurus yang mana pada setiap elemen kurva membentuk sudut lipatan.  Bentuk lipatan mempunyai kekakuan yang lebih besar dibandingkan dengan bidang datar. prismatis.C. Bentuk yang dapat dijadikan dasar untuk pengembangan konstruksi lipatan bidang adalah bentuk dasar piramida. Dengan terbentuknya lengan tuas. dan rangka kaku (truss). Efisiensi dari struktur bidang lipat dicapai karena struktur tersebut bekerja sekaligus sebagai pelat datar (slab).

Folded plate tiga segmen Pengaku terakhirnya berupa rangka yang lebih kaku daripada balok penopang bagian dalam. Bentuk ini disebut Z shell dan sama dengan louver yang digunakan untuk ventilasi jendela. Ukuran rangka dapat dikurangi dengan menggunakan tali baja antara ujung kolom .JENIS-JENIS PLAT LIPAT 1. Folded plate bentuk Z Masing-masing unit di atas mempunyai satu plat miring yang lebar dan dua plat tepi yang diatur dengan jarak antara unit untuk jendela. 2. Kekuatan dari reaksi plat di atas rangka kaku tersebut akan cukup besar dan di kolom luar tidak akan diseimbangkan oleh daya tolak dari plat yang berdekatan. serta kolom untuk menyangga struktur. Folded plate dua segmen Komponen dasar dari struktur folded plate terdiri dari: plat miring. 3. plat tepi yang digunakan untuk menguatkan plat yang lebar. Bentuk Z ini adalah bentuk struktur yang kurang efisien karena tidak menerus dan kedalaman efektifnya lebih kecil daripada kedalaman vertikalnya. pengaku untuk membawa beban ke penyangga dan menyatukan plat. .

Hal ini memungkinkan folded plate digunakan pada bentang lebar dengan pertimbangan struktural yang matang. Folded plate truss Terdapat ikatan horizontal melintang di sisi lebar hanya di tepi bangunan. . 5. plat tepi dapat dikurangi dan struktur atap dapat dibuat terlihat sangat tipis jika plat tepi ditopang oleh rangkaian kolom. Folded plate penyangga tepi (edge supported folded plate) Pada struktur ini.4. Struktur ini cocok digunakan untuk bangunan dengan estetika tinggi dengan desain atap yang tipis.

Dinding didesain menerus dengan plat atap. . Struktur ini tidak efisien untuk bentuk kurva lengkung karena momen tekuk lebih besar. dinding merupakan konstruksi beton yang miring. Folded plate dengan dinding yang menerus dengan plat Pada struktur ini . Kolom tidak dibutuhkan di pertemuan tiap-tiap panel dinding karena dinding ditahan di ujung atas. 7. Rangka kaku folded plate Sebuah lengkung dengan segmen lurus biasanya disebut rangka kaku.6.

Struktur ini tidak efisien dan tidak cocok untuk bentang lebar karena kelebihan beban untuk bentang lebar. Folded plate yang meruncing ke ujung (Tapered Folded plate) Struktur ini dibentuk oleh elemen-elemen runcing.8. Struktur ini mempunyai empat segmen. . Berat plat di tengah bentang merupakan dimensi kritis untuk kekuatan tekukan. Pengaku struktur disembunyikan di permukaan atas sehingga tidak terlihat dan plat (shell) akan muncul untuk menutup dari kolom vertikal. 9. Kanopi Bentuk ini digunakan untuk kanopi kecil di entrance bangunan. Di dinding bangunan harus ada juga pengaku struktur tersembunyi di konstruksi dinding.

PENYALURAN GAYA Gaya sejajar bidang dan gaya tegak lurus bidang. maka akan terjadi sebagai berikut : gaya dengan arah memanjang akan dipikul oleh SSbidang datar dari lipatan. gaya sejajar bidang akan lebih kuat untuk dipikul bidang tersebut daripada jika gaya dengan besar yang sama tersebut bekerja tegak lurus. 7 & 8). Gaya dengan arah melintang. Jika gaya tersebut bekerja pada lipatan. Selai itu bidang datar lebih mudah jatuh dibandingkan dengan bentuk lipatan. Hal ini disebabkan tidak adanya titik kumpul penahan gaya dan setiap titik menjadi penahan gaya dan momen (gambar 1 no. yang diuraikan menjadi dua gaya dimana masing-masing besarnya lebih kecil daripada gaya arah melintang tersebut .

maka perlu untuk mempertahankan jarak h dan b serta tebal d (gambar 3 no.1 & 2). sedangkan rusuk-rusuk berfungsi sebagai pemegang dan pengaku bidang. atau rusuk merupakan sesuatu yang kaku.Untuk menjaga perubahan bentuk lipatan. Karena itu rusukrusuk (A). (C) harus dipegang dan ditahan dengan jalan : tumpuan dipegang teguh. Jadi disini dapat diterangkan bahwa yang sebenarnya menahan gaya-gaya adalah tiap-tiap bidang. (B). . Gaya P yang bekerja pada rusuk (B) dan (C) dan gaya H pada rusuk (A) akan mengakibatkan perubahan besar pada jarak b dan h.

.

 Lebih mudah untuk melakukan perhitungan dan pengukuran karena menggunakan pola-pola yang regular.  Jika terbuat dari beton maka struktur plat lipat mempunyai daya tahan yang baik terhadap api dan korosi. Momen lentur yang terjadi ini adalah akibat beban merata pada lipatan atau akibat berat sendiri.  Secara estetikaa.. dapat dieksplorasi dan dikembangkan dalam struktur atap. langitlangit.  Dapat mengurangi penggunaan kolom. KELEBIHAN STRUKTUR PLAT LIPAT  Dapat mengurangi rangka dalam atau luar dalam suatu bangunan karena struktur folded plate juga dapat berfungsi sebagai pengaku suatu struktur.  Lebih mudah untuk melakukan pengecoran beton karena tidak memerlukan peralatan khusus . dinding dan lain-lain. KEKURANGAN STRUKTUR PLAT LIPAT .  Memungkinkan bentangan yang lebar untuk struktur beton. diadakan bidang pengaku yang menahan terjadinya lenturan. Besarnya momen yang terjadi tergantung dari besarnya sudut.Pada tempat-tempat mencapai panjang L tersebut.  Menggunakan pola-pola yang modular sehingga lebih mudah untuk pembuatan modulnya. Makin besar sudutnya makin besar momen yang terjadi.

Arsitek : Walter Netsch. Wagoner Aspek yang paling menncolok dari chapel adalah barisnya dari 17 menara . berat 5 ton dan tertutup dengan jelas panel aluminium. Harold E. masing-masing 75 kaki. BAB III . Menggunakan bahan yang lebih banyak daripada struktur atap beton biasa karena menggunakan lipatan-lipatan. panjag 23m. Struktur rangka baja tubular dari 100 segitigga samakaki yang identik.  Mudah terjadi kerusakan pada bagian lipatan karena terus-menerus terkena air hujan CONTOH PLAT LIPAT United Air Force Academy Cadet Chapel. US.

serta keinginan dari para seniman untuk disaksikan dan dipergelarkan hasil karya mereka. Oleh adanya tuntutan tersebut. telah dirasakan sebagai sebuah kebutuhan bagi masyarakat yang beradab dan berbudaya.KESIMPULAN Timbulnya hasrat dan keinginan manusia untuk menyaksikan pertunjukan yang dipergelarkan oleh orang lain. estetika dan struktur yang semuanya mengunakan struktur bentang lebar dan rangka kaku . maka diperlukan suatu wadah untuk menampung kegiatan–kegiatan tersebut yaitu berupa gedung petunjukan untuk masyarakat. Untuk ide desain yang akan saya gunakan pada perancangan SKB bentang lebar . Karakteristik suatu struktur bidang lipat adalah masingmasing elemen plat berukuran relatif rata (merupakan sederetan elemen tipis yang saling dihubungkan sepajang tepinya) JUDUL STUDIO STRUKTUR DAN KONSTRUKSI BENTANG LEBAR Setelah penjelasan diatas mengenai Beberapa Bangunan bentang Lebar dengan fungsi gedung pertunjukan yang saya paparkan . serta penjelasan mengenai system struktur plat lipat . saya telah menentukan tema bangunan bentang lebar yakni “GEDUNG PERTUNJUKAN DENGAN SISTEM STRUKTUR PLAT LIPAT” . yang dilihat dari fungsi. Struktur bidang lipat merupakan bentuk struktur yang memiliki kekuatan satu arah yangdiperbesar dengan menghilangkan permukaan pelanar sama sekali dan membuat deformasi besarpada plat sehingga tinggi struktural pelat semakin besar.