You are on page 1of 15

RANCANG BANGUN MESIN ROLL

PLAT SEBAGAI PENGUNCI PADA
PERANGKAT AC SENTRAL
Oleh :
Satya Adhi Pradhana

2108030012

Dosen Pembimbing :
Ir.H.Mahirul Mursid Msc

Pada tugas akhir ini. Pada proses pengerjaan sebelumnya masih dilakukan secara manual. yang mana sebagian besar dari gedung bertingkat tersebut menggunakan sistem pendingin udara terpusat atau yang biasa disebut dengan AC Central. antara lain: membutuhkan waktu pengerjaan yang relatif lebih lama. . didapat mesin roll plat sebagai pengunci AC sentral dengan menggunakan daya 0. penulis merancang bangun sebuah mesin roll plat yang digunakan sebagai pengunci pada perangkat AC Sentral yaitu pada pipa Chiller. dimana perkembangan pembangunan semakin pesat. menjadikan tingkat produktifitas rendah. secara otomatis timbul kebutuhan akan adanya sistem saluran pendingin udara beserta perawatannya.ABSTRAK Di jaman yang serba modern ini. Pengerjaan secara manual mempunyai banyak kekurangan. tingkat akurasi yang tinggi dan tingkat produktifitas pun meningkat. kurang efisien dan tingkat akurasi produk kurang baik.Gedung – gedung bertingkat semakin menjamur. sehingga proses pengerjaan pun jadi lebih efisien. Hasil dari perancangan dan perhitungan.18 kWatt dan putaran 1400 rpm. sehingga kita hanya membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat.

RUMUSAN MASALAH  Dapat merencanakan mesin pembuat profil cekung pada plat sebagai pengunci pada perangkat AC SENTRAL yang nantinya dapat membuat profil pada plat dengan baik .

 .  Ulir penggerak diabaikan karena tidak untuk mengepress plat.BATASAN MASALAH Kondisi plat aluminum yang digunakan sebagai pembuatan profil diabaikan  Rangka Mesin dianggap kuat.

TUJUAN DAN MANFAAT  Tujuan dan manfaat dari penulisan tugas akhir ini adalah : Dapat membuat mesin pembuat profil cekung pada plat sebagai pengunci pada perangkat AC SENTRAL yang nantinya dapat membuat profil pada plat dengan baik .

PERHITUNGAN Daya untuk membuat profil pada plat  Perencanaan roller  Roda gigi  Poros  Pasak  Bantalan  .

81 m/s2 F = 38.0064 kWatt .g F = (4.3 – 0.DAYA UNTUK MEMBUAT PROFIL PADA PLAT Gaya yang dibutuhkan untuk membuat profil dari hasil percobaan : F = (F1 – m1 ).4 N Daya yang dibutuhkan untuk membuat profil pada plat adalah 0.38)kg x 9.

76 Kgf/mm .  Untuk roller Punch direncanakan seperti gambar dibawah ini dengan menggunakan bahan Syp > 6.PERENCANAAN ROLLER  Roller pada alat ini terdiri dari roller punch dan dies.76 Kgf/mm  Untuk roller Dies direncanakan seperti gambar dibawah ini dengan menggunakan bahan Syp > 6.

RODA GIGI  Jenis roda gigi yang digunakan adalah worm gear speed reducer dan spur gear: 1. 2. untuk worm gear speed reducer menggunakan rasio 50 spur gear tidak digunakan untuk merubah putaran tetapi digunakan untuk memutar kedua roller pada saat bersamaan dengan putaran yang sama .

.KOPLING Pada alat ini menggunakan jaw clutch atau kopling cakar dikarenakan tipe kopling ini tidak mungkin slip dan biaya relatif murah dengan menghasilkan kapasitas torsi yang sama apabila dibandingkan dengan kopling tipe gesekan.

POROS 1.024 mm 2. Diameter poros perencanaan = 15. Sedangkan diameter poros yang digunakan pada mesin Roll plat ini ialah 17 mm sedangkan bahan poros yang digunakan adalah ASTM 47. .

Bearing number 6203 dengan diameter dalam = 17 mm dan diameter luar = 40 mm . Menggunakan bearing gelinding (ball bearing – single row – deep grove) 2.BANTALAN 1.

Lebar pasak = 4.76 mm . Panjang pasak = 13.07 mm 2.PASAK 1.

Daya Pengerollan Besarnya daya yang diperlukan untuk melakukan pengepressan sebesar 0. 3. dihasilkan Untuk Roda gigi cacing menggunakan rasio kecepatan 50.0064 kWatt 2.76 mm . Ds1 = Ds2 = 70 mm aman digunakan berdasarkan persamaan AGMA. Pasak Data – data pada pasak ialah : Bahan pasak pada poros ialah ST 37 Panjang pasak = 13.KESIMPULAN Dari perencanaan dan hasil perhitungan didapat data – data sebagai berikut : 1. Poros Bahan poros ialah ASTM 47 dengan menggunakan diameter 17 mm. Roda gigi Lurus dan roda gigi cacing Pada perhitungan.07 mm Lebar pasak = 4. sedangkan untuk spur gear dengan Nt1 = Nt2 = 40 gigi. Bantalan Didapat data sebagai berikut : Bearing number : 6204 d = 17 mm B = 16 mm D = 40 mm Co = 1010 lb C = 1660 lb 5. 4.

GAMBAR SKET MESIN ROLL PLAT             Keterangan : 1 : Body/rangka 2 : Motor Listrik 3 : Kopling 4 : Punch plat 5 : Bearing 6 : Tuas penekan 7 : Poros 8 : Gear gigi lurus 9 : Gearbox 10 : Dies plat 11 : Pasak .