04.

MEMBUAT ISIAN DATA DI EXCEL MENGGUNAKAN
FUNGSI VBA
Artikel rumus excel lengkap untuk VBA. Pada kesempatan ini, kita akan membahas
tentang bagaimana cara membuat isian data di excel dengan menggunakan fungsi VBA.
Seperti yang diketahui, VBA merupakan sebuah halaman pada Microsoft Excel yang
digunakan untuk menuliskan code visual basic, dengan code tersebut kita dapat
membuat berbagai form yang dibutuhkan. Dengan VBA tersebut kita juga dapat
memungkinkan membuat sebuah aplikasi di Microsoft Excel.
Tanpa panjang lebar, mari kita langsung saja untuk membuat isian data menggunakan
fungsi VBA. Yang mana form isian data ini dapat memudahkan kita menginputkan data
dengan cepat dan lebih aman. Berikut langkah-langkahnya.
1. Langkah pertama, siapkan terlebih dulu data tabel di lembar kerja Excel seperti
berikut.

2. Selanjutnya membuat tombol tambah, caranya arahkan kursor ke Tab Developer >
Insert > CommandButton (ActiveX Control).

3. Lalu posisikan tombol tersebut sesuai kebutuhan, ganti nama tombol dengan tulisan
Tambah, caranya klik kanan pada tombol lalu pilih CommandButton Object >> Edit.
Hasilnya seperti berikut.

contohnya seperti tampilan berikut. simpan halaman dengan nama IsianData. Kemudian klik kanan pada tombol Tambah. lalu pilih insert >> UserForm. . Selanjutnya buat tiga buah TextBox dengan satu tombol CommandButton.xlsb) 5. maka akan tampil halaman Visual Basic for Application. (catatan. pilih View Code. 6.xlsb)”. seperti tampilan berikut.4. Kemudian klik kanan pada tulisan “VBAProject (IsianData.Show End Sub Seperti pada tampilan berikut. Private Sub CommandButton1_Click() UserForm1. kemudian isikan code berikut ini.

2).Row With wsDtbsBrg .Count. Kemudian double klik pada button Simpan.Cells(wsDtbsBrg.Cells(RecordAkhir + 1.Value .7.Value = TextBox3.Rows. 1).Cells(RecordAkhir + 1. setelah itu masukan code seperti berikut.Value .Value End With Unload Me End Sub Private Sub Textbox3_KeyPress(ByVal KeyAscii _ As MSForms. Private Sub CommandButton1_Click() Set wsDtbsBrg = Sheets(“Sheet1″) RecordAkhir = wsDtbsBrg.Value = TextBox1. setelah code di atas di tuliskan atau Anda bisa meng-copy pastenya. (catatan.Value = TextBox2. 0).Cells(RecordAkhir + 1.Offset(0.ReturnInteger) Select Case KeyAscii Case Asc(“0″) To Asc(“9″) Case Else KeyAscii = 0 End Select End Sub Seperti pada tampilan berikut. _ End(xlUp). “B”). 3). lalu save halaman? .

10. Setelah itu Anda kembali lagi ke lembar kerja Excel. Alamat dan No telepon. Anda bisa arahkan kursor ke tab Developer >> Design Mode. dan coba Anda isi bagian Nama. 9. kemudian Klik Simpan. Maka pada tabel data akan terisi sesuai dengan data yang di inputkan pada form isian data. untuk mengaktifkan tombol “Tambah”. Sekarang Anda coba klik tombol “Tambah”. . Jika Anda ingin menambahkan data lebih banyak lagi. cukup klik tombol “Tambah” dan lakukan pengisian data seperti pada no 9 diatas. seperti berikut. jika tombol tersebut berfungsi maka akan muncul form dialog isian.8.

Semoga bermanfaat . jika Anda ingin mengisi data tabel hanya tinggal klik tombol “Tambah” saja.Dengan demikian. maka akan tampil form isian data.