You are on page 1of 6

TUGAS RESUME

BAHASA INDONESIA

DI SUSUN OLEH :
DODY TOSINDA
DBB 114 009

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN ARSITEKTUR
2016

tampak semua pintu rumah berkiblat ke arah rumah gadang. . tempat tinggalnya keluarga besar. Rumah panggung rakyat etnis di Tay Nguyen(Foto: dulichvietnam. Rumah-rumah panggung panggung di seputar rumah Gadang di tengah-tengah desa bagaikan satu lambang yang menghimpun kekuatan komunitas. rakyat etnis minoritas Brau biasanya membangun rumah di bukit-bukit yang tinggi dan desa yang punya arsitektur yang cukup khas.com) Dulu. yang adalah rumah bersama dan punya arsitektur yang menonjol di tengah-tengah desa. Rumah tradisional rakyat etnis minoritas Brau biasanya adalah jenis rumah panggung yang panjang. rakyat etnis minoritas Brau memilih tanah untuk mendirikan desa dan membangun rumah. tempat memanifestasikan secara hidup-hidup semua adat istiadat spiritualitas dan kesenian arsitektur folklor etnis Brau. Ketika masuk ke desa ini. Rumah panggung akan diperpanjang lagi kalau ada anak yang membangun keluarga dan dapur api dalam rumah juga dipisah sehingga menjadi keluarga-keluarga kecil.Arsitektur Vietnam Seperti halnya dengan banyak etnis yang tinggal di daerah Tay Nguyen (Vietnam Tengah).

Di atas atap rumah didekorasikan dengan berbagai gambar kepala burung. Yang rendah digunakan untuk menumbuk beras. gambar matahari.vom) Rumah panggung rakyat etnis minoritas Brau punya atap yang miring. sedangkan lantai yang tinggi adalah tempat untuk duduk menjahit atau beristirahat. atau daun hutan yang lain. Lantai rumah panggung dibagi menjadi banyak bagian. bahan makan dan beberapa alat pertanian dan barang interior rumah. Rakyat etnis Brau sangat memperhatikan usaha untuk membuat dekorasi rumah. Di samping rumah utama ialah rumah samping ialah tempat untuk menyimpan bahan pangan. dll. Bagian di dalam juga dibagi menjadi dua bagian. dibuat dari daun rumbia. Dinding rumah dibuat dari kulit berbagai macam bambu. Rumah Kayu Vietnam . Lantai rumah ini dibuat dari berbagai macam bambu. lantai yang rendah diletakkan dapur api dan pipa air.Salah satu rumah Gadang di daerah Tay Nguyen(Foto: tamhoc. lantai yang tinggi digunakan untuk tidur.

kegiatan politik dan sosial. Menurut standar hidup . festival . atau tahun baru. pagoda dari desa memiliki skala yang berbeda . hari Tahun Baru . liburan .Arsitektur tradisional Vietnam dibangun dalam kondisi iklim tropis dengan kelembaban dan curah hujan yang tinggi. . Pagoda sebagai tempat ibadah dan perayaan festival . Sebagian besar komponen struktur diproduksi dengan kayu . cuaca dan waktu. Ruang arsitektur pagoda didirikan menjadi 3 komponen : TienDuong ( halaman depan ). ThuongDien (istana atas). ThieuHuong ( ruang membakar dupa ).tempat penyelenggaraan kegiatan budaya. Jenis dalam Arsitekur Kayu Vietnam meliputi rumah komunal sebagai tempat ibadah. Sehingga bisa rusak akibat perang .

.Pada abad ke-19 .Di dalam sistem struktur kayu Vietnam. Xa . Jenis BOVI dapat disebut juga" Ruong House" . Xa . internal dan dampak kekuatan eksternal ke rumah. Thuong Luong . Sistem struktur kayu tradisional meliputi: Cot ( Kolom ) . ) biasanya mengikuti aturan sebagai modul tradisional.BoVI dianggap sebagai aspek fundamental . Me . . Rentang antara komponen ( Hoanh . mereka mengikuti skala mereka sendiri tetapi mereka masih mematuhi aturan asli .Orang-orang menggunakan aturan Tam ketika membangun bangunan kayu tradisional . ada juga beberapa jenis lain yang dibangun liar dari Daerah Tengah (provinsi QuangBinh ) ke selatan di sekitar Vietnam . Ke . Kayu BoVI dibuat di Utara . Hoanh . Cau Dau .Komponen lain yang didefinisikan mengikuti jumlah . BOVI . semua beban besar rumah telah ditransfer langsung ke tiang yang mendatar di lantai . dan komponen lainnya Setiap komponen memiliki fungsi mereka sendiri yang dapat mempertahankan kekuatan bangunan . Bay .Tidak ada pondasi di bawah kolom dan penyangga hanya didukung oleh tiang . Masalah ini juga membuat sedikit karakteristik yang berbeda di antara bangunan . Vi Nach .. Vi Noc .BoVI adalah aspek yang memberikan kontribusi untuk membuat karakteristik khusus dari arsitektur kayu Vietnam. Rui . kelenturan .

.7.Di Hue . masalah yang ditekankan adalah penyebaran kuat dari istana kayu . Sistem seni patung biasanya muncul dengan sistem struktur . terdapat beberapa pilar kecil dengan peran sebagai lengan pendukung Hoanh. Setiap rumah tradisional terdiri dari jumlah kompartemen (dalam nomor: 3.GiaChieng di Vietnam Utara.11 . Struktur Ruong telah ditambahkan komponen bernama GiaThu . Dua BOVI membuat rumah kompartemen ( GianNha ). Bangunan Dinasti Nguyen masih memiliki kayu dengan tipe ChongRuong .. dan bangunan lainnya di bawah Dinasti Nguyen .Tema-tema patung di struktur utama biasanya menunjukkan kehidupan nyata . arsitektur telah ditingkatkan untuk beradaptasi dengan kondisi lokal. Namun.5.. ) Hal tersebut adalah konsep dasar mengikuti Budaya tradisional Vietnam . Pada kedua ujung Ruong . adat istiadat budaya daerah pedesaan dengan cara deskripsi.9. rumah .Biasanya ada sekitar 4 sampai 6 BOVI di bangunan kayu tradisional .