You are on page 1of 7

Halaman 1

Iran Journal of Toxicology
Volume 7, No 20, Musim Semi 2013
1- Departemen Anatomi dan Forensik Kedokteran Universitas Calabar, Calabar, Nigeria.
2- Departemen Farmakologi dan Toksikologi, Niger Delta University, Bayelsa, Nigeria.
3- Departemen Farmakologi dan Toksikologi, Universitas Uyo, UyoAkwa-Ibom State,
Nigeria.
4- Departemen of Internal Medicine, Medical Center Federal, Umuahia, Nigeria.
* Korespondensi Penulis: E-mail: Mnnoli@yahoo.com
Investigasi toksikologi akut Sianida Keracunan dari
Man 29 tahun: Laporan Kasus
Martin Anazodo Nnoli
1*
, Nwidu Beruntung Legbosi
2
, Paul Alozie Nwafor
3
, Ijezie Innocent
Chukwuonye
4
Diterima: 2012/10/20
Diterima: 2012/11/28
ABSTRAK
Latar Belakang:
Keracunan sianida sering mematikan, karena awal
timbulnya gejala yang parah dan kesulitan dalam diagnosis.
Kasus:
Kasus ini adalah seorang anak 29 tahun yang runtuh tiba-tiba setelah
mengambil sebotol bir di sebuah bar. Sampel, seperti darah perifer,
isi perut, cairan empedu, urin dan mulut penyeka, disusun menggunakan
standar otopsi prosedur dan menjadi sasaran analisis untuk sianida
menggunakan metode spektrofotometri terlihat. Isi sianida dalam sampel,
konten lambung termasuk (260 ppm), cairan empedu (272 ppm), darah (256
ppm), dan mulut swab (265 ppm).
Kesimpulan:
Penyebab kematian adalah infark miokard akut
berikut keracunan akut dari konsumsi garam sianida. Lethality nya adalah
terkait dengan serangan cepat toksisitas, sifat non-spesifik dari gejala,
dan kegagalan untuk mempertimbangkan diagnosis. Mengenai tidak adanya
gejala patognomonik untuk toksisitas, menunda dalam memperoleh sejarah penuh
dan keruntuhan mendadak yang tidak dapat dijelaskan atau asidosis yang memperburuk
prognosis,
sianida keracunan perlu secepatnya didiagnosis dan dikelola.
Kata kunci:
Sianida, Myocardial Infarction, Keracunan, Shock, Sudden
Kematian.
IJT 2013; 831-835
PENGANTAR
Keracunan sianida akut pada manusia adalah
langka dan terutama disebabkan oleh asap

Itu . Sumber-sumber lain dari paparan dapat terjadi oleh merokok inhalasi dari perumahan / kebakaran industri. banyak sianida senyawa ada. termasuk gas hidrogen sianida (HCN). Penelitian ini menyajikan kasus yang unik dari keracunan pembunuh dari pascasarjana ahli kimia dengan sianida yang merupakan laporan pertama dari bagian tenggara dari Nigeria. Musim Semi 2013. dan kontak yang tidak disengaja di pekerja laboratorium.inhalasi dari kebakaran dan banyak lagi jarang oleh konsumsi disengaja garam sianida sebagai bunuh diri atau upaya pembunuhan (1.Yang adalah terkait dengan serangan cepat toksisitas. Toksisitas Acutecyanide dapat berlangsung melalui konsumsi. fumigasi. Terlepas dari kalium dan garam natrium sianida.2). adalah relevan untuk memperoleh penuh Halaman 2 Iran Journal of Toxicology Martin Anazodo Nnoli et al Volume 7. larut dalam air kalium dan natrium sianida garam. dan sianida garam perak (3). membran mukosa penyerapan. non sifat khusus dari gejala. http://www. tembaga. keracunan sianida sering mematikan.ijt. emas. ini pengalaman yang langka bagi sebagian besar dokter untuk Pertemuan tapi terus digunakan dalam bunuh diri dan pembunuhan (4. dan tidak larut air raksa. No 20. dan kegagalan untuk mempertimbangkan itu diagnosa.5) lethality . Karena ada tidak ada gejala patognomonik untuk nya toksisitas.ir 832 sejarah dan mempertimbangkan diagnosis pada kasus keruntuhan mendadak yang tidak dapat dijelaskan atau asidosis. dan inhalasi. insektisida. Karena onset dini yang parah gejala dan kesulitan dalam diagnosis.

Both kotor dan histopatologi pemeriksaan dilakukan pada tubuh dan organ utama menggunakan otopsi standar prosedur. meskipun jarang. ia dilarikan ke pribadi terdekat rumah sakit tempat ia akhirnya meninggal meskipun upaya yang dilakukan oleh dokter yang bertugas untuk menyelamatkan nya kehidupan. Analisis toksikologi Isi sianida di histopatologi spesimen (darah perifer. Khawatir bahwa situasinya adalah mengerikan. suasana tiba-tiba berubah. HASIL Itu hasil dari . cairan empedu.Laporan diharapkan untuk mengingatkan masyarakat dan dokter darurat tentang yang tepat evaluasi kemungkinan penyebab lain dari keruntuhan mendadak dan efektif holistik pendekatan dalam manajemen pasien di kelas ini. Dia rupanya baik sampai sekitar tiga bulan lalu ketika hisuniversityclassmate mengunjunginya di rumah dan diminta mereka mengunjungi bar untuk merayakan kelulusan mereka. Dia awalnya memilih untuk minum langsung dari botol. dan penyeka mulut) wasdone menggunakan spectrophotometeric UV metode. perut isi. dia dikatakan telah mulai muntah dan mengeluh pusing. Dia tidak memiliki riwayat kronis atau akut Penyakit-penyakit sebelum insiden itu. Tujuan dari hal ini adalah untuk menginformasikan dokter yang keracunan sianida tidak terjadi di lingkungan. Ia ditawari sebotol bir oleh salah satu mantan teman sekelasnya. Keluarga diduga kecurangan dan segera melaporkan kematian ke polisi yang meminta otopsi mendesak untuk belajar penyebabnya dari death.While minum di bar. Dia juga memiliki dyspnea. namun teman menawarinya gelas minum from. itu needsbe dianggap sebagai diferensial diagnosis pada kasus kematian mendadak. segar lulusan Universitas. LAPORAN PERKARA Sejarah diriwayatkan oleh bapak a 29-tahun pria berusia Igbo tunggal.

masing-masing). Jantung sianosis. basah. Musim Semi 2013 833 Gambar 2.suatu kapsul keriput (Gambar. Ada moderat untuk laryngo. 3). HISTOLOGIK CONTOH KUANTITAS CYANIDE (ppm) 1.parah trakea hyperemia dengan debit berbusa.. menyusut kapsul limpa. Gambar 1.ir. Paru-paru yang merah muda. Daerah hemoragik dengan luas infark. 4). berat dan bersinar ditimbang 720 dan 685 gram (kiri dan kanan. Analisis Toksikologi spesimen histologi kadar sianida. organ lain dan kecil usus menunjukkan tidak ada perubahan patologis.autopsi dan analisis toksikologi disajikan sebagai berikut: Temuan otopsi Ada umum sianosis tubuh dengan tambal sulam gelap menjadi merah bata daerah di seluruh wajah dan daerah leher. Gambar 4. Ada garis-garis dari muntahan berdarah mengalir keluar dari sudut kiri mulut. Volume 7. halaman 3 Investigasi toksikologi akut .. Iran Journal of Toxicology http://www. No 20. Gambar 3. Tabel 1. Itu perut memiliki beberapa diskrit tambal sulam poin dari petechia dan ulserasi pada lapisan mukosa (Gambar.ijt. ulserasi Patchy dari lapisan mukosa lambung berbingkai oleh perdarahan. S / No. Jantung muncul merah bata terlalu pucat dan bagian cut nya coretan menunjukkan darah frank dalam miokardium. darah perifer 256 2. . dan 70% dari permukaan adalah pucat yang disarankan miokard infark (Gambar 1 dan 2) limpa . Esofagus adalah hyperemic dengan baru-baru ini tertelan makanan dan bernoda darah.

Musim Semi 2013. cairan empedu 272 4.ir 834 Toksikologi Itu sampel disampaikan untuk spektrofotometri analisis mengungkapkan Isi sianida dalam semua histologis spesimen mulai 266-272 bagian per juta seperti yang ditunjukkan pada Tabel 1.ijt. No 20. Temuan otopsi dan toksikologi dikuatkan sama lain dan laporan mengungkapkan bahwa penyebab kematian adalah karena infark miokard akut berikut keracunan akut dari menelan sianida garam. dengan produksi akibat asam laktat. pengakuan keracunan sianida mungkin tertunda karena mayoritas klinis dan laboratorium Temuan ini non-spesifik (6-8). kecuali dalam kasus-kasus awal pengakuan oleh orang yang diberikan racun. Sayangnya. http://www. Sianida menggunakan efek racunnya oleh mengikat ion besi di aa yang 3 kompleks sitokrom oksidase dihasilkan dalam penghambatan metabolisme aerobik (912). DISKUSI Keracunan sianida sulit untuk mendiagnosa. .isi perut 260 3. Hal ini mungkin menjelaskan kerusakan sel terlihat di sebagian besar jaringan metabolisme bergeser dari aerobik untuk anaerobik. penyeka mulut 265 ppm = part per million halaman 4 Nnoli et al Iran Journal of Toxicology Martin Anazodo Volume 7.

Ini menghambat mitokondria sitokrom oksidase. Tiba-tiba runtuh dan seluler Hasil hipoksia dari penghambatan sitokrom oksidase dan rekening untuk kematian mendadak (13). Namun. dan bersinar fitur paru-paru edema paru parah dikuatkan. karenanya. perlu dipertimbangkan dalam diferensial diagnosis inevaluation kasus kematian mendadak. intraseluler asidosis.Gejala yang dialami oleh kami pasien sebelum kematian serupa dengan yang dilaporkan dalam Robert et al. Ini juga terlihat dalam kasus kami dan berat. Kematian akibat keracunan sianida adalah langka. Hal ini karena itu adalah cara mudah untuk meracuni seseorang. Karbon monoxidebinding untuk hemoglobin aku s potensial oleh hidrogen sianida yang mengikat pada tingkat sel (14). sehingga sulit untuk pelaku pergi tanpa dihukum. basah. KESIMPULAN Penyebab kematian ditentukan menjadi infark miokard akut berikut . Penelitian (2) yang mengungkapkan kejadian yang berhubungan dengan dosis ketidaksadaran. Hal ini karena sianida memiliki Sebuah berbeda yg menghalangi Mekanisme yang diberikan pada dua yang berbeda tingkat rantai pernapasan. dan kematian sel. di berubah. karena sulit untuk mendiagnosa tanpa bantuan autopsi. dan sianosis dengan edema paru non-kardiogenik. menyebabkan perampasan dari oksigen konsumsi pada tingkat sel. dyspnea. mengakibatkan pergeseran menuju anaerobik Proses dengan menipisnya energi. Tersebut. Kasus ini lebih menyoroti perlu melakukan otopsi pada semua pasien mengalami kematian mendadak sebagai Mei ini mengungkapkan lebih banyak kasus keracunan sianida di masyarakat kita.

Peugeot-Mortier C.konsumsi garam sianida. No 20. Mengenai tidak adanya patognomonik Gejala toksisitas.ijt. Manzon C. mengambil benda-benda ini sangat dianjurkan dalam kasus yang mencurigakan. halaman 5 Investigasi toksikologi akut . Musim Semi 2013 83 .. REFERENSI 1.. Iran Journal of Toxicology http://www. Laporan ini ditujukan untuk memperingatkan masyarakat dan dokter darurat tentang evaluasi yang tepat dari kemungkinan lainnya penyebab keruntuhan mendadak dan efektif Pendekatan holistik dalam pengelolaan pasien di kelas ini. et al. Keracunan sianida dan jantung Gangguan: 161 kasus. Volume 7. 2010. JudicPeureux V. Fortin JL. penundaan mengakuisisi penuh sejarah dan dijelaskan keruntuhan mendadak atau asidosis yang memburuk prognosis kebutuhan keracunan sianida untuk secepatnya didiagnosis dan berhasil. The Journal of pengobatan darurat. Desmettre T. yang ia digunakan dalam pub untuk analisis. non sifat khusus dari gejala. Giocanti JP. 38 (4): 467-76.ir. Lethality nya adalah terkait dengan serangan cepat toksisitas. Keterbatasan kami penelitian adalah ketidakmampuan kita untuk mengambil sampel minuman (s) dan atau kaca. dan kegagalan untuk mempertimbangkan itu diagnosa.