You are on page 1of 8

TUGAS

MANDIRI PTI
Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur adipiscing elit. Donec
eu euismod dui. Praesent convallis
lobortis lorem, vitae scelerisque
nisi fringilla at. Morbi a augue
nulla. Ut imperdiet tempor aliquet.
Fusce eget euismod quam, sed
maximus lectus. Fusce ut mattis
sem, eget blandit sem. In lacinia
massa massa, vitae viverra massa
mattis eu.

NAMA

: SULISTIO

NIM

: 160401018

Identification Division 2. Salah seorang dari komite adalah Dr. Sejarah dan stuktur bahasa pemograman cobol dan fortron A. ilmu pengetahuan. FORTRON ditujukan untuk mempermudah pembuatan aplikasi matematika. Struktur Bahasa COBOL Bahasa Program COBOL dibagi ke dalam 4 bagian yang disebut dengan Division. Section 4. yakni : 1. B. Phrase/Option C. Environment Division 3. Frace Hooper mendapat penghargaan sebagai orang pertama yang mendapat gelar Computer Science Man-of-the Year. Division 2. 1. Procedure Division Masing-masing division tersusun secara hirarki atau tersusun rapi. Paragraph 5. FORTRON . Sentence/Entry 6. Sejarah COBOL Pada tahun 1959 sebuah grup komite pemakai komputer bertemu di University Of Pennsylvania untuk memecahkan persoalan program standar (program yang ditulis pada satu komputer dimungkinkan untuk dijalankan pada komputer model yang berbeda). dan teknik. Region 3. Sejarah FORTRON FORTRON atau FOrmula TRANslator adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) dan prosedural yang pertama kali dikembangkan pada tahun 1956 oleh John Backus di IBM. Data Division 4. Dr.1. Grace Hooper ( lahir tahun 1906) yang menulis Language translator atau complier program (program penerjemah) untuk bahasa pemograman tingkat tinggi tersebut. Statement/Clause 7. Hasilnya pada tahun 1960 dibuat suatu bahasa pemograman tingkat tinggi yang disebut COBOL ( Common Business Oriented Language).

Kolom 1 Jika diisi dengan :  “C”. boleh berisi komentar bebas yang diinginkan programmer. 5. 2. Kolom 73-80 Kolom ini tidak digunakan oleh fortron. 3. “c” atau “*” menyatakan bahwa baris tersebut hanya baris komentar (tidak akan di eksekusi oleh komputer)  “$” menyatakan baris tersebut berisi dengan meta command.pada awalnya diciptakan untuk komputer IBM 704 dengan struktur kontrol dan komponen input/output. Kolom 6 Berfungsi untuk meletakkan tanda sambungan. yang berupa suatu angka bilangna bulat diantara 1 sampai dengan 99999. D. Kolom 1-5 Digunakan untuk penulisan nomor label pernyataan. Kolom 7-72 Digunakan untuk meulis pernyataan atau perintah (statement) Fortran. 1 baris hanya boleh ada 1 pernyataan yang terbagi kedalam 80 kolom. Baris sambungan dapat mencapai 19 (sembilan belas) baris berturut-turut. bahwa baris tersebut merupakan sambungan dari baris sebelumnya. 1. 4. Dapat bersi semua jenis karakter yang ada kecuali 0 (nol). . Struktur Program Fortron Struktur Program Fortron didasari atas pembagian kolom.

Konsumsi daya listrik sebuah IC juga lebih rendah dibanding dengan Transistor. Integrated Circuit (IC) merupakan salah satu perkembangan Teknologi yang paling signifikan pada abad ke 20. peralatan Elektronik saat itu umumnya memakai Tabung Vakum sebagai komponen utama yang kemudian digantikan oleh Transistor yang memiliki ukuran yang lebih kecil. setengah tahun kemudian Robert Noyce berhasil melakukan fabrikasi IC dengan sistem interkoneksi pada sebuah Chip Silikon. Bentuk dan Prinsip Kerja Rangkaian Monolitic Integrated Circuit (MIC) dan Large Scale Integration (LSI) A.2. IC (Integrated Circuit) telah menjadi komponen Utama pada hampir semua peralatan Elektronika yang kita gunakan saat ini. Tetapi untuk merangkai sebuah rangkaian Elektronika yang rumit dan kompleks. Sebelum ditemukannya IC. . Prinsip kerja Monolitic Integrated Circuit Teknologi Integrated Circuit (IC) atau Sirkuit Terpadu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1958 oleh Jack Kilby yang bekerja untuk Texas Instrument. memerlukan komponen Transistor dalam jumlah yang banyak sehingga ukuran perangkat Elektronika yang dihasilkannya pun berukuran besar dan kurang cocok untuk dapat dibawa berpergian (portable). Teknologi IC (Integrated Circuit) memungkinkan seorang perancang Rangkaian Elektronika untuk membuat sebuah peralatan Elektronika yang lebih kecil. lebih ringan dengan harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu.

Tanpa adanya Teknologi IC (Integrated Circuit) mungkin saat ini kita tidak dapat menikmati peralatan Elektronika Portable seperti Handphone. Tablet PC. Konsol Game Portable. IC Linear IC Linear atau disebut juga dengan IC Analog adalah IC yang pada umumnya berfungsi sebagai :          Penguat Daya (Power Amplifier) Penguat Sinyal (Signal Amplifier) Penguat Operasional (Operational Amplifier / Op Amp) Penguat Sinyal Mikro (Microwave Amplifier) Penguat RF dan IF (RF and IF Amplifier) Voltage Comparator Multiplier Penerima Frekuensi Radio (Radio Receiver) Regulator Tegangan (Voltage Regulator) IC Digital IC Digital pada dasarnya adalah rangkaian switching yang tegangan Input dan Outputnya hanya memiliki 2 (dua) level yaitu “Tinggi” dan “Rendah” atau dalam kode binary dilambangkan dengan “1” dan “0”. Kamera Digital dan peralatan Elektronika yang bentuknya kecil dan dapat dibawa bepergian kemana-mana. IC Digital pada umumnya berfungsi sebagai :           Flip-flop Gerbang Logika (Logic Gates) Timer Counter Multiplexer Calculator Memory Clock Microprocessor (Mikroprosesor) Microcontroller . MP3 Player. Laptop.

dan gerbang (gate).B. Prinsip Teknologi Metal Oxide Semiconductor MOSFET adalah suatu transistor dari bahan semikonduktor (silokon) dengan tingkat konsentrasi ketidakmurnian tertentu. Bahan silikon digunakan sebagai landasan (substrat) dari penguras (drain). Sirkuit terpadu seperti 1K-bit RAM. 3. dan mikroporsesor awal. chip untuk kalkulator. Prinsip Kerja Large Scale Integration LSI atau Large Scale Integration yaitu sirkuit terpadu dengan beberapa puluh ribu transistor per chip. sehingga transistor MOSFET akan mempunyai kelebihan dibandingkan dengan transistor BJT (Bipolar Junction Transistor) yaitu menghasilkan disipasi daya yang rendah. Tingkat dari ketidakmurnian ini akan menetuan jenis tipe-P (PMOS). Selanjutnya transistor dibuat sedemikian rupa agar antara substrat dan gerbangnya dibatasi oleh oksida silikon yang sangat tipis.000 transistor diproduksi sekitar tahun 1974 untuk main memory pada komputer dan mikroprosesor generasi kedua. 4. LSI dengan kurang lebih 10. mempunyai sekitar 4000 transistor. Prinsip Teknologi Very Large Scale Integration . sumber (source). Oksida ini diendapkan di atas sisi kiri dari kanal. yang diproduksi pada awal tahun 1970-an.

resigter. pengolah. logika aritmatika.Mikroprosesor diarahkan oleh suatu program dalam kode-kode bahasa mesin yang telah dimasukkan terlebih dahulu ke dalam sebuah memori. Di dalam Mikroprosesor minimal terdiri dari rangkaian digital. . rangkaian sekuensial.

5.A.tips/download/link/vlsi-applications Buku “ Pengenalan Komputer “ Karangan Prof. Jogiyanto H. M.net/naomimandatary/vlsi-19052854 http://www.academia. 6.M.slideshare. 3. 2. 4. https://www.com/doc/12426569/Bahasa-Pemrograman-Fortran http://www.edu/11800778/Integrated_circuit http://dokumen.scribd..DAFTAR REFRENSI 1. Dr.com/pengertian-ic-integrated-circuit-aplikasi-fungsi-ic/ . Akt. http://teknikelektronika.B.