GAYA SELINGKUNG PENULISAN

BERKALA ILMIAH MAHASISWA
KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA
(BIMKMI)
Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (BIMKMI) adalah
publikasi per semester yang menggunakan sistem seleksi peer-review dan
redaktur.Naskah diterima oleh redaksi, mendapat seleksi validitas oleh mitra bestari,
serta seleksi dan pengeditan oleh redaktur. BIMKMI menerima artikel penelitian asli
yang berhubungan dengan dunia kesehatan masyarakat meliputi epidemiologi,
kesehatan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, administrasi dan
kebijakan kesehatan, biostatistik dan kependudukan, promosi kesehatan dan
ilmu perilaku, ilmu gizi kesehatan masyarakat, kesehatan reproduksi,
kesehatan global, dan one health baik penelitian lapangan maupun laboratorium,
artikel tinjauan pustaka, laporan kasus, artikel penyegar ilmu kesehatan masyarakat,
advertorial, petunjuk praktis, serta editorial. Tulisan merupakan tulisan asli (bukan
plagiat) dan sesuai dengan kompetensi mahasiswa kesehatan masyarakat.
JENIS ARTIKEL :
1. Penelitian asli: hasil penelitian asli dalam ilmu kesehatan masyarakat.
Format terdiri atas judul penelitian, nama dan lembaga pengarang, abstrak,
dan teks (pendahuluan, metode, hasil, pembahasan/diskusi, kesimpulan, dan
saran).
2. Tinjauan pustaka: tulisan artikel review/sebuah tinjauan terhadap suatu
fenomena atau ilmu dalam dunia kesehatan masyarakat, ditulis dengan
memperhatikan aspek aktual dan bermanfaat bagi pembaca.
3. Laporan kasus: artikel tentang kasus yang menarik dan bermanfaat bagi
pembaca.

Artikel

ini

ditulis

sesuai

pemeriksaan,

diagnosis,

dan

penatalaksanaan sesuai kompetensi kesehatan masyarakat.
4. Artikel penyegar: artikel yang bersifat bebas ilmiah, mengangkat topik-topik
yang sangat menarik dalam dunia kesehatan masyarakat, memberikan
human interest karena sifat keilmiahannya, serta ditulis secara baik. Artikel
bersifat tinjauan serta mengingatkan pada hal-hal dasar atau klinis yang perlu
diketahui oleh pembaca.

BIMKMI hanya menerima tulisan asli yang belum pernah diterbitkan pada jurnal lain. margin (atas. Artikel mengutip artikel-artikel penelitian dari berbagai jurnal internasional yang banyak disitasi. Naskah yang diterima harus berbahasa Indonesia. SYARAT DAN PETUNJUK BAGI PENULIS: 1. organisasi. dengan ketentuan: abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris. Hindari penggunaan buku atau website sebagai rujukan kecuali memang relevan. penelitian. kanan. pendahuluan. atau jurnal nasional yang terakreditasi. 2. Advertorial: Penulisan mengenai obat dan kandungannya berdasarkan metode studi pustaka. Penulis merupakan lulusan mahasiswa S1 atau masih menempuh jenjang pendidikan S2 program studi kesehatan masyarakat saat mengirimkan artikel. Maksimal terdiri dari enam orang dalam satu kelompok. abstrak. Ketik rapi pada kertas A4. .5. spasi 1. Memuat mulai dari ilmu dasar. Artikel ditulis sesuai kompetensi mahasiswa. font 10 Arial. maka minimal salah satunya harus berasal dari mahasiswa program studi kesehatan masyarakat. lapangan kerja sampai karir dalam dunia kesehatan masyarakat. Secara umum naskah ajuan terdiri atas judul. berbagai metode terbaru. Jarak antar bab. Bila penulis lebih dari satu orang. subbab. penulisan di bidang kesehatan masyarakat. First line indent pada penulisan awal paragraph menjorok ke dalam 6-8 huruf (1 cm). 4. Pengaturan untuk jarak spasi sangat diperhatikan (before and after spacing harus 0 (nol)). Artikel ditulis dengan menggunakan rujukan maksimal lima tahun sebelum artikel ditulis. 5. 3. 6. bersifat langsung (to the point) dan penting diketahui oleh pembaca (mahasiswa kesehatan). bawah) 3433. kiri. dengan anak bab hanya berjarak 1 spasi (1 kali enter). FORMAT PENULISAN SECARA UMUM Menggunakan penulisan yang sesuai Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD). dan maksimal 15 halaman (terhitung dari judul hingga daftar pustaka/lampiran yang diperlukan jika ada). Petunjuk praktis: artikel berisi panduan diagnosis atau tatalaksana yang ditulis secara tajam. 6. 7. Editorial: artikel yang membahas berbagai hal dalam dunia kesehatan masyarakat.

Judul Nama penulis dan lembaga pengarang Abstrak Pendahuluan Pembahasan Kesimpulan Daftar Rujukan (Reference) Artikel penyegar dan editorial 1. melainkan menyatu (tidak bersubjudul). Untuk keseragaman penulisan. yang terdiri dari:  Teori  Metodologi Penelitian  Hasil 6. Daftar Rujukan (Reference) Untuk keseragaman penulisan. pembahasan (analisis). 7.metodologi penelitian. 6. 4. advertorial harus mengikuti sistematika sebagai berikut: 1. Isi 3. 5. *perhatikan dan taati aturan format penulisan secara umum. 3. Untuk keseragaman penulisan. Judul karangan (Title) Nama dan Lembaga Pengarang (Authors and Institution) Abstrak (Abstract) Pendahuluan Pembahasan. Penambahan bab atau sub bab tergantung pada format penelitian atau naskah pengirim dengan tidak menyalahi penulisan karya tulis ilmiah. guna kelancaran seleksi dan pertimbangan penerimaan naskah Anda. 5. 4. khusus naskah penelitian asli harus mengikuti sistematika sebagai berikut: 1. 2. kesimpulan dan daftar pustaka. naskah tinjauan pustaka. naskah laporan kasus harus mengikuti sistematika sebagai berikut: . Kesimpulan 7. 2. 3. Pendahuluan 2. Bagian-bagian itu hanya sebagai panduan bagi penulis. hasil. Kesimpulan Ketiga bagian tersebut tidak ditulis secara eksplisit.

Outcome dan follow up 10. Penulisan Nama Pengarang Dibuat taat azas tanpa penggunaan gelar dan dilengkapi dengan penjelasan asal instansi atau universitas.). Ditulis tidak terlalu panjang. Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jakarta Penulisan Abstrak . Tata laksana 9. Boleh menggunakan titik dua. Ditulis di bagian tengah atas dengan upper case (kapital semua). tidak ditulis di antara tanda kutip.Fakultas Kesehatan Masyarakat.1Desri Astuti. Rahmayanti. Nama penulis dan lembaga pengarang 3. Differential diagnosis 8. Kasus 6. Abstrak 4. tidak diakhiri tanda titik(. dan padat yang akan menggambarkan isi naskah. Pemeriksaan penunjang 7.Fakultas Kesehatan Masyarakat. font Arial 14. Universitas Indonesia. dan tanpa singkatan kecuali singkatan yang lazim. PENJELASAN PENULISAN SECARA RINCI Penulisan Judul Judul ditulis secara singkat. Referensi Catatan: laporan kasus butuh pengesahan dari supervisor/dosen pembimbing penulis.2 1 Departemen Kesehatan Lingkungan. namun tidak titik koma. Judul 2. Depok 2 Departemen Epidemiologi. maksimal 18-20 kata. Penulisan nama pengarang dimulai dari pengarang yang memiliki peran terbesar dalam pembuatan artikel. tidak digarisbawahi. jelas.1. Discussion 11. Penulisan asal instansi dimulai dari terkecil contoh: Nurul M. Take Home Message 12. Background 5.

 Kalimat pertama dari pendahuluan menyampaikan tujuan dari penelitian ini untuk memberikan kontribusi pada bidang tertentu dengan melakukan atau  menemukan sesuatu. Panjang 200-250 kata (tidak boleh di luar dari ketentuan ini). metode. Pendahuluan dituliskan ringkas 1-2 paragraf dan maksimal 1 halaman. Jelaskan mengapa penelitian dilakukan. Abstrak Bahasa Inggris dan keyword ditulis italic (dimiringkan). seberapa signifikan kontribusi dari penelitian tersebut. dan tujuan. Abstrak berisi seluruh komponen artikel secara ringkas (pendahuluan. dan hal apa saja yang bisa dikembangkan setelah penelitian berakhir. Penting untuk menjadi perhatian:   Tulis abstrak setelah selesai mengerjakan keseluruhan artikel Edit abstrak beberapa kali sampai mampu menggambarkan isi artikel secara keseluruhan dengan baik Penulisan Pendahuluan Pendahuluan mengantarkan pembaca kepada topik utama.Abstrak merupakan miniatur dari artikel sebagai gambaran utama pembaca terhadap artikel Anda. bagaimana cara melakukannya. dan ditulis dalam satu paragraf. masalah. apa yang dilakukan peneliti terdahulu atau artikel keilmuan yang sekarang berkembang. hasil. Kalimat pertama menyampaikan kontribusi penulis terhadap literature dan menjelaskan perbedaan penelitian/telaah yang dilakukan dibanding dengan artikel lain yang sudah ada. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak Bahasa Indonesia dan kata kunci ditulis tegak. diskusi dan kesimpulan). Dilengkapi dengan kata kunci sebanyak 5-8 kata benda dari umum ke khusus. Kutip beberapa hasil penelitian terbaru mengenai topik yang dibahas beserta  relevansinya Jelaskan mengapa menulis artikel ini dan kontribusi apa yang diberikan pada  pengembangan keilmuan Jelaskan kebijakan yang mungkin timbul atau implikasi yang mungkin diterapkan sebagai hasil dari penemuan tersebut (hanya jika hal tersebut  relevan) Jelaskan apakah penelitian mendukung atau memperluas hasil penelitian yang sudah ada atau justru menyanggah hasil penelitian sebelumnya . Latar belakang atau pendahuluan menjawab mengapa penelitian atau kajian dilakukan. tidak menuliskan kutipan pustaka.

Sebaiknya menggunakan kalimat pasif dan kalimat narasi. Tekankan aspek baru dan penting. dan hasil penelitian. metodologi penelitian. Petunjuk:   Merupakan bagian penting dalam artikel Ketahui metode penelitian terkini yang paling sesuai untuk bidang keilmuan  yang dibahas Ketahui apakah jenis metode lain ternyata lebih memberikan signifikansi terhadap hasil penelitian dibanding dengan metode penelitian lama yang digunakan Penulisan Hasil   Setengah bagian dari keseluruhan artikel membahas tentang bagian ini Tiap tabel atau grafik harus diikuti satu paragraf yang mendeskripsikan hasil yang tercantum dalam tabel atau grafik tersebut . Tujuan pembahasan adalah menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai dan menafsirkan/analisis hasil. dan analisis data. Sertakan juga bahasan dampak penelitian dan keterbatasannya. teknik pengukuran data. bukan kalimat perintah. Usahakan bagian pendahuluan ini terdiri kurang dari satu halaman Penulisan Pembahasan Pembahasan merupakan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah. Bagian ini terdiri dari teori. tempat dan waktu. Teori/Konsep/Evidence  Rangkum teori-teori yang relevan dengan artikel yang ditulis dalam bentuk  bagan atau rumus Rangkum buku atau publikasi penelitian terbaru yang mendukung atau menjadi acuan selama proses penelitian dan jelaskan apa kontribusi penelitian yang diberikan secara lebih rinci dibandingkan pada bagian  pendahuluan Tambahkan kesimpulan singkat mengenai hasil penelitian sebelumnya dan identifikasi masalah penelitian yang belum terpecahkan Metodologi Penelitian atau Cara dan Bahan Penulisan metodologi penelitian berisikan desain penelitian. populasi dan sampel.

Terdiri dari maksimal tiga paragraf yang merangkum tentang:     Apa yang dilakukan dalam penelitian ini Bagaimana penulis menjawab pertanyaan penelitian Apa yang sudah penulis temukan dalam penelitian tersebut Jika diperlukan. Edit bagian ini berulang kali sampai kita benar-benar yakin bahwa pembaca memahami apa yang disampaikan di bagian ini Penulisan Kesimpulan Kesimpulan berisikan jawaban atas pertanyaan penelitian. tunjukkan keberadaan tabel dalam teks (misal lihat tabel 1). subjudul ada pada tiap kolom. Status Pernikahan Menikah Tidak Menikah Total Penulisan Gambar Judul gambar ditulis dibawah gambar. jelaskan mengenai keterbatasan penelitian dan kemungkinan pengembangan penelitian yang bisa dilakukan oleh orang lain untuk mengembangkan hasil yang sudah diperoleh Penulisan Tabel Judul tabel di tulis dengan title case. 2.13 100 . Contoh: N 28 18 46 % 60. sederhana. Contoh penulisan tabel yang benar: Tabel 1 Distribusi Status Pernikahan Penderita HIV AIDS di Kota X Tahun Y 1. dan ditulis diatas tabel. Bagian ini dituliskan dalam bentuk esai dan tidak mengandung angka. tidak rumit.87 39. dibuat tanpa garis vertical. Kesimpulan harus menjawab tujuan khusus.

Logo BIMKMI Penulisan Bilangan – Satu digit. contoh: 1. contoh 1-3. tdk dipisah. Contoh: Tahun 1998.Gambar 1.Nomor diletakkan dekat nama penulis. Contoh: Sejumlah – – – – 14 327 pasien Tahun tidak dipisah. tidak diikuti satuan metrik: huruf Contoh: sebanyak dua pasien – Satu digit. jadi yang benar IV Penulisan Kutipan Pustaka pada Naskah (Teks) Kutipan Pustaka pada Naskah ditulis dengan nomor sesuai urutan. misalnya keempat dan bukan ke empat Bila dengan angka Arab dengan tanda penghubung ke-4 Kalau dengan angka Romawi tanpa tanda penghubung. Contoh: Dari 5680 pasien terdapat 1256 balita – Angka 4 digit ditulis bersama 5 digit atau lebih. Lebih dari dua nomor berurutan: nomor awal dan nomor akhir dipisahkan tanda hubung. 2000 Jika ditulis dengan kata digabung.2 dan Elisa.Nomor kutipan ditulis superskrip.1Acridine Orange.2.3 Penulisan Referensi . Nomor diletakkan setelah kutipan. pisahkan tiap 3 digit dari belakang Contoh: Dari 15 680 pasien terdapat 1 256 balita – Angka 5 digit atau lebih ditulis pisahkan 3 digit dari belakang. Contoh: Diagnosis malaria dapat ditetapkan secara mikroskopik dengan pewarnaan Giemsa. 1999. tanpa ke. diikuti satuan metrik: angka Contoh: dosis diazepam 8 mg – Dua digit atau lebih: angka Contoh: Jumlah karyawan 16 orang – Awal kalimat: huruf Contoh: Empat puluh orang terserang diare – Angka 4 digit ditulis bersama 4 digit. Nomor ditulis setelah tanda baca.

ed. 1923-1990. the Chair. contoh: 1. Ithaca: Cornell UP. ed. Princeton: Princeton UP.. 1976. Springfield. King Arthur and his Knights. Berikut contoh penulisan daftar pustaka dari berbagai bahan rujukan menggunakan format: I. Northrop. 1957. Editor sebagai penulis Harari. Garden City: Doubleday. and Sarah Hays Trott. Marquart. Contoh 1-3. Lebih dari dua nomor nomor awal dan nomor akhir dipisahkan tanda hubung.Penulisan sitasi menggunakan sistem Vancouver dengan penomoran yang runtut.). Textual Strategies. 1979. James W. Dengan dua atau tiga orang pengarang Howe.2. 1977. Sorensen. Walter. Princeton: Princeton UP. Austin: Univ. and Jonathan R. The Secular Scripture. 1994. Lebih dari tiga penulis Edens. and the Needle: Capital Punishment in Texas. Josue. 1977. Russell Warren. MA: MerriamWebster. Ed. The Rope. Eugene Vinaver. London: Oxford . Nomor kutipan ditulis superskrip. Penulis dan editor Malory. of Texas. Ditulis dengan nomor sesuai berurutan: urutan. et al. Cambridge: Harvard UP. 1993. Teaching Shakespeare. Buku dengan penulis sama -------------. Thomas. The Power Peddlers. Tidak ada nama penulis Merriam-Webster’s collegiate dictionary (10th ed.. Anatomy of Criticism: Four Essays. BUKU Penulis Tunggal Frye. Sheldon Ekland Olson.

of L'Archéologie du savoir. 52nd ed. 1966. ed. “Noon. Andrea del Sarto. The Archaeology of Knowledge. “Ginsburg. Jill. Artikel atau bab dalam buku Magny.’” This Noble Craft: Proceedings of the Tenth Research Symposium of the Dutch and Belgian University Teachers of Old and Middle English and Historical Linguistics.. Washington. S. 1969. 1998.. A. 19-10 January 1989.UP. 1984. 66-78. SERIAL . Ed. Michel." Encyclopedia Americana. II. 1963. Ed. Claude-Edmonde. Amsterdam: Radopi. 2 jil. 1972." Faulkner: A Collection of Critical Essays. Utrect. Erik Kooper. Inst. Penulis berupa tim atau lembaga National Institute for Dispute Resolution.C. Ruth Bader.” Who’s Who in America. J. pamflet dan sejenisnya Jawa Timur. Intl.: Natl. Brosur. Trans. konferensi dan sejenisnya Mann. Jr. 2nd ed. Dispute Resolution Resource Directory. Karya multi jilid/buku berseri Freedberg. Terjemahan Foucault. Trans. Surabaya: Dinas Pariwisata Jawa Timur. 1989. 1998. 1999.” The Oxford English Dictionary. Robert Penn Warren. Englewood Cliffs: PrenticeHall. Cambridge: Harvard UP. "Nuclear War. John S. "Faulkner or Theological Inversion. D. M. London: Tavistock Publications. 1956. 1991. for Dispute Res. Makalah seminar. Sheridan Smith. “Chaucher and the ‘Woman Question. Artikel/istilah dalam buku referensi Foster.173--88.

Michael. Purdue University Libraries. Gale Group Databases. Purdue University. “Between Despair and Ecstacy: Marco Polo’s Life of the Buddha. Perpustakaan Universitas Indonesia.1 (1997). Ed. Hawthorne.english. 10 Sept. edu/handouts/research/r_mla.” Twice-Told Tales.galegroup." Journal of Despotry Feb. Henry Churchyard.ufl. 19 February 2003. 1998 <http://www. Proquest Direct. <http://www. <http://owl.” Purdue Online Writing Lab. George Parsons Lathrop. Pride and Prejudice. Heidegger’s Experiment.html> Artikel jurnal online Calabrese. Fox. 23 January 2004.com/janeinfo/prideprej. "World Domination for Dummies. 2003. 2003.com/pqdauto>. Expanded Academic ASAP. “What in the World Happened to Economics?” Fortune 15 Mar. Boston: Houghton.Artikel jurnal Dabundo.mediaone. 1996. III. “The Voice of the Mute: Wordsworth and the Ideology of Romantic Silences. 1999: 90-102. Martin. 2000: 66-72. .htm> Artikel dalam pangkalan data online Smith. ABI/INFORM Global. Depok.pemberley.com>.purdue. PUBLIKASI ELEKTRONIK Buku Online Austen. IN.html>.proquest.edu/english/exemplaria/calax.” Exemplaria 9. Nathaniel.net/nh/dhe.ne. 1 Mar. 22 June 1998 <http://web. “Dr. 1883. Laura. Jane. 1998 <http://eldred.html>. 6 Feb. Artikel di website “Using Modern Language Association (MLA) Format. Ed.english.infotrac. Justin.” Christiantity and Literature 43:1(1995): 21-35. <http://www. West Lafayette.

Artikel/data dalam CD-ROM “U. Barbara Webster. 2nd ed. Mar.S. Census of Population and Housing.edu:8888>. Natl. Inst. FTP.utdallas. Population by Age: Urban and Urbanized Areas.: Prentice Hall. Feb 1996. and Jane Gurney. late ed. Natalie “Chemists Learn Why Vegetables are Good for You. Encyclopedia Britannica. Vers. 29 Mar.html>. Artikel jurnal dalam CD-ROM database Angier. CD-ROM.ncjrs. Artikel/istilah dalam koleksi referensi berbentuk CD-ROM “Albratoss. of Justice. Prosecuting Gangs: A National Assessment.1. Telnet. CD-ROM. 1992. 29 May 1999. 8 June 1999.1. CD-ROM. 2nd ed.S. J. 1997. Dept.ntua. Online collaborative conference. . 1993.” The Oxford English Dictionary. N.com:180>. 1990. By Claire Johnson. Oxford: Oxford UP. Science. 29 June 1998 <http://www. US Bureau of the Census. Preface. 97.txt>. 1992. Artikel/istilah dalam koleksi referensi online “Fresco.org/txtfiles/pgang. 1997 <http://www.eb. <telnet://lingua. and Edward Connors. Oct. 1993. Lingua MOO. Henry. and Engineering.Publikasi lembaga United States. New York Times On disc. Numerical Methods for Mathematics.” 1990 U. Mathews.” New York Times 13 Apr. UMIProquest. Miram Fields.gr/pub/netlib/textbook/index.” Britannica Online. <ftp://ftp. 29 May 1999.p.: C1. Of Justice. dan gopher Sowers.