You are on page 1of 8

Fluida Dalam Jarum Suntik

Achmad Khairus Samhan
201310410311183
Universitas Muhammadiyah Malang

201310410311183

Page 0

...........................................2 Kontinuitas Debit.................................... 4 1............................................................... 7 PENUTUP....................................................................................... 4 1............4 Asas Bernoulli............................................... 5 2........................... 3 BAB I................3 Persamaan Kontinuitas..................................................................................................................... 8 201310410311183 Page 1 ......................................................................................................................... 4 1........................................................ 6 BAB III................................................................................2 Rumusan Masalah................................................................................................. 5 PEMBAHASAN.........................1 Latar Belakang.................................................1 Fluida Dinamis........Daftar Isi Pengantar.......................................................................................................................................................................................... 4 BAB II...............................................................3 Tujuan....... 4 Pendahuluan............................................................................................................................................................................. 5 2.5 2............................. 7 Daftar Pustaka................................................................................................................................. 5 2.......................................................................

23 Oktober 2013 Penyusun 201310410311183 Page 2 . Makalah ini berisikan tentang pembahasan materi Fluida Dalam Jarum Suntik mengenai hubungan antara fluida terhadap dunia kefarmasian khususnya pada injeksi (jarum suntik).Pengantar Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan Makalah Fisika Dasar ini yang tepat pada waktunya dengan judul “Fluida Dalam Jarum Suntik ”. oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata. saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha saya. Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Gresik .

3 Tujuan 1. Oleh karena itu. kita harus mengetahui lebih lanjut tentang sistem kerja fluida dalam jarum suntik. 3. kontinuitas debit. Agar kita mengetahui hubungan antara fluida dengan jarum suntik. Namun kita sering tidak menyadari tentang kegunaan atau cara kerja rumus dan pengetahuan tentang fluida terhadap aktivitas kita sehari-hari. Bagaimanakah hubungan antara fluida dengan jarum suntik. 2. 1. yaitu fluida statis dan fluida dinamis. perbandingan kecepatan fluida dengan luas dan diameter penampang.1 Latar Belakang Fluida merupakan suatu hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Apakah yang dimaksut dengan fluida dinamis. antara lain. Fluida dinamis adalah fluida yang bergerak atau mengalir dalam suatu sistem. Fluida dinamis juga dipengaruhi oleh beberapa asas dan perbandingan maupun persamaan. dan asas bernoulli. Pada dunia medis sering menggunakan pengobatan secara injeksi. 1. 3. 2. Dan pada saat injeksi itu kita menggunakan sistem kerja dari fluida.2 Rumusan Masalah 1.BAB I Pendahuluan 1. Fluida dibagi menjadi dua. Untuk menambah wawasan kita atas fluida dinamis. 201310410311183 Page 3 . Apa sajakah yang memengaruhi sistem kerja dari fluida dinamis. Agar kita mengetahui prinsip maupun asas dari fluida dinamis.

BAB II PEMBAHASAN 2. Sedangkan ). aliran compressible atau incompressible (bergantung pada perubahan volume/massa jenis pada saat terdapat tekanan). 2.. Douglas C. dan aliran viscous atau nonviscous (yang bergantung pada kekentalan suatu fluida). Jakarta : Penerbit Erlangga dinyatakan hasil kali luas penampang dengan kecepatan . Sedangkan volume sendiri merupakan hasil kali dari luas penampang dan panjang dari penampang tersebut kecepatan(v) adalah jarak (s) dibagi waktu (t) . Pada suatu gerakan pasti memiliki aliran. debit juga dapat Image from Giancoli. 2. rotational atau irrotational (yang dipengaruhi oleh arah arus). Oleh karena itu.2 Kontinuitas Debit Debit(Q) itu sendiri berarti volume(V) suatu fluida yang mengalir pada suatu penampang dalam waktu(t) tertentu [ ].1 Fluida Dinamis Fluida Dinamis adalah fluida yang bergerak atau mengalir dalam suatu sistem.3 Persamaan Kontinuitas 201310410311183 Page 4 . Fisika Jilid I (terjemahan). 2001. Dalam fluida terdapat empat nama aliran. yaitu aliran tunak atau nontunak (yang dipengaruhi oleh kecepatan partikel dalam aliran tsb).

2. bahwa penyempitan ruang dalam silinder jarum suntik dilakukan agar fluida dapat masuk pada proses injeksi dan menghindari agar darah tidak masuk pada jarum suntik pada proses injeksi.4 Asas Bernoulli “tekanan fluida di tempat yang kecepatannya tinggi lebih kecil daripada ditempat yang kecepatannya lebih rendah. Sehingga dapat ditarik sebuah persamaan ). Dengan luas penampang berupa ).5 Hubungan Penyempitan Ruang Dalam Silinder Jarum Suntik Dari penjelasan point sebelumnya dapat diketahui. Jadi semakin besar kecepatan fluida dalam suatu pipa maka tekanannya makin kecil dan sebaliknya makin kecil kecepatan fluida dalam suatu pipa maka semakin besar tekanannya” Daniel Bernoulli (1700 – 1782). 2. 201310410311183 Page 5 .Dari gambar di atas dapat dilihatbahwa Kecepatan aliran fluida tak termampatkan berbanding terbalik dengan luas penampang yang dilaluinya ( lingkaran maka ( ). Disamping itu juga untuk mempermudah proses injeksi.

Sehingga fluida yang bergerak dari silinder jarum suntik ke jarum suntik memiliki kecepatan yang berbeda.BAB III PENUTUP Kesimpulan yang dapat ditarik dari makalah ini adalah fluida yang bergerak dari ruang besar ke ruang yang lebih kecil akan lebih cepat di saat berada pada ruang yang lebih kecil karena kecepatan aliran fluida tak termampatkan berbanding terbalik dengan luas penampang yang dilaluinya. 201310410311183 Page 6 . begitu pula dengan fluida yang bergerak dari jarum suntik ke pembuluh darah.

eduS 201310410311183 Page 7 . Douglas C.uksw.Daftar Pustaka Giancoli.. Jakarta : Penerbit Erlangga Repository. Fisika Jilid I (terjemahan). 2001.library.