MANAJEMEN RANTAI PASOK

MARKET DISTRIBUTION STRATEGY
PT. AQUA GOLDEN MISSISSIPPI

KP A
Disusun Oleh:
1.
2.
3.
4.
5.
6.

MOCH. Andrean Al-farisy
Rony Suryajaya
Yulius Elyanton Manurung
Denny Wahyudi
Davi Oktaviana
Fegi Arsha Septiansyah

130214467
130214943
130214376
130214901
3132383
3132238

Fakultas Bisnis dan Ekonomika

Semester Gasal 2016 / 2017

market share. Setelah beroperasi selama 30 tahun. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk. AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE. Pada tahun 1998. dan penerapan teknologi pengemasan air terkini.Company profile PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo. yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia. Di bawah bendera DANONE-AQUA.A. kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia. Lokasi Sumber Mata Air AQUA Brastagi Lampung (Jabung dan Umbul Cancau) Mekarsari (Kubang) Subang (Cipondoh) Wonosobo (Mangli) Klaten (Sigedang) Pandaan Kebon Candi Mambal Menado (Airmadidi) .000. kini AQUA memiliki lebih dari 1. sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia.

rasa. Timbal (Pb) Mg/L Maks 0. Rasa - Normal c.005 d. Salmonella Sumber: Standar Nasional Indonesia.05 Maks 0.5-8. Tembaga (Cu) Mg/L Maks 0.0 Maks 45 Maks 0.5 Maks 5 Maks 150 Maks 500 Maks 1. Angka lempeng total akhir Koloni/mL Maks 1.5 c. Bakteribentuk coli APM/100mL <2 Koloni/mL Nol - Negatif/100ml d. Warna Ph Kekeruhan Kesadahan sebagai CaCO3 Zat padat terlarut Nitrat Organik sebagai angka KMnO4 Nitrat sebagai NO3 Nitrat sebagai NO2 Ammonia (NH4) Sulfat Khlorida (C1) Flourida (F) Sianida (CN) Besi (Fe) Mangan (Mn) Khlor bebas Cemaran logam berat: Unit Pt. Clotridium perfringes e. warna c) Teknis : the best technology available atau best practical technology d) Toksisitas : efek racun Negatif/100ml .05 Maks 0.0 x102 b.Co NTU Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Mg/L Maks 5 6. Angka lempeng total awal Koloni/mL Maks 1. anorganik (nitrit).3 Maks 0.001 Maks 0.1 a.15 Maks 200 Maks 250 Maks 1 Maks 0. Bau - Tidak berbau b. SNI 01-3553-199 Kriteria dan standar kualitas air didasarkan atas : a) Kesehatan : logam dan logam berat.005 b.Persyaratan mutu air minum di atur dalam SNI 01-3553-1996. Kadmium (Cd) Mg/L Maks 0.05 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 a.0x103 c. seperti dalam tabel berikut: Syarat Mutu Air Minum Dalam Kemasan Menurut SNI No 1 Kriteria Uji Keadaan: Satuan Persyaratan a. Raksa (Hg) 18 Cemaran Arsen (As) 19 Cemaran mikroba Mg/L Mg/L Maks 0. zat organic b) Estetika : bau.005 Maks 0.

membuat isi tidak sensitif terhadap atmosfir sekitarnya. suhu dan kekeruhan  Kualitas kimiawi:  Anorganik: ditoleransi hingga batas-batas tertentu. Kualitas radioaktif: bebasdari zat radioaktif Syarat Sumber Air: Kuantitas: jumlah Kualitas: mutu Kontinuitas: ketersediaan air B. Zn = 5 mg/l  Organik: dibatasi karena dapat bersifat toksik (baik karsinogen. seperti senyawa aktif pembentukan pestisida dll  Kualitas biologi: indikator pencemaran air oleh aktivitas domestik. Kriteria air minum:  Kualitas: memenuhi persyaratan agar berfungsi secara baik dalam penggunanya  Kuantitas: memenuhi kebutuhan agar jumlahnya cukup sesuai kebutuhan  Kontinuitas : tersedia dan terjangkau setiap saat B.Teknologi yang di gunakan aqua A. 907/2002 A. AQUA memperkenalkan satu jalur baru dari kemasan terbuat dari PET (polyethilene terephthalate). . Dibandingkan PVC. warna. Standar sumber air minum (air baku) PP 82/2001. kemasan terbuat dari PET mempunyai empat keuntungan utama : 1) Bahan kemasan mempunyai kejernihan tingkat tinggi membuat air nampak “sejernih kristal “ 2) Permeabilitas gas sangat rendah. rasa. Contoh maksimum konsentrasi Cu = 1 mg/l. maupun npn-karsigen).e) Polusi : mencegah teremisinya pencemar ke lingkungan f) Ekonomi : kerugian-kerugian ekonomi Standar air minum di Indonesia menerapkan sumber air minum (air baku) dan air minum sehingga tidak akan menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan manusia. Standar air minum: Keputusan Menkes No. Kualitas:  Kualitas fisik: bau.Mesin produksi yang canggih Di tahun 1987. contoh : bakteri escherici coli  C. terutama dampaknya terhadap kesehatan.

Mesin kemasan botol plastic 500 ml menggunakan mesin Krupp dan mesin botol 5 gallon Battenfield Fisher. Pengawasan ketat dilakukan secara berkala setiap hari. hingga kontrol kualitas produk di pasar. untuk pencetakan dari lembaran plastik menjadi gelas plastik (cup) digunakan mesin thermoforming . kebersihan. AQUA sangat menjaga kemurnian produk sejak dari sumber air. Metode pengolahan AQUA yang dikenal sebagai hydro pro system. Sumber Mata Air aqua a) Pemilihan lokasi untuk mata air yang mengalir dengan sendirinya dan berlokasi jauh dari perumahan. AQUA belum menggunakan mesin SIDEL dari Perancis. Teknologi yang diterapkan AQUA adalah sistem in line process. Mata air pegunungan yang menjadi sumber air AQUA. Sedangkan. diberi label. b) Uji untuk memeriksa polusi dan kontaminasi. 4) Zat-zat kimia yang digunakan dalam pembuatan PET lebih kecil dalam merusak lingkungan umum daripada penggunaan dalam pembuatan PVC. c) Penelitian serta pemeriksaan efek dari kondisi yang berbeda selama 2 tahun d) Pemeliharaan lingkungan disekeliling sumber pipa air dalam tanah untuk menghindari kontaminasi.3) Kemasan jauh lebih kuat dan lebih jarang bocor atau di tembus. g) Mengadakan pemeriksaan radiologi setiap 4 tahun sekali (untuk kandungan radioaktif) proses pembuatan botol aqua Dengan beroperasinya pabrik-pabrik baru AQUA tersebut maka produksi botol plastik PET menggunakan 5 mesin PET milik sendiri dan 5 mesin lain milik vendor. Keduanya buatan Jerman pertama kali dioperasikan 1992 dengan investasi Rp 6 miliar . berfungsi menjaga kemurnian setiap tetes AQUA. Material itu daur ulang kemasan jenis Recycle Poly Ethyl Therephatalate (PET) guna menekan penggunaan bahan baku olahan dari turunan minyak mentah. B . Proses ini dilakukan dalam ruangan steril tanpa sentuhan tangan manusia dan merupakan yang pertama di Indonesia dan hingga kini merupakan satu-satunya proses yang diimplementasikan oleh industri air minum dalam kemasan. Botol PET ciptaan AQUA ini sekarang menjadi standar dunia. Sistem ini menerapkan prosedur otomatis. mulai dari pembuatan botol. D. senantiasa dijaga agar bebas dari kontaminasi. C. disegel dan dipaket secara bersamaan. PT Tirta Investama (Danone Group) yang merupakan produsen minuman kemasan Aqua berencana menerapkan teknologi kemasan air minum terbaru. ditutup. Dengan adanya teknologi yang canggih maka kualitas produk akan semakin terjamin dan produksi akan terus meningkat. kejernihan dan keseimbangan mineral. e) Menciptakan kolam tertutup untuk perlindungan (menghindari resiko kontaminasi) f) Mengadakan uji setiap jamnya untuk kandungan pH balance. agar kualitas sumber air tetap terjaga. Pada waktu itu. yang langsung diisi.

kebersihan dan kejernihan air diluar standar. . Ozone: untuk menghilangkan bakteri 4. bulan dan tanggal. Dua botol dari setiap produksi akan disimpan selama 2 tahun dan akan dipergunakan sebagai sample untuk mendata kualitas. hal ini meminimalisir kontak manusia untuk memastikan derajat kebersihan yang tinggi. Melakukan tes Coliform mingguan pada produk akhir 7. bukanlah main-main. 10. kebersihan. kejernihan dan keseimbangan mineral. Proses Pengolahan Air Minum Kemasan Aqua 1. 5. 9. Keseluruhan proses dari sumber hingga produk akhir berada dibawah pengawasan ketat dan sesuai dengan Standar Manufaktur yang baik meski Indonesia kaya akan sumber mata air. 11. 12. namun tidak semuanya layak menjadi sumber bahan baku untuk air minum AQUA. sehingga dapat dilacak pada tahun. Melakukan uji Coliform pada sumber air setiap harinya 6. Melakukan pemeriksaan kimiawi dan fisikal menyeluruh setiap bulannya pada produk akhir. Operator mempergunakan pakaian yang terbuat dari ‘parachute material’ dan sarung tangan yang dipergunakan diberi desinfektan setiap 15 menit. Melakukan pemeriksaan tahunan untuk logam berat dalam produk akhir. lini produksi akan dihentikan dan produk akan dikeluarkan dan akan diperiksa apakah produk aman untuk dikonsumsi atau tidak. Kemudian filter 1 micron dipergunakan untuk memfilter partikel yang berukuran sampai dengan 1 micron (parasit) 3. 19. Pre-filter 5 micron dipergunakan untuk memfilter partikel yang ada sampai ukuran 5 micron. 8. Apabila pemeriksaan setiap jamnya untuk Ozon. Setiap gelas/botol/galon memiliki kode kadaluarsa dan tanggal produksi yang sudah dicetak. Semua air botolan diperiksa untuk melihat bila ada cacat di tutup dan lapisan pelindung. 14. Karenanya bagi AQUA. Botol dan gelas diproduksi dari palet plastik hingga menjadi kemasan botol dan gelas didalam pabrik yang sama dan hanya sesaat sebelum botol diisi dengan air. waktu. pH. lokasi dan kru produksi. Dukungan teknis dari bottling line oleh BTC (Beverage Technology Centre) Danone 15. Melakukan monitoring dan inspeksi reguler terhadap produk yang ada di pasar. Semua material yang dipergunakan diperiksa dan disetujui oleh BTC (Beverage Technology Centre) Danone. kerja keras untuk mencari sejumlah sumber air terbaik di seluruh Indonesia.10 and 11 untuk mengukur PH balance. 2.bekas bermerk OMV Verona buatan Italia. Mengambil sample per jam dari langkah nomor 9. Purna Jual 16. 17. Setelah 2 tahun (ketika masa berlaku habis) AQUA akan memeriksa stabilitas produk sebelum membuangnya 18. 13.

Pengembanganproduk AQUA kemasanbotol PET 1500 ml. Pengembanganproduk AQUA Kemasan 5 galon (19 liter) Pengembanganproduk AQUA Kemasangelasplastik poly propylene 240 ml. 330ml. Kemasan Aqua tahun 2010 hinggasekarang :     Kemasangelas atau cup 240ml Kemasanbotolplastik 330ml. 600ml. MIZONE hadirdengandua rasa. jenis airdalamkemasan yang diberiesens rasa buah strawberry dan orange-mango. Kemasan galon 19 ltr . orange lime danpassion fruit.600ml. Padatahun 2004 AQUA meluncurkanvarianbaru AQUA Splash of Fruit.1500ml Kemasanbotolkaca 380ml. minumanbernutrisiyang merupakanprodukdari DANONE.        AQUA menghadirkankemasanbotolkacabaru 380 ml pada 1 November 2001. Padatahun 2005 AQUA 2005 AQUA memproduksi MIZONE.

Market Distribution In Supply Chain Pengertian distribusi Distribusi adalah salah satu aspek dari pemasaran. jumlah. sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis. produk tersebut dikirimkan (dan biasanya juga sekaligus dijual) ke suatu distributor. Sejak tahun 1998. Tirta Utama Abadi merupakan anak perusahaan dari PT. Danone. Aqua Specialization . Aqua sudah dimiliki pula oleh perusahaan multinasional dari Perancis. terdapat 14 pabrik yang memroduksi Aqua. tempat. hasil dari penggabungan Aqua Golden Mississippi dengan Danone. Seorang atau sebuah perusahaan distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer). Pabrik tidak lagi menjual produk langsung kepelanggan.Sistem ini diterapkan untuk menghindari terjadinya penumpukan barang di gedung penyimpanan. Setelah suatu produk dihasilkan oleh pabrik. Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Aqua juga dijual di Singapura.Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. TIRTA INVESTAMA / AQUA dengan menggunakan sistem FEFO (Fisrt Expired First Out). tetapi mereka menjual produk dengan penjualan dan cabang distribusi didirikanoleh PT. Tirta Utama Abadi. Aqua adalah merk AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merk AMDK yang paling terkenal di Indonesia. TIRTA INVESTAMA selaku produsen produk air minum dalam kemasan aqua-danone. PT. sehingga telah menjadi seperti merk generik untuk AMDK.C. Distributor tersebut kemudian menjual produk tersebut ke pengecer atau pelanggan. harga. Tirta Utama Abadi bertanggung jawab penuh mendistribusikan produk aqua-danone Alur Logistik Transportation Produk disimpan di gudang penyimpanan untuk kemudian didistribusikan sistem pendistribusian yang diterapkan oleh PT. PT. Apa itu aqua ? Aqua adalah sebuah merk air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT. Selain di Indonesia. Proses distribusi aqua Distributor utama produk-produk aqua-danone adalah PT. Di Indonesia. dan saat dibutuhkan).

Dengan adanya efisiensi.botol dan galon . Kemasan galon 19 ltr Untuk mendistibusikan produknya. TIRTA INVESTAMA memecah produk homogen ke dalam takaran yang lebih kecil. Untuk melakukan distribusi dengan berbagai kemasan produk tersebut. PT. Perseroan memfokuskan usahanya pada kegiatan memproduksi air dalam kemasan yang mencakup kemasan gelas. TIRTA INVESTAMA juga telah melakukan customization pada proses distribusinya. manufactur akan memproduksi barang atau produk secara lebih terspecific. aqua botol 1500 ML aqua botol 600ML  dan mizone Dispersion : PT. Di PT. Tirta Utama Abadi untuk mendistribusikan aqua ke seluruh indonesia . Sedangkan warehousing dan transportation firm lebih terspesialisasi pada fungsi logistik. Tirta Utama Abadi. Dispersion ini menjadi tahap terakhir assortment sebelum produk sampai ke konsumen. Assortment Bermacam-macam produk secara langsung berkaitan dengan spesialisasi dan telah menerima banyak perhatian dalam literatur bisnis.1500ml Kemasan botol kaca 380ml. Misalnya adalah produk aqua dari dalam truck di pecah menjadi karton-karton dan oleh retailer di pecah lagi menjadi botol-botol dan di jual secara  eceran ( 1 pcs ) Customization : PT. Produk dari pabrik akan dibawa langsung ke  retailer dan mitra kerja lainnya agar memudahkan proses distribusi.600ml. o Market Distribution Strategy Development . TIRTA INVESTAMA telah melakukan dispersion produk dengan mendistribusi di seluruh Indonesia melalui anak perusahaannya yang bernama PT. Mitra-mitra distribusinya dapat melakukan mix pada produk yang di distribusikan seperti aqua galon . TIRTA INVESTAMA telah melakukan concentration pada semua jenis produknya. Hal ini dapat dilihat dengan adanya kerja sama dengan retailer dan mitra kerja lainnya di seluruh Indonesia. maka diperlukan 4 tahap yaitu  Concentration : PT.Specialization menjadi salah satu penyebab dasar dari efisiensi. Allocation : PT. TIRTA INVESTAMA produk yang dihasilkan adalah:     Kemasan gelas atau cup 240ml Kemasan botol plastik 330ml.

distribusi yang dilakukan PT. TIRTA INVESTAMA menggunakan intensive distribution. produk akan di sebar ke retailretail baik tradisional maupun modern retail. RCAs memiliki 4 bentuk yaitu administreted systems. TIRTA INVESTAMA memproduksi berbagai macam produk yang memiliki frekuensi pembelian yang tinggi dari konsumen. Relational collaborative arrangement mengakui ketergantungan dan membangun manfaat secara bersama untuk mencapai seperiorotas industri. TIRTA INVESTAMA termasuk direct structure distribution. TIRTA INVESTAMA memiliki anak perusahaan yang mengatur distribusi di seluruh Indonesia untuk mendistribusikan produknya. TIRTA INVESTAMA memfokuskan pada direct channel. Dari. . Dari pembahasan sebelumnya. Channel Relationships Terdapat 3 klasifikasi hubungan saluran distribusi yaitu single transaction channel. PT. TIRTA INVESTAMA dalam mendistribusikan produknya. PT. TIRTA INVESTAMA adalah relational collaborative arrangement (RCAs). PT. PT. conventional channel dan relational collaborative arrangement (RCAs). Hubungan channel pada PT. contractual systems dan joint venture. Intensive distribution dilakukan dengan menempatkan produk di sebanyak mungkin lokasi atau outlets. intensive distribution menjadi strategy yang tepat bagi PT. Ketersediaan produk dari PT. partnerships alliances. Tirta Utama Abadi. Di distribution structure terdapat 2 macam structure yaitu direct dan indirect structure. PT. TIRTA INVESTAMA membentuk partnership antara distributor dan rekan kerjanya . Oleh sebab itu. selective dan exclusive distribution. PT. direct structure merupakan distribusi yang menggunakan sedikit perantara. PT.Distribution Structure Distribution structure adalah struktur distribusi yang digunakan oleh perusahaan untuk mendistribusikan produk perusahaan ke konsumen. TIRTA INVESTAMA menggunakan bentuk partnerships dan alliances. indirect channel akan berarti lebih banyak perantara yang terlibat sedangkan direct channel berarti semakin sedikit pihak perantara yang terlibat. TIRTA INVESTAMA sebagai perusahaan AMDK yang memiliki konsumen tersebar di seluruh Indonesia tentu memerlukan bantuan dari perantara (intermediaries). . PT. Dalam hal ini. TIRTA INVESTAMA menjadi sangat penting agar konsumen dapat membeli produk dimana saja. Market coverage Terdapat 3 alternative market coverage yaitu intensive. Oleh sebab itu. Intensive distribution ini sangat cocok diterapkan pada produk yang sering dibeli oleh konsumen atau (consumers goods).

PT. TIRTA INVESTAMA adalah untuk membangun kombinasi sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang berpartisipasi dalam aliansi untuk meningkatkan performance. kita tidak akan dikenakan biaya lebih. TIRTA INVESTAMA selalu memberikan incentive pada pihak retail dan rekan kerja lainnya atas partisipasi dalam menjalin hubungan kemitraan dengan PT. D. TIRTA INVESTAMA menerapkan komponen ini melalui kemasan yang khusus yang tidak mudah pipih atau rusak dan kemasan menarik. Namun dalam penerapannya PT. Value added service specified. dan promotional pricing. jaminan ketersediaan di pasaran. Jadi tujuan utama dari aliansi yang dibuat oleh PT. dan lain-lain Efficiency incentive. quantity discounts. kualitas dan daya saing pada saluran distribusi. PT.permasalahan distribusi terjadi di AQUA . TIRTA INVESTAMA. TIRTA INVESTAMA. Menu Pricing Menu pricing memiliki 3 komponen yaitu: Platform service price. hal ini disebabkan karena harga produk sudah termasuk biaya lain – lain. TIRTA INVESTAMA sendiri. Ketika kita membeli produk dari PT. karena transportasi yang digunakan adalah trasportasi milik PT. pickup allowance. Permasalalahan. atau harga yang dibayar konsumen sama semua. TIRTA INVESTAMA tidak menggunakan pickup allowance. Pricing issues Pricing issues dibagi menjadi 4 antara lain: Potential discrimination.Untuk mendistribusikan produknya yang harus selalu tersedia.

Ketika penjualan mulai menjangkau wilayah yang luas mulai timbul masalah distribusi khususnya untuk jenis kemasan ulang alik (returnable bottle) yang harus dikembalikan ke pabrik untuk diisi ulang kembali.Solusi dari masalah distribusi AQUA . dari wilayah Jawa Timur ke pabrik AQUA yang waktu itu hanya ada di Bekasi.di kawatirkan akan masuk ke sumur aqua dan mencemari air aqua tidak hanya itu jalan-jalan yang di gunakan untuk pendistribusian aqua akan rusak dan tidak bisa di gunakan lagi 2. misalnya. mahalnya aktivitas pendistribusian yang di lakukan oleh aqua saat mendistribusikan produk aqua dari pabrik sampai ke tangan retailer atau konsumen yang akan menimbulkan biaya yang sangat tinggi 5. Bisa dibayangkan bagaimana sulit dan mahalnya ongkos logistik untuk mengembalikan botol kosong. Willy sebagai Kepala pabrik AQUA di Bekasi mendapat panggilan dari Pemda Kabupaten Bekasi yang kebetulan sedang menerima kunjungan Dinas Pertambangan Jawa Barat. produk aqua memang di pasarkan untuk ekspatriat yang bekerja di indonesia tapi dengan saluran distribusi seperti ini dirasa tidak efektif dan tidak efisien 3. 4. Pada awal berdirinya aqua sistem distribusi yang di lakukan adalah hanya menawarkan aqua hanya ke ekspatriat (orang asing yang bekerja di indonesia ) karena menurut bapak Tirta utomo selaku pemilik dari aqua.Permasalahan yang terjadi di aqua berkaitan dengan distribusi adalah 1. Dalam pertemuan yang dihadiri juga wakil-wakil dari pabrik lain yang ada di Kabupaten Bekasi itu disampaikan bahwa intrusi air laut sudah mendekat ke wilayah kabupaten Bekasi. distribusi produk aqua menggunakan truck-truck yang telah di desain khusus untuk mengangkut produk aqua tapi karenapendistribusian memakai truck di kuatirkan banyak emisi CO 2 Yang melekat pada truk sehingga dapat emrusak citra dari aqua yang merupakan minuman sehat E. di tahun 1980.

3.Sejak saat itu. Sejak saat itu dimulailah perburuan sumber air untuk menggantikan air baku AQUA . semua kekesalan itu segera terobati setelah penggantian menjadi air sumber pegunungan terwujud. Willy Sidharta. Pencarian dipusatkan di jalur antara Surabaya dan Malang. Lokasinya itu dipilih untuk memudahkan akses truk tangki yang akan mengangkut air dari sana sekaligus mempertimbangkan kemampuan keuangan perusahaan yang pada waktu itu belum mampu untuk membeli sebidang tanah yang luas. Willy sidharta (selaku kepala pabrik ) memusatkan pencarian sumber air di wilayah Bogor Pilihan akhirnya jatuh pada sebuah mata air kecil di Ciawi. Namun. Di sana kemudian dibangun rumah pelindung sumber mata air serta konstruksi untuk parkir truk tangki karena sumber tersebut terletak di sebuah lembah yang dalam yakni sekitar 20 meter dari permukaan tanah jalanan. setiap kali AQUA akan membangun pabrik baru yang diburunya selalu sumber air pegunungandi Indonesia sebagai basis untuk membuat pabriknya. sales dan perakit mesin pabrik pertama Aqua. Yang lebih penting lagi. 2. perubahan itu mampu melambungkan citra produk AQUA sebagai air pegunungan yang melekat di benak konsumen hingga saat ini. Ia memulai dengan menciptakan konsep delivery door to door khusus yang menjadi cikal bakal sistem pengiriman langsung Aqua. E . Sebuah truk tangki dengan kapasitas 10 meter kubik segera dipesan untuk mengangkut air dari lokasi sumber mata air ke pabrik. merupakan orang pertama yang memperbaiki sistem distribusi Aqua.Tugas untuk melakukan perburuan sumber air serta lokasi pabrik di sana jatuh ke pundak Willy Sidharta.450 meter persegi. pada waktu itu Tirto Utomo sempat mengomel-ngomel karena investasi yang dikeluarkan cukup besar untuk ukuran AQUA pada waktu itu.1. Sambutan konsumen ternyata sangat positif dan mampu meningkatkan pertumbuhan penjualan AQUA dengan lebih pesat. khususnya daerah Pandaan yang terkenal dengan Tretes sebagai resor wisata pegunungan. Tirto Utomo memutuskan untuk membangun pabrik di Jawa Timur pada 1983 yang merupakan pasar terbesar kedua bagi AQUA. Syarat lokasi pabrik tentu saja tidak boleh terlalu jauh dari Surabaya yang merupakan pasar utama. Mata air tersebut terletak di pinggir jalan antara Ciawi dan Sukabumi seluas 3.Namun.Menurut penuturan Willy Sidharta. Konsep pengiriman menggunakan kardus-kardus dan galon-galon menggunakan armada yang didesain khusus membuat penjualan Aqua Secara konsisten menanjak hingga akhirnya angka penjualan Aqua mencapai dua triliun rupiah pada tahun 1985. pilihan Tretes sebagai lokasi pabrik dihindari karena aksesnya cukup sulit bagi truk-truk untuk mengangkut AQUA nantinya.

setiap petang ada peningkatan aktivitas di Stasiun Kereta Api Cicurug.4. Tirta Investama membuat strategi distribusi yaitu dengan hanya memasarkan produknya disekitar daerah pabriknya berada seperti Solo. Dengan angkutan kereta api. dalam waktu kurang lebih enam bulan. hal ini tentunya sangat membantu perusahaan dalam meneka Distrbution Cost. Salah satunya adalah strategi pengurangan jejak karbon. Terbukti. Selain itu AQUA juga melakukan perbaikan jalan dan optimalisasi rute penghantaran untuk menghemat bahan bakar . Klaten. AQUA memilih kereta api karena dapat menurunkan kadar emisi CO2. setelah itu depo-depo tersebutlah yang akan menyalurkanAqua kepada End Consumer 5. Sejak 18 Juni 2014. jumlah pengangkutan direncanakan bertambah menjadi 16 gerbong. Dalam waktu dekat. Sukabumi. Tirta Investama.Tirta Investama merupakan distributor yang hanya mendistribusikan produk dariAQUA jadi dalam mencari jaringan konsumennya sudah diatur oleh perusahaan AQUA itu sendiri dimana daerah distribusinya berada di daerah sekitar pabrikuntuk meminimalkan biaya transport. dll. setiap hari 10. Kesibukan yang mengiringi turunnya malam adalah pemuatan galon AQUA ke rangkaian gerbong kereta.45 WIB dijadwalkan satu rangkaian kereta api yang menarik 8 gerbong untuk mengangkut produk AQUA galon menuju Stasiun Ancol di Jakarta. Perusahaan hanya tinggal mendistribusikan produknya ke retailer-retailer melalui Depo PT. 68 ton CO2 dapat dikurangi. menjadi langkah progresif pengelolaan sejumlah hal terkait operasional AQUA Grup. Pihak PT.752 galon AQUA dikirimkan ke Jakarta dan kembali membawa galon kosong pada pagi harinya. yaitu 40% lebih rendah dibanding menggunakan truk. setiap pukul 19. . Sragen. Hal inidikarenakan PT. Kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI melalui Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani 2012 lalu ini. Pengangkutan produk AMDK oleh AQUA Grup menggunakan moda kereta api dari Sukabumi ke Jakarta ini adalah yang pertama di Indonesia. Jumlah ini setara dengan pengangkutanoleh 12 truk trailer.

id/2012/01/teknologi-pemrosesan-air-minum-kemasan.pdf http://aqua.blogspot.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/Bab%202_08-28.aqua.antaranews.co.binus.com/aqua_lestari/article/single/kereta-api-untuk-pengangkutan-produk/ http://beta.com/berita/349796/aqua-berencana-terapkan-teknologi-kemasan-baru http://romindomp1000.com/aqua_lestari/detail/pengelolaan-distribusi-produk http://www.Daftar pustaka2 http://library.ac.co.html http://willysidharta.blogspot.html .id/2006/12/membangun-pabrik-baru-dan-berburu.

Gambar yang berkaitan Tirto Utomo Gambar : penataan galon aqua ke kereta api Gambar : penataan galon aqua ke truck Gambar : proses distribusi aqua melalui kereta api gambar : proses distribusi aqua melalui truck .