You are on page 1of 11

MAKALAH

SEMINAR DESA KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)
MAHASISWA KKN UNSRI TAHUN 2016

PENGOLAHAN IKAN DAN SISTEM PENGERINGAN IKAN
Di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir
Propinsi Sumatera Selatan

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

Hoky Sandra
Hari Pangestu
Fatihah Sholeh Reswandi
Martin Oktavianes
Ria Lestari
Arika Listiani
Khairunisyah
Gita Andini

NIM 05121002030
NIM 05121002003
NIM 05021381320013
NIM 05121002009
NIM 05021181320031
NIM 05021181320010
NIM 050212813200
NIM 05021181320034

Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian

PUSAT KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
SEPTEMBER, 2016
I. PENDAHULUAN

Manfaatnya bagi tubuh yang cukup banyak. menggunakan zat antiseptik.Ikan merupakan salah satu sunber protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat. Pengeringan secara alami dilakukan dengan cara penjemuran dibawah sinar matahari secara langsung. Dalam seminar ini akan dibahas mengenai kegiatan pengolahan ikan itu sendiri Dalam kegiatan pengolahan ikan. penggunaan bahan tambahan makanan. anti oksidan. dan yang terakhir diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan. Tekstur dagingnya yang lunak membuat daging ikan mudah dicerna oleh manusia mulai dari anak-anak hingga lansia. yaitu secara alami dan secara buatan. Pengolahan ikan dilakukan dengan tujuan agar umur simpan ikan dapat bertahan lebih lama. Ada beberapa jenis cara pengolahan ikan. ada begitu banyak hak yang harus diperhatikan. Dalam proses pembuatannya. diataranya adalah pengolahan dengan suhu rendah. Proses pengeringan dapat dilakukan dengan dua cara. Dalam kegiatan ini. Ikan sifatnya mudah rusak apabila tidak cepat diolah. Salah satu produk makanan hasil olahan ikan adalah kemplang. membuat hewan jenis ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat dalam jumlah yang cukup tinggi. Selain sebagai sumber protein hewani. tetapi ikan juga sudah banyak diolah menjadi berbagai jenis camilan dan makanan ringan. dan kolestriolnya juga rendah. Tidak hanya disajikan sebagai lauk makan. tetapi juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan baku udang. hal yang tak kalah penting adalah proses pengeringan. mulai dari pemilahan bahan yang akan digunakan. pengolahan dengan suhu tinggi. Pembuatan kemplang tidak hanya menggunakan bahan baku ikan. Sedangkan pengeringan secara buatan dilakukan mengguakan alat. Hal inil membuat banyak kalangan membuat jenis olahan dari sumber protein hewani ini. Kedua metode pengeringan ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. dan yang tak kalah penting adalah kehigienitasan agar didapat produk dengan kualitas yang bagus. Pengeringan merupakan proses penurunan kadar air bahan hingga ke kadar air dengan tingkat tertentu sesuai dengan yang diharapkan. menggunakan vakum. hewan juga bermanfaat sebagai sumber energi. Hal ini dilakukan karena ikan sifatnya mudah tengik. akan disosialisasikan . mudah busuk. dan menjadi habitat mikroorganisme bila tidak diolah.

dan beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam proses pengolahan ikan menjadi panganan. II.mengenai proses pengeringan menggunakan alat pengering. PEMBAHASAN .

Bahan – bahan tersebut mencakup bahan dasar dan bahan tambahan. tekstur. Karena akan mempengaruhi kualitas makanan yang dihasilkan. Bahan tembahan makanan atau bahan aditif makanan atau bahan tambahan makanan adalah bahan yang ditambahkan dengan sengaja ke dalam makanan dalam jumlah kecil. Berikut disajikan tebel parameter antara ikan yang masih segar dan yang sudah tidak segar lagi : Selain kesegaran bahan dasar. Kesegaran ikan penting untuk digunakan. Bahan dasar yang digunakan biasanya daging ikan segar yang telah digerus atau dilepas dari tulangnya. penggunaan bahan tambahan juga harus diperhatikan.1. Pemilihan Bahan Baku dan Proses Pengolahan Ikan Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pengolahan ikan adalah pemilihan bahan baku yang akan digunakan. dengan tujuan untuk memperbaiki penampakan. cita rasa. flavor dan memperpanjang daya .

Bahan aditif lainnya seperti bahan pemanis. alat pengering ini ringan sehingga dapat dipindahkan dimana saja dengan mudah. Selain itu dapat meningkatkan nilai gizi seperti protein. karena dapat menimbulkan banyak penyakit serius bila dikonsumsi dalam jangka panjang. Berikut merupakan gambaran alat pengering : RANCANGAN STRUKTURAL : . Bahan aditif yang paling akrab dengan kehidupan manusia adalah penyedap rasa. Penggunaan aditif makanan telah digunakan sejak zaman dahulu. dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Pengeringan secara buatan dinilai lebih higienis daripada pengeringan secara buatan. Kehigienisan tentu saja mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. 2.simpan. Penggunaan bahan aditif harus dibatasi. Sistem pengeringan yang menggunakan tenaga surya membuat alat ini lebih ramah lingkungan. Secara teknik pengeringan terbagi menadi dua jenis. mineral dan vitamin. dan pengental. Selain itu. Alat Pengering Beberapa kelebihan alat ini adalah. yatu secara alami dibawah sinar matahari dan secara buatan menggunakan alat pengering. Alat Pengering ini fleksibel. dengan demikian aman dan awet untuk disimpan dalam waktu yang lama. Hal yang sama juga harus diperhatikan dalam pengolahan produk ikan. Penyakit yang kerap kali timbul akibat kebanyakan mengkonsumsi bahan aditif adalah kangker. Proses Pengeringan Proses pengeringan ditujukan agar kadar air dari bahan mengalami penurunan hingga menjadi kadar air dengan tingkatan tertentu. 3. bahan pewarna.

RANCANGAN FUNGSIONAL .

GAMBAR ALAT .

.

maka dapat disimpulkan beberapa hal berikut : 1. penggunaan bahan aditif juga harus dibatasi karena jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kangker 3. Selain bahan dasar. . Kesegaran bahan dasar sangat mempengaruhi kualitas hasil olahan ikan. Proses pengeringan olahan makanan akan lebih higienis bila dilakukan menggunakan alat pengering. KESIMPULAN Dari hasil uraian diatas mengenai proses pengolahan dan pengeringan olahan ikan.III. sehingga penting untuk diperhatikan 2.

sehingga hanya efektif digunakan saat musim panas saja. SARAN Mesin pengering ini menggunakan tenaga surya.IV. . Selain itu kapasitasnya yang tidak terlalu luas membuat alat ini cocok untuk produksi skala rumahan saja atau produksi dalam skala kecil saja.

LAMPIRAN .