You are on page 1of 4

SOAL DAN JAWABAN

BAB II

1. Apa yang dimaksud dengan mitos ?
Penyelesaian :
Mitos adalah suatu penjelasan atau fakta yang tidak ada kebenarannya, hanya diduga dan
dipercaya begitu saja.

2. Apa yang dimaksud dengan legenda ?
Penyelesaian :
Legenda adalah cerita rakyat yang berdasarkan mitos.

3. Apa yang membuat rakyat percaya terhadap mitos ?
Penyelesaian :
Rakyat percaya dan menerima mitos karena keterbatasan-keterbatasan kemampuan pikir
manusia pada saat itu dan dorongan ingin tahunya sudah terpenuhi. Manusia tidak sanggup
menjelaskan secara benar dan ilmiah tentang segalasesuatu yang diamatinya maka muncullah
penjelasan yang bersifat tahayul.

4. Apa yang dimaksud dengan pengetahuan ilmiah ?
Penyelesaian :
Pengetahuan ilmiah adalah pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian dengan
pengamatan panca indera dan penalaran akal budi disusun secara sistematis untuk
menjelaskan fakta yang sedang dihadapi yang merangsang panca indera dan pikiraan
manusia.

5. Apa yang dimaksud dengan fakta objektif dan berikan contohnya !
Penyelesaian :

9. berkurang beratnya sebesar berat zat fluida yang dipindahkannya.atom masih dapat dibagi lagi atas bagian-bagian elementer yang lebih kecil lagi seperti proton. 6. 8. Apa yang dimaksud dengan ilmiah semu (pseudoscinse) ? Penyelesaian : Pengetahuan ilmiah semu (pseudoscinse) adalah pengetahuan yang beerdasarkan fakta ilmiah tetapi dicampur dengan kepercayaandan hal-hal yang bersifat super-natural. Apa yang dimaksud dengan pengetahuan super-natural ? Penyelesaian : Pengetahuan super-natural adalah pengetahuan yang tidak termasuk pada tahayul dan pengetahuan ilmiah. 10. Ternyata sekarang.Penjelasan fakta yang sesuai dengan kenyataan merupakan fakta objektif yang tidak bisa dibantah lagi. elektron. 7. inti. Sebab itu suatu teori pengetahuan ilmiah adakalnya hanya bersifat tentatif. . Apa yang dimaksud dengan pengetahuan ilmiah bersifat tentatif ? Penyelesaian : Pengetahuan ilmiah yang bersifat tentatif adalah teori pengetahuan yang dimana pada suatu ketika bisa gugur krena ditemukan fakta yang tidak mendukung teori tersebut. namun mempunyai fakta. Bagaimana cara bangsa Babilonia dalam menyembuhkan penyakit ? Penyelesaian : Bangsa Babilonia kira-kira 2500 SM menyembuhkan penyakit disamping dengan menggunakan mantera dan mampu juga membuat obat-obatan untuk penyembuhan. Misalnya hukum Archimedes bahwa benda padat yang tercelup dalam fluida. neutron. Apa yang menyebabkan pendapaat tentang atom berubah ? Penyelesaian : Dahulu orang berpendapat bahwa atom adalah bagian benda terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi.

Ilmu pengetahuan harus dimanfaatkan untuk menjunjung tinggi harkat manusia. Apa yang dimaksud dengan astrologi ? Penyelesaian : Astrologi adalah ilmu perbintangan yang dihubungkan dengan kepercayaan ramalan nasib. Apa yang menyebabkaan patung Lenin diruntuhkan oleh rakyatnya sendiri ? Penyelesaian : Penyebab patung Lenin diruntuhkan oleh rakyatnya sendiri adalah karena pendapat Lenin bahwa : “ Sebagai konsekuensi ilmiah. yaitu :   Manusia.11. rakyatnya sendiri menderita yang membuat rakyatnya sendiri meruntuhkan patung nya. 13. maka ia memerlukan iman atau agama Sebaliknya menghadapi hal-hal yang berada dalam jangkauan kemampuannya. ilmu pengetahuan tidak lepas kendali tetapi mempunyai tanggung jawab moral terhadap Tuhan. ilmu pengetahuan tidak bebas nilai. Apa yang dimaksud dengan “Science without religion is blind” ? Penyelesaian : Maksud dari “Science without religion is blind” bahwa ilmu pengetahuan tanpa agama adalah buta. 14. Akibat filsafah yang menyesatkan tersebut. kalau menghadapi hal-hal yang diluar kemampuannya. . 15. Fakta apa yang diamati oleh Malinowsky ? Penyelesaian : Faktayang diamati oleh Malinowsky. Apa yang dimaksud dengan “Religion without science is limp” ? Penyelesaian : Maksud dari “Religion without science is limp” bahwa agama tanpa ilmu pengetahuan lumpuh. Agama tanpa didukung oleh fakta ilmiah. Artinya . agama harus ditumpas dengan kekerasan”. manusia memerlukan rasio atau ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dipelajari dan dilatih. pencipta alam semesta dan terhadap kemanusiaan. lumpuh tidak berkembang. 12.

20. 17.16. . Bagaimana cara untuk menguji kebenaran ilmu pengetahuan ? Penyelesaian : Cara untuk menguji kebenarannya biasanya dilakukan dengan menggunakan logika analogi. Apa yang dimaksud dengan ilmu pengetahuan ? Penyelesaian : Ilmu pengetahuan adalah pengetahua yang telah diuji kebenarannya melalui metode ilmiah. Jelaskan perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan ? Penyelesaian : Pengetahuan adalah segala yang diketahui tanpa mnghiraukan benar ata salah. kali ini pesawatnya rusak dan ia tewas di angkasa luar. Yuri Gagarin kembali terbang ke luar angkasa untuk kedua kalinya. astronot Rusia yang pertama kali ke angkasa meninggal di angkasa ? Penyelesaian : Yuri Gagarin astronot Rusia yang pertama ketika sampai ke luar angkasa menyaksikan langit berwarna hitam dengan kedipan bintang-bintang dan dengan angkuhnya. sedangkan ditinjau secara induktif bear artinya sesuai dengan objeknya. Mengapa Yuri Bagarin. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ilmun pengetahuan ditinjau secara deduktif dan induktif ? Penyelesaian : Ditinjau secara deduktif benar maksudnya masuk akal. 18. ia menyatakan bahwa Tuhan tidak ada. sedangkan ilmu pengetahuan hanya membatasi pada yang benar saja. 19.