You are on page 1of 5

SOAL DAN JAWAB

BAB IV

1. Apa yang menyebabkan Thales menjadi terkenal ?
Jawab :
Thales menjadi terkenal setelah berhasil memprediksi terjadinya gerhana matahari pada
tanggal 28 Mei 585 SM, Thales dapat melakukan prediksi tersebut karena ia mempelajari
catatan-catatan atronomis yang tersimpan di Babilonia.

2. Apa yang dimaksud hylezoisme ?
Jawab :
Hylezoisme adalah teori tentang materi yang berjiwa.
3. Bagaimana situasi kota Miletus ?
Jawab :
Kota Miletus merupakan tanah perantauan orang-orang Yunani di Asia Kecil. Situsi Miletus
yang makmur memungkinkan orang-orang disana untuk mengisi waktu dengan berdiskusi dan
berpikir tentang segala sesuatu.

4. Apa yang menyebabkan Thales mengatakan bahwa air sebagai prinsip dasar segala sesuatu ?
Jawab :
Menurut Thales, air ebagai prinsip dasar segala sesuatu atau air adalah prinsip dasar
kehidupan. Air menjadi pangkal, pokok, dan dasar dari segala-galanya yag ada di alam semesta .

Didalam bidang politik. Apa yang dibahas pada teorema Thales ? Jawab :     Jika AC sebuah diameter. 9. Apa yang menyebabkan Thales beragumentasi bahwa segala sesuatu di jagat raya memiliki jiwa ? Jawab : Thales berpendapat bahwa segala sesuatu di jagat raya memiliki jiwa. Thales dikatakan dapat mengukur piramida dari bayangannya saja. ia juga pernah menjadi penasihat politik bagi dua belas kota Iona. 6. 8. 7. maka sudut B adaalah selalu sudut siku-siku. menjadi apa Thales diangkat ? Jawab : Di dalam bidang politik. Sebuah lingkaran terbagi dua. ia juga dapat mengukur jauhnya kapal di laut dari pantai. Selain itu. Thales pernah diangkat menjadi penasihat militer dan teknik dari Raja Krosus di Lydia. Apa yang dipelajari Thales pada ilmu ukur yang membawanya ke Yunani ? Jawab : Thales mempelajari ilmu ukur dan membawanya ke Yunani. Sudut bagian dasar dari sebuh segitiga samakaki adalah sama besar. Thales didasarkan pada magnet yang dikatakan memiliki jiwa karena mampu menggerakkan besi. apabila bagian dasarnya serta sudut-sudt yng bersinggungan dengan bagian dasar tersebut telah ditentukan. .5. Siapa yang membuat peta bumi pertama kali ? Jawab : Orang yang pertama kali membuat peta bumi adalah Anaximandros. Selain it. Sebuah segitiga terbentuk. sama besar oleh diameternya.

tak terubahkan dan meliputi segala sesuatu. Apa yang dimaksud Anaximandros mengatakan bahwa prinsip dasar segala sesuatu adalah to apeiron ? Jawab : Anaximandros mengatakan bahwa prinsip dasar segala sesuatu adalah to apeiron. air dan api saling berlawanan sehingga air bukanlah zat yang ada di dalam segala sesuatu . maka seharusnya air terdapat di dalam segala sesuatu dan tidak ada lagi zat yang beralwanan dengannya. 12. apabila air merupakan prinsip dasar segala sesuatu. 11. 13. Apa yang menyebabkan Anaximandros mengkritik pandangan gurunya yaitu Thales mengenai air ? Jawab : Menurut Anaximandros. Anaximandros memiliki jasa-jasa di dalam bidang astronomi dan geografi. Namun kenyataannya. Jasa-jasa apa yang dimilki Anaximandros ? Jawab : Menurut tradisi Yunani kuno. 14.10. To apeiron merupakan suatu prinsip abstrak yang menjadi prinsip dasar segala sesuatu dan bersifat ilahi. Apa yang menyebabkan Anaximandros membangun pandangannya tentang alam semesta dengan prinsip to apeiron ? . Apa usaha Anaximandros dalam bidang geografi ? Jawab : Usaha Anaximandros dalam bidang geografi dapat dilihat ketika ia memimpin ekspedisi dari Miletos untuk mendirikan kota perantauan baru ke Appolonia di Laut Hitam. abadi.

17. 15. melainkan kembali pada at yang bersifat fisik yakni udara. maka berangsur-angsur bumi menjadi kering. Akan tetapi.Jawab : Dengan prinsip to apeiron. menurut Anaximenes. Bagaimana pendapat Anaximenes tentang persamaan antara tubuh manusiawi dengan jagat raya ? Jawab : . Thales telah menjelaskan bahwa Bumi melayang diatas lautan. 18. Bumi. Anaximandros menyatakan bahwa bumi pada awalnya dibalut oleh udara yang basah. batu dan sebagainya. 16. tanah. Karena berputar terus-menerus. Menurut anaximandros. Anaximandros membangun pandangannya tentang alam semesta. Anaximenes tidak lagi melihat sesuatu yng metafisik sebagai prinsip dasar segala sesuatu. Bagaimana pemebentukan alam semesta menurut Anaximenes ? Jawab : Pembentukan alam semesta menurut anaximenes adalah dari proses pemadatan dan pengenceeran udara yang membentuk air. hamper seperti sebuah meja. Bumi dikatakan melayang di udara sebagaimana daun melayang di udara. Karena itulah. perlu dijelaskan pula mengenai asal mula lautan. berbentuk datar. tinggalah udara yang basah itu sebagai laut pada Bumi. luas dan tipis. Akhirnya . dari to apeiron berasal dari segala sesuatu yang berlawananyang terus berperang satu sama lain. Bagaimana menurut Thales mengenai Bumi ? Jawab : Mengenai Bumi. Apa kesulitan untuk menerima filsafat Anaximandros tentang to apeiron yang metafisik ? Jawab : Salah satu kesulitan untuk menerima filsafat Anaximandros tentang to apeiron yang metafisika adalah bagaimana menjelaskan hubungan saling mempengaruhi antara yang metafisik dengan yang fisik.

Pada mulanya alam ini adalah satu dan berbentuk kabut. Apa yang dimaksud dengan matahari dan bulan menurut kepercayaan Yunani ? Jawab : Menurut kepercayaan Yunani bahwa Matahari dan Bulan adalah dewa-dewa yang panas bercahaya. 20. Alam ini tidak terbatas dan masih ada sistem planet ini juga mempunyai penduduk. Dari gas terjadi cairan (termasuk air). Anaximenes belum memngunakan istilah-istilah tersebut di dalam pemikiran filsafatnya. yakni udara. Adapun ether mengisi ruang vakum. Apa yang menyebabkan Anaxogoras menyebut NUS yang menjadikan alam semesta ? Jawab : Anaxogoras disebutkan adanya NUS yang menjadikan ala mini. Dari cairan terjadi tanah dan dari tanah terjadi batu. Tema tubuh sebagai mikrokosmos yang mencerminkan jagat raaya sebagai makrokosmos adalah tema yang akan sering dibicarakan di dalam filsafat Yunani. 19. Kabut ini berputar mengelilingi sumbunya dan berbentuk dua elemen yakni gas dan ether. Akan tetapi.Anaximenes mengemukakan persamaan antara tubuh manusiawi dengan jagat raya berasarkan kesatuan prinsip dasar yang sama. Demikianlah pendapat-pendapat Anaxogoras .