You are on page 1of 5

SOAL DAN JAWABAN

BAB III

1. Apa saja ciri-ciri atau tanda-tanda dari masa prasejarah ?
Jawab :
Masa prasejarah ditandai adanya batu-batu yang mempunyai bentuk tertentu, belum
mengenal tulisan, ada kemiripan satu dengan yang lain dan ditemukan di tempat-tempat yang
berdekatan.
2. Sebutkan Negara apa saja yang berkembang pengetahuannya telah tampak pada beberapa
ribu tahun sebelum masehi !
Jawab :
Negara yang pengetahuannya telah tampak pada beberapa ribu tahun sebekum masehi,
yaitu : Mesir, Mesopotamia, Cina dan India
3. Jelaskan perbedaan antara masa prasejarah dan sejarah !
Jawab :
Masa Prasejarah adalah mengungkapkan kejadian atau keadaan pada zaman kuno adanya
atas dasar benda-benda kuno, sedangkan masa sejarah adalah masa yang dimana adanya
gambar, lambing atau tulisan yang terdapat pada dinding gua atau bangunan tertentu,
memudahkan para ahli menungkapkan sejarah peradaban manusia.

4. Bagaimana proses orang-orang Babilonia dalam pengenalan waktu ?
Jawab :
Orang Babilonia telah mengenal waktu, dengan memerhatikan pergantian musim yang
dikaitkan dengan bercocok tanam, mereka membagi waktu dalam satuan waktu yaitu hari.
Pengamatan terhadap perubahan bentuk bulan yang mereka lakukan menimbulkan satuan
waktu yang lebih lama, yaitu bulan. Pergantian musim mereka hitung dalam jumlah bulan
dan pada kira-kira tahun 2000 SM, mereka telah mampu membagi hari dalam jam serta
menyatakan bahwa satu tahun terdiri dari 365 hari.

Utara dan Selatan. Matematika yang dikenal orang Mesir digunakan untuk menghitung isi gudang. Dalam bidang apakah perkembangan Babilonia lebih unggul dibandingkan dengan Mesir pada zaman kuno ? Jawab : Dibandingkan dengan Babilonia. Dalam membangun piramida tidak saja sisi-sisinya harus menghadap arah mata angin tetapi alasnya berbentuk bujur sangkar yaitu segi empat yang berisi sama panjang dan bersudut siku-siku. kebudayaan Mesir pada zaman kuno sudah lebih maju. Tiga utas tali masing-masing berukuran panjang 3. Dalam bidang transportasi orang Mesir telah berhasil menemukan kereta beroda dan perahu layar. Bagaimana proses dibangunnya suatu piramida di Mesir ? Jawab : Pada tahun 2500 SM di Mesir telah dibangun suatu piramida yang sisi-sisinya tetap menghadap arah Barat. orang Mesir menggunakan tali. Timur. 4 dan 5 satuan diikatkan satu dengan lainnya dan direnggangkan pada simpul-simpul tersebut sehingga terbentuk segi tiga siku-siku. api dan angin adalah unsure yang aktif. sebab orang Babilonia lebih tekun dan mempunyai kegemaran melakukan pengamatan atas benda-benda angkasa. Kelebihan atau kekurangan salah satu unsur tadi menyebabkan adanya ketidakseimbangan dan ketidakserasian yang mengakibatkan orang menjadi sakit. Disamping itu mereka juga telah mengenal timbangan yang memungkinkan mereka mengetahui berat suatu benda. 7. membagi bahan makanan sesuai jumlah penduduk dan binatang pada suatu periode tertentu. Untuk membentuk sudut 90. api dan angin disebut sebagai unsur aktif ? Jawab : Air.5. Apa yang menyebabkan Negara Babilonia lebih maju dalam bidang astronomi di bandingkan dengan Mesir ? Jawab : Dalam bidang astronomi orang Babilonia ternyata lebih maju dari pada orang Mesir. Pembuatan tekstil dengan cara menenun telah mereka lakukan dengan alat tenun. 8. Mengapa air. . menghitung sudut elevasi piramida dan menyelesaikan suatu persamaan dengan suatu bilangan yang tak diketahui. 6. Apabila ketiga unsur tersebut berada dalam keseimbangan dan keserasian maka orang akan sehat.

Mengapa para ilmuwan barat cenderung ragu-ragu untuk menghubungkan permukiman yang sebagai bagian dari Diansti Shang ? Jawab : Para ilmuwan Barat cenderung ragu-ragu untuk menghubungkan berbagai permukiman yang sezaman dengan permukiman Anyang sebagai bagian Dinasti Shang. 10.9. . 11. Sedangkan bukti keberadaan Dinasti Shang periode kedua (1300-1046 SM) atau periode Yin berasal dari kumpulan besar tulisan pada tulang orakel. serta dari Catatan Sejarah Agung (Shiji) karya Sima Qian. Kapan Dinasti Xia berkuasa ? Jawab : Dinasti Xia berkuasa antara 2070-1600 SM. Siapa yang mendirikan Dinasti Xia ? Jawab : Dinasti Xia didirikan oleh Yu yang Agung. 13. yang terbagi menjadi dua periode. Jelaskan pembagian periode pada saat Dinasti Shang ! Jawab : Temuan arkeologi memberikan bukti keberadaan Dinasti Sahng sekitar 1600-1046 SM. Zhengzhou dan Shangcheng. Temuan atau bukti apa yang menunjukkan bahwa keberadaan Dinasti Shang sekitar 16001046 SM ? Jawab : Bukti yang menunjukkan keberadaan Dinasti Shang berasal dari inskripsi pada artefak perunggu dan tulang orakel. Bukti keberadaan Dinasti Shang periode awal (1600-1300 SM) berasal dari penemuan-penemuan di Erlitou. 12. Hipotesa terkuat ialah telah terjadinya ko-eksistensi antar Anyang yang diperintah oleh Dinasti Shang dengan permukiman-permukiman berbudaya lain di wilayah yang sekarang dikenal sebagai “Tiongkok” sebenarnya.

15. 17. Menurut proyek kronologi Xia Shang Zhou. 16. Apa pengertian kata “NUB” ? Jawab : Kata “Nub” artinya emas. Sebutkan tokoh-tokoh filosofia yang masyur pada zaman Yunani kuno ! Jawab : Tokoh-tokoh filosofia yang mahsyur adalah Xenophanes. tetapi daerah perantauan terutama di Asia Kecil ( Asia Minor) yaitu kota Milete (Miletus) dan kota Ephesus. Parmenides. Zeno dan Mellisus. 19.14. Dimanakah letak kota Milete (Meletus0 dan kota Efesus ? . Jelaskan bagaimana kronologi lahirnya filosofi bangsa Yunani ! Jawab : Adapun filosofi bangsa Yunani tidaklah lahir di tanah air sendiri. 18. Agama yang bagaimanakah “Agama polytheisme” ? Jawab : Agama Polytheisme adalah agama yang mempunyai kepercayaan kepada banyak dewadewa. apa nama Dinasti yang paling lama berkuasa dalam sejarah Tiongkok ? Jawab : Dinasti Zhou adalah dinasti terlama berkuasa dalam sejarah Tiongkok yang menurut Proyek Kronologi Xia Shang zhou berkuasa antara 1046-256 SM. “Nub” berasal dari kata Nubia yaitu Tambang emas yang terletak di sebelah timur sungai Nil di daerah Nubia.

. kedua-duanya terletak di Asia Minor. Siapa yang menyusun peta 800 bintang-bintang pada sekitar 350 BC ? Jawab : Pada sekitar 350 BC terkenal Xih Xen seorang ahli astronomi di Tiongkok telah meyusun peta 800 bintang-bintang. 20.Jawab : Kota Milete (Miletus) dan kota Ephesus.