Membuat Format Pengetikan Jurnal Ilmiah dengan Word

Author: wikan.pribadi

16

AUG

Jika anda seorang mahasiswa, suatu saat pasti akan dihadapkan pada kegiatan untuk menulis sebuah
karya tulis ilmiah, yang salah satunya adalah jurnal. Jika anda meilhat jurnal-jurnal yang ada, baik di
internet maupun di perpustakaan kampus anda, maka anda akan menemukan adanya sebuah format
standard dalam cara penyajian sebuah jurnal.
Biasanya pada bagian pertama paling atas akan terdapat judul jurnal yang bersangkutan berikut nama
sang penulis jurnal. Pada sebelah nama sang penulis jurnal biasanya terdapat tanda angka kecil yang
sedikit ke atas (superscript), dan pada bagian bawah halaman akan terdapat sebuah keterangan yang
menjelaskan keberadaan angka tersebut atau biasanya disebut dengan catatan kaki (footnote).
Setelah itu biasanya akan ada abstrak dari jurnal tersebut, yang kemudian dilanjutkan dengan isi dari
jurnal tersebut.
Judul, nama penulis, dan abstrak biasanya di sajikan dalam satu kolom, sedangkan untuk isi jurnal
biasanya disajikan dalam dua kolom, dan keduanya masih di halaman yang sama.
Untuk keperluan 2 hal tersebut yaitu membuat catatan kaki, dan membagi 1 halaman menjadi 2
bagian yang terdiri dari: 1 kolom dan 2 kolom, anda akan menggunakan 2 feature yang ada di Word,
yaitu [Footnote] dan [Break]. Kedua opsi tersebut dapat anda temukan pada menu [Insert].

Pada jendela [Footnote and Endnote] yang muncul pilih opsi [Footnote] pada bagian [Insert]. pada jendela [Columns] yang muncul pilih opsi [Two] pada bagian [Presets] atau masukan nilai 2 pada bagian [Number of columns]. Setelah itu isikan keterangan catatan kaki anda. kemudian pilih menu [Insert] > [Footnote]. nama. Setelah itu untuk mebagi halaman menjadi 2 kolom pilih menu [Format] > [Columns]. dan abstrak jurnal anda dengan format 1 kolom. kemudian tekan tombol [OK]. Sedangkan untuk membuat catatan kaki. pertama ketikan judul. pada jendela [Break] yang muncul pilih opsi [Continuous] pada bagian [Section break types]. selanjutnya pillih menu [Insert] > [Break]. . pertama letakkan pointer pada tempat dimana anda akan meletakkan tanda catatan kaki anda. Setelah itu anda dapat mengetikan isi jurnal anda pada halaman dengan 2 kolom yang baru anda buat.Untuk membagi 1 halaman menjadi 2 bagian yang terdiri 1 kolom dan 2 kolom. kemudian tekan tombol [OK]. pada bagian [Numbering] pilih saja opsi [AutoNumber] atau pilih opsi [Options] untuk pengaturan tambahan. kemudian tekan tombol [OK]. Anda dapat mengatur lebar kolom dan jarak spasi antar kolom pada bagian [Width and spacing].

maka biasanya akan timbul masalah. ketika anda memberikan footnote pada bagian dengan format 1 kolom. teks anda yang terletak pada bagian dengan format 2 kolom akan lari ke halaman selanjutnya. Pada Word 2000. (wp) http://www.com/membuat-format-pengetikan-jurnal-ilmiah-denganword/ .Jika anda memberikan footnote pada bagian halaman dengan format 1 kolom.wikanpribadi. Untuk mengatasi masalah ini pilih menu [Tools] > [Options]. footnote anda pun akan berformat 1 kolom. maka footnote anda akan berformat 2 kolom. pada bagian [Recommended options for:] pilih opsi [Microsoft Word 97] atau anda cukup memberi tanda centang pada opsi [Lay out footnotes like Word 6. pada jendela [Options] yang muncul pilih tabs [Compatibility].x/95/97] pada bagian [Options:]. kemudian tekan tombol [OK]. selamat menulis jurnal ilmiah anda. Kini format tulisan anda sudah siap. sedangkan jika anda memberikan footnote pada bagian halaman dengan format 2 kolom. jika anda membuat footnote pada halaman yang terdiri dari 2 bagian (1 kolom dan 2 kolom).

Menambahkan catatan. Anda akan disibukkan dengan penuangan ide-ide ke bentuk tulisan dengan bantuan software pengolah kata (word processor) seperti Microsoft Office Word. pesan. Untuk menghasilkan artikel atau naskah buku yang berkualitas. atau frase yang mungkin kurang Anda kuasai. komentar. Hal ini sangat berguna apabila dokumen dikerjakan secara tim. frase. Anda mungkin masih memerlukan bantuan dari orang yang lebih memahami atau menguasai tentang konten atau materi dari artikel atau buku yang Anda tulis. Anda dapat menambahkan catatan atau pesan pada istilah. atau kalimat di dokumen Microsoft Office Word dapat dilakukan dengan mudah. buku. kata. atau kalimat yang akan diberi catatan. Menambahkan pesan. Orang yang membuka dokumen (artikel atau naskah buku) Anda akan membaca catatan atau pesan yang telah Anda sisipkan dan membalasnya. pesan.manambhakn komentar Sebagai seorang penulis. kata. atau komentar. atau komentar. atau yang lain pada kata. . atau komentar) sehingga hasil revisi dokumen menjadi lebih baik. Kerena hal ini. Seringkali sebuah artikel atau naskah buku berisi istilah. atau frase yang perlu mendapat koreksi atau menjadi perhatian dari orang tersebut. atau yang lain) Microsoft Word Anda yang akan diberi catatan. pesan. frase. Anda bermaksud meminta bantuan koreksi kepada orang lain. catatan. Sorot terlebih dahulu kata. Berikut ini Adalah langkah-langkah untuk menambahkan komentar di dokumen Microsoft Office Word. komentar atau yang lain. Buka dokumen (artikel. pesan. Setiap orang di dalam Tim dapat memberikan masukan (catatan. baik artikel maupun naskah buku.

Klik tab Review dan kemudian klik tombol New Comment. pesan. atau komentar Anda. pesan. Untuk dokumen yang dikerjakan secara tim. cara . ketikkan catatan. frase atau kalimat yang lain. Untuk memberi catatan. Ketika kotak komentar (kotak warna merah di sebelah kanan dokumen) muncul. atau komentar pada kata. atau kalimat yang sama dengan cara menyorot area komentar yang sudah ada dan kemudian menekan tombol New Comment kembali. atau komentar pada kata. Anda dapat mengulangi langkah tersebut. Anda juga dapat menambahkan catatan. frase. pesan.

Anda dapat menuliskan catatan. pesan. Berikut cara meninjau komentar yang ada di dokumen secara vertikal.ini dapat digunakan oleh anggota tim yang lain untuk menambahkan catatan. Klik tanda panah ke bawah dari tombol Reviewing Pane dan kemudian pilih dan klik Reviewing Pane Vertical. atau menanggapi. membalas komentar. Komentar yang ditambahkan di dokumen Microsoft Office Word dapat ditinjau (review).. Ada dua pilihan tinjauan yaitu secara vertikal dan horisontal. Pastikan Anda masih berada di tab Review. atau komentar di kotak komentar.. . Meninjau komentar. Kotak komentar akan ditambahkan di bawah kotak komentar yang sudah ada sebelumnya.

sebagian.com/2012-05-29-02-55-45/2012-05-29-03-03-45/officeword/179-menambahkan-komentar-ke-dokumen-word. atau komentar yang ditambahkan di dokumen Microsoft Word melalui kotak komentar dapat dihapus. Untuk mengetahui tinjauan komentar secara horisontal. pesan. atau kometar tertentu.html . Menghapus komentar dari dokumen. klik tombol Delete dan kemudian pilih dan klik Delete All Comment in Document.termasmedia.. pesan.. Anda dapat memilih dan klik Reviewing Pane Horizontal. pesan. Sebagai contoh. atau komentar yang ada di dokumen word. Anda dapat menghapus catatan. atau keseluruhan. untuk menghapus semua catatan. Catatan. http://www.Area tinjauan komentar akan ditampilkan di sebelah kiri dokumen yang sedang terbuka.

1SC4.lalu page setup.Pembuatan 1. 2.pada page layout tab. . di grup page setup klik columns pilih Two untuk membuat 2 kolom.Blok kumpulan teks yang akan dibuatkan kolom.Pilih Kolom orientasi kertas.LANGKAH LANGKAH MEMBUAT JURNAL OLEH RIZKIE ALIF CHANDRA Dengan CCIT FTUI . Teks terkantuk Persembahkan Langkah Copas !!! Membuat Jurnal Umum Pertama-tama dalam membuat jurnal diberi kolom yang sudah menjadi cirikhas dari tulisan jurnal. A. 3.Pada page layout .klik orientation pilih potrait/landscape. Anti sedikit Saya Langkah .

Pada kolom.untuk mengatur lebar kolom.4. Pada page Pemisah layout lalu page setup klik more Pada columns untuk Kolom memunculkan kotak dialog columns 2.Ganti jumlah E.ubah angka pada kotak width 3. Jarak Antar Kolom 1. 2. 5.ubah angka pada kotak spacing. klik yg columns diinginkan: One = satu kolom two = dua kolom three = tiga kolom left = membuat kolom kiri menyempit (aturan 2 kolom saja) right = membuat kolom kanan menyempit (aturan 2 kolom saja) 4. 3.Maka. klik more columns untuk menambilkan kotak dialog columns. 3.Pada tab page layout.Klik 2.untuk mengatur jarak antar kolom. grup page setup .Memberi Garis 1. 4.Membuat kotak kolom pada Tampilan kotak number kolom of columns.Untuk membuat 3 kolom.Dan Between.Mengatur kolom Lebar Dan kedua. 1. Centang kotak Line D. 2. klik OK Jumlah 1.lalu kolom page layout Pilih Kolom yang lalu jumlah ingin page kolom setup diganti.lalu ok bila udah fix C.Judul = satu Isi = kolom dua kolom 5.klik seperti OK di saat selesai Jurnal .klik page layout lalu page setup klik more columns untuk memunculkan dialogcolumns 5.bila ketikkan habis disatu kolom sampai kebawah maka ketikkan akan muncul di bagian awal B.Mengganti pada lagi.

Ketik Tekan CTRL layout klik page Teks + SHIFT SELAMAAAAAAAAAT semoga : + Daftar setup lalu yang * untuk melihat diinginkan garis Columns terlihatlah berguna Wassalamualaikum Wr.dpuf Tulis Nama Bagian III dan : 1.Buat 2 2. selesai kolom (isi) klik columns pilih two tekan setup klik breaks pada ENTER bagian section breaks klik continous Bagian 1.com/2009/07/5-trik-membuat-kolom-di-word2007..html#sthash. yaitu Section Break dan Column Break.kita juga bisa membuatnya dengan menggunakan dengan menggunakan Breaks yaitu Section Bagian I 1.dpuf 3.ketik Content Kumpulan kolom. : pada akhir JUDUL teks tekan Enter 2.com/2009/07/5-trik-membuat-kolom-di-word2007.yang keliatan rumit.Pada page 2. - See more at: http://www.Pada section breaks pilih continous Bagian II : Nama dan E-Mail Jurnal-jurnal penelitian kadang menggunakan gabungan kolom - See more at: http://www.Ketik teks Breaks dan Columns Breaks.Page Setup lalu Page Layout lalu klik Breaks menggunakan Breaks.computer1001.Buat section (Isi breaks.mRPYEK1F.Wb saking ngantuknya nih yee!!! klik columns pilih one breaks dan section Jurnal ya breaks kalian!!! kawan .computer1001.html#sthash.mRPYEK1F.Jurnal kadang memakai gabungan kolom. Email Teks layout klik page Jurnal) bila dua setup lalu sudah layout lalu page page kalian.Pada page 3.Buat IV 1 kolom.

Related Interests