You are on page 1of 17

i

Annisa

KRITERIA
7.2.1

EP
1
2

3

KETERANGAN
SOP PENGKAJIAN AWAL KLINIS
PERSYARATAN KOMPETENSI PETUGAS
DALAM MELAKUKAN KAJIAN AWAL
KLINIS (IJAZAH, STR, DLL)
SOP PELAYANAN MEDIS
SOP ASUHAN KEPERAWATAN

4

7.2.2

STANDAR PROFESI PELAYANAN
MEDIS, STANDAR ASUHAN
KEPERAWATAN
SOP PELAYANAN MEDIS

EP
1

SOP KAJIAN AWAL
PERATURAN TENTANG REKAM MEDIS /
HASIL PENETAPAN INFORMASI APA
SAJA YANG PERLU DICANTUMKAN
DALAM REKAM MEDIS)
SOP KAJIAN AWAL
BUKTI PELAKSAAN KOORDINASI DAN
KOMUNIKASI TENTANG INFORMASI
KAJIAN KEPADA PETUGAS

2
3

7.2.3

EP
1
2

3

SOP TRIASE
PEDOMAN TRIASE
KERANGKA ACUAN PELATIHAN
BTCLS/TRIASE/IGD
BUKTI HASIL PELATIHAN (SERTIFIKAT,
HASIL PELATIHAN)
BUKTI PELAKSANAAN PEMILIHAN

ADA DI TU

3.i PASIEN BERDASARKAN URGENSI (TRIASE) SOP RUJUKAN PASIEN EMERGENSI (STABILISASI-KESIAPAN TEMPAT RUJUKAN) 4 7. SERTIFIKAT. DLL) SOP PEMBENTUKAN TIM INTERPROFESI BILA DIBUTUHKAN (TERMASUK HOMECARE/UKM) SOP PENDELEGASIAN WEWENANG BUKTI PERSYARATAN PELATIHAN YANG HARUS DIPENUHI BILA TENAGA PROFESIONAL TIDAK MEMENUHI PERSYARATAN KOMPETENSI (SERTIFIKAT.1 EP 1 PERSYARATAN PEMBERIAN LAYANAN KLINIS OLEH TENAGA PROFESIONAL SESUAI KOMPETENSI YANG DIMILIKI (IJAZAH. KERANGKA ACUAN PELATIHAN) 2 3 4 7.4.1 EP 1 KEBIJAKAN PENYUSUNANRENCANA ADA DI KASUBAG TU . DAFTAR INVENTARIS PERALATAN KLINIS DI PUSKESMAS STANDAR PERALATAN KLINIS DI PUSKESMAS SOP PEMELIHARAAN PERALATAN SOP STERILISASI PERALATAN YANG PERLU DISTERILISASI JADWAL PEMELIHARAAN ALAT SOP PEMELIHARAAN SARANA GEDUNG DAN JADWAL PELAKSANAAN 2 3 7.3.2 EP 1 PERSYARATAN PERALATAN KLINIS DI PUSKESMAS.

SPIRITUAL.3 EP 1 2 3 4 5 SOP LAYANAN TERPADU SOP LAYANAN TERPADU) SOP LAYANAN TERPADU SOP PENYUSUNAN LAYANAN TERPADU SOP PEMBERIAN INFORMASI TENTANG .i LAYANAN MEDIS SOP PENYUSUNAN RENCANA LAYANAN MEDIS SOP PENYUSUNAN RENCANA LAYANAN TERPADU JIKA DIPERLUKAN PENANGANAN SECARA TIM BUKTI PEMAHAMAN TENTANG KEBIJAKAN DAN PROSEDUR PENYUSUNAN RENCANA LAYANAN MEDIS BUKTI EVALUASI KESESUAIAN LAYANA KLINIS DENGAN RENCANA TERAP (SOP AUDIT KLINIS) HASIL EVALUASI. BUKTI RTL HASIL EVALUASI BUKTI EVALUASI TERHADAP TINDAK LANJUT 2 3 4 5 7.2 EP 1 BUKTI PASIEN DILIBATKAN DALAM RENCANA LAYANAN BUKTI PASIEN DILIBATKAN DALAM RENCANA LAYANAN (REKAM MEDIS) BUKTI PASIEN DILIBATKAN DALAM RENCANA LAYANAN (MEMPERHATIKAN ASPEK BIO. DAN TATA NILAI BUDAYA) SK KEPALA PUSKESMAS TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN 2 3 4 7.4.4. SOSIAL. PSIKO. SOSI.

8.9. LEMBAR BALIK SEPERTI (PHBS.4 EP 1 2 3 4 SOP INFORMED CONSENT FORMULIR INFORMED CONSENT SOP INFORMED CONSENT BUKTI INFORMED CONSENT PADA REKAM MEDIS SOP EVALUASI INFORMED CONSENT.1 7. ADA DI SETIAP POLI) √ BELUM DIADAKAN EVALUASI KETERANGA .i EFEK SAMPING DAN RISIKO PENGOBATAN BUKTI LAYANAN TERPADU DALAM REKAM MEDIS SOP PENDIDIKAN / PENYULUHAN PASIEN 6 7 7.4.3 √ EP 1 SOP PELAKSANAAN PENDIDIKAN / PENYULUHAN PADA PASIEN BUKTI PELAKSANAAN PENDIDIKAN PENYULUHAN PADA REKAM MEDIS 2 3 PANDUAN PENYULUHAN PADA PASIEN MEDIA PENYULUHAN 4 KUISIONER EVALUASI PENYULUHAN PASIEN EP PENDIDIKAN √ √ √ STAMPEL PADA REKAM MEDIS SEKSI PROMKES. HASIL EVALUASI. ABPK. TINDAK LANJUT 5 7.

i 1 2 SOP ASUHAN GIZI BUKU KOORDINASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBERIAN NUTRISI PADA PASIEN DENGAN RISIKO NUTRISI REKAM MEDIS DAN BUKU KOORDINASI KOMUNIKASI PASIEN REKAM MEDIS DAN BUKU KOORDINASI KOMUNIKASI PASIEN 3 4 EP 1 2 3 4 N √ SOP ASUHAN GIZI BUKU KOORDINASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBERIAN NUTRISI PADA PASIEN DENGAN RISIKO NUTRISI REKAM MEDIS DAN BUKU KOORDINASI KOMUNIKASI PASIEN REKAM MEDIS DAN BUKU KOORDINASI KOMUNIKASI PASIEN KETERANGAN √ .

3 7.i bu harti KRITERIA 7.5.1 7.5.5.5.4 7.2 EP 1 SO rujukan 2 SOP rujukan 3 SOP persiapan rujukan 4 SOP rujukan EP Dokumen 1 SOP rujukan 2 SOP rujukan 3 Perjanjian Kerja Sama dengan Fasilitas kesehatan rujukan Dokumen EP 7.6.1 Dokumen 1 2 SOP rujukan resume klinis pasien yang di rujuk Resume klinis pasien yang di rujukan 3 Resume klinis pasien yang di rujuk 4 Resume klinis pasien yang di rujuk EP Dokumen 1 SOP rujukan 2 EP Persyaratan kompetensi petugas yang melakukan monitoring dan bukti pelaksananya Dokumen 1 SOP pelayanan klinis KETERAN GAN .

6.3 3 Kebijakan dan SOP penanganan pasien beresiko tinggi 4 MOU kerjasama 5 Panduan SOP Kewaspadaan Universal EP Dokumen 1 2 SK Kepala Puskesmas dan SOP penggunaan dan pemberian obat dan /cairan intravena Rekam medis pasien : pencatatan pemberian obat /cairan intravena .i 7.2 5 Rekam medis 6 Rekam medis 7 Rekam medis 8 Rekam medis EP Dokumen 1 Daftar kasus –kasus gawat darurat / beresiko tinggi yang biasa di tangani Kebijakan dan SOP penanganan pasien gawat darurat 2 7.6.

ALAT YANG MEMBUTUHKAN PERAWATAN LEBIH LANJUT SERTA ALAT-ALAT YANG MEMBUTUHKAN PERSYARATANKHUSUS UNTUK PELETAKANNYA SOP STERILISASI SOP PEMANTAUAN BERKALA PELAKSANAAN PROSEDUR PEMELIHARAAN DAN STERILISASI INSTRUMEN SK PETUGAS PEMANTAU BUKTI PELAKSANAAN PEMANTAUAN. DAN PERAWATAN SECARA RUTIN UNTUK PERALATAN KLINIS YANG DI GUNAKAN DOKUMENTASI HASIL PEMANTAUAN 2 3 4 5 SOP PENGGANTIAN DAN PERBAIKAN ALAT YANG RUSAK EP PROSES?DI BU NANI M ? PROSES? √ ?? PETUGAS BLM ADA √ SUDAH BELUM . HASIL PEMANTAUAN. TESTING. ALAT YANG MEMBUTUHKAN PERAWATAN LEBIH LANJUT SERTA ALAT-ALAT YANG MEMBUTUHKAN PERSYARATANKHUSUS UNTUK PELETAKANNYA SK MEMISAHKAN ALAT YANG BERSIH DAN ALAT YANG KOTOR ALAT YANG MEMERLUKAN STERILISASI. TINDAK LANJUT PEMANTAUAN SOP TENTANG PENANGANAN BANTUAN PERALATAN KETERANGAN √ √ √ √ PETUGAS PEMANTAU?? √ EP 1 DAFTAR INVENTARIS PERALATAN KLINIS DI PUSKESMAS SK PENANGGUNGJAWAB PENGELOLAAN PERALATAN DAN KALIBRASI SOP KONTROL PERALATAN.i Bu bidan nani KEITERIA EP 1 2 3 4 SK MEMISAHKAN ALAT YANG BERSIH DAN ALAT YANG KOTOR ALAT YANG MEMERLUKAN STERILISASI.

TIM KREDENSIAL? BUKTI ?? √ √ ?? √ √ √ . BUKTI PEMBERIAN KEWENANGAN KHUSUS PADA PETUGAS ??TU √ SOP ADA.i 1 2 3 4 EP 1 2 3 EP 1 2 3 4 EP 1 2 POLA KETENAGAAN DAN PERSYARATAN KOMPETENSI TENAGA YANG MEMBERI PELAYANAN KLINIS SOP PENILAIAN KUALIFIKASI TENAGA DAN PENETAPAN KEWENANGAN SOP KREDENSIAL. PEMETAAN KOMPETENSI. PROSES EVALUAIS. BUKTI-BUKTI SERTIFIKASI DAN LISENSI SOP PENINGKATAN KOMPETENSI. BUKTI PELAKSANAAN SOP PENILAIAN KINERJA PETUGAS PEMBERI PELAYANAN KLINIS. HASIL EVALUASI DAN TINDAK LANJUT BUKTI ANALISIS . BUKTI TINDAK LANJUT SK TENTANG KETERLIBATAN PETUGAS PEMBERI PELAYANAN KLINISDALAM PENINGKATAN MUTU KLINIS BUKTI PENYEDIAAN INFORMASI TENTANG PELUANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BENTUK-BENTUK DUKUNGAN MANAJEMEN UNTUK PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SOP EVALUASI HASIL MENGIKUTI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. RENCANA PENINGKATAN KOMPETENSI. BUKTI PELAKSANAAN EVALUASI DOKUMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN URAIAN TUGAS PETUGAS PEMBERI PELAYANAN KLINIS DAN KEWENANGAN KLINIS SK TENTANG PEMEBERIAN KEWENANGAN JIKA TIDAK TERSEDIA TENAGA KESEHATAN YANG MEMENUHI PERSYARATAN. TIM KREDENSIAL.

BUKTI PENILAIAN SOP EVALUASI TERHADAP URAIAN TUGAS DAN PEMBERIAN KEWENANGAN PADA PETUGAS PEMBERI KLAYANAN KLINIS. BUKTI EVALUASI DAN TINDAK LANJUT SOP ADA .i 3 4 PENILAIAN OLEH TIM KREDENSIAL TENTANG KOMPETENSI PETUGAS YANG DIBERI KEWENANGAN KHUSUS.

DAN TINDAK LANJUT DOKUMENTASI HASIL IDENTIFIKASI. ANALISIS. ANALISIS. ANALISIS.2 3 4 EP 1 SOP IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN KELUHAN HASIL IDENTIFIKASI KELUHAN. DAN TINDAK LANJUT KELUHAN EP 1. DAN TINDAK LANJUT KETERANGAN √ (DI BAGIAN IKM) DOKUMENTASI HASIL IDENTIFIKASI. ANALISIS.2 3 4 DAFTAR INDIKATOR KLINIS YANG DIGUNAKAN UNTUK PEMANTAUAN DAN EVALUASI LAYANAN KLINIS DATA HASIL MONITORING DAN EVALUASI DATA ANALISIS HASIL MONITORING DAN EVALUASI DTA TINDAK LANJUT HASIL MONITORING DAN EVALUASI SOP IDENTIFIKASI DAN PENANGANAN KELUHAN HASIL IDENTIFIKASI KELUHAN. DAN TINDAK LANJUT KELUHAN SK KEPALA PUSKESMAS YANG MEWAJIBKAN PENULISAN LENGKAP DALAM REKAM MEDIS: SEMUA PERERIKSAAN PENUNJANG DIAGNOSTIK TINDAKAN DAN PENGOBATAN YANG DIBERIKAN PADA PASIEN DAN KEWAJIBAN PERAWAT DAN PETUGAS (DI BAGIAN IKM) .i Drg.Yeni Rahmawati KRITERIA EP 1 3 4 5 EP 1.

i 2 EP 1 2 EP 1 2 EP 1 KESEHATAN LAIN UNTUK MENGINGATKAN PADA DOKTER JIKA TERJADI PENGULANGAN YANG TIDAK PERLU SOP LAYANAN KLINIS YANG MEMUAT JIKA TERJADI PENGULANGAN YANGT TIDAK PERLU SK KEPALA PUSKESMAS TENTANG LAYANAN KLINIS YANG MENJAMIN KESINAMBUNGAN PELAYANAN SOP LAYANAN KLINIS YANG MENJAMIN KESINAMBUNGAN PELAYANAN SK KEPALA PUSKESMAS TENTANG HAK DAN EWAJIBAN YANG DI DALAMNYA MEMUAT HAK UNTUK MENOLAK ATAU TIDAK MELANJUTKAN PENGOBATAN SOP TENTANG PENOLAKAN PASIEN UNTUK MENOLAK ATAU TIDAK MELANJUTKAN PENGOBATAN FORMAT PENOLAKAN PASIEN SK KEPALA PUSKESMAS TENTANG JENIS-JENIS SEDASI YANG DAPAT DILAKUKAN DI PUSKESMAS SOP TENTANG TENAGA KESEHATAN YANG MEMPUNYAI KEWENANGAN MELAKUKAN SEDASI BUKTI PELAKSANAAN MONITORING STATUS FISIOLOGIS PASIEN SELAMA PEMBERIAN ANESTESI LOKAL CATAT PADA REKAM MEDIS YANG MEMBUKTIKAN PELAKSANAAN KAJIAN SEBELUM DILAKUKAN PEMBEDAHAN .

i 1.5.7 3 SOP TINDAKAN PEMBEDAHAN SOP INFORM CONSENT .2.

STR. 3. SERTIFIKAT KETENTUAN JAM BUKA PELAYANAN LAB 2. 4 EP DOKUMEN/MATERI TELUSUR 1 SK TTG KEBIJAKAN PEMERIKSAAN LAB SOP PERMINTAAN PEMERIKSAAN SOP PENERIMAAN SPESIMEN SOP PENGAMBILAN DAN PENYIMPANAN SPESIMEN SOP PEMERIKSAAN LAB SOP PEMANTAUAN PELAKSANAAN PROSEDUR PEMERIKSAAN LAB DAFTAR TILIK PEMANTAUAN BUKU EVALUASI LAB SOP PENILAIAN KETEPATAN WAKTU PENYERAHAN HASIL BUKU EKSPEDISI HASIL LAB BUKU EVALUASI LAB SK PELAYANAN DI LUAR JAM KERJA SOP PELAYANAN DI LUAR JAM KERJA SOP PEMERIKSAAN LAB YANG BERESIKO TINGGI SOP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA SOP PENGGUNAAN APD SOP PEMANTAUAN THD PENGGUNAAN APD DAFTAR TILIK PEMANTAUAN SOP PENGELOLAAN BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN SOP PENGELOLAAN LIMBAH HASIL PEMERIKSAAN LAB SOP PENGELOLAAN REAGEN KARTU STOK REAGEN 2 3 4 5 6 7 8 9 10 KETERANGA N PENDOK √ √ √ √ √ KETERANGA N PENDOK √ √ √ √ √ X √ √ √ √ PENDOK √ √ √ √ √ X √ √ √ √ .i BU DIAN KRITERI A EP DOKUMEN/MATERI TELUSUR 1 SK JENIS JENIS PEMERIKSAAN LAB YANG TERSEDIA SOP PEMERIKSAAN LAB BROSUR PELAYANAN LAB PANDUAN PEMERIKSAAN LAB IJAZAH.

i EP DOKUMEN/MATERI TELUSUR KETERANGAN 1 PENDOK √ √ 3 SK TTG KEBIJAKAN PELAYANAN LAB BUKU EKSPEDISI HASIL LAB SOP PEMANTAUAN WAKTU PENYAMPAIAN HASIL PEMERIKSAAN LAB UNTUK PASIEN URGEN/GAWAT DARURAT BUKU EKSPEDISI HASIL LAB BUKU EVALUASI LAB BUKU EKSPEDISI HASIL LAB EP DOKUMEN/MATERI TELUSUR KETERANGAN 1. 3 SK TTG KEBIJAKAN PELAYANAN LAB FORM HASIL PEMERIKSAAN LAB PENDOK √ 4 4 . 3 SOP PELAPORAN HASIL PEMERIKSAAN LAB YANG KRITIS REKAM MEDIS √ 2 √ √ √ SK KEBIJAKAN PELAYANAN LAB BUKU REGISTER LAB SOP MONITORING BUKU NOTULEN RAPAT LAB RUANG REKAM MEDIS PENDOK √ √ √ EP DOKUMEN/MATERI TELUSUR KETERANGAN 1. 2. 2 3 5 SK TTG KEBIJAKAN PELAYANAN LAB SOP PENGELOLAAN REAGEN KARTU STOK REAGEN PANDUAN TERTULIS UNTUK EVALUASI REAGENSIA BUKU EVALUASI SOP PELABELAN PENDOK √ √ X √ √ EP DOKUMEN/MATERI TELUSUR KETERANGAN 1 2.

PERALATAN BARU SERTIFIKAT PELATIHAN DAN PENDIDIKAN LAPORAN KEGIATAN X 3 4. BAHAN BERBAHAYA.i 4 SOP EVALUASI THD RENTANG NILAI BUKU EVALUASI LAB √ √ EP DOKUMEN/MATERI TELUSUR KETERANGAN 1 2 SK TTG PENGENDALIAN MUTU LAB SOP KALIBRASI DAN VALIDASI INSTRUMEN SERTIFIKAT KALIBRASI SOP PERBAIKAN BUKU MAINTENANCE ALAT SK TTG PENGENDALIAN MUTU LAB HASIL PME BUKU KALIBRASI DAN KONTROL PARAMETER SOP RUJUKAN LAB ALUR RUJUKAN LABORATORIUM SOP PMI DAN PME HASIL PME PENDOK √ √ √ √ √ √ √ √ X √ √ EP DOKUMEN/MATERI TELUSUR KETERANGAN 1. 5 6 7 3 4 5 6 7 X X √ X √ √ √ √ X √ X √ X X . 2 KERANGKA ACUAN PROGRAM KESELAMATAN/KEAMANAN LAB FOTO BUKTI PROGRAM PANDUAN PROGRAM KESELAMATAN PASIEN DI PUSKESMAS SOP PELAPORAN PROGRAM KESELAMATAN DAN PELAPORAN INSIDEN BUKU LAPORAN INSIDEN SK KESELAMATAN DAN KEAMANAN KERJA SOP PENANGANAN DAN PEMBUANGAN BAHAN BERBAHAYA SOP PENERAPAN MANAJEMEN RESIKO LAB DAFTAR TILIK PENERAPAN MANAJEMEN RESIKO LAB BUKU EVALUASI LAB SOP ORIENTASI PROSEDUR DAN PRAKTIK KESELAMATAN KERJA FOTO PELAKSANAAN PROGRAM SOP PELATIHAN DAN PENDIDIKAN UNTUK PROSEDUR BARU.

i .