You are on page 1of 14

LECTURE NOTES

0034M- Informasi & Proses Bisnis

Week 9
General Ledger & Financial
Reporting Cycle

Prepared by
Nuril Kusumawardani ST., MKM

0034M – Informasi dan Business Proses

G/L and Financial Reporting Cycle overview and key objectives 2. G/L and Financial Reporting Cycle. G/L and Financial Reporting Cycle activities and related risks and controls 0034M – Informasi dan Business Proses . G/L and Financial Reporting Cycle documentation 3.LEARNING OUTCOMES LO2: Students are able to explain the important of system documentation and prepare different forms of system documentation. HRD cycle and general ledger and financial reporting. the G/L and Financial Reporting cycle. LO4: Students are able to structure and design REA. DFD and system flowchart of G/L and Financial Reporting Cycle. OUTLINE MATERI (Sub-Topic): 1.

mentransfer data dalam bentuk ringkasan tentang aliran transaksi ke rekening buku besar yang sesuai. sedangkan laporan harus dirancang dengan baik dan berisi data yang relevan dan akurat. Dalam siklus ini semua data harus divalidasi dan secara benar di input dan di trasfer. produksi. data dari semua tingkatan transaksi diakumulasikan. Pada umumnya. dirangkum. pengeluaran. 2012). dan melaporkan data dari semua siklus operasional sebelumnya. Buku besar dan pelaporan keuangan dimulai ketika anggaran dibuat atau disahkan dan berakhir setelah laporan dibuat dan didistribusikan. Jurnal harus dipersiapkan secara akurat dan independen. setelah anggaran telah disetujuai dan disahkan. dilakukan penyesuaian dan akhirnya dilaporkan kepada pengguna internal dan eksternal. Dalam siklus buku besar dan pelaporan keuangan. 0034M – Informasi dan Business Proses . Siklus pelaporan buku besar dan keuangan meringkas. G/L and Financial Reporting Cycle Overview and Key Objectives Brett (2012) berpendapat bahwa kegiatan-kegiatan dalam proses buku besar (general ledger) dan pelaporan keuangan sangat penting bagi keberhasilan bisnis atau usaha. dan gaji). setelah anggaran dibuat dan disepakati. kegiatan pengolahan data akan berlangsung berkaitan dengan siklus transaksi operasional (pendapatan. melakukan penyesuaian. Hal ini merupakan tahapan awal kegiatan pembuatan neraca saldo (trial balance) yang merupakan kegaiatan awal pembuatan laporan-laporan keuangan lainnya (Adi.ISI MATERI 1.

2. G/L and Financial Reporting Cycle Documentation Dokumentasi dari siklus G/L dan Financial Reporting adalah sebagai berikut: 1. Structured Narrative Table 0034M – Informasi dan Business Proses .

0034M – Informasi dan Business Proses .

0034M – Informasi dan Business Proses .

ditambah “various department” dan “external users”. 20. seluruh siklus yang lain merupakan sumber data. details of approved adjusted budget estimates (9). Context Diagram dari G/L and Financial Reporting Cycle Perhatikan bahwa pada siklus general ledger dan financial reporting. aporoval of finalised budget (11). 2012). 24. 0034M – Informasi dan Business Proses . subsidiary ledger processing completed (17.2. bank statement transaction details (37). ad hoc report request (45) serta empat informasi keluaran yaitu: prior revenue and expenditure items (3). requested report data (47) dan financial statement data (Adi. Diagram konteks Siklus General ledger and financial reporting mempunyai sembilan aliran data masukan yaitu: details of adjusted budget estimates (5). 26).

DFD Logikal berisikan data flow yang terkait dengan input dan output dari kegiatan yang terdapat pada masing-masing proses. Diagram DFD Logical Level 0 Berikut ini adalah contoh dari DFD Logical Level 0 pada siklus G/L and Financial Reporting.Gambar 3. 0034M – Informasi dan Business Proses .1 Context Diagram untuk Siklus Produksi 3.

2 DFD Logical Level 0 dari G/L and Financial Reporting Cycle 0034M – Informasi dan Business Proses .Gambar 3.

System Flowchart Berikut ini adalah contoh dari system flowchart siklus HR Management and Payroll.3 System Flowchart dari G/L and Financial Reporting Cycle 0034M – Informasi dan Business Proses . Gambar 3.4.

Data ini terdiri dari data deposit dan penarikan yang diproses di rekening bank. Setelah pemrosesan subsidiary ledger selesai dilakukan. Menyiapkan budget a. Record G/L Adjustment a. b. Jurnal umum disiapkan untuk kebutuhan akuntansi adjustment. expenditure. 2. biasanya harian. Record budget details. G/L and Financial Reporting Cycle Activities & Related Risks and Controls Terdapat 4(empat) aktifitas dalam siklus G/L and Financial Reporting yaitu sebagai berikut: 1. Data ringkasan transaksi yang sudah diverifikasi diposting di akun besar. 3. Update the General Ledger a. Detil dari ringkasan dari masing-masing sistem transaksi subsidiary dibuat dan diposting ke buku besar. 0034M – Informasi dan Business Proses . Prepare adjustment journals. maka total budget dapat diinput ke dalam pusat computer untuk membuat level budget bagi periode masa mendatang dengan akun buku besar yang disesuaikan. siklus revenue. mingguan dan bulanan. Extract and validate data. produksi dan HR management & Payroll mengirimkan pemberitahuan kepada siklus financial. Post transaction.3. Setelah transaksi berhasil diposting. Budget dalah estimasi perencanaan untuk pendapatan dan pembelian barang di masa mendatang serta merupakan tools manajemen yang sangat penting. tergantung dari volume transaksi. b. Setelah dilakukan pengecekan dan persetujuan dari budget. Siklus ini diawali dengan penyusunan budget operasional. Determine budget value. Pihak bank memberikan detil transaksi dari rekening bank secara regular. transaksi yang terdapat di subsidiary ledger data store diperbaharui dengan kode status untuk mengindikasi bahwa data transaksi itu telah diposting ke akun buku besar.

proses ini dipicu dan buat secara otomatis oleh computer serta didistribusikan berdasarkan daftar yang telah ditentukan kepada staf departemen. Produce financial reports. 0034M – Informasi dan Business Proses . Jurnal umum yang sudah disetujui diposting ke akun buku besar yang terkait. Pemicu kedua adalah merupakan respon dari permintaan ad hoc dari departemen. Sebagian besar organisasi memiliki kumpulan laporan standar yang dibuat diakhir setiap periode akuntansi.b. b. 4. Produce Report a. Secara periodik. Produce management reports. Post adjustment journals. computer mengekstrak detil dari jurnal yang sudah disetujui tapi belum diproses dari journal voucher data store. Terdapat dua buah pemicu dalam pembuatan laporan manajemen.

(3) Record general ledger adjustment dan (4) produce report. (2) update the general ledger.Buku besar dan pelaporan keuangan dimulai ketika anggaran dibuat atau disahkan dan berakhir setelah laporan dibuat dan didistribusikan. yaitu : (1) Prepare budget.SIMPULAN   . Dalam siklus ini semua data harus divalidasi dan secara benar di input dan di trasfer. 0034M – Informasi dan Business Proses . Siklus G/L and Financial Reporting terbagi menjadi empat aktifitas.

& Speer. Olesen. K. S.. Ltd. B. 0034M – Informasi dan Business Proses . Lecture Notes: G/L and Financial Reporting Cycle. (2012). Qld: John Wiley & Sons Australia. A. D.. Considine. Parkes.DAFTAR PUSTAKA Adi. Y. Blount. Accounting Information System : Understanding Business Process... (2012).